Negara Ini Paling Banyak Menjual Mobil Mercedes-Benz

13/01/2019

Pasar mobil
Negara Ini Paling Banyak Menjual Mobil Mercedes-Benz
Memasarkan mobil hampir di seluruh negara di dunia, penjualan global Mercedes-Benz tahun 2018 mencapai lebih dari 2,3 juta unit. China menjadi negara dengan tingkat penjualan tertinggi dibanding negara lain dengan selisih ratusan ribu unit. Berapa total penjualan Mercedes-Benz di negara pemilik tembok raksasa ini?

Meski sering merahasiakan data penjualan seperti yang terjadi di Indonesia, bukan berarti Mercedes-Benz menutup diri sama sekali dan tidak mengungkap pencapaiannya. Yang terbaru merek otomotif asal Jerman itu merilis data penjualan mobil di seluruh dunia untuk periode 2018 sekaligus beberapa prestasi yang dicapai di sepanjang tahun tersebut.

Foto Mercedes-Benz GLA 200 tampak dari samping depan
Gagah dan tinggi jadi pembeda utama GLA Class dengan NGCC variant yang lain

Dimulai dari yang pertama, penjualan Mercedes-Benz secara global mencapai 2.310.185 unit atau meningkat 0,9 persen dibanding penjualan tahun 2017 yang mencapai 2.289.344 unit. Jika diakumulasi dengan penjualan Smart yang mencapai 128.802 unit, Daimler yang menjadi induk perusahaan mendapatkan penjualan keduanya di tahun 2018 sebanyak 2.438.987 unit. Hasil ini menjadikan tahun 2018 sebagai tahun paling sukses dalam sejarah perusahaan Daimler dan memecahkan rekor penjualan selama delapan tahun berturut-turut.

>>> Perdana, Mercedes-Benz Luncurkan AMG GT R PRO Limited Special Edition dan AMG GT Revised Edition

Dari sisi persaingan, hasil ini telah mengantar Mercedes-Benz sebagai merek premium terlaris di industri otomotif untuk ketiga kalinya berturut-turut dengan Asia-Pasifik menjadi wilayah paling penjualan paling tinggi. Total sebanyak 943.473 terjual selama periode Januari-Desember 2018. Adapun untuk negara paling banyak berkontribusi terhadap penjualan Mercedes-Benz, China menempati urutan pertama dengan penjualan sebanyak 652.996 unit. Strategi "Made in China, for China" yang diterapkan Daimler telah membantu Mercedes-Benz mencapai rekor penjualan dengan peningkatan sebesar 11,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Pada tahun 2018, Mercedes-Benz berada di puncak segmen premium di industri otomotif untuk tahun ketiga berturut-turut. Dalam lingkungan yang sangat kompetitif, kami juga tetap menjadi yang teratas dari bulan ke bulan, khususnya berkat pertumbuhan dua digit di Cina dan banyak model baru yang telah memuaskan pelanggan lama dan baru di seluruh dunia. Kami akan terus meremajakan portofolio kami secara sistematis pada tahun 2019. Kami melihat kesuksesan besar dalam bisnis inti kami terutama sebagai membuka jalan untuk membentuk mobilitas individu di masa depan," kata Dr Dieter Zetsche, Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Kepala Mobil Mercedes-Benz seperti dikutip dari Daimler.com, (8/12018)

Di bawah China ada Korea Selatan yang mengalami pertumbuhan lebih dari 4,9 persen. Lalu diikuti beberapa negara lain di kawasan Asia-Pasifik seperti Jepang, Australia, Thailand, India, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Australia. Indonesia tidak masuk dalam daftar yang dirilis Daimler. Meski diklaim mengalami peningkatan signifikan, penjualan Mercedes-Benz diyakini berada di bawah negara-negara tersebut di atas.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Gambar Infografis penjualan Mercedes-Benz tahun 2018

Infografis prestasi Mercedes-Benz Tahun 2018

Bagaimana dengan Jerman yang merupakan markas Daimler dan Mercedes-Benz?

Di kawasan Eropa, penjualan Mercedes-Benz paling tinggi diraih negara Jerman. Dari total 933.697 unit mobil yang terjual, sebanyak 303.862 unit terjual di negara ini. Di bawahnya ada Spanyol, Swiss, Swedia, Polandia, Denmark dan Hungaria yang juga mengalami pertumbuhan positif.

Adapun wilayah NAFTA yang dihuni Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko, Mercedes-Benz berhasil mengirimkan sebanyak 378.013 unit di sepanjang 2018. Penjualan didominasi oleh Amerika Serikat yang mencapai 315.959 unit. Dibanding dengan pencapaian tahun 2017, hasil 2018 ini turun sebesar 5,6 persen. Tahun 2017 penjualan mencapai 400.320 unit untuk seluruh wilayah dan 340.000 unit di AS.

>>> Review Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line 2018

Dari sekian banyak model yang ditawarkan, Mercedes-Benz CLA 200 dan GLA 200 memberikan banyak kontribusi di berbagai negara. Simak reviewnya melalui video berikut!

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top