Review KIA Travello 2006: Paket Lengkap Untuk Pebisnis Travel dan Sewa Mobil

19/03/2019

Share this post:

Kia Travello 2006

Editor rate:

Lihat promo

Sesuai namanya, Travello memang dirancang oleh pabrikan KIA untuk menjadi kendaraan Travel. Ketimbang kakaknya yakni Pregio, KIA Travello terbilang lebih lega jika dilihat dari segi dimensi. Bahkan, kapasitas tampung kursinya terbilang besar di angka 12 orang, berbeda dengan Pregio yang hanya 8 orang saja. Ingin membeli mobil ini? Ada baiknya untuk menyimak review KIA Travello 2006 dari kami.

Review KIA Travello 2006: Paket Lengkap Untuk Pebisnis Travel dan Sewa Mobil
Review KIA Travello 2006: Paket Lengkap Untuk Pebisnis Travel dan Sewa Mobil
0 Gambar

Pengantar Kia Travello 2006

Mari kita simak spesifikasi Kia Travello 2006 di bawah ini.

Kelebihan

Daya angkut besar hingga mencapai 12 orang

Performa diesel dengan kapasitas 2.665 cc terbilang sangat mumpuni untuk kegiatan wisata di berbagai kondisi jalan

Tersedia tiga AC Blower sehingga kesejukan dalam kabin dapat merata

Kekurangan

Pencarian Sparepart terbilang cukup sulit, direkomendasikan untuk mencari informasi tentangnya lebih dulu

Fitur keselamatan cukup minim

Tampilan interior biasa saja dan sarat akan fitur

Review KIA Travello 2006 - Dahulu, KIA Pregio yang sempat dirakit lokal akhirnya diberhentikan produksinya dan kemudian digantikan oleh KIA Travello. Jika melihat halaman resminya, KIA Travello diklaim dapat mengangkut hingga 16 orang. Lucunya, hal tersebut kurang benar adanya mengingat jumlah kursinya lebih cocok untuk menampung hingga 12 orang termasuk supir. Namun kami memahami, bahwa fenomena ini lebih ditujukan kepada aspek pemasaran saja.

KIA Travello 2006 memiliki kelebihan dalam hal daya angkut hingga 12 orang

Tampilan luar KIA Travello terlihat relatif modern untuk era saat ini

Dengan daya tampung tersebut, KIA Travello menjadi salah satu primadona bagi para pegiat bisnis Travel hingga rental mobil. Jika diibaratkan, keluarga Anda berjumlah 12 orang dan ingin melakukan wisata, tentu satu mobil mobil keluarga tak akan cukup. Beda halnya dengan KIA Travello yang mampu menjawab permasalahan tersebut. Lantas, apakah hanya itu kelebihannya? Mari kita ulas bersama dalam review KIA Travello 2006.

Eksterior Kia Travello 2006

Jika ditilik dari segi eksterior KIA Travello 2006, dimensi bodinya terlihat lebih besar dari Pregio. Bayangkan saja, panjang bodinya mencapai 4.915 mm dengan ukuran lebar di angka 1.740 mm. Tak heran, apabila mobil satu ini banyak dipilih oleh para pebisnis Travel.

Review KIA Travello 2006: Eksterior Depan

Meski mobil ini terbilang keluaran tahun lama, namun tampilannya terlihat cukup modern, sukses mengikuti zaman. Kami sangat percaya, hal ini ditunjang kuat oleh penggunaan lampu utama berukuran besar. Selain itu, hal tersebut juga mampu memberi kualitas pencahayaan lebih maksimal. Hal minornya adalah tidak kami temukan fitur lampu kabut dari wajah depannya.

Eksterior depan KIA Travello 2006 dilengkapi dengan lampu utama berukuran besar yang menyuguhkan kualitas cahaya mumpuni

Fascia depannya terlihat cukup elegan berkat lampu utama berukuran besar

Review KIA Travello 2006: Eksterior Samping

Jika KIA Pregio menggunakan model pintu geser, beda halnya dengan Travello yang masih menerapkan pintu konvensional. Bisa dibilang, hal ini menjadi pembeda paling khas dari keduanya. Di sisi lain, terdapat juga satu garis berwarna hitam yang menjadi unsur penegas dari desain bodi sampingnya.

Eksterior samping KIA Travello 2006 dilengkapi dengan aksen berwarna hitam yang disematkan pada sisi tengah bodi

Mobil satu ini juga dirancang dengan ukuran Wheelbase yang panjang

Review KIA Travello 2006: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, KIA Travello menghadirkan kaca belakang berukuran besar sehingga dapat memberi visibilitas yang baik bagi pengendara. Di sisi lain, lampu Stop-nya juga dirancang dengan ukuran besar sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di arah belakang. Tentu, bodinya yang besar cukup tertolong dengan adanya lampu tersebut.

Eksterior Belakang KIA Travello 2006 dilengkapi dengan lampu berukuran besar

Bodi belakangnya juga dirancang dengan kaca lebar sehingga mempermudah pantauan pengendara

>>> Info menarik lainnya:


Interior Kia Travello 2006

Dari segi dimensi Wheelbase di angka 2.415 mm, kita dapat mengetahui bahwa interior KIA Travello 2006 terbilang sangat lega. Salah satu kelebihannya memang terletak dalam hal akomodasi. Namun sayangnya, fitur-fitur hiburan terkesan biasa-biasa saja menurut kami.

Review KIA Travello 2006: Dashboard dan Setir

Tampilan dashboard-nya terlihat biasa saja yang hanya didominasi warna hitam. Meski begitu, KIA tampaknya cukup cerdik dalam menghiasi kabinnya dengan menyematkan Metal Grain di berbagai sisinya. Setidaknya, hal tersebut dapat menunjang esensi elegan dari Travello. Adapun tersedia fitur hiburan berupa panel audio saja. Pada varian standar, menggunakan 2 buah Speaker dan di varian Optional 2, menggunakan 4 unit Speaker.

Dashboard KIA Travello 2006 hanya dibekali radio dan Blower AC

Dashboard-nya sendiri dikemas dengan desain sederhana dan masih minim fitur

Lini setir sendiri juga memiliki tampilan yang kurang rupawan, terkesan Old-Fashioned menurut kami. Untungnya, setir sudah dibekali fitur Power Steering sehingga pengendara dapat melakukan manuver lebih ringan, mengingat bodinya yang cukup besar.

Review KIA Travello 2006: Kursi

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, di brosur resminya KIA Travello mampu mengangkut hingga 16 orang sekaligus. Namun faktanya, peletakan dan jumlah kursinya lebih cocok untuk 12 orang saja. Hal menarik lain adalah ruang kaki setiap penumpang terasa cukup lega serta sudah dilengkapi pegangan tangan pada sisi atap kabin.

Kursi KIA Travello 2006 mampu menampung hingga 12 orang

Rancangan kursi lebih cocok untuk 12 orang saja

>>> Ketahui juga:

Fitur Kia Travello 2006

Setelah puas membahas sisi luar dan dalamnya, kini saatnya bagi Cintamobil.com mengulas tentang fitur KIA Travello 2006. Dari segi hiburan, mobil satu ini menghadirkan panel audio yang mampu mengoperasikan radio saja. Ya, meski terkesan minim namun fitur ini sudah sangat menghibur seluruh penumpang selama perjalanan.

Fitur KIA Travello 2006 dikemas apik dengan Power Steering, 3 AC Blower dan panel audio

Dengan adanya Blower pada kursi deret tengah membuat udara sejuk dari depan bisa merata hingga ke sisi belakang

Mengingat mobil ini memiliki kapasitas tampung 12 orang, KIA cukup cerdik dengan menghadirkan 3 AC Blower yakni 1 di bagian depan dan 2 di kursi deret tengah. Hal ini menjadi salah satu kenyamanan istimewa bagi penumpang supaya dapat beristirahat dengan nyaman meski menempuh perjalanan jarak jauh.

>>> Ingin tahu mobil Van lainnya? Simak segala model terbarunya di sini

Operasi Kia Travello 2006

Mesin yang digunakan pada KIA Pregio memiliki spesifikasi serupa dengan Travello. Namun jangan salah, dari segi kenyamanan berkendara, operasi mesin KIA Travello 2006 terasa jauh lebih menyenangkan. Pasalnya rasio gigi akhir pada Travello berada di angka 4.444, berbeda dengan Pregio yang hanya sebesar 4.222. Alhasil, akselerasi 0-100 Km/Jam pada Travello mampu mencatatkan angka 24,8 detik saja. Sedangkan KIA Pregio hanya berada di angka 33,7 detik.

Mesin KIA Travello 2006 menggunakan kapasitas sebesar 2.665 cc

Spesifikasi mesin yang digunakan sama dengan KIA Pregio namun berbeda dalam hal akselerasi

Untuk spesifikasi resminya, KIA Travello menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.665 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5 tingkat percepatan manual sehingga menghasilkan daya sebesar 80 PS setara 4.000 Rpm dan torsi puncak 16,8 Kg.m pada putaran 2.400 Rpm. Menariknya lagi, mobil ini tergolong irit bahan bakar dengan estimasi 12,3 Km/Liter.

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan mobil menarik besutan KIA lainnya

Spesifikasi Kia Travello 2006

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihat spesifikasi KIA Travello 2006 berikut ini.

SPESIFIKASI KIA TRAVELLO 2006

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.915 mm x 1.740 mm x 2.030 mm

Wheelbase

2.415 mm

Jarak Pijak Depan

1.490 mm

Jarak Pijak Belakang

1.460 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.7 Liter 4 Silinder Segaris 8 Katup OHV

Kapasitas Silinder

2.665 cc

Daya Maksimum

80 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

16,8 Kg.m / 2.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

Torsion Bar dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Per Daun (Soft Suspension)

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Drum

Sistem Pendukung Rem

Load Sensing Proportion Valve (LSPV)

Ukuran Ban

195R14 – 8 PR

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Daftar Harga Kia Travello 2006

Perlu kami ingatkan bahwa model satu ini tak lagi dijual dalam kondisi baru. Adapun Anda hanya mendapatkan versi bekasnya yang tentu saja dibanderol dengan harga terjangkau. Berikut daftar harga KIA Travello 2006.

TIPE MOBIL

HARGA KIA TRAVELLO BEKAS

KIA Travello 2.7 Liter M/T

IDR. 45 Jutaan hingga IDR. 110 Jutaan

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga dalam kondisi bekas yang disesuaikan dengan kondisi mobil, kelengkapan dokumen, jarak tempuh, tahun pembelian hingga pertimbangan khusus dari penjual

>>> Klik di sini untuk melihat harga KIA Travello yang dijual di Indonesia

Kesimpulan Kia Travello 2006

KIA Travello adalah salah satu mobil mumpuni untuk kegiatan Travel, mengingat kapasitas tampungnya mampu mencapai 12 orang sekaligus. Adapun mesin diesel yang digunakan sudah sesuai dengan fungsi dari kendaraan ini. Maksud kami adalah mesin diesel sudah dikenal tangguh dalam setiap medan, tentu dengan kelebihan tersebut, KIA Travello dapat menjelajah setiap destinasi wisata mulai dari perkotaan hingga perbukitan. Menariknya lagi, mobil satu ini hanya dijual dalam kondisi bekas saja sehingga Anda pasti bisa mendapatkan harga yang terjangkau. Seperti judul kami, mobil ini adalah paket lengkap untuk pebisnis Travel dan sewa mobil. Tertarik untuk membelinya?

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

Garasi Mobil

DI Yogyakarta

Review lain

Review Kia Carens LX 2013 : Pembuktian MPV 7-Seater Korea “Rasa” Eropa

26/06/2018

Editor rate:

Gemuknya pasar otomotif medium MPV di Indonesia sangat menggiurkan bagi brand otomotif di Tanah Air. Tak terkecuali brand mobil asal Korea Selatan, Kia, yang mencoba peruntungan dengan mengusung Kia Carens. Apakah MPV produksi negeri gingseng ini bisa menjadi kuda hitam di tengah-tengah persaingan medium MPV di Indonesia? Silakan nikmati ulasannya di review Kia Carens LX 2013.

Lihat juga

Review KIA Pregio 2008: Muat 8 Orang, Incaran Bisnis Travel

17/03/2019

Editor rate:

KIA selaku perusahaan otomotif asal Korea Selatan sempat meluncurkan sebuah mobil Van dengan kapabilitas tampung 8 orang. Bisa dibilang, mobil satu ini masih menjadi incaran bagi para pegiat bisnis Travel. Apakah Anda ingin mobil ini? Simak review KIA Pregio 2008 berikut ini.

Lihat juga

Review Volkswagen Grand California 2019

22/09/2018

Editor rate:

Volkswagen Grand California yang rencananya akan dipasarkan tahun 2019 mendatang, memiliki beragam keunggulan menarik. Bayangkan saja, mobil berdimensi panjang 4,9 meter ini bukan menjadi kendaraan saja namun juga memiliki kamar tidur, kamar mandi dan ruang makan. Sangat fantastis menurut kami. Mari kita lihat segala keunggulan mobil satu ini dalam review Volkswagen Grand California 2019.

Lihat juga

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005

31/07/2018

Editor rate:

Apakah Anda mencari kendaraan yang dapat menjadi modal bisnis Travel? Kami punya rekomendasi terbaik untuk kebutuhan Anda seperti Toyota Hi-Ace Commuter yang akan dibahas kali ini. Bahkan kapasitasnya mampu menampung hingga 16 orang sekaligus. Apakah mobil ini layak untuk Anda miliki? Mari kita cari tahu bersama dalam review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz SPRINTER 315 CDI A2 2014

22/07/2018

Editor rate:

Jika selama ini kita mengenal merek Mercedes-Benz sebagai pembuat mobil sedan mewah yang nyaman, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena selain memproduksi sedan mewah Mercedes-Benz juga memiliki lini kendaraan komersial. Salah satunya, minubus Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI. Mobil minibus ini pertama kali diproduksi pada tahun 1996 dan pada tahun 2014 mendapat facelift. Seperti apa kenyamananan yang ditawarkan oleh minibus yang bisa memuat hingga 14 orang penumpang ini?

Lihat juga