Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris

26/03/2020
editor rate: 4,4 user rate: 1,0
Segmen SUV Tanah Air resmi menerima pendatang baru dengan merek ikonik Britania Raya. MG ZS 2020 menawarkan berbagai fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

PENGANTAR MG ZS 2020

Review MG ZS 2020 - MG Motor Indonesia secara resmi memperkenalkan MG ZS 2020 melalui virtual launching yang dilakukan pada 24 Maret lalu. Sebelumnya, SUV yang diperkenalkan pertama kali pada 2017 silam sudah dipasarkan di Inggris, China, dan Thailand. Meskipun dengan memangkas berbagai fitur dibandingkan versi Thailandnya, MG ZS hadir dengan harga yang menarik.

peluncuran MG ZS 2020 berwarna merah
Peluncuran virtual MG ZS 2020 di laman YouTube MG Motor Indonesia

Kami memahami betapa uniknya industri otomotif Indonesia dan menyadari bahwa potensi ini hanya dapat dimaksimalkan melalui meredefinisikan ekspektasi Anda. Dengan pengalaman yang luas, sejarah yang mengesankan, serta warisan kebanggaan Inggris, kami percaya bahwa pasar Indonesia akan menaruh kepercayaan pada nilai-nilai merek kami,” kata Figo Lee, Managing Director MG Motor Indonesia dalam pernyataan resminya.

MG atau Morris Garage merupakan pabrikan mobil asal Inggris yang didirikan pada 1924 silam. MG Motor menyebutkan bahwa ZS akan memberikan kegembiraan dan kebebasan berkendara melalui Brit Dynamic, konsep desain menawan khas Inggris, handling yang penuh presisi, tenaga besar, hingga berbagai sistem keselamatan yang ditanamkan pada mobil ini.

dua mobil MG ZS 2020 berwarna merah dan biru
MG ZS 2020 saat ini dipasarkan dalam dua varian

Ditawarkan dengan dua tipe, Excite dan Ignite, MG ZS akan menjadi awal dari petualangan MG Motor di Indonesia. Bagi Anda yang ingin menilik lebih lanjut tentang SUV baru ini, berikut review MG ZS 2020 dari tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR MG ZS 2020

MG Motor mengungkapkan bahwa desain mobil ini dibuat oleh 300 teknisi yang mengembangan konsep merek MG. Tampilan elegan khas Inggris bisa langsung terlihat dari perpaduan warna bodi dengan aksen chrome di beberapa tempat.

Review MG ZS 2020: Eksterior Depan

SUV kompak ini menawarkan tampilan yang menawan dari depan menggunakan grille yang dikelilingi oleh aksen chrome. Meski tak ada yang bisa menyangkal bahwa tampilan depan mobil ini sekilas mirip dengan Mazda. Mengingat MG ZS juga memiliki grille yang lebar serta desain lampu depan yang menyipit.

 tampilan depan MG ZS 2020 berwarna merah
Eksterior depan MG ZS 2020

MG ZS menggunakan lampu depan proyektor, namun lampu sein berteknologi halogen. Di bawah, terdapat skid plate yang menghadirkan kesan sporty pada mobil ini. Hanya saja, lampu depan dengan pengaturan on/off otomatis, intermitter wiper depan serta lampu DRL berteknologi LED hanya digunakan pada tipe Ignite.

Review MG ZS 2020: Eksterior Samping

tampilan samping MG ZS 2020 berwarna merah 
Eksterior samping MG ZS 2020

Aksen silver juga ditemukan menghiasi jendela samping. Ada garis bodi serta aksen silver pada bagian samping yang menegaskan kesan sporty dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk SUV kompak, yaitu 165 mm. Spion samping elektrik juga sudah dilengkapi dengan lampu sein. Pelek two tone 17 inci (16 inci untuk varian Excite) mempercantik eksterior samping MG ZS 2020.

Review MG ZS 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang MG ZS 2020 berwarna merah
Eksterior belakang MG ZS 2020

Seperti SUV kompak pada umumnya, lampu belakang bisa dibilang cukup kecil, sehingga mungkin akan menyusahkan dalam visibilitas ketika berkendara. Kedua varian sudah mendapatkan wiper belakang, defogger, dan spoiler belakang. Satu hal menarik yang ada pada bagian belakang MG ZS adalah gagang pembuka pintu bagasi yang terdapat pada logo MG di bagian tengah eksterior belakang. Terkesan simpel, tapi memberikan kesan elegan

>>> Dapatkan berbagai review mobil lainnya di sini:

INTERIOR MG ZS 2020

Di bagian dalam, kesan British yang elegan jelas terpampang. Terlihat pada pengaturan dashboard serta material soft touch yang digunakan. Perbedaan pada interior berada pada warna yang ditawarkan. Dimana untuk tipe Excite, Anda akan medapatkan interior berwarna hitam, sedangkan ada interior bergaya dua warna, cokelat dan hitam, pada tipe Ignite.

Review MG ZS 2020: Dashboard

Suasana modern nan elegan langsung terlihat ketika Anda membuka pintu. Anda akan disambut langsung oleh dashboard berbahan soft touch dengan pilihan dua nada. Di tengah, terdapat sistem infotainment layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay.

dashboard MG ZS 2020 berwarna hitam
Dashboard MG ZS 2020

Ventilasi udara yang bisa diputar 360 derajat memiliki aksen chrome satin dan sentuhan bezel. Kesan mewah bisa dirasakan pada konsol tengah dengan aksen chrome. Walaupun Anda hanya mendapatkan dua cup holder, tanpa arm rest.

Review MG ZS 2020: Setir

setir MG ZS 2020 berwarna hitam
Setir MG ZS 2020

Kedua varian mendapatkan setir berlapis kulit dengan pengaturan 2 arah. Setir multi fungsi akan memudahkan Anda untuk mengatur audio serta kontrol bluetooth ketika menerima panggilan telepon. Sebagai penunjang kenyamanan berkendara, setir ZS mendapatkan teknologi Electric Power Steering Rack and Pinion (EPS).

Review MG ZS 2020: Kursi

Berlihat ke kursi, kenyamanan bisa terlihat dengan desain kursi yang diberikan. Kursi pengemudi mendapatkan pengaturan 6-ways serta 4-ways pada kursi penumpang depan. Ada dua pilihan bahan yang digunakan, yaitu kursi berlapis kulit pada tipe Ignite. Pada tipe Excite, Anda hanya bisa mendapatkan kursi berbahan fabric.

kursi MG ZS 2020 berwarna hitam dan cokelat
Kursi MG ZS 2020

Ruang kaki dan ruang kepala untuk pengemudi di belakang cukup lapang. Kursi di belakang memiliki pengaturan 60:40 yang bisa dengan mudah direbahkan untuk memberikan ruang bagasi yang lebih besar. Tapi untuk varian Excite, perbedaannya terlihat dengan tidak adanya seat poket untuk penumpang di belakang.

Review MG ZS 2020: Bagasi

bagasi MG ZS 2020 berwarna hitam
Bagasi MG ZS 2020

ZS menawarkan ruang yang cukup lapang untuk membawa barang di bagasi belakang. MG Motor mengklaim kapasitas bagasinya mencapai 448 liter. Tetapi jika kursi baris kedua direbahkan rata lantai, MG mengungkapkan bahwa ruang penyimpanan di belakang mampu menampung hingga 1.166 liter volume kargo.

>>> Berita seputar MG terbaru bisa Anda dapatkan di sini

 

FITUR MG ZS 2020

Dibandingkan dengan versi Thailand, tak banyak perubahan dalam hal fitur yang ditawarkan untuk konsumen di Indonesia. Sayangnya, MG memangkas fitur perintah suara i-SMART yang diberikan pada konsumen ZS di Thailand. Tak menutup kemungkinan perubahan ini dilakukan untuk menghadirkan harga yang kompetitif di pasaran.

Untuk fitur hiburan, terdapat layar infotainment 8 inci sudah memiliki kompatibilitas Apple CarPlay dengan Bluetooth, pemutar radio, serta 2 port USB. Tipe Ignite sudah dilengkapi 6 speaker, sedangkan hanya ada 4 speaker pada tipe Excite. Baru pada varian tertinggi terdapat AC digital, dimana tipe Ignite memiliki pengaturan AC standar.

fitur MG ZS 2020 berwarna hitam
Pengaturan AC MG ZS 2020

Tentu saja dengan perbedaan harga lebih dari Rp30 juta, sebagian fitur yang ditanamkan pada ZS Ignite dihilangkan pada varian dibawahnya. Beberapa diantaranya seperti lampu DRL LED, lampu depan otomatis, push start button, serta cruise control. Panoramic sunroof hanya diberikan pada varian tertinggi.

Review MG ZS 2020: Fitur Keselamatan Aktif

MG Motor menyebutkan bahwa mobil ini sudah mendapatkan pengetesan keselamatan dari ANCAP dan Euro NCAP. Fitur keselamatan aktif lainnya seperti sistem pengereman ABS+EBD+EBA, serta kontrol traksi, stability control, Hill Start Assist, serta airbag depan. Sayangnya untuk ZS Excite masih belum mendapatkan side airbags dan curtain airbags serta rear view camera.

>>> Pilihan SUV Keluarga: Mobil Rp250 Jutaan Terbaik Saat Ini

OPERASI MG ZS 2020

MG masih menggunakan mesin 15S4c DOHC 4-silinder VTi-Tech yang digunakan pada ZS versi Thailand. Tak berubah, mengingat versi Indonesia diboyong langsung dari Negeri Gajah Putih tersebut. Mesin 1.5L memberikan tenaga 114 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm. Kedua varian mendapatkan transmisi 4-speed otomatis dengan mode manual.

mesin MG ZS 2020 berwarna hitam
Mesin MG ZS 2020

Ada tiga mode berkendara yang diberikan; Comfort, Normal, dan Sport. MG menggunakan teknologi Multi-Point Fuel injection untuk menghadirkan efisiensi bahan bakar pada mobil ini. Dalam keterangan resminya, MG menyebutkan rasio kompresi tercatat 11.5:1 dengan penggunaan bahan bakar 5.9L/100 kilometer, atau sekitar 17 l/km untuk pengendaraan di jalan tol.

>>> Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?

spesifikasi MG ZS 2020

Ada dua tipe yang dipasarkan di Indonesia. Berikut perbedaan spesifikasi MG ZS 2020 versi Excite dan Ignite.

 Tipe

Excite

Ignite

Dimensi MG ZS 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.314 x 1.809 x 1.624 mm

Jarak Poros Roda

2.585 mm

Ground Clearance

165 mm

Mesin MG ZS 2020

Tipe Mesin

15S4c DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi - Tech

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Tenaga Maksimal

114 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

150 Nm @ 4.500 rpm

Transmisi

4-speed otomatis dengan mode manual

Rasio Kompresi

11.5:1

Kaki-Kaki MG ZS 2020

Suspensi Depan

Independent MacPherson dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilation Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Pelek

16 inci alloy

17 inci alloy

Tipe Ban

205/60 R16

215/50 R17

kelebihan & kekurangan MG ZS 2020

daftar harga MG ZS 2020

Seperti yang dijelaskan di atas, MG membawa dua tipe ZS ke Indonesia, MG ZS Excite dan Ignite. Perbedaan harga keduanya tak terlalu besar, dimana harga MG ZS 2020 tipe Excite dibanderol Rp255,9 jutaan dan tipe Ignite bisa Anda dapatkan dengan harga Rp289,9 jutaan. Dari segi harga, MG ZS akan berhadapan dengan DFSK Glory 580, Wuling Almaz, Toyota Rush, dan Honda HR-V.

Video MG ZS 2020

Setelah memperkenalkan MG ZS secara resmi di Indonesia, MG Motor Indonesia pun meluncurkan video MG ZS 2020 untuk menunjukkan desain dan fitur menarik yang dimiliki mobil ini.

KESIMPULAN MG ZS 2020

MG ZS 2020 bisa disebut sebagai penantang baru untuk segmen SUV kompak dengan berbagai fitur menarik dibandingkan pesaing lain di segmen ini. Dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan SUV kompak asal Eropa lainnya, MG ZS bisa menjadi pilihan SUV keluarga bagi Anda yang menginginkan pengendaraan yang elegan.  Apalagi, MG menawarkan layanan purna jual MG Care dengan jaminan selama 5 tahun tanpa batasan kilometer.

mobil baru MG ZS 2020 berwarna merah
Mobil baru MG ZS 2020 yang siap dipasarkan di Indonesia

Sekilas, ketiadaan fitur voice command i-SMART mengurangi kesan mewah di dalam mobil. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, saat ini hanya ada dua diler MG Motor Indonesia yang ada di Lippo Mall Puri dan The Breeze, BSD. Tapi keseriusan MG di Indonesia dibuktikan dengan rencana mendirikan 25 diler di seluruh Indonesia hingga penghujung tahun ini

>>> Klik sini untuk rangkaian artikel review mobil menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil