Desain Human-Centric Mazda: Pengembangan Teknologi Berbasis Pengemudi dari Mazda

21/07/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Desain Human-Centric Mazda: Pengembangan Teknologi Berbasis Pengemudi dari Mazda
Mazda 3 menggunakan rancangan baru yang memfokuskan pada keseimbangan manusia untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara. Dikenal dengan desain human-centric Mazda, rancangan baru ini membuat duduk selama mengemudi lebih rileks dan menyenangkan.

Dilansir dari Arstechnica, perkembangan desain Human-Centric Mazda berawal ketika salah satu insinyur Mazda mengalami cedera lutut ketika bermain bola. Ketika dia menjalani terapi fisik dan dalam proses rehabilitasi, dia merasakan masalah ketika duduk di dalam mobil, terutama rasa keseimbangan alami tubuh manusia dan menggabungkannya dengan rasa nyaman ketika berkendara.

peluncuran pertama Mazda 3 di GIIAS 2019
Mazda 3 ketika diluncurkan pertama kali di Indonesia pada GIIAS 2019

>>> Mengenal Lebih Dalam Teknologi Canggih Mazda GVC

Alasan kita tidak mual ketika sedang berjalan adalah karena tulang belakang dan panggul manusia memperlancar keseimbangan kita dengan setiap langkah, menjaga agar kepala tetap stabil. Mazda mengambil ide tersebut dan menerapkannya pada Mazda 3: mendesain ulang kursi untuk memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara.

“Apa yang kami pelajari adalah bahwa tubuh manusia, dalam posisi santai, kurang rentan terhadap kelelahan dan juga lebih responsif ketika fisik rileks. Itu membuat kami melakukan pengukuran, khususnya sudut sendi dan kondisi otot, dari seseorang dalam posisi santai. Kami melakukan hal yang sama dengan mengukur rentang pandangan dan pergerakan visi orang yang berbeda,” jelas Norihiro Tomita, General Manager Divisi Pengembangan Kendaraan Mazda.

>>> Dapatkan informasi seputar teknologi otomotif hanya di sini

Perubahan posisi duduk pengemudi

Pada GIIAS 2019 kali ini, Mazda menjelaskan fitur human-centric pada Mazda 3. Layaknya postur ideal saat berjalan, desain kursi Mazda 3 membuat panggul tegak. Mazda juga menyebutkan bahwa generasi terbaru teknologi struktur Skyactiv-Vehicle Architecture menjadikan kursi Mazda 3 mengadopsi struktur dasar bangku pengemudi. Kursi pengemudi dirancang untuk mempertahankan bentuk alami tulang belakang.

posisi mengemudi Mazda 3 dengan tangan pengemudi 
Ergonomis kendaraan diubah sehingga berpusat pada pengemudi

Tidak hanya itu, sandaran kursi bagian atas mendukung posisi terbaik dan ternyaman untuk tulang rusuk. Rancangan ini memungkinkan pengemudi untuk dapat menstabilkan posisi kepala secara alami. Hal ini cukup dilakukan dengan menggeser panggul dan tulang belakang untuk menjaga keseimbangan tanpa perlu upaya yang besar.

Bahkan penempatan pedal juga berperan besar. Ketika kaki kiri berada di sandaran kaki dan kaki kanan di pedal gas, jarak antar kaki terpisah selebar bahu, seolah-olah Anda sedang berdiri. Kemudi memiliki rentang penyesuaian depan dan belakang yang lebih besar, dan penempatan kontrol roda gigi dan infotainment telah dioptimalkan untuk efisiensi dan ergonomis yang lebih baik.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan daftarnya di sini

Posisi tuas transmisi bergeser lebih ke depan dan naik, memberikan posisi mengemudi yang lebih ideal. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan pergerakan tangan pengemudi dari lingkar kemudi. Posisi cup holder pun disesuaikan di depan tuas transmisi. Armrest diperpanjang untuk menghasilkan stabilitas, kemudahan, dan kenyamanan dalam pengoperasian.

Penjelasan konsep dan desain Human-Centric Mazda

Kenyamanan di dalam Mazda 3 memang meningkat dibandingkan generasi sebelumnya. Sebagian dikarenakan desain Human-Centric Mazda yang memberikan posisi duduk yang lebih rileks dan menyenangkan ketika sedang berkendara. Tertarik mencobanya?

>>> Baca semua tips otomotif dari Cintamobil.com hanya ada di sini!

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Test Drive: Sensasi Berkendara Mazda3 Generasi Ke-4 Rute Jakarta - Gunung Geulis

11/07/2019

Mobil baru

3 menit

Jelang GIIAS 2019, PT Eurokars Mazda Indonesia mengadakan media drive Mazda3 Hatchback dan Sedan. Seperti apakah rasanya? 

Lihat juga

Hatchback Terjangkau Dibawah Rp 100 juta, Simak Tips Beli Mazda2 Bekas

30/04/2019

Jual beli

Mobil model hatchback masih menjadi primadona untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dimensi compact membuatnya lincah untuk bermanuver serta irit bahan bakar. Salah satu hatchback menarik adalah Mazda2 bekas. Berikut tips beli Mazda2 bekas dari Cintamobil.com.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Mengenang Sejarah dan Perkembangan 30 Tahun Mazda MX-5 Miata

31/03/2019

Pasar mobil

Mazda MX-5 adalah roadster dua penumpang yang diproduksi Mazda. Menggunakan tata letak mesin tengah dan pengendaraan roda belakang, mobil ini menjadi legenda sebagai salah satu roadster terbaik hingga saat ini.

Lihat juga

Mazda Padukan Mesin Rotary Dengan Teknologi Hybrid

13/03/2019

Pasar mobil

3 menit

Mazda melakukan gebrakan dengan menggabungkan mesin Rotary mereka dengan Hybrid, yang akan menjadi jantung pacu bagi model-model mereka di masa datang.

Lihat juga

Mengenal Lebih Dalam Teknologi Canggih Mazda GVC

13/02/2019

Pengemudian

Jinba Ittai didefinisikan Mazda sebagai hubungan yang coba dibangun antara pengemudi dengan mobilnya. Salah satu teknologi untuk mendukung hal tersebut adalah Mazda G-Vectoring Control (GVC). Bagaimana cara kerja Mazda GVC ini dan apa dampaknya pada rasa berkendara?

Lihat juga
 
back to top