Review Jaguar XE 2015: Mengadaptasi Teknologi Luar Angkasa

22/05/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Jika sebelumnya, Cintamobil.com banyak membahas tentang sedan Compact pabrikan Jepang dan Jerman. Beda halnya pada kesempatan kali ini, yang mana Cintamobil.com merasa tertarik untuk membahas sedan besutan negara Inggris Raya yakni Jaguar XE. Bagaimana performanya melintasi jalanan kota? Apakah kualitasnya mampu mengungguli pesaing lainnya? Mari kita simak review Jaguar XE 2015.

PENGANTAR Jaguar XE 2015

Review Jaguar XE 2015 - Mengapa model Jaguar XE terasa menarik untuk dipahami? Jika melihat rekam jejaknya, Jaguar XE ini adalah produk spesial pertama yang berdiri di lini Executive Compact sedan. Pertama kali diperkenalkan kepada publik di acara Geneva Motor Show 2014 yang sontak meramaikan dunia otomotif internasional.

Tampilan Jaguar XE 2015 nemadukan pesona sporty nan modern

Eksterior Jaguar XE 2015 tak lepas dari pesona sporty dan fitur modern

Sedangkan di Indonesia sendiri, Jaguar XE diluncurkan di ajang Jakarta Auto Show 2015. Adapun kehadirannya diusung oleh PT. Grandauto Dinamika (GAD) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Jaguar Indonesia. Selain menyuguhkan tampilan mewah, performa mesinnya sangat bertenaga mengadopsi teknologi pesawat luar angkasa. Berikut Cintamobil.com hendak memberikan review Jaguar XE 2015.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga Jaguar XE dalam kategori baru maupun bekas

EKSTERIOR Jaguar XE 2015

Desain eksterior Jaguar XE mengusung sasis Monocoque Aluminium-Intesive yang mampu menampilkan kesan sporty serta atletis. 75% keseluruhan bodinya menggunakan komponen alumunium yang tentu saja berdampak kepada performanya yang lebih bertenaga dan bersifat aerodinamis.

  • Desain Bagian Depan

Fascia depannya menerapkan tema minimalis namun sporty, dilihat dari desain Front Grille berbentuk bulat dihias rapi dengan ornamen krom di setiap sisinya. Tak lupa jaring-jaring ventilasi udara ikut menghiasi bagian depannya dengan formasi tiga baris.

Eksterior depan Jaguar XE 2015 mengusung Front Grille berukuran bulat dan berlapis ornamen krom mengilap

Fascia depan Jaguar XE kental akan nuansa krom dan dominasi warna hitam pada Front Grille-nya

Tentu selain memberikan kesan agresif, fitur eksterior tersebut mampu memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya Dari segi fitur, lampu Bi-Xenon dengan konfigurasi Auto Leveling dan J-Blade Daytime Running Light (DRL) juga mampu menunjang fungsi pencahayaannya.

  • Desain Bagian Samping

Sisi sampingnya juga bersolek mewah dan agresif dengan mengusung pelek berdesain Venom berpalang lima Twin Spoke. Panjang bodi di angka 4.672 mm juga mampu menyuguhkan tampilan tegas dan atletis pada bodi samping Jaguar XE ini.

Eksterior samping Jaguar XE 2015 terlihat menawan dengan pelek berdesain Venom 5 Twin-Spoke

Bodi samping Jaguar XE terlihat anggun dengan pelek Venom 5 Twin-Spoke

  • Desain Bagian Belakang

Bodi belakangnya juga tak kalah menarik dengan dikemasnya lampu LED Rear Combination yang memberikan fungsi pencahayaan optimal di bagian belakang. Di sisi bawah, juga nampak Twin Exhaust berlapis krom yang mampu memperkuat pesan mewah dari Jaguar XE.

Eksterior belakang Jaguar XE 2015 dibekali fitur Twin Exhaust dan LED Rear Combination Lamp

Bodi belakang Jaguar XE 2015 menggunakan lampu LED Rear Combination

>>> Baca juga:

INTERIOR Jaguar XE 2015

Atmosfer interior Jaguar XE dipenuhi aura sporty serta agresif dengan penataan ruang yang cerdas. Tak lupa terdapat beragam fitur menarik di bilik kabinnya sebagai pelengkap dari konsepnya yang mewah dan berkelas.

  • Dashboard

Warna hitam terlihat mendominasi panel dashboard Jaguar XE dipadukan jahitan dua garis berbalut wrana merah, semakin memperkental nuansa sporty di Cockpit-nya. Tak lupa di bagian tengah juga terpasang rapi formasi dua Blower dan Digital Automatic Air Conditioning (AC). Adapun panel audio 8 inci berteknologi Touchscreen diapit oleh kedua fitur tersebut. Menariknya, kualitas suara yang dihasilkan tergolong unggul berkat terintegrasinya Meredian Sound System 380 W.

Dashboard Jaguar XE 2015 dirancang dengan konsep minimalis dan dibekali beragam fitur multifungsi

Panel dashboard Jaguar XE 2015 dirancang cerdas dengan fitur mumpuni

  • Setir

Kemudi setirnya menggunakan desain palang tiga berbalut material kulit berkualitas. Adapun di bagian kanan dan kirinya, terdapat tombol untuk mengaktifkan fungsi konektivitas, pengaturan audio serta panel Multi Information Display (MID).

Setir Jaguar XE 2015 menggunakan fitur fungsional dan pengaturan audio

Setir Jaguar XE 2015 menggunakan balutan kulit berkualitas dan tersedia fitur praktis

  • Kursi

Kursi Jaguar XE juga tak lepas dari pesona mewah dengan balutan kulit berdesain Perforated Taurus Sport. Hal menarik lainnya, dapar diamati dari bangku deret belakang yang sudah dikemas dengan 3 buah Head Rest sehingga penumpang dapat bersandar dengan nyaman.

Kursi Jaguar XE 2015 terutama di bagian belakang sudah dikemas 3 buah Head Rest

Kursi Jaguar XE 2015 menggunakan desain Perforated Taurus Sport

  • Ruang Bagasi

Ruang bagasi Jaguar XE memiliki kapasitas standar, mampu mengangkut hingga 4 tas berukuran besar. Namun kapasitas tersebut sudah terbilang cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta kegiatan kantor Anda.

Ruang Bagasi Jaguar XE 2015 memiliki ruang kapasitas besar cocok untuk pengunaan keluarga

Ruang Bagasi Jaguar XE mampu mengangkut hingga 4 tas berukuran besar

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan produk-produk besutan Jaguar

FITUR Jaguar XE 2015

Fitur Jaguar XE juga tak dapat diremehkan begitu saja. Pasalnya Anda akan disuguhkan performa berkendara yang nyaman terutama dalam aspek praktis.

  • Fitur Keselamatan

Dari sisi keselamatan, Jaguar XE mengandalkan kelihaian teknologi Autonomous Emergency Braking sebagai penunjang performa pengeremannya. Fungsinya terbilang unggul yang mampu memberikan beberapa tahap pengereman mendadak. Pertama, sistem akan mengeluarkan notifikasi suara ketika mobil berpotensi mengalami kecelakaan. Tahap kedua, sistem akan melakukan pengereman mendadak ketika kendaraan tidak terkontrol.

Fitur keselamatan Jaguar XE 2015 menggunakan teknologi Surround Camera System yang mampu memudahkan proses parkir Anda

Jaguar XE 2015 dibekali fitur keselamatan unggul sekelas Surround Camera System

Tak hanya itu saja, fitur sekaliber Lane Departure Warning serta Lane Keep Assist, mampu memberikan notifikasi serta aksi otomatis ketika sistem mencatat kendaraan keluar dari marka jalan. Di sisi lain, proses parkir di area sempit juga dapat teratasi dengan mudah berkat didukungnya teknologi Park Assist dan Surround Camera System.

  • Fitur Hiburan

Sedangkan dari aspek hiburan, Jaguar XE mengandalkan panel audio berteknologi Touchscreen yang mampu mengoperasikan musik, video, radio serta navigasi. Aspek kenyamanan lain juga dapat dirasakan dari dikemasnya panel Digital Automatic AC. Pasalnya, Anda dapat mengatur kesejukan kabin secara otomatis sesuai kebutuhan berkendara Anda.

Fitur Hiburan Jaguar XE 2015 menghadirkan fitur Head Unit berteknologi Touchscreen 8 inci

Jaguar XE 2015 dilengkapi fitur hiburan mumpuni seperti panel Head Unit Touchscreen berukuran 8 inci

>>> Klik di sini untuk membandingkan dengan ulasan sedan menarik lainnya

OPERASI Jaguar XE 2015

Sistem operasi Jaguar XE Prestige  akan menggunakan tenaga Turbocharger 4 silinder segaris. Memboyong kapasitas 1.999 cc, mesinnya mampu melaju kencang hingga menyentuh daya puncak 197 Dk setara 5.500 Rpm. Hal tersebut, juga diimbangi dengan performa torsinya yang mampu meraih titik maksimal di angka 280 Nm kisaran 1.750 Rpm hingga 4.000 Rpm. Hal paling unggul dari performanya dapat dirasakan ketika Anda melakukan proses transmisi gigi. Pasalnya, Jaguar XE Prestige mempercayakan transmisi 8 tingkat percepatan yang berdampak pada akselerasinya yang mampu meraih 100 Km/jam dalam 7,3 detik saja.

Operasi mesin Jaguar XE 2015 berkapasitas 1.999 cc mampu meraih daya puncak 197 dk

Racikan mesin Jaguar XE 2015 mampu meraih kecepatan 100 Km/Jam dalam waktu 7,3 detik

>>> Klik di sini untuk mengetahui segala spesifikasi dari BMW 520d 2017

spesifikasi Jaguar XE 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Jaguar XE 2015.

SPESIFIKASI JAGUAR XE PRESTIGE

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.672 mm x 2.075 mm x 1.416 mm

Jarak Poros Roda

2.835 mm

Jarak Terendah

200 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris Turbocharger

Kapasitas Silinder

1.999 cc

Daya Maksimum

197 Dk / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

280 Nm / 1.750-4.000 Rpm

Sistem Transmisi

8 Percepatan Otomatis

Akselerasi 0-100 Km/Jam

7,3 Detik

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Per Keong

Suspensi Belakang

4 Link Lateral Rod dengan Per Keong

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

225/45 R18

Sistem Kemudi

Electronic Power Assisted Steering (EPAS)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

63 liter

Konsumsi Bahan Bakar Konstan 60 Km/Jam

22,3 Km/Liter

kelebihan & kekurangan Jaguar XE 2015

Supaya artikel review Jaguar XE 2015 ini tampil berimbang, Cintamobil.com hendak memberikan opini mengenai kelebihan dan kekurangan Jaguar XE 2015. Bagi Anda yang sudah pernah mencoba perfor manya, Anda juga bisa Share di kolom komentar.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesinnya sudah terangkai unggul dengan 1.999 cc bertenaga Turbocharger

Sayangnya di antara pesaing lainnya, harga Jaguar XE terpaut jauh lebih mahal dibanding Mercedes-Benz C 250 AMG serta BMW 330i M Sport yang berada di kisaran RP. 850 juta

Fitur keselamatan terbilang lengkap mulai dari aspek pengereman hingga Surround View Camera

Berdiri dalam naungan Jaguar selaku pemain lama dalam otomotif Inggris, harga perawatan dan servis diprediksi akan sedikit lebih tinggi

Kualitas suara yang dihasilkan dari panel Head Unit-nya terdengar jernih dan berkualitas berkat terintegrasinya Meredian Sound System 380 W

Eksteriornya yang tampil agak kaku akan dirasa kurang cocok bagi sebagian orang

daftar harga Jaguar XE 2015

Di segmen review Jaguar XE 2015, Cintamobil.com juga hendak melampirkan harga di seluruh variannya. Berikut daftar harga Jaguar XE 2015 yang dirilis pada bulan Mei 2018.

TIPE MOBIL

HARGA JAGUAR XE BARU (Off The Road)

Jaguar XE Prestige

IDR. 1.099.000.000

Jaguar XE R-Sport

IDR. 1.299.000.000

Video Jaguar XE 2015

 

KESIMPULAN Jaguar XE 2015

Jika Anda cukup bosan dengan tampilan sedan yang bergaya Jepang dan Jerman, Jaguar XE rasanya mampu memenuhi hasrat prestise Anda. Pasalnya, sedan kental bernuansa Inggris Raya ini, memiliki tampilan unik yang sekaligus menjadi pembeda dari pesaing lainnya. Kualitas mesinnya juga terbilang unggul dengan konfigurasi Turbo sehingga menghasilkan suara pacu yang halus namun bertenaga.

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil