Review Mazda 2 2017 Indonesia

26/02/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Delapan tahun silam, Agen tunggal Mazda untuk Indonesia, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) memboyong Mazda 2 untuk bersaing dengan nama-nama beken macam Honda Jazz dan Toyota Ayla. Di debutnya sewindu silam, Mazda boleh dibilang kalah dalam persaingan dengan mobil-mobil Jepang yang saat itu memang tengah menggeliat. Untuk “membalas kekalahan” Mazda coba me-refresh hatchback andalannya itu dengan mengeluarkan kembali All New Mazda 2. Ada apa yang menarik dari mobil ini?

PENGANTAR Mazda 2 2017

Gambar mobil Mazda 2 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan sedang parkir di depan rumah

Hatchback ini nampak elegan bukan?

Review Mazda 2017 Indonesia - Di beberapa negara, nama Mazda 2 cukup harum. Pasalnya, Hatchback satu ini memang mendominasi ceruk market untuk segmen tersebut. Keharuman tersebut dapat dilihat dari berhasil dibawa pulangnya 50 penghargaan bergengsi dari berbagai surveyor hingga mendapatkan rating bintang lima untuk fitur keselamatan berdasarkan penilaian Euro NCAP. Beragam tinta emas tersebut memang selayaknya dibawa pulang karena Mazda memang concern mengembangkan berbagai teknologi untuk memperkuat kendaraan roda empatnya itu.

Berbekal sederet prestasi manis tersebut, Mazda 2 coba kembali merambah pasar yang sangat welcome dan seksi terhadap industri otomotif yakni Indonesia, sekaligus memberikan “sweet as revenge” kepada kompetitornya. Lantas, apa saja yang ditawarkan Mazda guna menangkan persaingan di ranah sejenis? Akankah Mazda berhasil membalas kekalahan atau justru semakin terpuruk? Well, terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut. Dan, ada baiknya jika kita membedah satu demi satu spesifikasi yang ditawarkan pabrikan dengan logo m berlapis lingkaran tersebut. Berikutnya review Mazda 2 2017 Indonesia. Selamat membaca.

EKSTERIOR Mazda 2 2017

Melalui sisi terluarnya, Mazda coba menawarkan kesan sporty nan fashionable berkat berbagai guratan di setiap sisinya. Bahkan boleh dibilang, desain interior Mazda merupakan juara di kelasnya. Sisi sporty sendiri langsung terpancar dari bagian depannya. Sisi grill dibuat cukup elegan berkat desain segitiga dibungkus dengan line beraksen chrome yang menjorok hingga bagian bawah bumper. Desain ini terasa cukup spesial karena sejauh mata memandang, kompetitornya yang bermain di ranah sejenis belum bermain seberani ini. meskipun terlihat wah, sisi grill coba diminimaliskan melalui line yang juga beraksen chrome lengkap dengan dua rongga udara di bagian atas dan bawah guna berikan sirkulasi organik kepada mesin.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Mazda 2 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Sisi depan Mazda2 terbilang cukup elegan

Mempercantik sisi depan, Mazda 2 2017 Indonesia juga menghadirkan kesan mewah melalui headlamp multireflektor yang sudah dilengkapi dengan teknologi penggabungan tipe lampu proyektor dan parabola. Untuk berikan penerangan yang maksimal berkat kehadiran lampu berjenis LED plus LED DR. bergerak sedikit ke bawah, kita akan menjumpai grill dengan desain yang cukup dinamis dengan presisi lekuk yang cukup aduhai untuk dipandang. Tak ketinggalan pula, dihadirkan lubang pada bagian tengah bumper guna dapatkan kesan aerodinamis nan sporty. Sebagai penutup, hadir pula fog lamp dengan desain yang ergonomis dengan siluet teardrop sebagai rumahnya.

  • Desain Bagian Samping

Gambar bagian samping mobil Mazda 2 2017 berwarna merah

Sisi samping Mazda2 terlihat sederhana

Bergeser ke bagian samping, lekuk garis tipis di bagian atas serta lekukan dengan struktur cukup tebal dihadirkan di sisi samping guna membuat bagian ini tak terlalu kopong.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Mazda 2 2017 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang mobil ini cukup berkesan

Sementara di bagian belakang, kesan sporty kembali dihadirkan melalui stop lamp yang sudah dilengkapi dengan rear combination lamp yag membujur hingga ke bagian bagasi. Aksen black dope juga dihadirkan pada sisi bumper guna pancarkan perpaduan warna sekaligus menyempurnakan sisi buritannya. Secara keseluruhan, sisi eksterior dari Mazda 2 memang menghadirkan kesan elegan nan stylish layaknya hartcback kebanyakan. Satu yang terpenting, perbedaan desain dengan kompetitor di ranah sejenis yang ditawarkan Mazda patut mendapatkan kredit lebih.

>>> Munngkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda 2 2017

Pasca tampil stylish di sisi ekterior, Mazda 2 2017 Indonesia juga tampil elegan di bagian interiornya berkat penyematan bahan material berkualitas terbaik serta toning colour yang mendekati sempurna. Mazda sendiri menawarkan pilihan warna yakni black dope maupun two tone colour dalam wujud warna black and white. Konsumen nantinya bisa memilih tampilan warna ini sesuai selera. Mereka yang menyukai kesan sporty tentunya akan memilih black dope sebagai selimut kabin. Sementara mereka yang concern dengan kemeahan interior akan memilih desain two tone colour. Tak hanya mewah, berbagai fitur terbaik juga disuguhkan Mazda guna memberikan driving experience kepada konsumennya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Mazda 2 2017 Indonesia

Bagian dashboard sudah dilengkapi dengan panel Multimedia

Di bagian tengah misalnya, kita akan menjumpai berbagai fitur modern Climate Control AC, Aux In hingga USB Connector yang bisa dihubungkan dengan smartphone para penggunanya. Di samping itu, Mazda juga menyematkan fitur produksinya sendiri yakni MZD Connect dan Commander Control. Sebagai penutup bagian dashboard, Mazda 2 juga memberikan fitur Active Driving Display kepada pengemudi agar bisa lebih mudah mendapatkan informasi terkini seputar kendaraan secara real time.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Mazda 2 2017

Sisi setir juga tampil elegan berkat desain steering bergaya racing

Bergeser ke bagian lingkar kemudi, setir yang terbenam sudah dilengkapi dengan fitur steering switch control yang fugnsinya sudah sama-sama kita tahu. Di samping steering switch control, Mazda juga menyuguhkan Drive Selection Switch yang berfungsi untuk mengatur transisi secara otomatis sekaligus merubah performa kendaraan sesuai dengan keinginan. Sebagai pelengkap, hadir pula panel speedometer bergaya kekinian dengan kesan racing yang kental dan sangat mudah untuk digunakan. Melalui speedometer tersebut, pengemudi bisa mendapatkan informasi melalui tiga panel cluster yang telah disediakan.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Mazda 2 2017

Meski tergolong mobil hatchback, kualitas seat Mazda2 terbilang baik

Beranjak ke bagian penumpang bagian belakang, kenyamanan nampaknya menjadi prioritas Mazda dengan menyematkan kursi yang dibalut dengan material leather berkualitas terbaik guna mendapatkan kualitas duduk yang baik. Tak lupa pula, ruang kaki dan kepala yang dihadirkan juga cukup signifikan.

>>> Mungkin Anda tertarik:

FITUR Mazda 2 2017

Gambar menenujukkan fitur mobil Mazda 2 2017

Fitur yang berguna untuk mengatur perangkat multimedia

Di samping kemewahan dan kenyamanan fitur interiornya, Mazda 2 juga sudah dibekali dengan fitur fitur tambahan seperti rancangan teknologi rangka mesin SkyActiv Body yang sidah dibalur dengan material ultrahigh-tensile steel guna menyerap redaman yang akan terjadi kapan saja. demi mempertebal kesan safety, hadir pula Dual SRS Airbags, 3-point Seatbelts for All Seating Positions, ISOFIX child-seat anchors, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) System, serta Hill Launch Assist (HLA). Cukup lengkap bukan?

Disamping fitur safety, Mazda juga suguhkan keamanan maksimal berkat fitur-fitur yang lazim dijumpai di mobil lainnya seperti Power Door Locks, Immobilizer, Burglar Alarm, One-touch Auto Open/Close, Rear Parking Sensors. Seluruh fitur tersebut, kecuali rear camera, dapat dijumpai pada berbagai varian Mazda2. Untuk rear camera sendiri hanya aka nada di dua type tertingginya yakni tipe R dan tipe GT.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil Mazda lainnya, silahkan klik sini

OPERASI Mazda 2 2017

Gambar bagian mesin mobil Mazda 2 2017

Mesin anyar ini semakin membuat performa Mazda 2 menjadi lebih agresif

Dari sisi sistem operasi, Mazda menyuguhkan mesin yang sama untuk seluruh type mobilnya yakni mesin SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve yang siap disupport dengan teknologi Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control). Mesin dengan kubikasi 1.496 cc ini siap memuntahkan tenaga maksimal hingga 110Ps/6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm/4.000 rpm. menilik besarnya tenaga dan daya puntir yang dihasilkan, tak salah jika mobil ini memiliki performa  di atas rata-rata dibandingkan dengan kompetitornya.

Di samping siap berikan performa maksimal, mesin tesebut juga mampu menekan bahan bakar karena sudah dilengkapi dengan suplai bahan bakar Electronically Controlled Direct Injection yang telah dikombinasikan dengan Idling Stop System i-STOP. Sementara untuk menggerakan kendaraan, hadir pula dua pilihan transmisi yakni manual dan automatic masing masing dengan enam percepatan yang telah terintegrasi dengan sistem Skyactive.

>>> Klik sini untuk baca semua tulisan review mobil di cintamobil.com

spesifikasi Mazda 2 2017

Terkait spesifikasi Mazda 2 2017 teranyar ini, cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda secara lebih ringkas. Semoga bisa menjadi tambahan informasi.

Mesin

Seri mesin

SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve with Dual S-VT

Kubikasi

1.496 cc

Tenaga Maksimum

81 (110) / 6,000

Torsi Maksimum

141 (14.37) / 4,000

Transmisi

Manual/ Automatic with 6 Speed

Dimensi

Panjang  x Lebar x Tinggi

4,060 mm x 1,695 mm x 1,495 mm

Jarak Poros Roda

2,570mm

Tempat Duduk

4-5 Seats

Kaki-Kaki

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solit Disc

Suspensi Depan

SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut

Suspensi Belakang

SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam

Ban

15 x 5-1/2 J Aluminium Alloys

kelebihan & kekurangan Mazda 2 2017

Terkait kelebihan dan kekurangan  Mazda 2 2017 sudah tentu memilikinya. Meskipun tak banyak, kelebihan dan kekurangan yang tersemat pada mobil ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum membawa pulang mobil ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior cukup fresh

Peredaman kurang maksimal

Irit Bahan Bakar

Bagasi terlalu sempit

Fitur Terbilang Lengkap dan modern

 

daftar harga Mazda 2 2017

Dari sisi harga Mazda 2 2017 Indonesia bisa dibilang memiliki positioning yang cukup baik karena berada di angka middle up. Dengan berbagai spesifikasi dan desain yang ditawarkan, rasanya harga yang disematkan pada Mazda 2 masih cukup masuk akal.

Tipe mobil

Harga Mazda 2

Mazda 2 V MT

Rp 227 Jutaan

Mazda 2 R MT

Rp 249 Jutaan

Mazda 2 Limited Edition

Rp 274 Jutaan

Video Mazda 2 2017

Dan, bagaimana penampakan dari Mazda 2 2017 Indonesia ini? Selamat menyaksikan official video yang telah kami persiapkan.

KESIMPULAN Mazda 2 2017

Secara keseluruhan, Mazda 2 2017 Indonesia memiliki desain eksterior yang cukup mumpuni, berani dan ekstraordinary jika dibandingkan dengan kompetitornya. Soal fitur pun juga terbilang cukup banyak. Pun demikian saat kita bicara harga, dengan mematok harga di bawah Rp 300 jutaan, rasanya Mazda memang serius untuk bersaing dan memenangkan persaingan dengan kompetitor di ranah sejenis. Apakah mobil ini mampu melakukan “Sweet as Revenge” atas kekalahannya sewindu silam?

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil