Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

29/01/2019

Share this post:

Mercedes-Benz Viano 2004

Editor rate:

Lihat promo

Biasanya kendaraan yang dimiliki segmen premium di era 2000an awal adalah luxury sedan atau brand mobil Eropa. Namun sejak kedatangan arus mobil MPV premium impor Jepang ke Indonesia, membuat pemain dari ranah Eropa jadi ikut menelurkan produk untuk menyasar segmen tersebut dengan nilai prestise lebih.

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004
Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz Viano 2004

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz Viano 2004 di bawah ini.

Kelebihan

Citra sang Luxury MPV lebih prestisius

Postur bodi super besar sehingga bisa digunakan untuk mobil keluarga atau mobil bisnis

Kenyamanan untuk penumpang di kabin belakang sangat mumpuni

Kekurangan

Desain biasa-biasa saja dan berbasis sama dengan Mercedes-Benz Vito yang merupakan mobil van

Populasi sangat sedikit jika dibandingkan mobil Luxury MPV Jepang

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 - Bisa dikatakan era 2000-an awal menjadi era berkembangnya MPV secara masif di Indonesia. Dari mulai hadirnya MPV murah (di masanya) Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, sampai di level luxury MPV mendadak bermunculan kendaraan-kendaraan premium dari Jepang, sebut saja Toyota Alphard, Honda Elysion, dan Nissan Elgrand.

Dari ranah brand mobil Eropa tentu saja tidak ketinggalan memanfaatkan momen ini dengan menghadirkan MPV premium mereka. Salah satu contoh adalah Mercedes-Benz yang mempercayakan produk Mercedes-Benz V-Class sebagai kendaraan luxury MPV, dimana pada era 2000an lebih dikenal dengan nama Mercedes-Benz Viano. Dan kami pun akan mengulas lebih dalam mobil Mercedes-Benz Viano dalam review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 yang bisa dibaca di Cintamobil.com.

Eksterior Mercedes-Benz Viano 2004

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004: Eksterior Depan

Tampak depan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Eksterior depan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Harus diakui, para desainer Mercedes-Benz agak ‘malas’ untuk mendesain mobil ini. Dari depan benar-benar terkesan sederhana dalam hal desain, dimana hanya menampilkan desain headlight dan grille dengan logo Three Pointed Stars yang besar. Tapi proporsi lampu dan grille ini tampak terlalu kecil untuk mobil yang memiliki kaca depan berukuran ekstra besar.

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004: Eksterior Samping

Tampak samping Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Eksterior samping Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Sudah jelas bahwa mobil ini memiliki postur bodi sangat panjang untuk ukuran luxury MPV. Bagaimana tidak, mobil dengan dimensi 5.223 mm x 1.906 mm x 1.923 mm (p x l x t) ini secara postur bisa dikatakan menjadi salah satu luxury MPV terpanjang di Indonesia pada masanya.

Hal yang menarik ialah bentuk dari pilar C hingga D yang sangat panjang yang menandakan bahwa potensi kabin belakang mobil ini yang tergolong luas. Hanya saja jangan di harap pintu sliding mobil ini bisa terbuka secara elektris, karena masih menggunakan sistem tenaga manusia untuk buka-tutup pintu besar yang satu ini.

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004: Eksterior Belakang

tampak belakang Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Eksterior samping Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Kesan sederhana sekali lagi hadir di buritan belakang, dimana tampilan desain taillight memanjang dari titik sisi kaca belakang sampai ke lekukan plat nomor. Untuk buka tutup bagasi masih bersifat manual, tapi sudah terbantu oleh sistem hidrolik.


Interior Mercedes-Benz Viano 2004

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004:Kokpit Depan

Ruang depan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Ruang kokpit depan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Untuk masanya, desain kokpit depan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 sudah memiliki bentuk premium layaknya mobil Eropa, yang tercermin lewat adanya aksen panel kayu yang cukup dominan. Hanya saja fiturnya ya cenderung standar, mulai dari sistem single-zone climate control, head unit masih standar single din. Jok depan dilengkapi lumbar support dan bisa disetel dalam pelbagai macam posisi. Di area setir juga sudah dibekali tombol pengaturan audio dan menu informasi pada MID.

Review Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004:Kabin Belakang

Ruang belakang Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Tampak ruang kabin belakang Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Esensi kemewahan Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 baru terasa ketika memasuki kabin belakang yang lebih mirip kamar kerja. Seluruh kursi sama nyamannya seperti pesawat kelas bisnis. Baris kedua dan ketiga bisa diatur saling berhadapan, dan tersedia sebuah meja lipat, yang memungkinkan Anda dan kolega melakukan rapat kecil selama perjalanan ke luar kota. Bahkan jika Anda ingin membawa barang bawaan, jangan khawatir karena masih tersedia ruang belakang tambahan yang bisa dijadikan sebagai bagasi dengan kapasitas luas untuk sekelas luxury MPV.

>>> Baca juga:

Fitur Mercedes-Benz Viano 2004

Fitur Sunroof Mercedes-Benz Viano

Atap Mercedes-Benz Viano sudah dibekali fitur sunroof

Secara fitur mobil ini tergolong cukup mumpuni pada masanya, sekalipun jika di lihat pada masa kini fitur-fitur tersebut terkesan biasa saja dan bisa didapatkan pada segmen mobil segmen MPV medium di Indonesia. Contohnya ialah keberadaan hadirnya sunroof dan atap kaca di atap bagian belakang, serta AC bisa disetel terpisah depan dan tersedia untuk setiap baris.

Di sisi lain, sistem keselamatan mobil ini juga tidak main-main. Setiap kursi di kabin belakang mobil ini sudah dilengkapi seatbelt yang menempel dengan jok. Sedangkan untuk pengemudi dan penumpang depan mendapatkan sistem keselamatan SRS Airbag.

Nah kalau berbicara soal kenyamanan berkendara, sekalipun mobil ini basisnya adalah van Mercedes-Benz Vito, tapi mobil Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 berkode V639 ini sudah diberikan teknologi berkendara yang oke. Pertama ialah teknologi kontrol traksi Anti Slip Regulation (ASR), anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBV), brake assist (BAS). kemudian self-levelling air suspension di belakang yang bisa dinaik-turunkan via tombol di ruang bagasi.

>>> 40 Tahun Sejarah Rem ABS: Kelahiran Intelligent Drive Mercedes-Benz

Operasi Mercedes-Benz Viano 2004

Mesin Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Jantung pacu Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 memiliki tenaga 190 dk

Dapur pacu Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 menggunakan mesin berkapasitas 3.2 liter V6 berdaya 190 dk dan torsi 270 Nm. Cukup untuk menggerakkan mobil berbobot dua ton lebih. Tarikan mesin ini tergolong oke, meski mesin seakan merintih ketika gas diinjak pol.

Transmisi mobil berpenggerak roda belakang ini menggunakan 5-speed otomatis dengan mode manual. Dan berdasarkan klaim Mercedes-Benz pada masanya, mobil ini bisa melesat 0-100 km/jam dalam 9,6 detik, serta bisa mencapai top speed 181 km/jam, yang agak kami ragukan karena siapa juga yang akan berlari kencang membawa Luxury MPV yang notabene lebih panjang dari S-Class (W220) versi LWB sekalipun.

>>> Negara Ini Paling Banyak Menjual Mobil Mercedes-Benz

Spesifikasi Mercedes-Benz Viano 2004

Berikut ini adalah spesifikasi Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 yang berhasil didapat oleh Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

P x L x T

5.223 mm / 1.906 mm / 1.923 mm

Jarak Sumbu Roda

3,430 mm

Berat Kosong

2,135 kg

Mesin Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004

Jenis

3.199 cc V6

Daya maksimum

190 dk

Torsi maksimum

270 Nm

Transmisi

5-speed otomatis

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Mercedes-Benz lainnya

Daftar Harga Mercedes-Benz Viano 2004

Harga Mercedes-Benz Viano 3.0 Ambiente 2004 pada saat peluncurannya berada di harga Rp947,5 juta off the road. Namun jika Anda berpatokan dengan harga mobil bekas Mercedes-Benz Viano keluaran tahun 2004-2010 bisa didapat di kisaran Rp200 juta sampai dengan Rp250 jutaan tergantung kondisi.

>>> Temukan Mercedes-Benz Viano bekas keluaran 2004 sampai 2010 di link berikut ini

Kesimpulan Mercedes-Benz Viano 2004

Jika Anda sudah memiliki Mercedes-Benz S-Class di garasi atau ingin naik kasta dari Alphard and the gang, yang satu ini jelas tidak boleh dilewatkan. Tapi, jika Anda hanya sekedar ingin Luxury MPV dan tertarik sejuta fitur memikat, mending beli Toyota Alphard atau Honda Elysion dan Nissan Elgrand.

Sudah harga bekasnya 11-12, soal perawatan bisa dikatakan sedikit ekonomis jika dibandingkan sang Luxury MPV berpaspor Jerman ini. Namun kalau sudah menyentuh sisi emosional, khususnya gengsi dan pride, bisa dibilang mobil ini menang mutlak di atas ketiga rival dari Jepang ini. Dan itulah alasan utama kenapa orang masih rela mencari Mercedes-Benz Viano generasi kedua yang populasinya terhitung langka di Indonesia ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil lainnya

 
Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top