Review Ford Everest XLT Limited 2013

25/10/2018

Share this post:

Ford Everest 2013

Editor rate:

Lihat promo

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV), Ford Everest terbilang cukup menarik untuk kami ulas lebih mendalam. Mengapa begitu? Bayangkan saja, di rentang harga Rp. 200 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan mobil eksklusif dengan tatanan mewah. Kapasitas kabin tujuh penumpang dipadu mesin bertenaga, menjadi penawaran menarik dari Ford Everest. Untuk sekelas mobil bekas, tentu mobil ini bisa diadu dengan mobil-mobil masa kini. Simak informasi selengkapnya dalam review Ford Everest XLT Limited 2013.

Review Ford Everest XLT Limited 2013
Review Ford Everest XLT Limited 2013
0 Gambar

Pengantar Ford Everest 2013

Mari kita simak spesifikasi Ford Everest 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan eksterior cukup gagah yang jika dipandang sekilas mirip Land Rover Discovery

Harga paling terjangkau diantara kedua kompetitornya

Kabin interior dikemas dengan fitur-fitur hiburan lengkap mulai dari fitur penyejuk hingga formasi tiga layar

Performa mesin 2.5 Liter cukup tangguh untuk berbagai medan

Kekurangan

Kemudi setir terasa kurang responsif

Ruang bagasi kurang akomodatif untuk Anda yang memiliki aktivitas tinggi

Suara mesin dieselnya cukup bising

Review Ford Everest XLT Limited 2013 – Istilah mobil bekas memang masih terkesan negatif bagi sebagian orang. Namun jangan salah, jika ditilik lebih dalam, kira-kira mobil SUV baru apa yang bisa Anda dapatkan di rentang harga Rp. 200 juta? Lebih daripada itu, sebagai sesama di kategori bekas, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih dibanderol di kisaran harga Rp. 300 jutaan. Dengan kata lain, Ford Everest masih mendominasi kedua pesaingnya dalam aspek harga yang dibanderol lebih terjangkau.

Ford Everest XLT Limited 2013 memiliki desain yang cukup gagah dipadu mesin bertenaga

Sosok Ford Everest XLT Limited 2013 yang hendak dibahas kali ini

Desain eksterior maskulin serta kabin yang cukup lega untuk tujuh orang penumpang menjadi hal yang paling spesial dari mobil ini. Memang tak dipungkiri, ubahan terakhir dari mobil ini dilakukan pada tahun 2013 lalu dalam bentuk Facelift. Beberapa aspek disulap menjadi lebih modern mulai dari bemper depan, Front Grille hingga lampu utama. Setidaknya, sosok bodinya terkesan jantan yang mampu meningkat kepercayaan diri sang pemilik.

Harga barunya di tahun 2013 dibanderol seharga Rp. 288 jutaan. Jika dibandingkan dengan model bekasnya kini, mobil ini masih memiliki harga yang masih kompetitif. Bagi Anda yang memiliki tipikal Money for Value, maka model satu ini menjadi rekomendasi terbaik dari kami. Lantas, apa saja keunggulannya? Mari kita bedah bersama dalam review Ford Everest XLT Limited 2013.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Ford Everest 2013

Maskulin dan mewah menjadi kesan pertama ketika mengamati sisi eksterior Ford Everest XLT Limited 2013. Desain tonjolan nampak disematkan di beberapa bagian bodinya sehingga mampu menciptakan nuansa kekar khas SUV.

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Eksterior Depan

Wajah depannya terinspirasi dari saudaranya seperti Ford Fiesta dan Ford Focus. Front Grille misalnya dikemas apik dengan balutan mewah aksen krom berformasi tiga palang. Panel tersebut nampak menyatu dengan lampu utamanya yang kini berukuran besar. Keanggunannya juga ditunjang kuat oleh bemper depan berukuran besar yang mampu memberi warna tersendiri sehingga mudah dikenali oleh masyarakat. Adapun aura maskulin didapati pada sisi Front Under Guard yang juga meminimalisir benturan dari sisi depan ketika melaju di medan terjal.

Eksterior Depan Ford Everest XLT Limited 2013 menghadirkan panel Front Under Guard

Eksterior depan Ford Everest XLT Limited 2013 memiliki sisi ikoniknya tersendiri

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Eksterior Samping

Kapabilitasnya sebagai mobil SUV tampil menarik dengan Roof Rail disematkan pada sisi atap. Seperti yang kita ketahui, panel tersebut memiliki fungsi tambahan untuk mengangkut barang bawaan. Sisi mewah lainnya juga ditemui pada Door Handle dan kaca spion yang sudah dibalut Chrome. Tak luput, tema maskulinnya juga dihadirkan lewat ban serta Fender berukuran besar.

Eksterior Samping Ford Everest XLT Limited 2013 dibekali Roof Rail yang mampu mengangkut barang bawaan tambahan

Eksterior samping Ford Everest XLT Limited 2013 dihias apik dengan ban berukuran 18 inci

Dari temuan Cintamobil.com, dimensi panjang bodi Ford Everest terlihat paling panjang diantara dua rivalnya. Namun panjang bodinya yang dirancang lebih dari 5 meter, memberi hal positif dan negatif. Positifnya, ruang kabin menjadi lebih lapang terutama pada ruang kaki. Sedangkan dari sisi negatif, dimensi panjang tersebut membuat mobil ini menjadi agak susah untuk melakukan manuver.

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Eksterior Belakang

Beralih ke sektor buritan, Ford Everest 2013 menyuguhkan kesan SUV klasik yang dimana definisi maskulin masih tergambar jelas dari sebuah ‘konde’. Ya, yang kami maksudkan adalah ban cadangan yang nempel pada bodi belakangnya. Jika Anda masih menyukai desain seperti ini, maka mobil satu ini terbilang sangat cocok dengan Anda. Adapun lampu Rear Combination dipasang vertikal memberi kesan modern jika diamati dari sisi belakang.

Eksterior Belakang Ford Everest XLT Limited 2013 masih menggunakan 'konde' alias ban cadangan sebagai penambah kesan maskulinnya

Eksterior belakang Ford Everest XLT Limited 2013 memiliki sisi spesial terutama pada Door Handle-nya

Hal paling spesial menurut kami terletak pada sisi Door Handle pintu belakang, Menggunakan ukuran besar, berlapis krom mengilap dengan tulisan Ford sebagai pengusung identitasnya. Sehingga, membuat kesan mewah makin terasa pada mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Everest 2013

Ruang interior Ford Everest XLT Limited 2013 paling unggul dalam hal akomodasi. Ya, tepat sekali, sisi Head Room dan ruang kaki terasa lapang. Bahkan dari pantauan kami, bangku deret kedua menjadi tempat paling nyaman dalam kabinnya. Mengapa begitu? Sebelum beranjak kesana, mari kita simak dulu sisi dashboard.

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Dashboard

Menyisir ke sisi dashboard tampilannya didominasi oleh warna hitam dengan bahan yang terkesan standar. Memang tak dipungkiri, dari segi desain kami kurang menyukainya. Namun jangan salah, meski kalah dari segi desain namun segala fiturnya tampil sangat lengkap. Pada sisi tengah misalnya, sudah tersedia panel Head Unit dipadu fitur penyejuk. Setidaknya hal tersebut bisa menunjang kenyamanan Anda dan seluruh penumpang selama menempuh perjalanan.

Dashboard Ford Everest XLT Limited 2013 sudah dilengkapi berbagai macam fitur hiburan

Dashboard Ford Everest XLT Limited 2013 terlihat sederhana yang didominasi warna hitam

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Setir

Kemudi setir juga dikemas cukup sederhana dengan desain palang empat berlogo Ford di sisi tengah. Kenyamanan Anda menggenggam setirnya ditunjang kuat oleh bahan kulit berkualitas. Namun sayangnya, bantingan setir tidak responsif yang telah dibuktikan oleh tim Cintamobil.com. Dibutuhkan kemampuan ekstra serta kesabaran ketika melakukan manuver dengan mobil ini. Salah satu alasan utamanya terletak pada dimensi panjang bodi yang berada di angka 5.060 mm sehingga mereduksi kemampuan manuvernya.

Setir Ford Everest XLT Limited 2013 menerapkan desain empat palang

Setir Ford Everest XLT Limited 2013 juga menyediakan tuas untuk mengatur audio

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Kursi

Hal paling menarik pada mobil ini terletak pada deret bangku kedua. Mengapa begitu? Pasalnya, mobil ini sudah menyediakan dua layar yang sudah terintegrasi dengan panel Head Unit di sisi dashboard. Tentu saja, penumpang bisa menonton film favorit selama menempuh perjalanan.

Kursi Ford Everest XLT Limited 2013 mampu menampung hingga tujuh orang sekaligus dengan formasi lima orang dewasa dan dua orang anak

Kursi Ford Everest XLT Limited 2013 dibalut apik dengan bahan kulit berkualitas

Di sisi lain, kursinya sudah cukup untuk menampung tujuh orang sekaligus. Namun rekomendasi terbaik dari kami adalah formasi lima orang dewasa dan dua orang anak. Sayangnya, kursi bagian belakang kurang memadai untuk digunakan orang dewasa mengingat fitur Head Rest belum dihadirkan serta akomodasi yang terbilang sempit.

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Ruang Bagasi

Merambah ke sisi bagasi, kapasitasnya terbilang cukupan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Diperkirakan bagasinya mampu menampung hingga tiga tas berukuran besar. Adapun jika Anda menginginkan kapasitas lebih besar, bangku deret ketiga bisa Anda lipat sehingga dapat menambah kapasitas bagasinya.

Ruang bagasi Ford Everest XLT Limited 2013 terasa cocok untuk pengunaan keluarga sehari-hari

Tampilan ruang bagasi Ford Everest XLT Limited 2013 ketika bangku ketiga dilepas

Namun jika Anda ingin mengangkut barang berjumlah banyak, kursi ketiga terbilang kurang praktis. Mengapa begitu? Ya, karena kursi ketiga tidak bisa ditaruh dalam kabinnya namun harus Anda taruh di dalam rumah. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari Ford Everest XLT Limited. Seakan terasa kurang praktis untuk sebuah SUV keluarga yang memiliki aktivitas padat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Ford Everest 2013

Setelah puas membahas tentang eksterior dan interiornya, tiba saatnya Cintamobil.com mengulas fitur Ford Everest XLT Limited 2013.

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Fitur Keselamatan

Sudah pasti mobil SUV satu ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti halnya Dual Airbags dan sabuk pengaman. Bahkan di tahun 2013 lalu, Ford Everest dilengkapi dengan fitur Cruise Control khususnya pada varian otomatis. Fungsinya terbilang cukup menarik yang memudahkan pengendara untuk melaju di kecepatan tertentu tanpa perlu menginjak pedal gas. Di sisi lain, performa pengeremannya juga unggul lewat racikan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Load Sensing Proportioning Valve (LSPV). Adapun pada varian Limited ini, tersedia fitur tambahan yakni Side Airbag untuk menjaga benturan dari sisi samping. Terbilang cukup lumayan untuk sebuah SUV mewah seharga Rp. 200 jutaan.

Fitur keselamatan Ford Everest XLT Limited 2013 tampil cukup lengkap seperti menyediakan ABS dan LSPV

Fitur keselamatan Ford Everest XLT Limited 2013 sudah menghadirkan Cruise Control

Review Ford Everest XLT Limited 2013: Fitur Hiburan

Aspek hiburan sendiri ditunjang dari panel Head Unit yang sudah didukung Touchscreen. Semua tombolnya dirancang cukup praktis dan mudah dioperasikan meski oleh pemula sekalipun. Adapun pada sisi bawah tersedia fitur penyejuk  dengan mode putar manual. Dari sisi bangku penumpang juga telah sediakan Ventilator AC Individual serta fitur Blower yang bisa diatur kekencangan anginnya. Ford dalam hal ini cukup mengerti kenyamanan konsumennya sehingga dapat dipastikan seluruh kabin dapat terasa sejuk. Hal menarik lain, kabin Everest XLT sudah sangat kedap suara sehingga Anda tak perlu khawatir akan kebisingan dari luar mobil.

Fitur hiburan Ford Everest XLT Limited 2013 juga memperhitungkan kenyamanan penumpang dengan menghadirkan dua layar di bangku kedua

Fitur hiburan Ford Everest XLT Limited 2013 dilengkapi dengan layar tambahan di bangku deret kedua

>>> Jangan lupa untuk menyimak mobil Isuzu MU-X 2014 yang memiliki desain kekar serta kapabilitas mumumpuni

Operasi Ford Everest 2013

Tarikan mesin 2.5 Liter-nya terbilang bertenaga untuk medan berat maupun perkotaan. Hal ini terjawab dari kapasitas silindernya yang berada di angka 2.499 cc berkonfigurasi TDCi VGT. Racikan operasi mesin Ford Everest XLT Limited 2013 mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 145 PS setara 3.500 Rpm. Tenaga yang dihasilkan nantinya disalurkan ke dua roda belakang dengan transmisi 5 tingkat percepatan otomatis sehingga mampu memberi lonjakan torsi hingga 330 Nm pada putaran 1.800 Rpm. Di sisi lain, bagi Anda yang lebih terbiasa mode manual, Ford Everest juga menawarkan pilihan transmisi 5 tingkat percepatan manual.

gambar mesin ford everest 2013

Operasi mesin Ford Everest XLT Limited 2013 dibekali dengan kapasitas 2.499 cc

>>> Kenali kompetitor utamanya yakni Toyota Fortuner 2014 dengan menyimak ulasan kami

Spesifikasi Ford Everest 2013

Supaya memudahkan Anda dalam memutuskan pilihan, berikut kami lampirkan spesifikasi Ford Everest XLT Limited 2013.

SPESIFIKASI FORD EVEREST XLT LIMITED 2013

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.060 mm x 1.788 mm x 1.826 mm

Jarak Sumbu Roda

2.860 mm

Berat Kosong

1.876 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.5 Liter 4 Silinder Segaris TDCi VGT

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Daya Maksimum

145 PS / 3.500 Rpm

Torsi Maksimum

330 Nm / 1.800 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 5 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

Independent Double Wishbone

Suspensi Belakang

Per Daun Rigid dengan Stabilizer

Ukuran Ban

275/60 R18

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

Daftar Harga Ford Everest 2013

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, berikut daftar harga Ford Everest XLT Limited 2013 di kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA FORD EVEREST XLT LIMITED 2013 BEKAS

Ford Everest XLT Limited 2.5 Liter 2013

IDR. 200 jutaan – IDR. 250 jutaan

Kesimpulan Ford Everest 2013

Memang mobil SUV besutan Ford ini memiliki beberapa kekurangan jika diamati secara detail. Namun hal tersebut rasanya cukup terobati dengan harganya yang dibanderol terjangkau dibanding kedua kompetitornya yakni Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner di kategori bekas. Hal paling spesial dari mobil ini dapat Anda rasakan pada kabin interiornya yang sudah menyajikan berbagai fitur yang siap menghibur Anda dan seluruh penumpang. Sentuhan eksteriornya juga terbilang sangat berkarakter dengan memadukan nuansa maskulin dan mewah. Sehingga, Anda sebagai pemiliknya kelak makin percaya diri ketika mengendarainya.

Bagaimana pendapat Anda tentang Ford Everest 2013 Indonesia? Patutkah mobil ini untuk Anda pinang dalam waktu dekat? Tentu semua pilihan tergantung dari kebutuhan serta selera Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun pendapat, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top