Review Mazda CX-8 Touring 2020: SUV 7-Seater Premium Yang Lebih Terjangkau

02/12/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Mazda CX-8 yang dipasarkan di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni Touring dan Elite. Untuk versi entry level dari Mazda CX-8 diisi oleh Mazda CX-8 Touring. Seperti apa sosok mobil ini, dan apakah ia layak dibeli oleh konsumen Mazda saat ini?

PENGANTAR Mazda CX-8 2019

Review Mazda CX-8 Touring 2020 - Selama ini anggapan publik terhadap mobil SUV Mazda cenderung diasosiasikan dengan sosok Mazda CX-5. Sosok SUV premium Mazda ini menawarkan konsep SUV yang stylish, fun-to-drive, serta bisa digunakan untuk mobilitas keluarga dengan total anggota maksimal 5 orang.

Lalu apa jadinya jika ada konsumen menginginkan mobil SUV Mazda yang tetap premium, tapi mampu memuat lebih banyak anggota keluarga, dan mungkin ditambah dengan membawa baby sitter? Kalau mengacu pada line-up Mazda sebelumnya, pilihan yang disediakan hanyalah Mazda CX-9, yang dibanderol di harga Rp846 jutaan dalam kondisi baru.

Foto Mazda CX-8 Touring di Indonesia berwarna hitam

Debut Mazda CX-8 Touring diadakan bersamaan dengan model Mazda CX-8 Elite

Namun di penghujung tahun 2019, Mazda melalui PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menyediakan pilihan mobil SUV Premium dengan kemampuan kapasitas penumpang setara Mazda CX-9, tapi dengan harga lebih terjangkau. Pilihan ini jatuh kepada Mazda CX-8 Touring.

Mazda CX-8 Touring hadir sebagai versi entry level dari keluarga Mazda CX-8, yang mana untuk versi tertinggi diisi oleh Mazda CX-8 Elite. Perbedaan kedua varian ini cukup signifikan, salah satunya terkait ketersediaan jok untuk tujuh penumpang (versi Touring) dan enam penumpang (versi Elite).

Dengan harga Mazda CX-8 Touring yang ditawarkan lebih terjangkau, apakah membuat SUV 7-Seater premium dari Mazda ini layak dipertimbangkan sebagai mobil keluarga premium di Indonesia? Tanpa berlama-lama, langsung saja ini review Mazda CX-8 Touring 2020 yang bisa disimak di Cintamobil.com

EKSTERIOR Mazda CX-8 2019

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Eksterior Depan

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Mazda CX-8 Touring 2020

Mazda CX-8 Touring 2020 membawa detil tampilan eksterior yang sama mewahnya seperti varian Elite. Namun untuk membedakan kedua varian ini, Mazda melakukan beberapa penyesuaian di sisi fascia depan.

Dari sisi headlight, Mazda CX-8 Touring 2020 mengadopsi lampu LED headlight berbentuk projector. Headlight ini sudah dibekali fitur Daytime Running Lamp dan Automatic Leveling, tanpa adanya Lightning Signature yang khusus disediakan pada varian Elite. Adapun konsep grille hexagonal dengan enam garis horizontal berkelir silver, serta detil chrome pada bagian luar grille tetap dipertahankan di Mazda CX-8 Touring 2020.

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Eksterior Samping

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 berwarna hitam dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Mazda CX-8 Touring 2020

Mazda CX-8 Touring 2020 menghadirkan guratan garis bodi yang cukup dinamis sesuai prinsip KODO Soul of Motion. Kesan dinamis ini turut diperkuat presensi velg 19 inci Aluminium Wheels berkelir Silver. Profil kaca samping berdimensi besar pun dibalut sentuhan aksen chrome pada sisi terluar, dengan panel kaca pada pilar B dan C dibalut kelir piano black. Hanya saja, detil pemanis aksen chrome di area side body moulding yang tersedia di versi Elite, absen di Mazda CX-8 Touring 2020.

Secara dimensi, Mazda CX-8 Touring 2020 memiliki dimensi wheelbase serupa Mazda CX-9, yakni 2.930 mm. Meski wheelbase sama, postur bodi Mazda CX-8 Touring 2020 lebih ramping  dibanding Mazda CX-9 karena dimensi bodi 4.900 x 1.840 x 1.720 mm (P x L x T). Mazda CX-8 Touring memiliki 4 pilihan warna sebagai standar, mulai dari Snowflake White Pearl Mica, Jet Black Mica, Soul Red Crystal Metallic, dan Machine Grey Metallic.

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Eksterior Belakang

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Mazda CX-8 Touring 2020

Buritan belakang Mazda CX-8 Touring 2020 mengusung detil yang sama premiumnya seperti versi Elite. Ia hadir mengusung taillight berteknologi LED yang terhubung antara sisi kiri-kanan oleh aksen garnish berkelir chrome. Selain itu, Mazda menghadirkan panel aero di sisi kiri-kanan kaca belakang sebagai pendukung kinerja roof spoiler dalam hal aerodinamika mobil. Dan untuk memberikan citra sporty, pada area bumper disematkan knalpot ganda dengan kualitas suara yang cukup memanjakan telinga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda CX-8 2019

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Dashboard & Setir

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 dari sisi dashboard

Tampilan dashboard & setir Mazda CX-8 Touring 2020

Mazda CX-8 Touring 2020 mengusung konsep dashboard yang terasa premium sekaligus modern. Di area tengah dashboard tampil sosok layar 8 inci untuk MZD Connect, serta dipadukan panel instrumen analog dan MID Digital. Posisi konsol tengah dibuat meninggi untuk memudahkan tangan pengemudi meraih tuas transmisi, maupun memainkan mode berkendara dan commander control untuk MZD Connect.

Setir yang digunakan pada Mazda CX-8 Touring 2020 dibalut material kulit dengan pengaturan tombol audio, telepon, dan cruise control. Posisi setir bisa diatur tilt dan telescopic.

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Jok

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 dari sisi jok mobil

Tampilan tiga baris jok Mazda CX-8 Touring 2020

Inilah pembeda signifikan untuk Mazda CX-8 versi Touring dan Elite. Pada versi Mazda CX-8 Touring, terkait jok seluruhnya menggunakan material black cloth dan fabric yang memiliki tekstur halus. Selain itu, jok pada mobil ini bisa memuat 7 penumpang dewasa dengan konfigurasi duduk 2+3+2.

Pada jok baris pertama, Mazda menghadirkan pengaturan elektrik serta fitur memori hanya untuk jok pengemudi saja. Sedangkan pada jok baris kedua, pengaturan reclining dan slinding bersifat manual dengan armrest bisa disembunyikan sebagai sandaran jok. Pada jok baris ketiga, pengaturan yang bisa dilakukan hanya bersifat reclining untuk sandaran jok. Kendati demikian, semua jok yang tersedia di Mazda CX-8 Touring 2020 sudah dibekali head restraints.

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Bagasi

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 dari sisi jok area bagasi

Tampilan ruang bagasi Mazda CX-8 Touring 2020

Dalam kondisi standar, Mazda CX-8 Touring 2020 memiliki kapasitas ruang bagasi sebesar 209 liter. Jika membutuhkan ruang bagasi lebih besar, bisa melipat jok baris ketiga secara 50:50. Hasilnya ruang bagasi kini lebih luas dan mampu menampung barang bawaan hingga kapasitas 775 liter.

>>> Baca juga:

FITUR Mazda CX-8 2019

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 dari sisi fitur hiburan

Tampilan sistem MZD Connect di Mazda CX-8 Touring 2020

Mazda CX-8 Touring 2020 secara standar sudah menyediakan infotainment MZD Connect yang tampil di layar central display 8 inci, serta didukung 6-speaker standar. Sistem MZD Connect sudah mendukung pemutar file hiburan mutakhir, FM/AM Radio, Smartphone integration, yang sayangnya tidak memiliki sistem navigasi karena belum menjadi fitur standar di mobil ini. Tersedia sistem koneksi Bluetooth, USB Port, dan Aux untuk menghubungkan smartphone ke sistem infotainment khas Mazda ini.

Mazda memberikan ragam fitur pemanja kenyamanan selama berkendara bersama Mazda CX-8 Touring 2020. Fitur kenyamanan tersebut diantaranya adalah sistem Automatic Air Conditioning dengan 3 zona (pengemudi, penumpang, dan penumpang belakang), port USB dan cup holder di area central armrest, tirai di sisi pintu penumpang belakang, serta Power Tailgate untuk akses buka tutup bagasi secara elektrik.

Review Mazda CX-8 Touring 2020: Fitur Berkendara & Keselamatan

Foto Mazda CX-8 Touring 2020 dari sisi fitur GVC Plus

Ilustrasi kinerja G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) di Mazda CX-8 Touring 2020

Mazda CX-8 Touring 2020 menyediakan dua mode berkendara (Normal & Sport) untuk memaksimalkan keasyikan berkendara. Mazda juga menyematkan inovasi teknologi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) sebagai standar di semua varian Mazda CX-8.

Fitur G-Vectoring Control Plus berfungsi memastikan pengendalian kemudi yang aman saat bermanuver. Jika pada GVC generasi awal, kontrol sistem hanya memvariasikan torsi engine sebagai respons terhadap input kemudi, pada GVC Plus ditambah kontrol rem di sisi roda terluar kala menikung. Efeknya adalah momen respon mobil untuk kembali ke jalur lurus lebih cepat, serta stabilitas saat berkendara menjadi lebih baik.

Meski tidak didukung i-ACTIVSENSE, mobil ini sudah mengadopsi fitur keselamatan aktif seperti Anti lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TSC), Hill Launch Assist, Front and Rear sensors, dan Rear View Parking Camera. Sedangkan untuk sistem keselamatan pasif, Mazda CX-8 Touring 2020 sudah menyediakan seatbelt di semua jok, sistem penguncian ISOFIX pada jok baris kedua, serta Airbag (Dual front, Side & Curtains).

>>> SUV Berdesain Sporty, Inilah Tips Lengkap Membeli Mazda CX-5 Bekas

OPERASI Mazda CX-8 2019

mesin Mazda CX-8 2020 berwarna hitam 
Mesin SKYACTIV-G 2.5 digunakan pada Mazda CX-8 Touring 2020

Menggunakan mesin SKYACTIV-G 4-silinder 2.5 liter 16-valve DOHC, Mazda CX-8 Touring 2020 diklaim bisa menghasilkan figur performa tenaga puncak 187 hp serta torsi puncak 252 Nm. Semua tenaga ini disalurkan melalui sistem penggerak roda depan yang terhubung oleh sistem transmisi SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis.

>>> Review Mazda CX-8 2020: Kenyamanan SUV JDM Datang ke Indonesia!

spesifikasi Mazda CX-8 2019

Berikut daftar spesifikasi Mazda CX-8 Touring 2020 yang bisa disimak di tabel bahwa ini.

Dimensi Mazda CX-8 Touring 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.900 x 1.840 x 1.720 mm

Jarak Poros Roda

2.930 mm

Ground Clearance

205 mm

Mesin Mazda CX-8 Touring 2020

Tipe Mesin

SkyActiv 2.5 4-silinder DOHC 16 katup

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

187 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

252 Nm @ 4.000 rpm

Rasio kompresi

13.0:1

Transmisi

6-percepatan otomatis SKYACTIV-DRIVE

Kaki-Kaki Mazda CX-9 Touring 2020

Suspensi Depan/ Belakang

MacPherson strut/ Multi-link

Rem Depan/ Belakang

Ventilated discs/Solid discs

Tipe Ban

255/55 R19

Tipe Pelek

19x17J Aluminium Alloy Wheels (Silver)

kelebihan & kekurangan Mazda CX-8 2019

Berikut ini adalah daftar kelebihan dan kekurangan Mazda CX-8 Touring 2020 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan eksterior mengikuti prinsip KODO Soul of Motion design

Material kabin dan konfigurasi jok masih satu tingkat di bawah Mazda CX-8 Elite

Konsep interior nyaman dan kaya fitur untuk 7 penumpang dewasa

Absennya i-ACTIVSENSE sebagai fitur pendukung keselamatan aktif

Pilihan ekonomis untuk upgrade dari Mazda CX-5

 

daftar harga Mazda CX-8 2019

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memasarkan Mazda CX-8 Touring dengan harga on-the-road Rp664.800.000. Harga tersebut sudah termasuk garansi selama 3 tahun / 60 ribu km (mana lebih dulu).

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo dari mobil Mazda lainnya

Video Mazda CX-8 2019

KESIMPULAN Mazda CX-8 2019

Mazda CX-8 Touring 2020 adalah salah satu pilihan SUV 7-Seater Mazda bergaya premium yang terjangkau. Bagi pengguna Mazda CX-5, jika saat ini ingin upgrade ke pilihan SUV 7-Seater Mazda tidak perlu langsung meloncat ke Mazda CX-9, namun ia bisa melirik Mazda CX-8 Touring.

Berbagai keunggulan desain dan teknologi Mazda yang hadir di Mazda CX-9 sudah bisa Anda dapatkan pada CX-8 ini. Meski absennya fitu I-ACTIVSENSE terasa mengurangi nilainya, namun Anda masih bisa mendapatkan berbagai keunggulan lain yang ditawarkan Mazda sebagai sebuah merek premium lansiran Jepang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

 

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil