Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Harganya Murah, Kini Semua Orang Sudah Bisa Memilikinya

12/09/2019
editor rate: 4,2 user rate: 4,0
Mobil penakluk medan berat ini, muncul perdana di Indonesia pada tahun 2009. Yap, Mitsubishi Pajero Sport nama lengkapnya. Sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) yang punya tubuh kekar dan performa tangguh. Ada rencana membelinya? Lihat dulu review Mitsubishi Pajero Sport 2009 berikut ini.

PENGANTAR Mitsubishi Pajero Sport 2009

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009 - Jika mau melirik sejarah Mitsubishi Pajero Sport di dunia, SUV kekar satu ini pertama kali diproduksi di Jepang pada tahun 1996 silam dan baru diekspor ke beberapa negara setahun setelahnya. Perakitan komponennya masih diracik langsung di Nagoya, Aichi Japan.

Mitsubishi Challenger adalah sebutan untuk Pajero Sport di negara asalnya, Jepang

Generasi pertamanya dirilis di Jepang dengan menyandang nama Mitsubishi Challenger

Kala itu, Indonesia sedang diramaikan oleh kehadiran Toyota Fortuner. Melihat kesempatan tersebut, Mitsubishi pun memasuki segmen tersebut dengan menghadirkan Pajero Sport. Awal kemunculannya di tahun 2009, PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi, meluncurkan tiga tipe Pajero Sport meliputi Exceed 4x2, GLS 4x4 serta GLX 4x4. Ketiganya menggunakan spesifikasi mesin 2.477 cc DI-D DOHC Turbocharged Intercooled. Sebuah tenaga yang cukup mumpuni untuk membuat si bodi kekar ini melaju.

Mitsubishi Pajero Sport 2009 adalah model pertama yang masuk ke pasar Indonesia

Yang masuk ke Indonesia pertama kali adalah generasi keduanya diluncurkan tahun 2009

Nah, kabar baiknya untuk Anda, Mitsubishi Pajero Sport 2009 bekas kini sudah dijual sangat terjangkau. Ibaratnya, mobil tangguh satu ini sudah dapat dimiliki oleh banyak orang, tak semahal harga jual yang dulu. Lantas, apa saja kelebihannya? Mari kita simak dalam review Mitsubishi Pajero Sport 2009.

EKSTERIOR Mitsubishi Pajero Sport 2009

Kesan gagah dan berwibawa menjadi sebuah Image yang tertanam permanen pada eksterior Mitsubishi Pajero Sport 2009. Mereka yang melihatnya tentu akan menganggap sang pemilik adalah orang sukses dan punya jiwa maskulin. Inilah kelebihan yang tak bisa dilepaskan dari Pajero Sport.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Eksterior Depan

Wajah depan Pajero mengadopsi karakter dari Mitsubishi Strada Triton. Beda dengan model terbarunya kini yang menggunakan Dynamic Shield Design. Jujur, kami lebih suka generasi Pajero Sport satu ini. Terkesan lebih gagah dan punya kesan berwibawa.

Eksterior Depan Mitsubishi Pajero Sport 2009 menggunakan desain Grille mirip dengan Mitsubishi Strada Triton

Fascia depan sukses menggambarkan kesan maskulin, modern dan juga mewah

Lampu utama tersambung rapi dengan Grille utama, lengkap Fog Lamps pada sisi bawahnya. Untuk model keluaran tahun 2009, kami rasa mobil satu ini masih sangat relevan dengan desain mobil satu ini.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Eksterior Samping

Melirik bodi samping sudah menyematkan Step Side yang memudahkan penumpang untuk memasuki kabinnya. Fitur satu ini tergolong sangat berguna, mengingat Ground Clearance-nya yang cukup tinggi. Eits, ada beberapa hal juga yang kami suka yakni aksen krom pada Door Handle dan kaca spionnya. Sukses memperkuat kesan mewah.

Eksterior Samping Mitsubishi Pajero Sport 2009 terlihat gagah berkat Ground Clearance yang cukup tinggi

Ground Clearance-nya tinggi punya banyak fungsi khususnya saat diajak melaju di area banjir dan medan berat

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Eksterior Belakang

Tak begitu banyak fitur pada bodi belakangnya. Tapi yang jelas, kami suka dengan bentuk kacanya yang sangat lebar, memudahkan visibilitas saat berkendara. Sementara itu, desain lampu sudah cukup sporty dipadu Garnish Chrome di atas plat nomor.

Eksterior Belakang Mitsubishi Pajero Sport 2009 dilengkapi dengan Garnish Chrome yang diposisikan tepat di atas plat nomor

Visibilitas kaca belakang benar-benar terasa lega, memudahkan pandangan sang pengendara

>>> Editor's Pick:

INTERIOR Mitsubishi Pajero Sport 2009

Bagaimana dengan interior Mitsubishi Pajero Sport 2009? Jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner, kami cukup suka dengan desain kabin Pajero. Lebih terkesan Premium dan punya fitur cukup lengkap. Saran kami adalah memilih tipe GLX 4x4, dijamin Anda akan merasakan pengalaman berkendara tak terlupakan.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Dashboard

Tak membosankan dashboard-nya, berkat penggunaan kombinasi dua warna yakni hitam dan Silver. Tapi bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mobil tahun 2000-an, akan kurang terbiasa mengamati fitur-fiturnya. Pesan kami, tak perlu khawatir, cobalah beradaptasi dan Anda akan merasakan bahwa semua fitur pada dashboard-nya memudahkan proses berkendara Anda.

Dashboard Mitsubishi Pajero Sport 2009 dikemas sangat elegan dengan kombinasi warna Beige dan hitam

Kabinnya terasa elegan bercampur aura mewah

Hal unik adalah penataan fiturnya. Dari sisi paling atas dashboard tersemat apik Multi Information Display (MID), disusul pengaturan AC pada sisi tengah dan Head Unit pada sisi terbawah. Sedikit aneh memang, sebelum akhirnya diubah formasi tersebut pada versi Facelift di tahun 2011.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Setir

Kemudi setir mendapat fitur tombol pengaturan audio. Praktis, Anda hanya perlu menekan tombol-tombol di sisi kiri kemudinya, tak perlu khawatir kehilangan konsentrasi saat berkendara. Tak kalah nyaman adalah bahan yang digunakan untuk setirnya. Terasa sangat nyaman di genggaman.

Setir Mitsubishi Pajero Sport 2009 menggunakan model tiga palang dan sudah dilengkapi tombol pengaturan audio

Pada setir sudah tersemat tombol pengaturan audio

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Kursi

Kritik kami justru jatuh pada aspek kursi. Memang, pada bangku deret pertama dan kedua, terasa cukup lega untuk urusan ruang kaki. Sangat disayangkan adalah bangku deret ketiga, cukup sempit dan memberi perasaan kurang nyaman untuk penumpang. Disarankan agar bangku ketiganya ditempati oleh anak-anak saja.

Kursi Mitsubishi Pajero Sport 2009 sayangnya masih terasa kurang lega apalagi pada bangku deret ketiga

Semua kursinya sudah mendapat balutan bahan kulit

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Pajero Sport 2009

Tak perlu bingung-bingung soal fitur Mitsubishi Pajero Sport 2009. Pasalnya, mobil tangguh satu ini sudah dipersenjatai dengan fitur sekelas Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dijamin, performa pengereman akan terasa lebih empuk dan presisi..

Yang paling menarik adalah mode penggerak 4x4, membuatnya menjadi sangat tangguh di medan berat dan perkotaan. Sayangnya, mode 4x4 hanya ditawarkan pada dua tipe saja yakni GLS dan GLX, absen untuk tipe Exceed. Sementara itu untuk sektor keselamatan, Mitsubishi Pajero Sport 2009 sudah dilengkapi Dual Airbags, Immobilizer, Rear Parking Sensors dan juga Alarm System.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil SUV yang tak kalah hebat lainnya

OPERASI Mitsubishi Pajero Sport 2009

Untuk versi pertama yang muncul di Indonesia, operasi mesin Mitsubishi Pajero Sport 2009 menggunakan kode 4D56 berkapasitas 2.477 cc. Daya yang dihasilkan mesinnya tak kurang dari 138 PS pada putaran 3.500 Rpm. Begitu pun soal torsi puncaknya, menorehkan angka 314 Nm setara 2.000 Rpm. Nantinya, performa mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan manual atau 4 percepatan otomatis.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport 2009 punya daya cukup lumayan di angka 138 PS dan torsi puncak 314 Nm

Mesin diesel-nya terasa tangguh soal torsi, mampu melahap banyak medan dengan mudah

Ada satu hal yang nyatanya kami cukup sayangkan. Pada versi pertamanya ini, jantung pacu belum mendukung konfigurasi VGT, baru dimunculkan pada tipe Dakar yang dirilis dua tahun setelahnya. Alhasil, Mitsubishi Pajero Sport 2009 punya kelemahan soal putaran bawah yang terasa kurang menggigit jika dibandingkan dengan versi Dakar.

Saran kami, bagi Anda yang hanya punya aktivitas perkotaan saja, lebih baik memilih tipe Exceed 4x2. Terasa lebih hemat bahan bakar karena tidak perlu banyak tenaga untuk memutar mode penggeraknya. Beda cerita jika Anda banyak beraktivitas di area pegunungan penuh tanjakan, saran kami adalah tipe 4x4, baik itu GLS atau GLX.

>>> Tertarik untuk mengetahui model besutan Mitsubishi lainnya? Simak di sini informasi selengkapnya

spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2009

Untuk informasi selengkapnya soal spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2009, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.695 mm x 1.815 mm x 1.840 mm

Jarak Poros Roda

2.800 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.515 mm

Ground Clearance

215 mm

MESIN

Tipe Mesin

4D56 2.5 Liter DOHC Turbo dengan Intercooler

Kapasitas Silinder

2.477 cc

Daya Maksimum

138 PS / 3.500 Rpm

Torsi Maksimum

314 Nm / 2.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

3-Link

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2009

Merangkum apa yang sudah kami sebutkan sebelumnya, berikut opini kami terkait kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2009.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Image Pajero yang lekat akan nuansa kesuksesan dan jiwa maskulin dari pemiliknya

Performa mesinnya terasa kurang menggigit di putaran bawah

Cukup tangguh di medan berat, didukung mesin 2.5 Liter Turbo dan tersedia mode penggerak 4x4

Bangku deret ketiga terasa sangat sempit

Fiturnya sangat melimpah

Tak ditawarkan mesin bensin untuk versi Pra-Facelift

daftar harga Mitsubishi Pajero Sport 2009

Tertarik untuk membelinya? Tenang, di rubrik ‘Mobil Dijual’ Cintamobil.com, terdapat banyak sekali pengiklan yang menjual model bekas dan berkualitasnya. Nah, berikut daftar harga Mitsubishi Pajero Sport 2009.

TIPE MOBIL

HARGA MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009 BEKAS

Mitsubishi Pajero Sport 2.5 Liter

Di kisaran Rp. 200 jutaan hingga Rp. 250 jutaan

Video Mitsubishi Pajero Sport 2009

KESIMPULAN Mitsubishi Pajero Sport 2009

Dulunya dengan harga jual cukup tinggi, Mitsubishi Pajero Sport sering dianggap mobil yang hanya bisa dimiliki orang-orang berduit saja. Kini? Harganya benar-benar terjangkau dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Tentu ini adalah kabar baik untuk para pecinta SUV. Apalagi mesinnya sudah cukup handal, tampil nyaman di area perkotaan dan mampu melibas tanjakan-tanjakan terjal. Jika Anda ingin memiliki sosok Pajero dengan harga terjangkau, model pertamanya ini adalah pilihan terbaik. Lantas, apa pendapat Anda, apakah merasa tertarik untuk membeli Mitsubishi Pajero Sport 2009?

>>> Ikuti juga review mobil tak kalah menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil