Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

07/03/2020

Share this post:

Mitsubishi Xpander 2020

Editor rate:

Rp. 272.100.000

Lihat promo

Mitsubishi Xpander kembali memperbaharui dirinya, ubahan minimalis ini dipercaya akan makin menambah daya saingnya di kelasnya. Simak review Mitsubishi Xpander 2020 dari Cintamobil berikut ini.

Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing
Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Xpander 2020

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin baik di putaran bawah

Biaya perawatan terjangkau

Kabin lega

Lampu depan sudah LED

Kekurangan

Harga mahal

Interior warna terang membuat cepat kotor

Ubahan Minor

Foglamp belum LED

Gambar menunjukkan launching Mitsubishi Xpander 2020

Mitsubishi Xpander facelift 2020 pertama kali muncul ke publik di Mall Central Park, Jakarta Barat

Review Mitsubishi Xpander 2020 -  Kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) di Indonesia adalah kelas yang punya karakteristik pasar persaingan sempurna. Kelas gemuk ini pun diisi oleh banyak model dari merek-merek besar di Indonesia yang memiliki daya saing produk tinggi. Sehingga, jika pabrikan tidak melakukan update produk secara berkala, niscaya akan tertinggal dengan rival lainnya. Demi jaga eksistensi, Mitsubishi Xpander juga lakukan ubahan minimalis demi tambah daya saing. Inilah review Mitsubishi Xpander 2020.

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Xpander 2020

Demi menambah daya saing, Xpander harus disegarkan...

Eksterior Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Xpander 2020

Karena hanya revisi minor, maka kami akan fokus kepada highlight ubahan yang dilakukan

Mitsubishi Xpander 2020 ini hanya mengalami sedikit revisi pada bagian eksteriornya. Secara umum tidak terlalu banyak ubahan yang dilakukan pada LMPV andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini. Maka, pada review Mitsubishi Xpander 2020 ini kami akan berfokus pada highlight ubahan tampilan saja, berikut ini garis besar ubahannya:

Tampilan Depan Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan grill Mitsubishi Xpander 2020

Grill kini perpaduan antara lapisan krom dengan warna piano black

Dari sisi tampilan eksterior depan, Mitsubishi Xpander 2020 ini tampil makin menawan dan juga stylish. Hal tersebut terlihat dari tampilan muka (fascia) depan mobil ini yang tetap mengusung bahasa desain Dynamic Shield, yang merupakan DNA produk Mitsubishi Motors Corporation. Ini dikombinasikan dengan desain grill depan baru berkelir chrome dan piano black yang berkesan tangguh dan kokoh.

Gambar menunjukkan headlamp LED Mitsubishi Xpander 2020

Headlamp LED ini tersedia mulai tipe Exceed hingga Ultimate

Hal yang kami senang pada Xpander baru ini adalah ia kini hadir dengan fitur lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu dengan pancaran cahaya putih ini akan makin mengoptimalkan visibilitas dan memberikan kenyamanan kepada pengendara. Dengan bohlam tipe LED ini, maka jangkauan sorot lampu akan lebih luas. Fitur ini tersedia pada Xpander tipe Ultimate, Sport, dan juga Exceed. Sayang pada foglamp-nya belum menggunakan LED.

Tampilan Samping Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan lis samping Mitsubishi Xpander 2020

Lis warna silver di samping mobil ini kelirnya makin terang

Jika Anda tidak jeli mungkin hanya mengira jika ubahan yang ada pada Mitsubishi Xpander facelift ini hanya velg berdiameter 16 inci dengan motif two tone alloy wheel yang menjadi terlihat lebih sporty. Padahal ada sejumlah ubahan yang tak terlalu kasat mata, seperti lis warna silver di samping bawah yang warnanya makin terang, dan window belt line yang berkelir sedikit lebih gelap.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Mitsubishi Xpander 2020

Desain berubah namun diameter dan profil ban tetap sama

Mitsubishi Xpander Ultimate 2020 seperti yang kami review kali ini tetap dilengkapi dengan akses smart key. Jadi kunci hanya perlu dikantongi, dan jika ingin masuk ke kabin, Anda tinggal menekan tombol hitam pada gagang pintunya, maka central lock akan membuka, begitu juga ketika Anda ingin mengunci pintu mobil ini, tinggal tekan lagi tombol tersebut.

Gambar menunjukkan gagang pintu Mitsubishi Xpander 2020

Akses smart entry makin memudahkan pengguna...

Tampilan Belakang Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan stoplamp Mitsubishi Xpander 2020

Kaca belakang sudah dilengkapi deffoger

Tampilan buritan Mitsubishi Xpander 2020 ini juga makin terlihat sporty dengan penggunaan antena model Shark Fin. Meski berdasarkan pengalaman kami penangkap sinyal radio model seperti ini tidak sebaik antena model tangkai (short pole), namun desain seperti ini memberikan tambahan nilai estetika. Demikian juga dengan hadirnya rear window defogger pada Xpander tipe Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

Gambar menunjukkan spoiler dan antena Mitsubishi Xpander 2020

Antena model sirip hiu menambah kesan dinamis

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Mitsubishi Xpander 2020

Trim Pintu & Corak Dashboard Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan trim pintu Mitsubishi Xpander 2020

Warna beige memang cerah namun mudah sekali kotor

Masuk ke bagian interior, model layout dashboard Xpander 2020 ini masih sama dengan model sebelum facelift. Namun kini kabin Xpander hadir dengan warna baru yakni beige yang terlihat tak hanya di trim pintu namun juga corak di dashboard. Hal ini memberikan aura kemewahan pada interior, kelir ini tersedia untuk tipe Ultimate dan Exceed. Sementara untuk tipe Sport menggunakan warna hitam untuk mendukung nafas sporty pada interior

Gambar menunjukkan trim pintu dan corak dashboard Mitsubishi Xpander 2020

Motif doortrim masih sama dengan model sebelum facelift

Tampilan interiornya kini juga menjadi semakin menarik dengan new accent instrument panel dan door trim wood panel pada Mitsubishi Xpander tipe Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel pada tipe Sport. Sayangnya, untuk pemakaian yang sudah agak lama, pengalaman kami di Xpander Ultimate warna terang akan membuatnya cepat kotor dan butuh usaha lebih untuk membersihkannya seperti sedia kala.

Kenop Pengatur AC Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan kenop pengatur AC Mitsubishi Xpander 2020

Kini sudah tersedia tombol untuk mengaktifkan deffoger belakang

Amat disayangkan, meski pengaturannya cukup lengkap dan kini tersedia tombol untuk mengaktifkan defogger belakang, namun Mitsubishi Xpander 2020 ini masih mengusung knop pengatur AC model putar. Padahal lawan-lawannya sudah mengusung model digital bahkan sudah dilengkapi dengan automatic climate control. Namun, ada keuntungan tersendiri dari knop model ini, selain lebih mudah digunakan, juga ketika terjadi kerusakan perbaikannya lebih mudah.

Setir Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan setir Mitsubishi Xpander 2020

Setir nyaman digenggam dan tersedia beragam tombol pengatur audio dan cruise control

Setir Mitsubishi Xpander 2020 ini sama dengan model sebelum facelift, tetap enak digenggam, pengaturannya lengkap dengan tilt dan telescopic serta terasa mewah karena sudah dilapis kulit. Satu hal yang kami suka adalah adanya fitur cruise control pada mobil Mitsubishi Xpander 2020 ini menjadikan saat melaju di jalan bebas hambatan jadi lebih nyaman.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Xpander 2020

Multi Information Display Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan Multi Information Display Mitsubishi Xpander 2020

Cukup banyak informasi tersaji dari sini

Pada layer multi information display di Mitsubishi Xpander 2020  ini juga sama seperti Xpander sebelum facelift, dan cukup banyak data yang ditampilkan, mulai konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh trip A & B, lama waktu berkendara, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan kalkulasi dari jumlah BBM di tangki

In-Car Entertaiment System Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan In-Car Entertaimeny System Mitsubishi Xpander 2020

Head unitnya pakai kepunyaan Mitsubishi Xpander Cross

Kualitas reproduksi suara di sistem In-Car Entertainment System Mitsubishi Xpander 2020 ini juga patut diacungi jempol. Selain ia dilengkapi dengan 4 speaker dan 2 tweeter, juga pada head unit disematkan layar sentuh 7-inci seperti Xpander Cross dengan Smartphone Connectivity seperti Android Auto dan Apple Carplay. Jelas ini menambah kenyamanan dan kemudahan saat berkendara.

Ringkasan Fitur Keselamatan Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan modul ABS Mitsubishi Xpander 2020

Rem ABS sudah jadi standar di Mitsubishi Xpander 

Mitsubishi tidak ingin mengorbankan reputasinya sebagai pabrikan yang jago membuat mobil aman dan memiliki daya tahan. Pada Mitsubishi Xpander 2020 ini sudah tersedia double SRS Airbag, rem dengan sistem ABS dan EBD, serta Active Stability Control yang berfungsi menjaga laju mobil saat bermanuver sehingga tidak mudah tergelincir. Pun begitu dengan fitur Hill Start Assist yang akan menjaga mobil di tanjakan agar tidak mundur saat kondisi diam.

>>> Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

Operasi Mitsubishi Xpander 2020

Mobil Mitsubishi Xpander 2020 ini dilengkapi dengan mesin berkonfigurasi 4-silinder berkode 4A91 berkapasitas 1.499 cc dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 104 ps atau sekitar 102,5 HP di putaran 6.000 rpm serta semburan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Gambar menunjukkan mesin 4A91 Mitsubishi Xpander 2020

Mesin 4A91 dengan teknologi MIVEC tetap dipertahankan

Teknologi katup variabel MIVEC ini dikembangkan oleh Mitsubishi untuk mendapatkan tenaga yang optimum di perkotaan maupun di jalan bebas hambatan. MIVEC secara teori menyerupai prinsip kerja VTEC di Honda yang mengatur besar celah bukaan camshaft pada rocker arm, membuat MIVEC punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin 3.500 rpm.

>>> Cuman Beda Rp 3 Jutaan, Pilih New Toyota Avanza Atau Mitsubishi Xpander?

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020.

Mesin Mitsubishi Xpander 2020

Seri mesin

4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve

Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Tenaga Maksimum

102,5 Hp (104 Ps) @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4,000 rpm

Kapasitas Silinder

1,499 cc

Bore X Stroke

75,0 mm X 84,8 mm

Tipe Transmisi

Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Mitsubishi Xpander 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

4,475 mm X 1.750 mm X 1,700 mm

Jarak Sumbu Roda

2,775 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

205 mm

Radius Putar

5,2 Meter

Kapasitas Tangki

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander 2020

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Rem Depan & Belakang

Disc Brake & Drum Brake

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD & BA

Teknologi Safety Sasis

Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

Two Tone Alloy, 16 inch

Jenis Ban

Bridgestone Ecopia EP150, 205/55 R16

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2020

Berikut daftar harga Mitsubishi Xpander 2020 dalam setiap tipenya:

Tipe Mobil

Harga Mitsubishi Xpander Baru 2020 (OTR)

Harga Mitsubishi Xpander GLX M/T IDR. 215.300.000
Harga Mitsubishi Xpander GLS M/T IDR. 231.800.000
Harga Mitsubishi Xpander GLS A/T IDR. 242.800.000
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED M/T IDR. 238.800.000
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED A/T IDR. 249.200.000
Harga Mitsubishi Xpander SPORT M/T IDR. 251.400.000
Harga Mitsubishi Xpander SPORT A/T IDR. 261.400.000
Harga Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T IDR. 272.100.000
Harga Mitsubishi Xpander Limited (White Pearl Only) IDR. 276.600.000

*Pilihan warna “Quartz White Pearl” memiliki selisih harga Rp 1.500.000 lebih tinggi

*Harga per bulan Maret 2020

Kesimpulan Mitsubishi Xpander 2020

Gambar menunjukkan kesimpulan Mitsubishi Xpander 2020

Xpander facelift ini layak Anda miliki sebab...

Tak bisa dipungkiri Mitsubishi Xpander 2020 adalah salah satu LMPV terbaik di kelasnya. Bantingan suspensinya superior, memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan kestabilan. Selain itu respon mesinnya juga cukup baik dan nilai kemewahannya memuaskan. Xpander seakan membuat standar baru sebuah LMPV. Namun memang semua itu harus dibayar dengan banderol yang lebih tinggi dari para pesaingnya. Saran kami, Anda dapat memilih Mitsubishi Xpander 2020 tipe Sport dengan banderol harga yang relatif lebih murah namun tetap memiliki value sebaik tipe di atasnya.

>>> Simaklah review yang mernarik lainnya dari Cintamobil.com dengan klik sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Dan Test Drive All New Nissan Livina VE 2019, Lebih Murah Rp 12 Juta Bakal Dapat Apa?

08/06/2019

Editor rate:

Setelah kami mengulas lengkap varian flagship dari All New Nissan Livina 2019 yakni tipe VL, dengan menghemat uang sebesar Rp 12 juta, Anda dapat memiliki All New Nissan Livina satu tipe dibawahnya, yakni VE. Lantas, apakah dengan pengurangan harga sebesar itu membuat banyak fittur unggulan pada tipe VL dikurangi di tipe VE ini?

Lihat juga

Review Toyota Avanza Veloz 2019

16/01/2019

Editor rate:

Inilah senjata pamungkas PT. Toyota Astra Motor untuk menghentikan hegemoni Mitsubishi Xpander. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019 yang merupakan salah satu varian Avanza termahal yang saat ini dijual di Indonesia. Ini pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019

Lihat juga

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

10/09/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga menjadi salah satu pemain low MPV yang cukup berhasil memberikan impresi menarik, salah satunya karena alasan efisiensi konsumsi BBM. Dan baru-baru ini, Suzuki memperkenalkan konsep mobil Suzuki Ertiga yang diberikan teknologi mild hybrid, yang mereka namakan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Seperti apa sosok mobil ramah lingkungan dari Suzuki ini?

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

04/04/2019

Editor rate:

Inilah Daihatsu Xenia terbaru yang ada pada trim menengah, bukan tanpa sebab kami membahas tipe ini. Karena biasanya yang tipe menengah adalah tipe yang paling digemari, so inilah review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019

Lihat juga

Review Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift: Tampil Lebih Segar dan Semakin Nyaman

17/01/2020

Editor rate:

Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift bisa menjadi pilihan MPV keluarga yang mempuni. Kenyaman terbaru yang ditawarkan bisa jadi pertimbangan tambahan untuk Anda.

Lihat juga