Review Kia Seltos Diesel 2022: SUV Kompak Diesel nan Irit BBM

31/12/2021

Share this post:

Kia Seltos 2022

Editor rate:

Rp 389.000.000

Lihat promo

Sebagai satu-satunya model bermesin diesel di variannya, Kia Seltos Diesel 2022 bisa jadi pilihan mobil perkotaan yang kompak dan tentu saja hemat bahan bakar.

Review Kia Seltos Diesel 2022: SUV Kompak Diesel nan Irit BBM
Review Kia Seltos Diesel 2022: SUV Kompak Diesel nan Irit BBM
0 Gambar

Pengantar Kia Seltos 2022

Mari kita simak spesifikasi Kia Seltos 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Irit bahan bakar
  • Mesin tangguh dan torsi besar
  • Kesan premium dan elegan
Kekurangan
  • Harganya di bawah varian tertinggi
  • Fitur banyak yang dipangkas
  • Hanya ditawarkan dalam satu transmisi

Ketika Kia Seltos pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2020, Kia membawa berbagai varian untuk menjadi pilihan bagi penggemarnya di Indonesia. Tapi baru pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Kia Indonesia memperkenalkan model baru, yaitu Kia Seltos CRDi 2022, satu-satunya SUV kompak bermesin diesel di Indonesia sekaligus trim tertinggi, Kia Seltos GT Line.

Secara garis besar, tidak ada perubahan signifikan yang ditawarkan dalam hal tampilan luar maupun bagian dalam Kia Seltos Diesel dibandingkan trim tertinggi. Hanya saja tentu beberapa fitur yang dihilangkan untuk mengurangi ongkos produksi. Serta penggunaan mesin diesel untuk membuatnya lebih efisien, walaupun masih kalah tenaga dibandingkan tipe bermesin bensin.

Penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh Kia Seltos bertenaga diesel atau disebut juga dengan nama Kia Seltos CRDi? Simak lagi review Kia Seltos Diesel 2022 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 300 - Rp 360 Juta
Rp 294.7 - Rp 409.8 Juta
Rp 269.8 - Rp 345.8 Juta
Rp 269.8 - Rp 309.8 Juta

Eksterior Kia Seltos 2022

Kia menghadirkan Seltos sebagai pilihan mobil keluarga perkotaan dengan rasa tampilan premium jika dilihat dari luar. Desain eksteriornya terasa maskulin dengan bodi yang berotot, tentunya senada dengan pengendaraan khas SUV yang disematkan pada mobil ini. Mobil ini pun tak memiliki perbedaan signifikan dibandingkan Seltos GT Line yang menjadi trim tertinggi Seltos di Indonesia.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Eksterior Depan

Fascia depan Kia Seltos masih mengandalkan gaya Tiger Nose khas Kia dengan grille yang besar serta dikelilingi oleh aksen chrome untuk menambah tampilan mewah pada mobil ini. Mobil ini juga sudah mendapatkan logo terbaru Kia melalui emblem yang terpampang pada kap mesin di bagian depan.

tampilan depan mobil baru Kia Seltos Diesel 2022
Tampilan depan dan samping tak jauh berbeda dengan Kia Seltos lain

Tak berbeda dengan tipe GT Line, ada lampu depan yang tegas, dilengkapi dengan foglamp bergaya vertikal sudah berteknologi LED. Beralih ke bawah, Seltos Diesel menggunakan bumper dengan skid plate khas SUV bergaya off-road yang siap membantu ketika harus berkendara di jalanan dengan kontur yang tak rata.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Eksterior Samping

Bagian samping terasa dengan sudut yang tegas, lengkap dengan velg berukuran 17 inci yang setara dengan tipe GT Line. Tapi tenang saja, Seltos Diesel masih membawa roof rail untuk membantu Anda ketika harus memasang roof rack pada saat berkendara jarak jauh, serta cladding berwarna hitam yang menambah kesan gahar pada mobil ini.

Dengan dimensinya hanya memiliki panjang 4,1 meter, Kia Seltos Diesel 2022 memang terasa kompak dan menghadirkan pengendaraan yang dinamis untuk dibawa di jalanan perkotaan. Apalagi mobil ini memiliki radius putar hanya 5,3 meter, membuatnya cukup mudah ketika harus berputar di jalanan yang tak terlalu lega.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Eksterior Belakang

bagian belakang Kia Seltos CRDi 2022 dengan logo CRDi
Bagian belakang dilengkapi dengan logo CRDi

Bagian buritannya pun tak kalah mentereng dibandingkan bagian depan, karena ada lampu kombinasi di belakang LED. Tampilannya menawan dengan garis-garis yang memberikan kesan layaknya 3D. Meski belum memiliki bukaan pintu belakang elektrik, di bagian bawah juga terdapat skid plate serta knalpot palsu beraksen twin pipe.

>>> Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Compact SUV Turbo dengan Transmisi Kopling Ganda Termurah di Indonesia


Interior Kia Seltos 2022

Beralih ke bagian dalam, tampilan interior Seltos Diesel tak kalah maskulin dibandingkan bagian luarnya. Walaupun sebagian besar materia interior masih menggunakan plastik, tapi tak mengurangi kenyamanan di dalam kabin.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Dashboard

Dashboard berukuran 8.0 inci bergaya floating langsung menyambut ketika masuk ke dalam kabin. Desain dashboard pun dibuat asimetris guna memudahkan pengemudi untuk mengaksesnya, atau dikenal pula dengan gaya driver oriented. Hanya saja versi diesel masih belum tersedia head up display sebagaimana yang disematkan pada tipe Seltos EX Plus dan GT Line.

interior dari mobil baru Kia Seltos CRDi 2022
Desain anyar interior Kia Seltos CRDi 2022

Review Kia Seltos Diesel 2022: Setir

Setir tiga palang khas Kia bergaya flat bottom menawarkan kesan sporty layaknya mobil berorientasi performa. Ada pula tombol pengaturan yang membuatnya lebih mudah untuk mengakses berbagai fitur selama berkendara, walaupun mobil ini belum dilengkapi Paddle Shift layaknya tipe GT Line. Berlapis kulit, desainnya enak digenggam dan sudah menggunakan pengaturan tilt dan telescopic.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Kursi

Jok Seltos Diesel sendiri sudah menggunakan pelapis kulit, lengkap dengan aksen heksagonal yang membawa kesan sporty. Bangku baris depan memiliki desainnya yang dibuat ‘memeluk’ pengemudi, apalagi kursinya bisa dibilang cukup empuk ketika diduduki. Headroom dan legroom pun sudah memadai untuk penumpang dewasa.

Karena mobil ini menggunakan pengaturan dua baris jok, ruang bangku untuk penumpang di belakang pun sudah cukup memadai. Apalagi jok belakang sudah dilengkapi dengan headrest yang bisa diatur untuk memberikan kenyamanan, sekaligus mengurangi resiko cedera ketika mobil mengalami benturan.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Bagasi

bagasi Kia Seltos 2022 yang lega
Kia Seltos masih membawa bagasi yang terbilang lega

Walaupun mobil ini memiliki dimensi yang kompak, tapi ruang di dalam kabin sudah cukup nyaman dengan ruang bagasi yang berterima untuk menampung barang bawaan. Seltos menghadirkan ruang berkapasitas 433 liter. Bangku baris kedua pun dilipat untuk menambah kapasitas penyimpanan ruang kargo.

>>> Komparasi New MG ZS dan Kia Seltos, SUV 5-Seater nan Stylish

Fitur Kia Seltos 2022

Kia Seltos Diesel dipasarkan bukan sebagai varian tertinggi di Indonesia. Mobil ini masih menjadi tipe menengah, dimana sudah ada pilihan trim tertinggi melalui model Seltos GT Line dengan berbagai kelengkapan fitur yang ditawarkan. Tapi jangan salah, versi diesel ini juga masih membawa beragam fitur untuk mendukung kenyamanan berkendara.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Fitur hiburan

Yang paling memikat tentu saja kehadiran sunroof pada mobil ini. Selain untuk memberi cahaya ketika berkendara di siang hari, fitur yang diasosiasikan dengan mobil premium ini menghadirkan kesan lapang bagi penumpang di dalam kabin. Selain Seltos Diesel, fitur ini hanya ditawarkan pada Seltos GT Line.

Fitur lainnya semisal head unit berukuran 8.0 inci yang menjadi pusat dari sistem hiburan selama berkendara. Sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto, dipadukan dengan 4 speaker dan 2 tweeter untuk kualitas audio yang cukup menawan. Tampilannya semakin modern dengan kehadiran meter cluster LCD berukuran 7.0 inci, wireless charger, dan AC dengan auto climate control.

head unit 8.0 inci Kia Seltos Diesel 2022
Head unit berukuran 8.0 inci masih dipertahankan

Hanya saja ada beberapa fitur yang tak ditemukan pada Seltos Diesel dan menjadi andalan di trim Seltos GT Line. Mulai dari fitur pengaturan elektrik 6-way untuk memposisikan jok pengemudi dan penumpang depan. Begitu pula dengan fitur Rear View Monitor with Switch yang bisa membantu ketika memundurkan mobil di jalanan sempit.

Review Kia Seltos Diesel 2022: Fitur keselamatan

Untuk SUV seharga Rp 380 jutaan, memang fitur keselamatan yang ditawarkan tak semasif mobil lain di segmen yang berbeda. Seltos Diesel masih mengandalkan 6 airbag serta Parking Distance Warning (PDW) untuk membantu Anda selama berkendara di jalanan perkotaan.

Untuk meningkatkan rasa berkendara, Seltos Diesel juga sudah memiliki 6 Drive Mode atau mode berkendara yang bisa dipilih berdasarkan kondisi jalan yang dilalui. Pilihannya terbagi menjadi mode Sport, Normal, Eco, Mud, Snow, dan Sand. Ini bisa meningkatkan efektivitas berkendara dan meningkatkan pengendaraan di sepanjang perjalanan.

>>> Komparasi Hyundai CRETA vs Kia Seltos, Duel Compact SUV Korea Selatan

Operasi Kia Seltos 2022

Banyak yang menyangka jika mobil bermesin diesel memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan versi mesin bensinnya. Tapi ternyata hal ini tak berlaku untuk Kia Seltos Diesel. Pasalnya mobil ini hanya menawarkan teknologi diesel eVGT, sedangkan tipe bensin Seltos menggunakan teknologi turbo.

Mesin diesel dari Kia Seltos Diesel 2022
Mesin Kia Seltos Diesel berkode U2 dan kapasitas 1.5 liter

Menggendong mesin berkode U2 1.5L eVGT – CRDi, Seltos diesel mampu menghadirkan tenaga maksimal 115 PS pada putaran 4.000 rpm dan torsi puncak mencapai 250 Nm mulai dari 1.500 rpm hingga 2.750 rpm. Bandingkan dengan tipe bensin yang membawa catatan 140 PS pada 6.000 rpm dan 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm.

>>> Kia Carnival 2022 Tambah Fitur, Siap Jegal Alphard dan Staria

Spesifikasi Kia Seltos 2022

Mesin Kia Seltos Diesel 2022

Seri Mesin

U2, 1.5L e-VGT – CRDi

Jumlah Silinder

4

Jumlah Katup

16

Tenaga Maksimum

115 PS @ 4.000 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm @ 1.500 – 2.750 rpm

Kapasitas Silinder

1.493 cc

Tipe Transmisi

6-percepatan AT

Rangka Kia Seltos Diesel 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.135 mm x 1.800 mm x 1.645 mm

Wheelbase

2.610 mm

Ground Clearance

190 mm

Radius Putar

5.3 meter

Jumlah Pintu

5 pintu

Kapasitas Penumpang

5 penumpang

Suspensi/Kaki-Kaki Kia Seltos Diesel 2022

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

MacPherson Strut

Coupled Torsion Beam

Sistem Kemudi

Rack and Pinion

Rem Depan

Rem Belakang

Ventilated Disc

Disc

Teknologi Sasis

Advanced High Strength Steel and Press Hot Stamping

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Jenis Ban

Goodyear Assurance, 215/60 R17

Daftar Harga Kia Seltos 2022

Dibandingkan dengan model lainnya, Seltos Diesel memiliki banderol yang terbilang tinggi, kedua termahal dari lima trim Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia. Harga Kia Seltos Diesel 2022 saat ini berada di angka Rp 389 jutaan. Bandingkan dengan Kia Seltos GT Line yang dibanderol Rp 415 jutaan, tapi dengan fitur yang lebih banyak. Berikut harga tipe Kia Seltos di Indonesia.

Tipe Kia Seltos

Harga

Kia Seltos E

Rp 310.800.000

Kia Seltos EX

Rp 337.200.000

Kia Seltos EXP

Rp 374.000.000

Kia Seltos CRDi

Rp 389.000.000

Kia Seltos GT Line

Rp 415.000.000

Kesimpulan Kia Seltos 2022

Kia Seltos Diesel 2022 bisa menjadi alternatif bagi keluarga kecil perkotaan dengan dimensinya yang kompak, sehingga membuatnya mudah dibawa bermanuver di jalanan. Apalagi mobil ini menghadirkan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit.

KIA Seltos Diesel 2021

SUV penenggak solar ini layak dilirik

Meski dalam hal tenaga maupun fitur yang ditawarkan, Seltos Diesel harus mengakui kelengkapan yang diberikan pada Kia Seltos GT Line sebagai trim tertinggi dan tentu saja termahal dari keluarga Seltos di Indonesia.

>>> Dapatkan berbagai review mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

back to top