Review MG ZS Ignite 2020: Mobil Merek Inggris Paling Terjangkau

29/06/2020

Share this post:

MG ZS 2020

Editor rate:

Rp 289.800.000

Harga Terbaru MG ZS 2020 Lihat promo

Kehadiran perdana MG Motors di Indonesia langsung membawa MG ZS Ignite 2020, SUV keluarga bergaya British dengan fitur menarik dan harga yang terjangkau.

Review MG ZS Ignite 2020: Mobil Merek Inggris Paling Terjangkau
Review MG ZS Ignite 2020: Mobil Merek Inggris Paling Terjangkau
0 Gambar

Pengantar MG ZS 2020

Mari kita simak spesifikasi MG ZS 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain menawan nan modern
Value for money sangat baik
Dipenuhi berbagai fitur menarik
Konsumsi BBM irit
 

Kekurangan

Akselerasi lamban
Material interior terkesan standar
Tidak ada headrest untuk penumpang di tengah pada baris kedua
Dealer MG masih jarang di Indonesia
 

Review MG ZS Ignite 2020 - Jangan terkecoh dengan nama MG ZS ketika mencari mobil ini di laman pencari. Pasalnya, MG ZS awalnya adalah sedan sport yang dipasarkan MG Motor dalam rentang tahun 2001 hingga 2005. Kali ini, ZS berubah menjadi SUV keluarga yang menjadi lini produk pertama MG Motor di Indonesia. Dan MG ZS Ignite 2020 merupakan varian tertinggi di Tanah Air.

MG ZS merupakan SUV kedua produksi MG Motor setelah diakuisisi oleh SAIC Motor, perusahaan otomotif terbesar di China. Yang pertama adalah MG GS dengan dimensi yang lebih besar. Mobil ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 di Guangzhou Auto Show, di China. Setahun kemudian, versi produksi rilis dan dipasarkan di Inggris.

tampilan terbaru MG ZS 2020 berwarna hitam
MG ZS Ignite yang membuka lini mobil MG di Indonesia

MG ZS yang dibawa ke Indonesia merupakan hasil produksi Thailand. Memang, pasar Thailand sudah lebih dulu menikmati kehadiran mobil ini pada 2017 silam. Bahkan bertepatan dengan perkenalan pertama MG ZS di Indonesia, MG Motor menghadirkan versi facelift ZS di Negara Gajah Putih tersebut.

Dibandingkan versi Thailand, beberapa fitur memang ditinggalkan. Bisa jadi untuk menawarkan harga yang kompetitif di pasar otomotif Tanah Air. Bagi Anda yang tertarik dengan SUV kompak karya produsen legendaris asal Inggris ini, simak review MG ZS Ignite 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior MG ZS 2020

MG Motor menyebutkan eksterior MG ZS dibuat dengan desain khas Inggris dan diberi nama Brit Dynamic pada MG ZS. Ada kesan Mazda pada tampilan depan. Namun desain keseluruhan mengandalkan tampilan minimalis dan dilengkapi dengan aksen chrome yang memberikan kesan premium.

Review MG ZS Ignite 2020: Eksterior Depan

Ketika pertama kali mobil ini diluncurkan di Indonesia pada Maret lalu, banyak yang menyebutkan kemiripan tampilan depannya dengan Mazda. Desain grille yang lebar dan besar di depan memang mengingatkan kita pada pabrikan asal Jepang tersebut. Grille bergaya honeycomb ditambah aksen chrome pada sisi luar grille depan.

eksterior depan MG ZS 2020 berwarna hitam
Eksterior depan MG ZS Ignite 2020

Logo MG yang khas menghiasi tampilan tengah grille depan. Lampu depan memang masih menggunakan halogen. Tapi SUV asal Inggris ini sudah menggunakan teknologi proyektor lengkap dengan Daytime Running Light. Menawarkan kesan maskulinnya, ada skid plate berwarna silver sebagai pelengkap pada bumper bawah.

Review MG ZS Ignite 2020: Eksterior Samping

eksterior samping MG ZS 2020 berwarna hitam
Eksterior samping MG ZS Ignite 2020

Beralih ke sisi samping, MG ZS Ignite menawarkan desain yang gagah dengan bahu yang berotot. Ada sedikit aksen chrome pada bagian bawah untuk menghadirkan kesan premium. Pada bagian atap, ada roof rail bagi Anda pecinta petualangan dilengkapi dengan panoramic sunroof dengan kaca yang bisa dibuka. Varian Ignite sudah dilengkapi dengan velg 5-spoke dual tone berukuran 17 inci.

Review MG ZS Ignite 2020: Eksterior Belakang

Bagian belakang menawarkan tampilan yang minimalis serta lekukan yang dinamis. Menawarkan kesan gagah dan maskulin. Tak ketinggalan ada badge Brit Dynamic yang seakan menegaskan bahwa mobil ini masih memiliki darah Inggris dari merek legendarisnya. Lampu mundur dan lampu sein masih menggunakan bohlam. Di bagian bawah, terdapat aksen chrome yang menghiasi bumper,

eksterior belakang MG ZS 2020 berwarna hitam
Eksterior belakang MG ZS Ignite 2020

Yang menarik dari bagian belakang adalah bukaan pintu bagasi. Anda tinggal menekan logo MG yang berada di pintu belakang, maka pintu bagasi akan terbuka dengan mudah. Berbeda dengan mobil SUV besar lainnya, bukaan pintu belakang tak begitu besar sehingga menghemat tempat untuk parkir.

>>> Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris


Interior MG ZS 2020

Meskipun MG ZS yang dipasarkan di Indonesia dibawa dari Thailand, namun ternyata masih ada kesan ‘mobil China’ di bagian dalamnya. Material dalam menawan dengan interior bergaya two-tone. Tapi kualitas interior terasa kurang, timpang dengan kesan elegan di dalam mobil. Tapi hal tersebut bisa dimaklumi dengan banyaknya fitur yang digunakan pada mobil ini.

Review MG ZS Ignite 2020: Dashboard

Senada dengan desain interior, dashboard mendapatkan model two-tone berwarna coklat dan hitam. Tak ketinggalan ada aksen berwarna silver dan chrome pada dashboard. Tampilan dalamnya terasa modern dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terintegrasi dengan dashboard dan sudah mendapatkan fitur koneksi Apple CarPlay.

dashboard MG ZS 2020 berwarna hitam
Dashboard MG ZS Ignite 2020

Ada pendingin udara yang bisa diputar 360 derajat menggunakan aksen chrome dan bezel. Ada banyak tempat penyimpanan pada dashboard, termasuk penyimpan kartu pada konsol tengah. Di bawah, pengaturan AC menggunakan tombol konvensional. Sayangnya kenyamanan bagi pengendara dan penumpang baris depan berkurang tanpa adanya arm rest.

Review MG ZS Ignite 2020: Setir

setir MG ZS 2020 berwarna hitam
Setir MG ZS Ignite 2020

Kesan sporty bisa ditemukan pada setir bergaya flat-bottom yang diberikan MG untuk ZS Ignite. Layaknya model baru lainnya, ada beberapa tombol pengaturan yang bisa ditemukan pada setir. Sayangnya teknologinya baru menggunakan fitur tilt, belum telescopic. Jadi bagi Anda yang ingin mengatur setir terpaksa harus sekalian mengatur posisi jok mobil.

Review MG ZS Ignite 2020: Kursi

Desain two-tone masih digunakan pada jok sehingga membuat tampilan kursi menyatu dengan interior yang senada. Untuk posisi berkendara cukup baik dengan berbagai pilihan posisi duduk bagi pengemudi dengan pengaturan 6-ways dan 4-ways untuk penumpang di baris depan.

kursi MG ZS 2020 berwarna hitam
Kursi Mesin MG ZS Ignite 2020

Bagi penumpang, kursi baris kedua menawarkan ruang kaki yang cukup lapang. Meskipun bagi mobil di segmen SUV kompak, ruang kepala tak begitu tinggi. Tapi kelegaan kabin terasa dengan adanya panoramic sunroof. Baris kedua dilengkapi dengan three-point seatbelt, walau kursi penumpang tengah belum terpasang headrest. Cukup berbahaya ketika terjadi tabrakan.

Review MG ZS Ignite 2020: Bagasi

bagasi MG ZS 2020 berwarna hitam
Bagasi Mesin MG ZS Ignite 2020

Ada banyak ruang penyimpanan tersebar, contohnya cup holder yang terdapat pada masing-masing door trim. Ruang bagasi yang diberikan cukup baik dengan kapasitas bagasi 360 L. Ketika membawa banyak barang dan membutuhkan ruang yang lebih besar, kursi baris kedua bisa dilipat rata lantai sehingga menawarkan lebih dari 1.000 L di belakang.

>>> Sambut New Normal, MG Motor Indonesia Bawa Promo Servis Hingga Bunga 0%

Fitur MG ZS 2020

Dengan harga yang ditawarkan, MG ZS sudah menyajikan berbagai fitur terkini, diantaranya head unit dengan kompatibilitas Apple CarPlay. Sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakan berbagai sistem, seperti pengaturan navigasi langsung pada head unit. Sayang bagi pengguna Android, mobil ini belum mendapatkan fitur Android Auto.

head unit MG ZS 2020 berwarna hitam
Head unit Mesin MG ZS Ignite 2020

Panel instrument masih analog. Ada layar Multi Information Display digital berukuran cukup besar pada bagian tengah yang menampilkan berbagai informasi selama berkendara, seperti kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar, hingga tekanan ban. Untuk membantu Anda ketika memarkirkan kendaraan, terdapat tiga sensor parkir di belakang serta kamera mundur.

Review MG ZS Ignite 2020: Fitur keselamatan aktif

Fitur keselamatan aktif yang ditanamkan pada MG ZS Ignite termasuk sistem pengereman ABS+EBD+BA, kontrol traksi, Hill Start Assist, kontrol stabilitas, dan 6 airbag, termasuk airbag samping. Ketika melakukan uji tabrak pada ANCAP dan Euro NCAP, mobil ini mampu mendapatkan sistem keselamatan bintang empat.

>>> Komparasi MG ZS vs Honda HR-V, Menantang Sang Juara Bertahan

Operasi MG ZS 2020

Karena dibawa langsung dari Thailand, maka MG ZS Ignite menggunakan mesin yang sama dengan yang dipasarkan di Negeri Gajah Putih tersebut, yaitu mesin berkode 15S4C 4-silinder segaris DOHC berteknologi Vti-Tech yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4-percepatan dengan mode manual.

mesin MG ZS 2020 berwarna hitam
Mesin MG ZS Ignite 2020

Menggunakan teknologi Multi-Point Injection, MG menawarkan tiga pilihan mode berkendara; Comfort, Normal, dan Sport. Meski memiliki tenaga yang pas-pasan, MG ZS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik di kelasnya. MG Motor sendiri menyebutkan konsumsi bahan bakarnya 17 km/l di jalan tol.

Impresi berkendara

Posisi mengemudi yang ditawarkan MG untuk mobil ini terasa cukup baik. Belum lagi kaca depan yang lebar sehingga membuat visibilitas berkendara lebih luas. Hanya saja pengaturan kemudi hanya memiliki sistem tilt, yaitu pengaturan tinggi-rendah, belum telescopic (naik-turun). Untuk mendapatkan posisi yang Anda inginkan, Anda bisa mengatur ketinggian kursi pengemudi.

Namun yang menarik pada teknologi mobil adalah ada tiga mode setir; mode Urban, Normal, dan Dynamic. Ketika berkendara di jalanan perkotaan, Anda bisa memilih mode Urban yang memberikan sistem kemudi yang lebih ringan. Ketika diganti dengan mode Dynamic, maka gerakan setir akan terasa lebih berat.

MG ZS 2020 berwarna hitam di jalanan
MG ZS Ignite 2020 ketika dibawa melaju di jalanan

Dari segi handling, kesan limbung tak bisa dilepaskan dari mobil bergaya SUV. Tapi jika dibandingkan dengan SUV milik Wuling, MG ZS memiliki handling yang lebih lincah. Pada putaran mesin bawah, mesin tak terlalu responsif. Akselerasinya juga masih kalah dibandingkan SUV kompak lainnya. Hanya saja dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit; pada perjalanan dalam kota, konsumsinya mencapai 12,9 km/l dan 16,4 km/l di jalanan luar kota.

Spesifikasi MG ZS 2020

Dimensi MG ZS 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.314 x 1.809 x 1.624 mm

Jarak Poros Roda

2.585 mm

Ground Clearance

165 mm

Mesin MG ZS 2020

Tipe Mesin

15S4c DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi - Tech

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Tenaga Maksimal

114 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

150 Nm @ 4.500 rpm

Transmisi

4-speed otomatis dengan mode manual

Rasio Kompresi

11.5:1

Kaki-Kaki MG ZS 2020

Suspensi Depan

Independent MacPherson dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilation Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Pelek

17 inci alloy

Tipe Ban

215/50 R17

Daftar Harga MG ZS 2020

ZS Ignite merupakan varian tertinggi MG ZS yang baru diperkenalkan awal tahun 2020 lalu. Harga MG ZS Ignite 2020 saat ini dibanderol mulai dari Rp289 jutaan. Fitur yang ditawarkan lengkap dan mampu memberikan rasa berkendara yang menyenangkan. Dengan merek MG Motor yang kembali aktif di pasar mobil Tanah Air, Anda bisa menemukan berbagai promosi menarik dalam membeli mobil ini.

Kesimpulan MG ZS 2020

Kehadiran kembali MG Motor di Indonesia langsung memikat melalui MG ZS Ignite 2020 sebagai varian tertinggi SUV bergaya British ini. Menawarkan desain legendaris khas pabrikan berusia hampir 100 tahun ini, varian tertinggi dilengkapi berbagai fitur keselamatan terbaru. Walau masih memiliki kekurangan dalam hal akselerasi dan tenaga, mobil ini menyenangkan untuk dibawa di jalanan perkotaan dengan santai mengingat konsumsi bahan bakarnya yang ekonomis.

>>> Klik sini untuk rangkaian artikel review mobil menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris

Rp. 255.900.000

26/03/2020

Editor rate:

Segmen SUV Tanah Air resmi menerima pendatang baru dengan merek ikonik Britania Raya. MG ZS 2020 menawarkan berbagai fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

Lihat juga

Review Toyota Rav4 2017: SUV Kokoh yang Sangat Safety

Rp 500.000.000

03/10/2017

Editor rate:

Segmen mobil SUV dalam beberapa waktu belakangan memang tegah moncer. Hal ini ditandai dengan banyaknya pabrikan yang memproduksi mobil sejenis di pasaran. Selain memiliki segmen pasar yang jelas, SUV juga merupakan dambaan setiap pecinta otomotif karena memiliki performa mesin yang mumpuni serta ruang kabin yang cukup luas. Berangkat dari fakta tersebut, salah satu pabrikan legendaris asal Jepang, Toyota coba menghangatkan persaingan dengan merilis Toyota Rav4 2017.

Lihat juga

Harga Renault Duster 2017: SUV Tangguh yang Siap hangatkan Kompetisi, Spesifikasi dan Review Lengkap

Rp.350.000.000

24/10/2017

Editor rate:

Tak bisa dipungkiri jika geliat mobil dengan segmen SUV dan MVP di industri otomotif nasional sudah mencapai tingkat persaingan yang begitu ketat. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pabrikan yang memproduksi dua varian tersebut. Seakan tak ingin ketinggalan Renault pun coba meramaikan pasar dengan mengeluarkan Duster. Mobil yang terlihat tangguh ini siap mengusik kejayaan pabrikan asal negeri matahari terbit dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan. Inilah review Renault Duster 2017.

Lihat juga

Review Mazda CX-8 Touring 2020: SUV 7-Seater Premium Yang Lebih Terjangkau

Rp 664.800.000

02/12/2019

Editor rate:

Mazda CX-8 yang dipasarkan di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni Touring dan Elite. Untuk versi entry level dari Mazda CX-8 diisi oleh Mazda CX-8 Touring. Seperti apa sosok mobil ini, dan apakah ia layak dibeli oleh konsumen Mazda saat ini?

Lihat juga

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota

Rp 140.000.000

30/05/2020

Editor rate:

Sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota Fortuner langsung menjelma menjadi SUV populer di Indonesia. Kali ini, kita kupas apa saja yang ditawarkan oleh Toyota Fortuner 2005.

Lihat juga