Review Hyundai Santa Fe 2012: Ketika Korea Menciptakan Mobil Terbaik

22/12/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Tentu saja produk paling dikenal besutan Hyundai adalah Santa Fe. Siapa yang tak kenal dengan sosoknya? Jika di artikel sebelumnya, Cintamobil.com membahas generasi keempatnya, di artikel ini kami hendak mengulas generasi sebelumnya. Harga yang lebih terjangkau menjadi landasan utama kami untuk menuliskan review Hyundai Santa Fe 2012.

PENGANTAR Hyundai Santa Fe 2012

Review Hyundai Santa Fe 2012 - Namanya terinspirasi dari kota Santa Fe yang terletak di Meksiko. Mobil berkategori Sport Utility Vehicle (SUV) siap ditandingkan dengan Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport. Menariknya, di negara seperti Amerika ataupun negara asalnya, Korea Selatan, Santa Fe terbilang laris manis sebagai SUV paling populer.

Generasi kedua Hyundai Santa Fe masih kental akan nuansa Korea Selatan

Melihat kembali generasi kedua Hyundai Santa Fe mengusung kode bodi CM

Generasi pertamanya dirilis pada tahun 2000 dan bisa dibuktikan, desainnya yang radikal diterima sangat positif oleh masyarakat internasional. Alhasil, Hyundai terlihat kewalahan menerima permintaan Santa Fe kala itu.

Hyundai Santa Fe generasi ketiga DM memiliki sosok lebih agresif

Entah mengapa sejak generasi ketiganya kami merasakan unsur Eropa pada Hyundai Santa Fe

Hingga kini, Santa Fe sudah memiliki empat generasi. Namun, kami hendak mengulas generasi ketiganya yang mengusung kode bodi DM di tahun 2012. Harganya yang terjangkau, bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang menginginkan mobil SUV. Simak kelebihannya dalam review Hyundai Santa Fe 2012.

EKSTERIOR Hyundai Santa Fe 2012

Sama dengan beberapa saudara lainnya, bahasa eksterior Hyundai Santa Fe 2012 menerapkan desain Fluidic Sculpture 2.0. Tatanan desain semacam ini membuatnya terlihat lebih agresif dan juga segar dibanding generasi sebelumnya.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Eksterior Depan

Hampir saja kami tidak mengenalinya, mengingat Grille depannya menggunakan tiga bilah aksen krom dengan logo kebanggaan Hyundai pada sisi tengahnya. Adapun hal tersebut juga ditunjang oleh lampu Projector HID serta pemanis Daytime Running Light (DRL).

Eksterior depan Hyundai Santa Fe 2012 banyak berubah baik dari sisi desain Grille dan bemper depan

Eksterior depan Hyundai Santa Fe 2012 sudah dilengkapi lampu DRL sehingga terlihat lebih agresif

Hal mewah lain ditemui pada rumahan Fog Lamps yang sudah dibalut krom. Tentu saja, esensi percaya diri menjadi lebih meningkat karena racikan desain tersebut. Tak lupa, sisi bemper juga dirubah dengan tatanan desain lebih agresif.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Eksterior Samping

Tak hanya depan, bodi sampingnya juga dipermak habis-habisan lewat desain pelek lima palang bermotif garpu tala. Jujur saja, kami lebih menyukai desain tersebut dibanding generasi sebelumnya yang menerapkan desain pelek Diamond Cut. Adapun hal tersebut juga ditunjang dengan ban berukuran 235/55 R19 sehingga keseluruhan bodinya tampak proporsional.

Eksterior samping Hyundai Santa Fe 2012 berubah dalam hal desain atau motif pelek saja

Eksterior samping Hyundai Santa Fe 2012 menggunakan ban berukuran 19 inci, memberi kesan lebih gagah sebagai mobil SUV

Review Hyundai Santa Fe 2012: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, kami cukup terpaku mengamati lampu belakangnya. Meski masih menggunakan LED Horizontal seperti pendahulunya namun lampu tersebut kini dipisahkan oleh LED Bar.

Eksterior belakang Hyundai Santa Fe 2012 terlihat gagah dengan desain lampu baru

Eksterior belakang Hyundai Santa Fe 2012 dilengkapi pemanis LED Bar pada lampu belakangnya

Hal menarik lain ditemui pada lampu Reflectors yang berbentuk huruf L serta Dual Exhaust berbentuk kotak pada knalpotnya. Sehingga tak salah, visualisasi bagian belakangnya menjadi lebih agresif dan modern sebagai sebuah mobil SUV.

>>> Baca juga:

INTERIOR Hyundai Santa Fe 2012

Cukup disayangkan, versi Indonesia-nya mendapati pemangkasan fitur dibanding model yang dirilis di beberapa negara besar. Meski begitu, kami masih menyukai interior Hyundai Santa Fe 2012 karena masih tampil lega dan akomodatif sama seperti pendahulunya.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Dashboard

Lini dashboard banyak tak terisi, berbeda dengan model di negara lain yang menyajikan tombol-tombol lebih lengkap. Versi Indonesia-nya hanya menawarkan beberapa fitur seperti tombol Illumination Control serta Drive Mode. Ya, benar sekali, tombol Illumination mampu mengubah tatanan warna lampu kabinnya. Sehingga, mudah saja bagi Anda untuk memilih suasana romantis, agresif atau kalem.

Dashboard Hyundai Santa Fe 2012 sudah dilengkapi layar 8 inci

Dashboard Hyundai Santa Fe 2012 menyajikan tampilan minimalis dengan balutan warna hitam

Adapun pada sisi tengah dashboard, sudah disematkan Head Unit berukuran 8 inci. Selain mampu mengoperasikan hiburan Multimedia, panel tersebut juga sudah didukung Eagle Eye's View yang menerapkan fungsi keselamatan dari empat kamera 360 derajat. Boleh dibilang, fitur ini masih jarang ditemui pada kompetitor lainnya.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Setir

Kemudi setir sendiri dihias apik dengan mode tiga palang khas Hyundai. Ketika menggenggamnya selama lima menit, serasa percaya diri semakin meningkat. Benar saja, prediksi kami dikarenakan siluet huruf V pada lekuk setirnya serta bahan kulit yang memberi kesan Premium.

Setir Hyundai Santa Fe 2012 menggunakan motif V berpalang tiga

Setir Hyundai Santa Fe 2012 sendiri sudah dilengkapi tombol multifungsi

Tak lupa, esensi praktis juga dirasakan berkat terintegrasi yang tombol pengaturan audio dan Cruise Control di kedua sisi setirnya. Sehingga, Anda tak perlu khawatir kehilangan fokus berkendara. Hanya tinggal menekan tombol saja, Anda sudah bisa meningkatkan atau menurunkan volume audio hingga memilih lagu.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Kursi

Sebagai pesaing dari Mitsubishi Pajero Sport, kami sejatinya menyukai ruang kaki yang akomodatif pada bangku pertama dan kedua. Namun sangat disayangkan, khusus bangku ketiga ruang kakinya terasa sangat sempit dan lebih cocok untuk ditempati dua orang saja. 

​Kursi Hyundai Santa Fe 2012 terbilang akomodatif untuk kebutuhan keluarga

Kursi Hyundai Santa Fe 2012 dibalut dengan warna hitam sebagai penegas keseluruhan interior-nya

Review Hyundai Santa Fe 2012: Kapasitas Bagasi

Sebagai SUV 7-Seaters, Santa Fe terbilang akomodatif baik dari segi kursi maupun ruang bagasi. Tercatat kapasitasnya berada di angka 71,5 Cubic Feet yang diprediksi mampu menampung lima tas berukuran besar.

Menariknya, Hyundai menyematkan fitur praktis khususnya ketika membuka bagasi. Pengaplikasiannya, Anda hanya tinggal menaruh kaki di bawah pintu bagasi atau berdiri di belakang bagasi selama 3 detik dengan membawa kunci mobil dan seketika pintu bagasi akan terbuka secara otomatis. Tentu saja, hal ini cukup menarik perhatian kami.

>>> Artikel terkait:

FITUR Hyundai Santa Fe 2012

Seperti yang disinggung sebelumnya, fitur Hyundai Santa Fe 2012 tidak selengkap versi di beberapa negara lainnya. Namun kami rasa, Hyundai mengerti bahwa fitur inovatif-nya akan kurang aplikatif di medan Indonesia yang notabene rambu lalu lintas tidak selalu ada di sepanjang jalan hingga carut marut lalu lalang masyarakat di area pasar.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Fitur Keselamatan

Sebagai informasi saja, Hyundai Santa Fe sejatinya dilengkapi Lane Change Assist, Autonomous Emergency Braking hingga Blind Spot Detection. Khusus di Indonesia, teknologi tersebut tidak dihadirkan. Kami memprediksi alasannya dikarenakan perbedaan kondisi lalu lintas di Indonesia. Bayangkan saja apabila fitur itu ada, notifikasi audio akan terus berbunyi khususnya ketika masyarakat menyebrang jalan tak teratur dan tak sedikit banyak pengendara masih lalai memahami norma lalu lintas.

Hal yang paling kami sukai dari versi Indonesia adalah tombol pengaturan berkendara yang disebut Drive Mode. Pasalnya, tersedia tiga mode meliputi ECO, SPORT dan NORMAL. ECO untuk meningkat tingkat keiritan bahan bakar, SPORT menawarkan performa paling maksimal dan NORMAL untuk mode standar-nya. Tak lupa, teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) sudah disematkan.

Fitur keselamatan Hyundai Santa Fe 2012 banyak dipangkas tak mirip dengan model yang dijual di negara Amerika atau Korea Selatan

Fitur keselamatan Hyundai Santa Fe 2012 hanya dibekali pengereman ABS dan EBD saja

Hal yang paling kami sayangkan adalah tidak hadirnya Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC) maupun Vehicle Stability Control (VSC). Entah alasan apa, Hyundai enggan membawa fitur tersebut pada Santa Fe padahal pesaing sekelasnya sudah dibekali beberapa kelengkapan di atas. Namun sembari berpikir, kami menyadari bahwa mungkin Santa Fe lebih difokuskan untuk kendaraan perkotaan. Benar saja, kenyamanan mesinnya berhasil menyatakan hal tersebut kepada kami.

Review Hyundai Santa Fe 2012: Fitur Hiburan

Aspek hiburan sendiri ditunjang oleh Head Unit berukuran 8 inci yang bukan hanya memberikan hiburan Multimedia namun juga sudah mendukung fungsi navigasi. Sehingga, Anda tak perlu takut tersesat di area yang baru dilewati. Di sisi lain, fitur penyejuk sudah menggunakan konfigurasi Dual Zone Climate Control yang mampu memberi kesejukan secara otomatis. Dua kelengkapan ini saja sudah terbilang mampu untuk menyajikan pengalaman berkendara tak terlupakan.

Fitur hiburan Hyundai Santa Fe 2012 dilengkapi Sunroof untuk memberi kesan Premium bagi penumpang

Fitur hiburan Hyundai Santa Fe 2012 juga terlihat makin Premium dengan Sunroof

>>> Bandingkan juga dengan model SUV yang tak kalah menarik lainnya

OPERASI Hyundai Santa Fe 2012

Performanya yang tangguh juga diimbangi dengan mesin diesel berkapasitas 2.199 cc. Di atas kertas, operasi mesin Hyundai Santa Fe 2012 mampu memberikan daya maksimum hingga 195 dk setara 3.800 Rpm dengan torsi puncak 445 Nm di kisaran 1.800 hingga 2.500 Rpm.

​Operasi mesin Hyundai Santa Fe 2012 memiliki torsi raksasa di angka 445 Nm

Operasi mesin Hyundai Santa Fe 2012 menggunakan kapasitas 2.199 cc CRDi

Ketika diajak melaju di jalanan buruk, kami tak merasakan benturan berarti. Benar saja, perpaduan suspensi MacPherson Strut dan Multi-Link Type tampaknya menjadi alasan utama. Tentu saja, kami semakin bergairah menunggangi SUV gagah besutan Hyundai ini. Belum lagi, Ground Clearance di angka 185 mm membuatnya sangat mumpuni untuk diajak berjalan-jalan ke area pegunungan atau perbukitan. Kami pastikan, performanya sebagai SUV siap diadu dengan Mitsubishi Pajero Sport ataupun Toyota Fortuner.

>>> Jika Anda ingin mengetahui segala ulasan dari produk Hyundai, Anda bisa klik tautan ini

spesifikasi Hyundai Santa Fe 2012

Supaya Anda semakin memahami hal detail tentangnya, berikut Cintamobil.com menyampaikan spesifikasi Hyundai Santa Fe 2012.

SPESIFIKASI HYUNDAI SANTA FE 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.650 mm x 1.880 mm x 1.690 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Terendah

185 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.2 Liter CRDi VGT

Kapasitas Silinder

2.199 cc

Daya Maksimum

195 dk / 3.800 Rpm

Torsi Maksimum

445 Nm / 1.800 – 2.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut Type

Suspensi Belakang

Multi-Link Type

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Discs

Ukuran Ban

235/55 R19

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

kelebihan & kekurangan Hyundai Santa Fe 2012

Mengulas kembali akan apa kelebihan dan kekurangan Hyundai Santa Fe 2012, Anda bisa menyimak keterangannya di tabel bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harganya kini dibanderol sangat terjangkau

Banyak fitur menarik dipangkas dibanding versi Santa Fe di negara lainnya

Kapabilitasnya sebagai SUV diimbangi dengan mesin diesel tangguh

Ruang kaki pada bangku ketiga terbilang sangat sempit

Bagasi memiliki fitur pembuka otomatis

Tidak dilengkapi fitur sekelas HSA, HDC maupun VSC sehingga lebih direkomendasikan untuk tidak diajak kebut-kebutan

Eksterior-nya yang unik khas Korea Selatan cocok menjadi pilihan lain daripada Pajero ataupun Fortuner

-

daftar harga Hyundai Santa Fe 2012

Model satu ini tidak lagi dijual dalam kondisi baru digantikan generasi keempatnya. Tentu saja, kini SUV istimewa ini dipatok cukup terjangkau. Berikut daftar harga Hyundai Santa Fe 2012.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI SANTA FE 2012 BEKAS

Hyundai Santa Fe 2.2 Liter CRDi

IDR. 245.000.000 – IDR. 290.000.000

*Catatan:

  • Mengingat model ini hanya bisa didapatkan dalam kategori bekas harganya bervariasi sesuai kondisi dan jarak tempuh

Video Hyundai Santa Fe 2012

KESIMPULAN Hyundai Santa Fe 2012

Tak salah memang apabila Hyundai Santa Fe laris manis di pasar Amerika hingga Korea Selatan. Desainnya yang kami sebut radikal, memiliki esensi ikonik tersendiri dibanding pesaing di kelasnya. Sayangnya, di Indonesia beberapa fitur dipangkas tak serupa dengan versi Amerika ataupun Korea. Meski begitu, kami rasa Hyundai mengerti bahwa Indonesia memiliki kondisi tertentu yang belum memungkinkan untuk mengaplikasikan fiturnya. Secara keseluruhan, kami cukup menyukai segala hal tentangnya. Terkesan berbeda dari kendaraan Mainstream lainnya.

Jujur saja, untuk di tahun serupa, kami lebih menyukai Hyundai Santa Fe 2012 Indonesia yang notabene memiliki torsi raksasa dibanding Pajero ataupun Fortuner. Bahkan, mesinnya juga paling nyaman untuk melintasi area perkotaan, peningkatan kecepatan di setiap perpindahan giginya terasa sangat mulus. Sudah tak lagi terpatok akan mobil-mobil Jepang saja, meski kalah dalam segi fitur namun Hyundai Santa Fe cukup berhasil membuktikan performa mesinnya. Sudah saatnya, mobil-mobil besutan Korea seperti Hyundai pantas untuk dilirik. Jika Anda mencari esensi berkendara paling lihai dengan bodi maskulin ala desainer Eropa, Hyundai Santa Fe jawabannya.

>>> Bacalah artikel review mobil lainnya dengan klik sini

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil