Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Ketika Mercy Belajar Merakit FWD

16/03/2019

Share this post:

Mercedes-Benz Vaneo 2002

Editor rate:

Lihat promo

Mercedes-Benz Vaneo adalah sebuah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memiliki rupa mirip sebuah Van. Hal ini memang benar adanya dikarenakan bodinya menggunakan Platform dari Mercedes-Benz A-Class namun dengan mode penggerak depan alias Front Wheel Drive (FWD). Mungkin sebagian dari Anda ingin tahu apa saja fitur dan spesifikasi MPV besutan pabrikan Stuttgart ini. Berikut review Mercedes-Benz Vaneo 2002.

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Ketika Mercy Belajar Merakit FWD
Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Ketika Mercy Belajar Merakit FWD
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz Vaneo 2002

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz Vaneo 2002 di bawah ini.

Kelebihan

Akomodasi cukup lapang dengan ukurannya yang lebih besar daripada A-Class generasi pertama

Menggunakan sasis Sandwich yang memudahkan para lansia dan disabilitas memasuki kabinnya

Kapasitas mesinnya terbilang mumpuni untuk sekelas mobil MPV yakni 1.9 Liter yang lebih banyak beredar di Indonesia

Kekurangan

Populasinya cukup langka karena dahulu mobil ini masuk Indonesia lewat jalur IU

Biaya perawatan juga terbilang cukup mahal

Desainnya sangat sederhana dan kurang stylish baik dari segi eksterior hingga interior

 

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002 - Permasalahan akomodasi yang kurang lega pada Vario, Viano hingga Sprinter, akhirnya membuat Mercedes melahirkan Vaneo. Secara dimensi bodi, Vaneo menggunakan Platform serupa generasi pertama A-Class namun dengan ukuran lebih besar. Kapasitas tampungnya sendiri mencapai 5 orang dengan model 5-Doors. Meski tampilannya sekilas mirip mobil Van namun aslinya Vaneo dirancang sebagai mobil MPV keluarga.

Mercedes-Benz Vaneo hadir dengan ukuran bodi lebih besar daripada A-Class

Salah satu kelebihan Mercedes-Benz Vaneo adalah ukurannya yang besar sehingga ruang kabin terasa lapang

Di sisi lain, Vaneo adalah salah satu produk perintis Mercedes dalam mengembangkan mobil berpenggerak roda depan. Kala itu, Mercedes masih belajar bagaimana menciptakan  mobil FWD yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Vaneo sangat bertolak belakang dengan produk-produk Mercedes lainnya yang terkenal garang serta agresif. Vaneo berbeda, mobil satu ini dirancang untuk mereka yang ingin kabin lega serta dilengkapi fitur Sliding Door. Tak heran, mobil ini banyak digunakan untuk kendaraan taksi serta menjadi kendaraan yang cocok untuk kaum disabilitas di berbagai negara.

Namun tentu saja Brand Mercedes berlogo Three Pointed Star menjadi pesona sendiri yang cenderung menyiratkan kesan mewah nan Premium. Lalu, apa kelebihan dan kekurangannya? Untuk informasi selengkapnya, mari kita bahas dalam review Mercedes-Benz Vaneo 2002.

Eksterior Mercedes-Benz Vaneo 2002

Jika diamati sekilas, memang desain eksterior Mercedes-Benz Vaneo 2002 sangat mirip dengan generasi pertama A-Class yang notabene berbentuk Van. Namun jangan salah, secara dimensi, mobil ini lebih panjang dan lebih tinggi.

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Eksterior Depan

Wajah depannya tak terlihat adalah lekukan atau patahan. Dari sisi kaca depan hingga ke bemper depan, semua dirancang datar serupa dengan Van. Di sisi lain, mobil satu ini sudah menyediakan lampu utama berukuran besar yang cukup mumpuni untuk menjawab masalah pencahayaan. Hal paling menarik adalah logo Three Pointed Star ala Mercedes-Benz yang mampu memberi kesan mewah tersendiri bagi orang di sekitarnya.

Eksterior Depan Mercedes-Benz Vaneo 2002 memiliki rupa mirip mobil Van

Unsur paling menarik dari sisi depan terletak pada logo kebanggaan Mercedes

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Eksterior Samping

Salah satu keunikan dari mobil ini adalah pintu sampingnya yang menggunakan model geser. Selain mampu memberi kesan praktis bagi penumpang, fitur satu ini juga mampu menyiratkan kesan Premium. Di sisi lain, Vaneo juga menyediakan Roof Rail pada sisi atap dengan fungsi sebagai penyanggah barang bawaan Anda. Namun perlu menjadi catatan bahwa Roof Rail hanya ditawarkan pada varian Trend dan Ambiente.

Eksterior samping Mercedes-Benz Vaneo 2002 dirancang dengan pintu geser sehingga memberi kemudahan bagi penumpang ketika memasuki kabinnya

Bodi sampingnya juga tampil unik dengan fitur Sliding Door

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Eksterior Belakang

Cukup lucu dan menggemaskan jika mengamati bodi belakangnya. Pasalnya, Vaneo menggunakan lampu belakang berukuran besar yang diposisikan secara vertikal. Namun, justru itulah keunikan dari Vaneo yang membuat Ia mudah dikenali. Belum lagi, tersedia lampu High Mount Stop Lamp supaya pengendara lain dapat lebih awas ketika Anda melakukan pengereman secara mendadak.

Eksterior Belakang Mercedes-Benz Vaneo 2002 dikemas dengan lampu belakang bergaya vertikal

Sektor buritannya dirancang dengan ukuran yang tinggi sehingga sekilas mirip mobil Van

>>> Baca juga:


Interior Mercedes-Benz Vaneo 2002

Jika mengamati sektor interior Mercedes-Benz Vaneo 2002, tampilannya terlihat sangat sederhana dan kurang modern jika dibandingkan dengan tren otomotif masa kini. Nilai plus dari kabinnya adalah dalam hal akomodasi yang terkesan lapang.

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Dashboard

Seluruh lini dashboard-nya dikemas dengan tampilan yang biasa-biasa saja. Meski begitu, kami cukup menyukai cara elegan Mercedes dalam memberikan sentuhan aksen kayu minimalis sebagai penguat esensi mewah nan klasik pada kabinnya.

Dashboard Mercedes-Benz Vaneo 2002 dilengkapi audio dan AC

Dashboard-nya sendiri dirancang dengan tampilan yang biasa saja

Terlihat jelas ada berbagai kelengkapan yang siap menemani perjalanan Anda meliputi 6 buah Blower, AC dengan model Knob serta panel Head Unit yang sudah didukung fungsi Multimedia.

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Setir

Logo Three Pointed Stars juga bisa ditemukan pada kemudi setirnya. Setidaknya, hal ini bisa membuat pengendara merasa sedikit lebih percaya diri. Adapun panel Speedometer dikemas dengan desain yang cukup sederhana. Meski begitu, panel tersebut sudah dapat memberikan informasi lengkap seputar kendaraan. Namun jangan berharap lebih dari setirnya, tak ada tombol pengaturan audio maupun Cruise Control.

Setir Mercedes-Benz Vaneo 2002 menggunakan desain tiga palang

Setir sendiri dikemas dengan tampilan Speedometer sederhana

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Kursi

Kapasitas tampung kursinya mampu mencapai total 5 orang saja. Hal baiknya lagi, semua kursi sudah dibekali penyangga kepala atau dikenal sebagai Headrest.

Kursi Mercedes-Benz Vaneo 2002 bisa menampung hingga 5 orang saja

Semua kursinya juga sudah dilengkapi dengan fitur Headrest dan bangku belakang bisa dilipat

Vaneo juga menerapkan sasis bodi bernama Sandwich. Sasis ini memberikan kemudahan bagi kaum disabilitas hingga lansia dikarenakan lantainya yang rendah sehingga memudahkan akses bagi penumpang.

Review Mercedes-Benz Vaneo 2002: Bagasi

Salah satu kekurangan dari Vaneo adalah kompartemen bagasinya. Jika Anda ingin kapasitas besar, papan lantai bagasi dapat digeser keluar namun memiliki bobot sangat berat dan terkesan kurang praktis. Hal baiknya, bangku deret kedua bisa dilipat rata sehingga dapat memberi kapasitas bagasi lebih di angka 3.000 Liter.

Bagasi Mercedes-Benz Vaneo 2002 memiliki kapasitas hingga 3.000 Liter

Untuk mendapatkan kapasitas bagasi yang besar, Anda harus menurunkan kursinya

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Mercedes-Benz Vaneo 2002

Jika membahas dari segi fitur Mercedes-Benz Vaneo 2002, mobil ini sejatinya menjunjung tinggi esensi praktis dan kenyamanan para penumpang. Hal ini bisa diamati pada sasis bodi Sandwich yang dapat mempermudah akses penumpang dalam memasuki kabinnya. Bahkan, mobil satu ini dikenal sangat nyaman untuk para lansia dan disabilitas di berbagai negara. Bagi kami, ini adalah satu kelebihan penting dari Vaneo.

Fitur Mercedes-Benz Vaneo 2002 dilengkapi dengan berbagai hal standar

Vaneo memiliki sasis bodi Sandwich yang memiliki tinggi lantai cukupan sehingga memudahkan penumpang memasuki kabinnya

Di sisi lain, mobil ini juga menyediakan kenyamanan dan keamanan penuh. Sebut saja fitur Headrest di setiap kursi hingga hadirnya teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Belum lagi, sabuk pengaman tiga titik juga dapat ditemui pada semua lini kursi sehingga memberi kesan aman bagi penumpang. Menariknya lagi, sudah tersedia ISOFIX yang memudahkan Anda membawa balita supaya selalu berada tetap pada posisinya. Rangkaian fitur keselamatan ini sudah cukup memadai untuk sebuah mobil MPV keluarga.

>>> Bandingkan juga dengan mobil MPV keluarga lainnya yang tak kalah menarik

Operasi Mercedes-Benz Vaneo 2002

Terdapat tiga pilihan operasi mesin Mercedes-Benz Vaneo 2002 meliputi 1.6 Liter serta 1.9 Liter untuk bahan bakar bensin dan 1.7 Liter diesel. Mengingat model ini muncul di Indonesia lewat jalur Importir Umum (IU), populasi Vaneo terbilang sangat langka dan tidak semua pilihan mesin yang dihadirkan. Banyak beredar Vaneo bermesin 1.9 Liter dengan konfigurasi 4 silinder.

Operasi mesin Mercedes-Benz Vaneo 2002 memberikan tiga pilihan tenaga meliputi 1.6 Liter, 1.7 Liter dan 1.9 Liter

Paling sering diamati di Indonesia adalah model Vaneo bermesin 1.9 Liter bensin

Mesin satu ini menggunakan kode M166.990 dengan kapasitas 1.898 cc SOHC 8 Valve Injection. Daya maksimum yang bisa dicapai berada di angka 123 HP setara 5.500 Rpm dipadu lonjakan torsi puncak 180 Nm pada putaran 4.000 Rpm. Nantinya, tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan ke dua roda depan menggunakan transmisi 5 percepatan TouchShift. Adapun tersedia berbagai pilihan transmisi lain meliputi 5 percepatan manual dan 5 percepatan semi otomatis ACS. Namun sayang, di Indonesia lebih banyak beredar versi TouchShift daripada transmisi lainnya.

>>> Jika Anda ingin mengetahui model Mercedes-Benz menarik lainnya, Anda bisa klik link ini

Spesifikasi Mercedes-Benz Vaneo 2002

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Mercedes-Benz Vaneo 2002 di bawah ini khususnya model 1.9 Liter yang banyak ditemui di Indonesia.

SPESIFIKASI MERCEDES-BENZ VANEO 2002

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.192 mm x 2.016 mm x 1.854 mm

Jarak Poros Roda

2.900 mm

Radius Putar Minimum

11 m

Berat Kosong

1.375 Kg

MESIN

Tipe Mesin

M166.990 1.9 Liter SOHC 8 Valve Injection

Kapasitas Silinder

1.898 cc

Daya Maksimum

123 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

180 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan TouchShift

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

54 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

14 Km/Liter

Daftar Harga Mercedes-Benz Vaneo 2002

Apabila Anda merasa tertarik dengannya, Anda bisa melihat daftar harga Mercedes-Benz Vaneo 2002 bekas di bawah ini.

TIPE MOBIL

HARGA MERCEDES-BENZ VANEO BEKAS

Mercedes-Benz Vaneo 1.9 Liter

IDR. 120.000.000

 

Kesimpulan Mercedes-Benz Vaneo 2002

Mercedes-Benz Vaneo adalah sebuah mobil yang lahir setingkat di atas A-Class generasi pertama. Sosoknya hadir dengan kapasitas kabin lebih lega, fitur Sliding Door yang praktis serta memiliki sasis bodi khusus untuk memudahkan lansia dan para disabilitas memasuki kabinnya. Di sisi lain, mobil ini juga menyediakan sektor keselamatan yang cukup lengkap dan dibanderol cukup terjangkau. Hal menarik lain yang sering kali diincar oleh konsumen adalah karena logo Three Pointed Stars yang dimiliki oleh Vaneo. Sekilas, mobil rakitan Brand ternama ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pengendara serta menggambarkan poin kesuksesan sang pemilik. Jika kesan Prestige yang Anda cari maka mobil ini bisa Anda miliki sekarang juga.

>>> Jangan lupa untuk melhat review mobil menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top