Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

06/12/2018
editor rate: 4,8 user rate: 4,0
Dalam dunia Racing Competition (RC), Nissan Leaf Nismo RC menjadi wajah masa depan. Setidaknya, ia menjadi sosok perintis pertama di dunia otomotif yang menggunakan tenaga elektrik di tahun 2012 lalu. Sesuai janji Nissan, kini Leaf Nismo RC memiliki kecepatan dua kali lipat dibanding pendahulunya. Apa rahasianya? Simak jawabannya dalam review Nissan Leaf Nismo 2019.

PENGANTAR Nissan Leaf 2019

Review Nissan Leaf Nismo 2019 - 'The World's First 100% Electric Race Car’ menjadi gelar abadi yang dipegang oleh Nissan Leaf Nismo RC. Ia berdiri paling depan dalam hal teknologi bahan bakar yang sepenuhnya menggunakan elektrik. Tak ada bensin, tak ada diesel yang adanya hanya elektrik. Tentu terbayang bahwa Nissan berhasil menjawab tantangan zaman dengan menghadirkan kendaraan yang bukan hanya cepat namun juga ramah lingkungan.

Nissan Leaf Nismo RC 2011 menjadi model pertama dari mobil balap bertenaga 100% elektrik

Sosok sebelumnya dari Nissan Leaf Nismo RC yang dirilis pada tahun 2011

Leaf Technology yang dimiliki Nissan diterapkan pada Nismo RC. Mesinnya mendapat suplai tenaga elektrik dari baterai revolusioner lithium-ion. Tanpa membutuhkan oksigen, mesinnya mampu melakukan pembakaran sempurna meski melaju di area pegunungan tinggi yang notabene memiliki kadar oksigen sangat tipis.

Kala itu, Nismo RC masih menggunakan sasis berbahan karbon yang berhasil memangkas bobot bodi hingga 40%. Dari catatan lajunya, Nissan Leaf Nismo RC mampu menorehkan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 6,85 detik saja.

Sosok Nissan Leaf Nismo RC 2019 mendapat berbagai pembaruan

All-New Nissan Leaf Nismo RC baru saja diperkenalkan pada tanggal 2 Desember 2018, di Nismo Festival

Sesuai janji Nissan, All-New Leaf Nismo RC baru saja diluncurkan pada tanggal 2 Desember 2018 di Nismo Festival, Fuji International Speedway. Nampak jelas banyak hal berubah daripada sosok pendahulunya mulai dari sisi eksterior, mode penggerak All Wheel Drive (AWD) hingga performa mesin. Ya, Nissan mengklaim kecepatan Nismo RC terbaru meningkat dua kali lipat dibanding pendahulunya. Untuk informasi lebih lengkap, mari kita simak review Nissan Leaf Nismo RC 2019.

EKSTERIOR Nissan Leaf 2019

Seperti biasanya, artikel kali ini diawali dengan membahas eksterior Nissan Leaf Nismo RC 2019. Dibanding pendahulunya yang menonjolkan esensi stylish, kini eksteriornya menjadi sosok yang lebih garang serta agresif. Sehingga, benar-benar nampak layaknya mobil Racing.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Depan

Dari sisi depan, Grille V-Motion ikonik khas Nissan dipertontonkan supaya menjelaskan siapa perusahaan di balik model agresif satu ini. Tersirat jelas bahwa Grille semacam ini banyak ditemui pada model-model Nissan lainnya. Adapun Grille tersebut menyatukan kedua buah lampu LED-nya sehingga memberi esensi lebih sporty dari pendahulunya. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh tampilan Bonnet yang dibuat makin panjang supaya memberi nuansa lebih agresif pada Nismo RC.

​Eksterior depan Nissan Leaf Nismo RC 2019 sudah dilengkapi dengan Grille V-Motion serta lampu LED

Eksterior depan Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan wajah yang lebih agresif

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Samping

Panjang bodinya kini memiliki dimensi 4.546 mm dengan tinggi 1.212 mm, membuatnya terlihat lebih proporsional. Seakan pantas untuk mendefinisikan mobil RC ala Nissan dibanding pendahulunya yang memiliki ukuran lebih tinggi 300 mm. Esensi sporty juga dipertontonkan pada bodi sampingnya yang menerapkan aksen NISMO Red. Hal serupa juga diaplikasikan pada lingkar rodanya, memberi tatanan lebih agresif. Bahkan jika dilihat sekilas, Nismo RC nampak mengadopsi desain serupa Nissan Formula E.

Eksterior samping Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan dimensi panjang 4.546 mm

Eksterior samping Nissan Leaf Nismo RC 2019 menerapkan aksen merah yang memperjelas kesan sporty

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Belakang

Ruas bodi belakang dipersenjatai dengan Spoiler yang bisa diatur secara otomatis. Layaknya mobil RC pada umumnya, fitur Spoiler memberikan performa lebih aerodinamis untuk meningkat akselerasi yang dihasilkan oleh mesinnya. Di sisi lain, kami cukup menyukai sajian Tail Lights pada bodi belakangnya yang nampak sipit namun terlihat agresif.

Eksterior belakang Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan Spoiler yang menunjang performa aerodinamisnya

Eksterior belakang Nissan Leaf Nismo RC 2019 dihias apik dengan lampu Tail Lights berukuran minimalis

>>> Baca juga:

INTERIOR Nissan Leaf 2019

Ruang interior Nissan Leaf Nismo RC 2019 nampaknya belum diinformasikan secara jelas. Namun kami percaya, tatanan interiornya masih dibuat serupa dengan model pendahulunya.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Dashboard

Tak semenawan eksterior-nya, atmosfer interior Nismo RC dirancang kosong melompong. Ya, kami cukup memahami bahwa model satu ini memang dirancang untuk kebutuhan balap. Segala tombol yang menunjang performanya disematkan rapi pada sisi tengah dashboard-nya.

Dashboard Nissan Leaf Nismo RC 2019 sudah dilengkapi dengan fitur menarik

Dashboard Nissan Leaf Nismo RC 2019 tidak mendapatkan desain mewah

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Setir

Jika benar prediksi kami bahwa Nismo RC 2019 menerapkan interior mirip pendahulunya maka dipastikan kemudi setir masih kurang responsif. Ya, banyak pengamat otomotif menyatakan bahwasannya setir Nismo RC terasa berat ketika dikemudikan. Adapun desainnya hanya berupa rangka saja dengan mode tiga palang.

Setir Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan model tiga palang

Setir Nissan Leaf Nismo RC 2019 hanya didesain dengan model rangka saja

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Kursi

Lini kursi hanya dibekali dua saja layaknya mobil balap. Desain kursinya sendiri dipermak dengan aksen merah bertuliskan NISMO bercorak putih. Esensi nyaman sendiri ditunjang kuat dengan bahan kain berkualitas.

Kursi Nissan Leaf Nismo RC 2019 hanya mampu menampung dua orang saja

Kursi Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan aksen merah bertuliskan Nismo pada sabuk pengamannya

>>> Artikel terkait:

FITUR Nissan Leaf 2019

Dari pembaruannya kali ini, fitur Nissan Leaf Nismo RC 2019 seakan ingin menunjukkan bahwa mobil elektrik juga terbilang mengasyikkan. Dual-Electric Motors yang disematkan pada sisi tengah sasisnya membuat model satu ini memiliki performa Handling lebih mumpuni. Bahkan, mode penggerak juga diubah yang awalnya menerapkan Rear Wheel Drive (RWD) kini menjadi AWD untuk meningkatkan performa Cornering-nya.

Fitur Nissan Leaf Nismo RC 2019 tampil sangat lengkap yang menjadi penunjang performa mesinnya

Fitur Nissan Leaf Nismo RC 2019 kini mengubah mode penggeraknya menjadi AWD

Tak hanya itu, Nissan juga merubah bobot bodinya menjadi 1.220 Kg. Tentu bobot yang ringan mampu memberi dampak signifikan bagi tingkat efisiensi, akselerasi serta performa Handling-nya. Dalam hal ini, Nissan Leaf Nismo RC menerapkan rangka bodi Full Carbon-Fiber Monocoque.

>>> Simak juga segala model terbaru dari Nissan dengan klik link ini

OPERASI Nissan Leaf 2019

Hal paling mengesankan yang ingin diperkenalkan pada model ini terletak pada operasi mesin Nissan Leaf Nismo RC 2019. Bahkan banyak orang menyebutnya sebagai 'Green Car’ karena performa mesinnya yang ramah lingkungan, Zero Emission. Mengingat model ini menggunakan 100% elektrik, Nismo RC menghadirkan dua buah motor listrik yang disematkan di setiap ujung sasisnya.

Operasi mesin Nissan Leaf Nismo RC 2019 menggunakan kode EM57

Operasi mesin Nissan Leaf Nismo RC 2019 mampu menyemburkan daya maksimum hingga 240 kW

Kedua motornya menggunakan kode EM57 yang mampu memberikan lonjakan daya total sebesar 240 kW dan performa torsi di atas rata-rata yakni 640 Nm. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, performa mesinnya kini makin meningkat dua kali lipat. Hal ini bisa dibuktikan pada akselerasinya yang hanya membutuhkan 3,4 detik untuk meraih 0-100 Km/Jam. Berbeda dengan pendahulunya yang hanya mampu mencatatkan rekor 6,85 detik. Good Job, Nissan.

>>> Bandingkan juga dengan model Coupe menarik lainnya yang tampil dengan kelebihan berbeda-beda

spesifikasi Nissan Leaf 2019

Meski produk ini tergolong baru namun Cintamobil.com sudah mendapatkan spesifikasi Nissan Leaf Nismo RC 2019.

SPESIFIKASI NISSAN LEAF NISMO RC 2019

DIMENSI

Panjang

4.546 mm

Tinggi

1.212 mm

Wheelbase

2.750 mm

Berat Kosong

1.220 Kg

MESIN

Tipe Mesin

100% Electric EM57

Daya Maksimum

240 kW

Torsi Maksimum

640 Nm

Akselerasi 0-100 Km/Jam

3,4 detik

Mode Penggerak

AWD

kelebihan & kekurangan Nissan Leaf 2019

Seperti artikel review lainnya, tak lupa Cintamobil.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Nissan Leaf Nismo RC 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior makin mengesankan dan agresif dibanding pendahulunya

Entah mengapa kami berpendapat perubahan dari RWD menjadi AWD seakan masih tahap uji coba untuk mencari potensi maksimal dari Leaf Nismo RC

Performa akselerasi makin ditingkatkan dua kali lipat

Spoiler terlalu besar mengurangi visibilitas di arah belakang bagi pengendara

Memang esensi historis sebagai mobil balap elektrik pertama di dunia

-

>>> Anda mau tahu lebih jelas tentang mobil Nissan lainnya, langsung klik sini untuk simak informasi terlengkap

daftar harga Nissan Leaf 2019

Hingga kini, Nissan belum menyebutkan nominal untuk daftar harga Nissan Leaf Nismo RC 2019. Namun kami cukup percaya, model satu ini dibanderol sangat eksklusif yang diprediksi hingga miliaran rupiah.

>>> Klik sini untuk tahu harga dan promo saat membeli mobil

Video Nissan Leaf 2019

KESIMPULAN Nissan Leaf 2019

Sebagai mobil balap elektrik pertama di dunia, Nissan Leaf Nismo RC nampak terus berbenah. Dimulai dari sisi eksterior tampilannya makin agresif, merubah mode penggerak menjadi AWD hingga meningkat performa akselerasi dari kedua motor listriknya. Bahkan, pembaruannya kini seakan sukses yang dapat dilihat peningkatan akselerasi hingga dua kali lipat dibanding model sebelumnya. Dari sisi ini, Nissan nampak serius dengan visi mobil balap elektriknya. Seakan ingin membuktikan bahwa mobil elektrik sebagai sosok masa depan tak kalah dengan mobil bertenaga bensin maupun diesel.

Lantas bagaimana pendapat Anda tentang Nissan Leaf Nismo RC 2019? Apakah ada opini menarik tentangnya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil