Review Mazda CX-8 2020: Kenyamanan SUV JDM Datang ke Indonesia!

26/11/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Di penghujung tahun, PT Eurokars Indonesia menambah koleksinya dengan meluncurkan Mazda CX-8 2020. Bersama KODO Desain yang sensual dari Mazda, CX-8 yang baru akan menyasar konsumen SUV kompak premium. Dengan harga yang lebih murah dari CX-9, ada banyak fitur infotainment dan keselamatan yang diberikan.

PENGANTAR Mazda CX-8 2020

Review Mazda CX-8 2020 - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akhirnya meluncurkan All New Mazda CX-8 2020 di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. SUV tiga baris ini melengkapi jajaran produk Mazda dan mengisi celah antara Mazda CX-5 dan CX-9. Kehadirannya menyasar pasar konsumen SUV premium dengan berbagai kemewahan yang ditampilkan.

mobil baru Mazda CX-8 2020 berwarna hitam di Jepang 
Generasi pertama Mazda CX-8 yang dikeluarkan di Jepang

Ketika Mazda CX-9 generasi kedua mulai dijual pada tahun 2016, banyak yang memujinya karena pengendaraan yang gesit dan membedakannya dibandingkan SUV tiga baris lainnya. Tapi dengan pesaing yang semakin banyak, Mazda akhirnya memperkenalkan Mazda CX-8 khusus untuk pasar Jepang. Hal ini terjadi karena Mazda tidak menjual CX-9 yang terbentur regulasi dimensi kendaraan di Negara Sakura tersebut.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI mengungkapkan bahwa All New Mazda CX-8 sejatinya hanya diperuntukkan bagi pasar Jepang saja. “All-New Mazda CX-8 pada awalnya hanya dijual di Jepang saja. Tetapi karena semakin meluasnya permintaan di luar Jepang maka mulai dijual ke Australia dan untuk pasar Asia Tenggara hanya tersedia di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Indonesia.”

 mobil baru Mazda CX-8 2020 di Indonesia berwarna abu-abu
Peluncuran perdana Mazda CX-8 2020 di Indonesia

Berdasarkan bahasa KODO Design berkualitas tinggi dan performa tinggi, CX-8 memberikan pengendaraan yang tenang dan nyaman. Walaupun banyak yang menyebutnya memiliki tampilan dan pasar yang hampir sama dengan CX-9, mobil ini dibuat lebih kompak. Menghadirkan berbagai fitur menarik, simak review Mazda CX-8 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Mazda CX-8 2020

Dilihat dari luar, tampilannya memang dibuat mirip dengan Mazda CX-9, termasuk tampilan grille khas Mazda. Hanya saja ada beberapa perbedaan, seperti pada desain front-end hingga teknologi yang diberikan. Lalu, apa saja perbedaannya?

Review Mazda CX-8 2020: Ekserior Depan

Melihat eksterior depan Mazda CX-8 2020, grille depan yang khas dengan tampilan Mazda langsung menarik perhatian. Dibuat besar, tentu saja untuk aerodinamika serta asupan udara yang lebih besar pada mesin membuatnya tidak hanya untuk gaya, tapi fungsional. Matanya yang sipit membuatnya terkesan sporty, ditambahkan lampu depan yang sudah mendapatkan teknologi LED.

eksterior depan Mazda CX-8 2020 berwarna abu-abu 
Tampilan depan Mazda CX-8 2020

Berbeda dengan bumper bawah CX-9 yang melengkung dengan lubang udara untuk membantu pendinginan rem, nyatanya bagian bawah mobil ini hanya menawarkan lubang biasa. Sentuhan chrome praktis hanya digunakan pada grille heksagonal khas Mazda, pada bumper bawah diselipkan lampu kabut berukuran kecil.

Review Mazda CX-8 2020: Eksterior Samping

Perbedaan pada eksterior samping Mazda CX-8 2020 antar dua varian adalah bilah chrome yang ditanamkan pada bagian bawah pintu varian Elite. Namun kedua model masih mengandalkan velg alloy 19 inci. Pahatan masih halus, tentu saja untuk membantu aerodinamika berkendara dengan desain atap yang melengkung untuk memberikan kesan sporty.

eksterior samping Mazda CX-8 2020 berwarna abu-abu 
Tampilan samping Mazda CX-8 2020

Dengan panjang 4.900 mm, CX-8 memang lebih pendek 175 mm dibandingkan CX-9 dan lebih panjang 350 mm dibandingkan CX-5. Dengan wheelbase yang sama dengan CX-9, bisa dibilang tampilan dari pilar A hingga front hampir sama dengan CX-5.

Review Mazda CX-8 2020: Eksterior Belakang

eksterior belakang Mazda CX-8 2020 berwarna abu-abu 
Tampilan belakang Mazda CX-8 2020

Desain belakang masih tetap sama dengan model Mazda lainnya; mengandalkan lekukan sensual mulai dari spoiler atap hingga pintu belakang. Lampu belakang yang sipit mengapit aksen chrome horizontal, tepat di antara kaca belakang dan logo Mazda. Selain knalpot asli ganda yang digunakan pada bagian bawah, tidak ada penambahan berarti yang ias ditemukan pada eksterior belakang Mazda CX-8 2020.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda CX-8 2020

Bukan Mazda namanya jika tidak memberikan kemewahan berkendara serta kenyamanan kelas atas untuk SUV premium ini. Masuk ke dalam interior Mazda CX-8 2020, Anda akan disuguhkan dengan tampilan menawan serta kesatuan pengemudi dan mobil dengan filosofi Jinba Ittai.

Review Mazda CX-8 2020: Dashboard

Ada keunikan dan kemewahan tersendiri yang diberikan Mazda untuk produk-produknya. Dan yang paling mengesankan adalah bagaimana gabungan fitur layar sentuh, perpaduan dashboard berlapis kulit dan material plastik pada bagian bawahnya dengan aksen chrome yang melintang. Perbedaan antar dua varian adalah aksen wood panel yang hanya ditemukan pada varian Elite.

dashboard Mazda CX-8 2020 berwarna hitam 
Dashboard Mazda CX-8 2020

Interior yang ergonomis pun menawarkan tampilan yang mengesankan pada dashboard Mazda CX-8 2020. Dimana Anda akan mendapatkan gabungan teknologi terbaru Mazda Connect pada layar sentuh 8 inci model floating. Masuk ke konsol tengah, tampilannya terasa mewah dengan perpaduan garis chrome dan material plastik dengan finishing piano black.

Review Mazda CX-8 2020: Kemudi

setir Mazda CX-8 2020 berwarna hitam

Setir Mazda CX-8 2020

Balutan kulit Nappa tak diragukan lagi memberikan genggaman yang menyenangkan. Untuk urusan kenyamanan berkendara, setir multi fungsi dengan tombol audio switch ini sudah dilengkapi fitur tilt & telescopic. Dan bagi Anda yang merasa kedinginan berkendara di malam hari atau di musim hujan, setir sudah dilengkapi dengan pemanas.

Review Mazda CX-8 2020: Kursi

Ada perbedaan antar varian Elite dan Touring terkait jumlah kursi yang disediakan. Ingin mengangkut lebih banyak penumpang? Anda bisa mengandalkan Mazda CX-8 Touring dengan konfigurasi 7 kursi berlapis bahan kain berwarna hitam. Sedangkan untuk kenyamanan tingkat tinggi, ada CX-8 Elite. Meskipun memiliki konfigurasi 2+2+2, kenyamanannya tak perlu diragukan lagi dengan lapisan kulit Nappa.

kursi Mazda CX-8 2020 berwarna hitam 
Kursi Mazda CX-8 2020 berlapis kulit

Pengaturan kursi elektrik pun memudahkan Anda untuk mendapatkan posisi berkendara yang pas. Untuk penumpang di baris kedua, sudah dilengkapi dengan pengaturan AC. Konsol tengah yang terbilang cukup besar langsung terintegrasi dengan kompartemen penyimpanan. Bisa digunakan untuk menyimpan dan mengisi daya smartphone Anda.

Review Mazda CX-8 2020: Bagasi

bagasi Mazda CX-8 2020 berwarna hitam
Bagasi CX-8 2020

Sebagai sebuah SUV premium, ruang penyimpanan yang ditawarkan sayangnya masih kalah dibandingkan pesaingnya. Dikarenakan atap belakang yang melengkung ke bawah, volume kargo yang disediakan terbatas 209 liter. Sedangkan ketika kursi baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi Mazda CX-9 2020 meningkat menjadi 742 liter.

>>> Baca juga

FITUR Mazda CX-8 2020

Material premium bisa langsung dirasakan ketika masuk ke dalam mobil ini. Tapi beberapa perbedaan pun disematkan bagi kedua varian yang ditawarkan. Misalnya interior berlapis kulit Nappa hanya bisa ditemukan pada varian tertinggi. Sistem audio mengandalkan 10 speaker BOSE Sound system yang tersebar di dalam kabin. Pengaturannya pun sudah dibantu dengan tombol audio switch yang terpasang pada lingkar kemudi.

Head unit 8 inci model floating dengan layar sentuh sudah dilengkapi dengan teknologi Mazda Connect yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Mazda Connect pun menawarkan konektivitas internet yang bisa Anda sambungkan dengan perangkat telepon Anda. Hasilnya? Anda bisa mengakses media sosial seperti Facebook maupun Twitter melalui head unit.

Review Mazda CX-8 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk sekelas SUV premium, ada banyak fitur keselamatan aktif Mazda CX-8 2020 yang tersedia. Mulai dari sistem pengereman ABS dan EBD, Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Hill Launch Assist (HLS) G-Vectoring Control Plus (GVC-Plus), hingga kontrol traksi, kamera parkir belakang dan View Monitor 360 derajat.

fitur Mazda CX-8 2020 berwarna hitam
Fitur keselamatan bisa didapatkan pada konsol tengah

Sekilas tentang G-Vectoring Control Plus adalah teknologi untuk pergerakan yang lebih responsif, khususnya ketika berbelok di tikungan. Saat menikung, GVC-Plus akan menurunkan putaran torsi untuk memindahkan berat dan meningkatkan cengkraman roda depan. Lalu torsi kembali normal untuk meningkatkan stabilitas. Fitur baru ini akan mengurangi efek gravitasi, sehingga mengurangi goyangan tubuh ketika berkendara.

Dan yang membedakannya dengan SUV premium lain di Indonesia adalah berbagai fitur keselamatan canggih seperti Blind Spot Monitoring Plus (BSM+), Lane Departure Warning (LDWS) dan Lane Keep Assist System (LAS), hingga Smart City Brake Support Front & Rear (SCBS F&R). Bagi Anda yang sering berkendara di malam hari, ada Driver Attention Alert (DAT) yang akan mendeteksi kelelahan pengemudi pada saat berkendara.

>>> Desain Human-Centric Mazda: Pengembangan Teknologi Berbasis Pengemudi dari Mazda

OPERASI Mazda CX-8 2020

Tanpa varian diesel yang dipasarkan di Jepang, Mazda mengandalkan mesin bensin SkyActiv 2.5L berkonfigurasi 4-silinder segaris DOHC dengan 16 katup. Kompresi bahan bakar tercatat 13:1. Kekuatannya pun tak kalah dibandingkan SUV lainnya, dengan tenaga maksimal 187 daya kuda pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi puncak 252 Nm pada 4.000 rpm.

Distribusi tenaga dan torsi langsung disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan SkyActiv-Drive. Pihak Mazda sendiri menyebutkan walaupun kapasitas dan mesin yang digunakan masih sama, tetapi CX-8 mendapatkan peningkatan pada mesin sehingga menghadirkan efisiensi yang lebih besar, terlebih ketika digunakan di daerah perkotaan (urban situations).

mesin Mazda CX-8 2020 berwarna hitam 
Mesin terbaru Mazda CX-8 2020

Memiliki desain dan pengendaraan yang hampir sama, ada kesan berbeda yang ingin disampaikan pada kedua mobil ini. Untuk masalah pengendaraan, Roy mengungkapkan bahwa CX-9 dikhususkan bagi konsumen yang ingin ‘disetirin’. Sedangkan CX-8 sangat cocok bagi konsumen yang ingin bersantai di kursi penumpang dan sesekali berada di belakang kemudi.

>>> Cari Mazda 2 Pintu di Pasar Mobil Bekas Tanah Air, Mana yang Termurah?

spesifikasi Mazda CX-8 2020

Dengan perkenalannya di Indonesia, Anda bisa langsung membeli mobil ini. Sedangkan untuk spesifikasi Mazda CX-8 2020 sendiri bisa dilihat melalui tabel di bawah ini.

Dimensi Mazda CX-8 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.900 x 1.840 x 1.720 mm

Jarak Poros Roda

2.930 mm

Ground Clearance

200 mm

Mesin Mazda CX-8 2020

Tipe Mesin

SkyActiv 2.5 4-silinder DOHC 16 katup

Kapasitas Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

187 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

252 Nm @ 4.000 rpm

Rasio kompresi

13.0:1

Transmisi

6-percepatan otomatis

Kaki-Kaki Mazda CX-9 2020

Suspensi Depan/ Belakang

MacPherson strut/ Multi-link

Rem Depan/ Belakang

Ventilated discs/Solid discs

Tipe Ban

255/55 R19

Tipe Pelek

Allow 19x17J

kelebihan & kekurangan Mazda CX-8 2020

Dengan harga yang lumayan tinggi, apa saja kelebihan dan kekurangan Mazda CX-8 2020 dibandingkan pesaingnya di segmen SUV premium ini?

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan eksterior sensual KODO Design

Kulit Nappa hanya digunakan pada varian Elite, varian Touring hanya menggunakan kain fabric

Kenyamanan kabin dengan perpaduan bahan soft touch dan material plastic

Ruang bagasi bukanlah salah satu kekuatan CX-8

Fitur keselamatan berlimpah

Segmen hampir sama dengan CX-9 yang hanya berbeda Rp100 juta

daftar harga Mazda CX-8 2020

Roy menjelaskan bahwa pengiriman Mazda CX-8 akan dilakukan secara nasional. Artinya konsumen di luar Jawa pun sudah bisa menikmat mobil ini. Sedangkan untuk harga Mazda CX-8 2020 untuk varian Touring bisa didapatkan dengan banderol Rp664.8 jutaan. Sedangkan varian Elite yang lebih elit tersedia dalam harga Rp746.8 jutaan. Harga Mazda CX-8 tersebut merupakan harga On the Road Jabodetabek. Namun ada penambahan harga Rp4 juta untuk warna spesial Soul Red Crystal dan Machine Grey.

>>> Harga Mazda CX-8 November 2019: Ketika Mazda Torehkan Era Baru SUV Premium Jepang di Indonesia

Video Mazda CX-8 2020

Tim Cintamobil TV pun mendapatkan kesempatan untuk merasakan kenyamanan di dalam mobil ini selama peluncuran perdananya di Plaza Indonesia beberapa waktu lalu. Dengan balutan kulit yang nyaman, berikut video Mazda CX-8 2020 dari Cintamobil TV.

KESIMPULAN Mazda CX-8 2020

Mazda memang dikenal sebagai penghasil kendaraan berkualitas dengan tampilan yang mengagumkan. Tak terkecuali Mazda CX-8 2020. Kehadirannya menambah jajaran SUV premium milik Mazda yang saat ini diisi oleh Mazda CX-5 dan CX-9. Penempatannya di antara dua model tersebut pun menambah pilihan bagi konsumen Tanah Air.

mobil baru Mazda CX-8 2020 berwarna abu-abu di jalan
Mazda CX-8 2020 yang turut menghadirkan kenyamanan di jalan

Masih mengandalkan desain sensual khas KADO Design dan kenyamanan mengemudi Jinbei Ittai, CX-8 patut diperhitungkan sebagai SUV keluarga untuk pengendaraan sehari-hari. Masalah utamanya mungkin penempatannya di bawah CX-9 yang hanya berbeda Rp100 jutaan saja. Tapi bagi Anda yang menginginkan kendaraan yang lebih kompak dan nyaman dikendarai di jalanan perkotaan, Mazda CX-8 2020 bisa menjadi pilihan.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil