Review Jaguar E-Type Zero 2018

23/10/2018

Share this post:

Jaguar E-Type Zero 2018

Editor rate:

Lihat promo

Apa jadinya jika salah satu mobil klasik tercantik di dunia direstorasi ulang kembali, namun kini memiliki jantung baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya? Mungkin jawabannya bisa Anda temukan di Jaguar E-Type Zero 2018.

Review Jaguar E-Type Zero 2018
Review Jaguar E-Type Zero 2018
0 Gambar

Pengantar Jaguar E-Type Zero 2018

Mari kita simak spesifikasi Jaguar E-Type Zero 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Mobil Klasik Teknologi Mutakhir​

Bisa diaplikasikan di model Jaguar klasik lainnya

Kekurangan

Daya jelajah hanya cocok untuk perkotaan

Biaya mahal jika beli unit utuh

Review Jaguar E-Type Zero 2018Untuk memikat penikmat mobil terhadap teknologi Electric Vehicle (EV) memang tidak bisa sepenuhnya bergantung terhadap produk mobil baru. Ada kalanya perlu melakukan  pendekatan unik untuk bisa membuat penikmat otomotif ‘menoleh’ dan melihat betapa potensialnya teknologi mesin mobil masa depan ini.

Salah satu contoh dilakukan oleh Jaguar melalui divisi Jaguar Land Rover Classic, yang mencetuskan ide ‘pertemuan’ teknologi EV dengan mobil klasik. Dan mobil pertama yang dipilih sebagai kelinci percobaan untuk proyek ini adalah Jaguar E-Type.

Review Jaguar E-Type Zero 2018: tampilan mobil Jaguar E-Type Zero 2018 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Desain Jaguar E-Type Zero 2018

Sekedar informasi, Jaguar E-Type adalah sports car berjenis coupe dan roadster dari Jaguar yang diperkenalkan pada tahun 1961. Di masanya (bahkan hingga kini), Jaguar E-Type mendapat apresiasi sebagai mobil tercantik di dunia, termasuk salah satunya dikagumi oleh Enzo Ferrari yang merupakan founding father brand sports car italia, Ferrari.

Kecantikan Jaguar E-Type bisa dibilang tidak pernah pudar, meski di usianya yang sudah melewati setengah abad. Dan Jaguar Land Rover Classic sebagai rumah bagi mobil klasik Jaguar dan Land Rover yang ingin di-restorasi, menjalankan sebuah misi menarik yakni membuat E-Type menjadi relevan dengan teknologi mesin terkini melalui sinergi fisik Jaguar E-Type dengan teknologi mesin EV. Hasilnya adalah Jaguar E-Type Zero yang akan diulas secara mendalam melalui review Jaguar E-Type Zero 2018.

Eksterior Jaguar E-Type Zero 2018

Sekedar informasi, Jaguar E-Type Zero 2018 menggunakan basis bodi dan sasis dari 1968 Series 1.5 Jaguar E-type Roadster. Sehingga bisa dikatakan dari eksterior Jaguar E-Type Zero 2018 sangat identik dengan Jaguar E-Type Roadster di era 60an, baik secara tampilan hingga detil terkecil.

Review Jaguar E-Type Zero 2018 : Eksterior Depan

Review Jaguar E-Type Zero 2018 desain bagian depan mobil ini sangat bagus dan cantik

Tampak depan Jaguar E-Type Zero 2018

Eksterior depan Jaguar E-Type Zero 2018 masih menggunakan bentuk yang sama persis dengan Jaguar E-Type lama. Mulai dari fascia depan dengan air intake berukuran masif dan disertai desain bumper berkelir chrome, hingga detil aksen logo jaguar klasik hadir di Jaguar E-Type Zero 2018. Menariknya, pada area headlight sekalipun tetap berdesain ‘jadul’ nyatanya sudah dilengkapi teknologi LED Headlight.

Review Jaguar E-Type Zero 2018 : Eksterior samping

Review Jaguar E-Type Zero 2018 bagian sampingnya kelihatan sangat aerodinamis

Desain bodi samping Jaguar E-Type Zero 2018

Eksterior samping Jaguar E-Type Zero 2018 menyajikan pendekatan yang tetap selayaknya Jaguar E-Type pada masanya. Penggunaan velg model jari-jari dengan sistem penguncian tunggal, pintu yang masih bisa dikunci menggunakan anak kunci biasa, sampai ke urusan atap kanvas yang dibuka-tutup menggunakan tenaga pemilik dan penumpang mobil. Hanya saja di area tutup tangki mobil yang berada di sisi kiri kini disematkan port charger baterai mobil listrik jenis Type 2 yang universal untuk semua mobil listrik saat ini.

Review Jaguar E-Type Zero 2018 : Eksterior Belakang

Review Jaguar E-Type Zero 2018: gambar mobil Jaguar E-Type Zero 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Desain buritan belakang Jaguar E-Type Zero 2018

Buritan belakang Jaguar E-Type Zero 2018 sejatinya membuat Anda akan bingung, karena benar-benar sama persis dengan Jaguar E-Type lawas. Tapi jika mata Anda jeli pasti Anda akan mengetahui absennya knalpot mobil, digantikan lampu mundur, karena mobil yang sedang Anda lihat saat ini adalah mobil listrik

>>> Cek informasi menarik berikut ini


Interior Jaguar E-Type Zero 2018

Dibandingkan area eksterior, area interior lebih banyak dirombak oleh Jaguar Land Rover Classic. Ada pertemuan dua konsep desain ala klasik dan futuristik dalam satu kemasan yang seimbang dan saling padu padan.

Review Jaguar E-Type Zero 2018 : desain interior mobil Jaguar E-Type Zero 2018 dengan desain cukup sederhana dan kelihatananya bagus sekali

Kabin Jaguar E-Type Zero 2018

Unsur futuristik tercermin dari dashboard yang kini menggunakan dua layar high resolution untuk instrument cluster dan sistem hiburan. Sistem hiburan menggunakan model layar sentuh sehingga sangat intuitif.

Meski demikian, di area dashboard berpanel carbon fibre ini menghadirkan setir bergaya klasik dengan model palang tiga dengan detil kayu pada lingkar kemudi. Unsur ‘klasik’ juga hadir di kedua jok yang dibuat sama baik pola dan material yang digunakan dengan Jaguar E-Type klasik.

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Jaguar E-Type Zero 2018

Demi menjaga nilai autentik pada Jaguar E-Type Zero 2018, semua fitur keselamatan tetap dibuat sama dengan Jaguar E-Type klasik. Pengemudi dan penumpang hanya mendapatkan seatbelt dua titik saja.

Review Jaguar E-Type Zero 2018 : fitur infor entertainment cukup bagus dan lengkap

Sistem infotainment di konsol tengah Jaguar E-Type Zero 2018

Namun mengingat mobil ini membawa teknologi mesin listrik canggih, maka untuk pengaturan sistem di mobil semua diatur melalui konsol tengah yang memiliki layar sentuh dengan kemampuan mengatur beragam program mobil.

>>> Jaguar Land Rover Sukses Adakan Dua Program Driving Experience Penuh Tantangan

Operasi Jaguar E-Type Zero 2018

Satu-satunya ubahan yang benar-benar fundamental di Jaguar E-Type Zero 2018 ialah ubahan di sektor mesin. Jaguar E-Type Zero 2018 menggunakan mesin listrik XK330-4 yang menggunakan baterai 40kWh dengan motor elektrik dan reduction gear yang ditempatkan di belakang battery pack, serta menggunakan drive shaft baru yang terkoneksi dengan differential dan final drive.

Review Jaguar E-Type Zero 2018: gambar bagian mesin Jaguar E-Type Zero 2018 dengan tenaga cukup bagus

Sistem EV pada Jaguar E-Type Zero 2018

Berdasarkan klaim Jaguar, motor elektrik yang digunakan pada Jaguar E-Type Zero 2018 berkekuatan 220 kW ( 295 dk) sehingga memungkinkan eksekusi kecepatan dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.5 detik, alias 1 detik lebih cepat dari mesin bensin Jaguar E-Type lawas. Adapun untuk kemampuan jelajah mobil ini bisa mencapai 270 km. Dan untuk proses pengisian daya baterai hingga full charge bisa dilakukan selama 5-6 jam (selama menggunakan sambungan instalasi listrik berdaya 240 volt.

Menariknya, Jaguar Land Rover Classic merancang keseluruhan sistem EV pada Jaguar E-Type Zero 2018 benar-benar plug-and-play dengan sasis dan suspensi Jaguar E-Type. Bahkan karena Jaguar E-Type lawas memiliki dudukan mesin XK yang sama-sama digunakan di XK120, Mk2 dan XJ6, memungkinkan sistem EV bisa diaplikasikan pada lini model Jaguar klasik ini yang diproduksi sejak 1949-1992.

>>> Anak Terkena Down Syndrome, sang Ayah Ubah Jaguar Menjadi Mobil Klasik

Spesifikasi Jaguar E-Type Zero 2018

Ini dia daftar spesifikasi Jaguar F-Type Zero 2018 yang bisa Anda cek informasi selengkapnya di Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Jaguar E-Type Zero 2018

P x L x T

4,453 mm x 1,657 mm x 1,181 mm

Jarak poros roda

2,438 mm

Berat Kosong

1,380 kg

Mesin Jaguar E-Type Zero 2018

Jenis

XK330-4, Electric Motor w/ Reduction Gear

Kapasitas baterai

40 kWh (full charge 5-6 jam)

Output maksimum

220 kW (295 dk)

Torsi maksimum

N/A

0-100 km/jam

5.5 detik

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil lainnya

Daftar Harga Jaguar E-Type Zero 2018

Harga Jaguar E-Type Zero 2018 terbagi dalam 2 versi, yakni versi ‘utuh’ dan versi ‘kit’. Jadi, kalau Anda membeli 1 unit utuh Jaguar E-Type Zero 2018 harganya bisa di kisaran £300,000 sekitar Rp5.3 miliar. Beda kisahnya jika Anda sudah punya Jaguar E-Type klasik, Anda hanya perlu membayar sekitar £60,000 atau sekitar Rp1,049 miliar untuk membeli ‘mesin’ dan melakukan konversi dari mesin bensin ke hybrid.

>>> Simaklah harga dan promosi mobil lainnya di sini

 

Kesimpulan Jaguar E-Type Zero 2018

Strategi melestarikan mobil klasik dengan gaya Jaguar patut mendapat apresiasi tinggi. Dengan menyediakan mesin listrik membuat mobil klasik yang sebelumnya hanya menjadi pajangan (atau bahkan kondisi terburuk menjadi rongsokan) bisa kembali ‘hidup’. Tak ayal buat kami Jaguar E-Type Zero 2018 tepat jika disebut sebagai ‘retro electro’.

Prince Harry & Meghan Markle sedang berjalan dengan mobil Jaguar E-Type Zero 2018

Jaguar E-Type Zero 2018 jadi wedding car Pangeran Harry & Meghan Markle

Soal biaya instalasi atau membeli unit jadi dari Jaguar E-Type Zero 2018 memang bisa dibilang mahal, tapi hal ini sebanding kok dengan usaha Jaguar untuk melestarikan heritage dan gengsi Jaguar sebagai mobil aristokrat Inggris terbaik. Apalagi jika Anda memiliki Jaguar E-Type Zero 2018, Anda sama saja seperti salah satu pangeran Inggris, Pangeran Harry, yang mengendarai mobil EV ini sebagai mobil pernikahan ia bersama istrinya, Meghan Markle. Berkelas!

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top