Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT Minor Change, Tipe Menengah Yang Layak Anda Pertimbangkan

15/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Indonesia merupakan pasar yang unik bagi kendaraan, dan mobil bukanlah suatu pengecualian. Dimana kebanyakan tipe terlaris dari suatu varian adalah tipe menengah. Berikut ini kami akan ulas All New Suzuki Ertiga GL 2019 AT, sebuah Suzuki Ertiga tipe menengah yang layak Anda pertimbangkan.

PENGANTAR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: gambar menunjukkan Emblem mobil Suzuki Ertiga tipe GL

Jika Anda car enthusiast yang memperhatikan mobil, Anda pasti akan ngeh jika Suzuki Ertiga tipe GL-lah yang pertama masuk Indonesia

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT - Jika Anda adalah seorang car enthusiast atau pemerhati mobil, Anda pasti ngeh atau sadar jika varian Suzuki Ertiga yang pertama kali menjajaki kakinya di Indonesia adalah tipe GL. Saat itu di tahun 2012, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Suzuki Ertiga hanya satu tipe itu (tipe GX dan yang menggunakan transmisi otomatis menyusul beberapa bulan kemudian), tanpa dilengkapi dengan opsi transmisi otomatis, serta tidak ada double blower. Bisa dibilang pula, saat itu tim riset dan pengembangan Suzuki dipertanyakan keseriusannya oleh para calon konsumen LMPV (Low Multi-Purpose Vehicle) di tanah air. Bagaimana mungkin sebuah mobil penumpang yang didaulat melawan kedigdayaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak ada fitur krusial tersebut (double blower)?

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak sebuah mobil Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu hitam

Apakah Suzuki Ertiga tipe GL merupakan pilihan tepat bagi Anda yang rasional dalam memilih mobil?

Hal blunder juga kembali dilakukan oleh tim riset dan pengembangan PT Suzuki Indomobil Sales pada tahun 2015. Dimana, saat itu Ertiga tipe tertinggi yakni GX 'dicabut' peranti rem anti nyelonong-nya (peranti rem ABS, red), entah apa yang ada didalam benak mereka. Untunglah, mereka lekas tersadar dan mengembalikan fitur keamanan tersebut pada Suzuki Ertiga model 2016 dan seterusnya. Ok cukup bicara masa lalunya, kini setelah 7 tahun masa peredarannya di Indonesia, Suzuki meluncurkan generasi penerus dari Suzuki Ertiga dengan berbagai kelebihannya. Kami sudah pernah mencoba langsung All New Suzuki Ertiga GX ESP di tahun 2018, mobil tersebut cukup dapat mencuri perhatian kami. Lantas, apakah Suzuki Ertiga tipe GL bertransmisi otomatis ini juga dapat mempesona kami? Mari ikuti ulasan kami.

EKSTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Tampilan Depan

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak tampilan depan Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu

Tampilan depan dari Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini begitu mempesona dan desainya lebih "aman" dari para rivalnya

Melihat tampilan eksterior depan dari mobil Suzuki Ertiga tipe GL tahun 2019 ini, Anda mungkin akan sependapat dengan kami, karena desain muka depannya begitu cantik dan mempesona. Desain seperti ini cenderung terlihat lebih "aman" bila dibandingkan dengan para rival sekelasnya. Satu hal yang paling kami suka adalah padu padan serasi antara headlamp dengan grill-nya, bahkan bila dilihat lampu utama dari mobil ini seolah terinspirasi dari dua mobil yang memang cantik dan gagah, yakni Toyota Kijang Innova Reborn, dan BMW F30, sayangnya bohlam lampunya masih bertipe halogen biasa. Oh ya, fitur foglamp ini baru ada di model facelift 2019 dan membuat penampilan varian GL menyerupai Suzuki Ertiga GX dari depan.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Headlamp Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu

Lampu depan dari mobil ini seolah terinspirasi antara Toyota Kijang Innova Reborn bercampur dengan BMW F30

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Tampilan Samping

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak tampilan samping Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu

Tampilan samping merupakan salah satu bagian yang kami kurang suka dari mobil ini, sependapatkah Anda dengan kami?

Kalau boleh jujur, tampilan eksterior samping dari mobil Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini merupakan salah satu bagian yang kami kurang sukai dari mobil ini. Seharusnya, bagian samping dari mobil ini dapat dibuat lebih smooth seperti tampilan depannya. Lekukan kaca dipilar C rasannya agak mengganggu tampilan ekstetika dari mobil ini, entah mengapa setelah Toyota KIjang Innova Reborn menggunakan desain seperti ini ada beberapa pabrikan mobil lain mengikuti desain seperti ini. Namun, tetap ada hal yang kami suka, yakni desain pelek mobil ini yang nampak apik saat berputar, serta penempatan sein di bodi mobil yang rapi.

Dari samping, penampilan Suzuki Ertiga GL 2019 tampak lebih sederhana dibandingkan model lebih mahal. Gagang pintu contohnya, masih dibuat sewarna bodi. Juga terdapat lampu sein kecil pada fender, tidak terdapat pada varian GX. Pelek pun berbeda desain dengan Suzuki Ertiga GX. Walau begitu, hanya pemilik dan sales Suzuki rasanya yang mampu menemukan perbedaan fisik antara Suzuki Ertiga GL 2019 dengan model GX.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Tampilan Belakang

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak tampilan belakang Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu

Tampilan belakang Suzuki Ertiga GL 2019 AT bukan selera semua orang

Sama dengan tampilan eksterior samping dari mobil ini, untuk tampilan belakang dari Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini juga bukanlah selera semua orang. Bagi Anda yang suka dengan tampilan nyeleneh dan tak lazim, mungkin tidak sulit bagi Anda untuk lekas menyukai tampilan eksterior belakang dari mobil ini. Namun, jika Anda orang yang konservatif dan lebih suka tampilan yang "aman" dan enggak aneh-aneh, pasti akan menilai desain buritan mobil ini terlalu berani. Namun demikian, bukan berarti tidak ada hal positif pada tampilan belakang mobil ini, karena untuk lampu rem dan lampu senja sudah mengadopsi bohlam berjenis LED. Beda dengan model GX, Suzuki Ertiga GL 2019 masih memiliki lampu rem dan lampu kecil yang menyatu.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Stoplamp Suzuki Ertiga GL 2019 AT berwarna abu-abu

Meski demikian, desain stoplamp dari mobil ini nampak mewah dan menarik dipandang mata saat menyala

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Layout Dasbor

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Layout dasbor Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Layout dasbor Suzuki Ertiga adalah salah satu layout dasbor LMPV yang paling kami suka

Masuk ke dalam kabin, Anda akan disuguhkan dengan layout dasbor yang bertingkat dan terlihat mewah. Inilah hebatnya Suzuki dalam membuat mobil, meski mobil Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini harga jualnya tidak mahal serta tak ada material empuk di dasbor mobil ini, namun desain seperti ini masih masuk akal. Namun, untuk kualitas serta desain interior dari mobil ini patut kami acungi dua jempol. Meski untuk tipe GL ini tidak ada permainan aksen kayu seperti tipe GX, namun kami tetap menyukai desain dasbor dari mobil ini.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Setir

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Setir Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Setir dengan desain flat bottom seperti ini merupakan satu-satunya dikelas LMPV

Salah satu hal pula yang membuat kami makin kagum dengan kabin Suzuki Ertiga ini adalah penggunaan setirnya dengan desain flat bottom seperti di gambar. Biasanya setir dengan model seperti itu hanya ada pada mobil-mobil kelas atas seperti Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line 2018 yang pernah kami coba. Jelas saja ini merupakan poin positif bagi Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini, karena setir dengan desain flat bottom seperti ini merupakan satu-satunya dikelas LMPV. Oh ya, untuk tipe GL ini tidak dilengkapi dengan tombol pengatur audio pada setir, hanya saja tetap ada tombol pengatur bluetooth handphone dibalik palang kemudi sebelah kiri.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Audio System

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak head unit Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Meski fiturnya sederhana, namun tampilan dari head unit mobil ini tidak sederhana dan tidak murahan

Meski fitur pada head unit yang disuguhkan oleh Suzuki New Ertiga GL 2019 AT ini tergolong sederhana, karena hanya mampu memutar USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, serta memutar musik yang dipancarkan melalui Bluetooth, namun untuk tampilan dari head unit ini terasa tidak sederhana dan enggak murahan. Ketika kondisi mesin mobil mati, maka tampilan head unit ini seolah seperti layar monitor yang sedang mati alias hitam saja, ketika dinyalakan barulah terlihat tombol kapasitif seperti ponsel blackberry lawas, dan layar LCD kecil yang dapat menampilkan angka dan saluran radio. Sederhana namun keren!

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Ringkasan Fitur Keselamatan

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Modul ABS Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Suzuki Ertiga tipe GL tahun 2019 ini sudah dilengkapi dengan rem ABS

Rem ABS rasanya sudah wajib menjadi standar pada mobil penumpang kekinian, namun uniknya masih ada saja pabrikan yang memproduksi mobil tanpa dilengkapi dengan peranti rem anti mengunci ini. Untunglah, Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System). Modul servo serta selenoid pada sistem ABS akan bekerjasama dengan EBD dalam mengatur tekanan minyak rem ke masing-masing roda, dengan demikian jarak pengereman akan lebih terpangkas bila dibandingkan dengan mobil yang enggak pakai ABS. Sayangnya, meski sudah ada dual SRS Airbag belum tersedia fitur BA (Brake Assist) pada mobil ini.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Built In Bluetooth Telephone

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tuas pengatur Bluetooth Telephone Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Built in telephone adalah salah satu fitur favorit kami pada mobil ini

Kami sangat menyukai fitur built in telephone pada mobil ini, karena ketika sudah terhubung ke ponsel maka prosesi menjawab panggilan telepon akan jauh lebih mudah. Anda tinggal sentuh tuas bagian atas tuas dibalik kemudi mobil Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini untuk menjawab panggilan telepon, serta untuk menutup atau mengakhiri panggilan telepon, Anda pun hanya perlu menjentikkan jari pada tuas bagian bawa tadi. Prosesi ini sangat memudahkan dan menyenangkan, apalagi instalasi tombol bluetooth ini juga sangat rapi dan tidak mengganggu mata Anda.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT : Kenop Pengatur AC

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak kenop pengatur AC Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Meski kenop pengatur AC masih pakai sistem putar, namun hal ini tidak terlalu krusial

Memang, harus diakui pengaturan AC digital akan memberi kesan canggih, namun meski kenop pengatur AC pada mobil Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini masih pakai sistem putar, namun rasanya hal ini tidak terlalu krusial, terlebih pengaturan AC pada mobil ini juga lengkap. Secara umum kami tidak menemukan keluhan dalam pengoperasian tuas-tuas ini, malahan jika nanti setelah beberapa waktu masa pemakaian terjadi kerusakan, reparasi dari tuas-tuas ini akan lebih murah dari sistem digital.

>>> Ingin Membeli Suzuki Ertiga GL 2016 Bekas? Lihat Dulu Tipsnya Berikut Ini

OPERASI Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Mesin K15B Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Mesin K15B menderu halus dan memberi hentakan tenaga yang cukup

Karakter dari mesin K15B yang memang sudah dirancang overstroke dari pabriknya memberikan keuntungan tersendiri. Karena semburan torsi yang dihasilkan sudah terasa sejak putaran rendah. Meski masih lebih tinggi sekitar 200 rpm dari Toyota Avanza yang merupakan rivalnya yang menggunakan mesin lebih canggih, namun kelemahan tersebut mampu dieliminir oleh transmisi otomatisnya. Perpindahan gigi yang dilakukan oleh transmisi konvensional 4 percepatannya tergolong halus, dan mampu menghantarkan tenaga dengan baik, sehingga akselerasi mampu dilakukan secara halus. Handlingnya bagaimana? Cukup oke meski tidak bisa dikatakan istimewa, meski feedback yang dihasilkan oleh setir minim, namun putaran setir yang ringan berkat EPS akan lebih membantu Anda sehari-hari.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak tuas transmisi Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Transmisi otomatis 4 percepatan yang digendong mobil ini mampu menyalurkan tenaga dengan halus

Teknologi baru yang disematkan oleh Suzuki pada sasis Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini juga patut diacungi jempol, berkat Heartect mobil menjadi lebih stabil saat melibas tikungan, dan lebih anteng saat melaju kencang dijalanan lurus. Mengerem pun menjadi lebih yakin karena mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD (Electronic Brake Force Distribution) meski belum dilengkapi dengan BA (Brake Assist). Karakter bantingan suspensi dari mobil ini juga terasa pas, hal ini juga merupakan sumbangsih dari ban Dunlop Enasave, yang punya karakter dinding ban yang lentur, sehingga bantingan tetap empuk namun grip yang dihasilkan memadai.

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak ban dan pelek Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Grip ban Dunlop Enasave ini cukup baik, dan karakter empuk dari ban-ban lansiran Dunlop masih terasa di seri ini

>>> Apakah Hanya Tampilan? Ini Beda Suzuki Ertiga GX dan Suzuki Ertiga Sport

spesifikasi Suzuki Ertiga 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ertiga GL 2019 AT.

Mesin Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Seri mesin

K15B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT

Pasokan Bahan Bakar

Multi Point Injection

Tenaga Maksimum

102,3 Hp (104,7 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm @ 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

1.462 cc

Bore X Stroke

74,0 mm X 85,0 mm

Tipe Transmisi

Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Panjang X Lebar X Tinggi

4.395 mm X 1.735 mm X 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 seat

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tangki BBM

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS

Teknologi Safety Sasis

Heartect

Struktur Sasis

Monokok, A-Segment

Pelek

Alloy, 15 inchi

Jenis Ban

Dunlop Enasave, 185/65 R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ertiga 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga GL 2019 AT ini.

Kelebihan

Kekurangan

Kualitas produk dan kenyamanan

Sistem in-car entertainment primitif jika dibandingkan model lebih mahal atau rival-rivalnya

Performa mesin 1.500 cc

Teknologi mesin tidak semaju Toyota Avanza

Durabilitas Suzuki telah teruji

Penggerak depan tidak setangguh RWD

daftar harga Suzuki Ertiga 2019

Semakin seringnya terdengar berita Suzuki New Ertiga membuat banyak kalangan penasaran inilah daftar harga Suzuki New Ertiga 2019.

Harga Suzuki New Ertiga Baru

Harga Suzuki New Ertiga GA

Rp 196.000.000

Harga Suzuki New Ertiga GL MT

Rp 215.500.000

Harga Suzuki New Ertiga GL AT

Rp 226.000.000

Harga Suzuki New Ertiga GX MT

Rp 229.500.000

Harga Suzuki New Ertiga GX AT

Rp 240.000.000

Harga Suzuki New Ertiga Sport A/T

Rp. 251.500.000

Harga Suzuki New Ertiga Sport M/T

Rp. 241.000.000

>>> Klik sini untuk update informasi terbaru tentang harga dan promo mobil Suzuki Ertiga di pasar otomotif Indonesia

Video Suzuki Ertiga 2019

KESIMPULAN Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga GL 2019 AT: Tampak Emblem Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Layakkah mobil ini Anda miliki?

Melihat dari harga jual yang ditawarkan 'hanya' Rp 226 jutaan, dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan mobil Suzuki Ertiga GL AT 2019 ini layak untuk mengisi garasi atau carport rumah Anda. Ia dapat Anda andalkan sebagai mobil keluarga, namun mobil ini juga mampu menawarkan keasyikan mengemudi dan tidak melelahkan saat digunakan sehari-hari.

>>> Rasanya belum puas dengan artikel review Suzuki Ertiga GL AT 2019 di atas? Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil