Komparasi New MG ZS dan Kia Seltos, SUV 5-Seater nan Stylish

28/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Dengan kemunculan New MG ZS 2021 pada pertengahan September lalu, mari kita simak bagaimana komparasi SUV 5-seater ini dengan sang pesaing anyar, Kia Seltos.

Kemunculan New MG ZS langsung menyasarkan segmen SUV 5-seater yang juga dihuni oleh pesaing asal Korea Selatan, Kia Seltos. Nah, bagi Anda yang tertarik membeli alternatif SUV kompak dengan tampilan yang elegan dan stylish, simak komparasi antara New MG ZS dan Kia Seltos terbaru yang dipasarkan di Indonesia.

Eksterior dan dimensi

Kedua mobil sama-sama menggunakan kesan elegan. Seltos fokus pada tampilan futuristik bersama grille Tiger Nose khas Kia dan foglamp dengan gaya ‘Ice Cube. Velg 17 inci terasa pas dengan bodinya yang terasa besar, termasuk lampu belakang yang tampak seperti tampilan 3D dengan bagian tengah yang mencuat ke depan.

eksterior Kia Seltos berwarna biru
Desain luar Kia Seltos yang membawa tampilan futuristik

Gaya Mazda masih terasa pada desain New MG ZS masih terasa, tapia da revisi pada grille dan lampu depan LED proyektor dengan teknologi DRL. Velg dual tone juga menjadi tambahan terbaru pada mobil ini, termasuk lampu belakang dengan teknologi diode dan perubahan pada bumper belakang.

eksterior New MG ZS 2021 terbaru berwarna merah
Ada sedikit revisi desain MG ZS pada edisi facelift

Dari dimensi, Seltos memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm lebar, dan tinggi 1.6245 mm serta wheelbase mencapai 2.610 mm. Tak berbeda jauh dengan ZS dengan panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.653 mm yang sedikit lebih besar, tapi memiliki wheelbase yang lebih pendek, yaitu tercatat 2.585 mm.

>>> Komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S, Mana Lebih Menarik?

Kepraktisan kabin

Bagian dalam Kia Seltos juga dibuat elegan dengan berbagai kepraktisan di dalam kabin. Salah satunya dengan kehadiran sunroof yang bisa dioperasikan secara elektrik dan desain kemudi flat bottom dan fitur multifungsi turut menawarkan kemudahan ketika berkendara.

interior Kia Seltos terbaru berwarna hitam
Tampilan interior Kia Seltos yang menawan

Sama-sama menawarkan ruang untuk lima penumpang, kabin Seltos bisa dibilang cukup lega untuk ruang kepala, kaki, dan bahu penumpang di baris kedua. Ruang berkapasitas 433 liter sudah cukup baik untuk menyimpang barang-barang di bagasi belakang.

>>> Komparasi New MG ZS vs Daihatsu Rocky, Mana Lebih Menggoda?

Interior MG ZS dibuat semakin berkelas dengan balutan two-tone soft-touch panel berlapis kulit dengan kombinasi warna hitam dan coklat pada dashboard, kontrol tengah, dan jok mobil, ditambah dengan pembaharuan tombol kontrol dengan piano button yang lebih berkelas. Kepraktisannya terasa dari berbagai tempat penyimpanan di dalam kabin dan ruang kaki dan kepala yang cukup lega.

interior MG ZS 2021 terbaru dengan warna coklat dan hitam
New MG ZS juga mendapatkan beberapa revisi desain di dalam kabin

Yang terbaru dari MG ZS 2021 adalah pengaturan jok 6 arah atau 6-way Electric Adjustable Driver Seat yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengatur posisi duduk ketika berkendara hanya dalam satu sentuhan jari.

Mesin

Seltos menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.4 liter dengan turbo berteknologi T-GDI. Tenaganya mencapai 140 PS dan torsi maksimal hingga 242 Nm. Tenaga dialirkan ke roda depan menggunakan transmisi Dual Clutch 7-percepatan otomatis.

mesin Kia Seltos 2021 terbaru berwarna hitam
Mesin KIA Seltos jauh lebih bertenaga dibandingkan MG ZS

Sedangkan edisi terbaru dari New MG ZS masih menggunakan mesin 1.5 liter tanpa turbo tapi sudah menggunakan teknologi VTi-TECH. Tenaganya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan Kia Seltos, yaitu 114 PS dan torsi 150 Nm mengalir ke roda depan. O ya, mesin yang sama dapat Anda temui di Wuling Cortez 1.500 N/A.

Mesin 15S4C MG

Di atas kertas konsumsi BBM MG ZS bisa lebih irit

Namun keunggulan MG ZS terdapat pada transmisi CVT 8-percepatan otomatis yang baru digunakan pada versi facelift, mengindikasikan perpindahan transmisi yang lebih mulus berkat percepatan transmisi yang bisa 'dipilah' lebih banyak. Hal ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang di atas kertas bisa lebih efisien. Tapi Anda jangan asal isi BBM ya, karena rasio kompresi mesin berkode 15S4C ini dipatok di angka 11,5 : 1.

>>> MG Rilis Desain Mobil Listrik Baru, Serasa Main Game di Dalam Kabin

Fitur

Walaupun layar tengah hanya berukuran 8.0 inci, tapi sistem infotainment di lengkap dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Seltos juga menjadi SUV kompak pertama di Indonesia yang sudah memiliki fitur fast wireless charging.

fitur Kia Seltos dengan wireless charging
Kia Seltos sudah memiliki fitur wireless charging

Fitur keselamatannya terbilang lengkap, dengan Electronic Stability Control dan Hill Start Assist. Kelengkapan lainnya termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake-Force Assist. Traction Control System dan sensor parkir empat titik.

Ada berbagai penambahan fitur MG ZS terbaru, misalnya layer infotainment 10.1 inci yang lebih besar serta dilengkapi teknologi screen mirroring smartphone untuk menawarkan pengendaraan yang lebih efisien. Kelebihannya termasuk sistem penyaring udara PM 2.5 untuk membersihkan udara yang masuk ke dalam kabin.

>>> Deretan Fitur Kekinian yang Ditawarkan New MG ZS

fitur MG ZS engan panoramic sunroof
Fitur MG ZS termasuk filter udara PM 2.5 dan sunroof yang lebih besar

Pada segi keselamatan, MG tak memberikan ubahan pada NEW ZS. Mobil ini masih tetap dibekali dengan sistem pengereman ABS+EBD+EBA, Stability Control System (SCS) dengan Curve Brake Control (CBC). Ada pula fitur untuk kontrol traksi, Hill-Start, Emergency Stop Signal, dan Follow Me Home Light.

Harga MG ZS vs Kia Seltos

Kedua mobil ini sama-sama menghadirkan tiga pilihan varian, dengan harga Kia Seltos mulai dari Rp 300 jutaan untuk varian E sebagai tipe terendah, hingga Rp 360 jutaan untuk Kia Seltos EX+ yang menjadi tipe tertinggi mobil ini di Indonesia.

Sedangkan harga New MG ZS dimulai dari Rp 269,8 jutaan untuk ZS Activate sebagai varian terendah hingga Rp 309,8 jutaan untuk varian Magnify. Ada tambahan Rp 4 juta bagi Anda yang menginginkan mobil dengan warna eksterior merah.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top