Review Ford Ranger 2017 Indonesia

01/02/2018

Share this post:

Ford Ranger 2017

Editor rate:

Lihat promo

Ford Ranger 2017 merupakan katalog lama milik Ford yang kembali diproduksi ulang. Alasan Ford memproduksi model ini tak lain agar bisa menghangatkan persaingan di ranah sejenis.Ranger terkenal berkat ketangguhannya di berbagai medan ini memang telah lama menjadi idaman mereka yang meyukai petualangan di medan ekstrim. Sisi apa saja yang mendapatkan pembaharuan dari Ford Ranger 2017?

Review Ford Ranger 2017 Indonesia
Review Ford Ranger 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Ford Ranger 2017

Mari kita simak spesifikasi Ford Ranger 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Desain elegan

Mesin bertenaga besar

Irit bahan bakar

Kekurangan

Jaringan Service minim

Kursi belakang terlalu sempit

Purna jual belum stabil

Gambar mobil Ford Ranger 2017 berwarna abu-abu

Meski berkonsep Pickup Truck, Ranger 2017 tetap maskulin

Review Ford Ranger 2017 Indonesia - Sebagai mobil Pickup Truck, sesungguhnya Ford Ranger 2017 telah dibekali dengan berbagai keuggulan guna membuatnya tetap prima di berbagai medan. Ford pastinya memperbaharui berbagai tampilan mobil ini mulai dari desain eksteriornya yang menawan, interior, seat dan perbesaran pada sisi bak belakang guna memaksimalkan volume yang hendak dibawa oleh mobil ini.

Meskipun kalah start dari kompetitornya yakni Mitsubishi Trinton dan Nissan Navara dari segi peluncuran, hal tersebut tak membuat Ford selaku produsen Ranger berkecil hati. Melalui ajang International Motor Show (IMMS) yang dihelat beberapa waktu lalu, Ranger 2017 resmi diperkenalkan ke publik, berbarengan dengan katalog lainnya yakni Ford Focus. Lantas, seperti apa spesifikasi lebih lanjut dari Ford Ranger 2017 ini? Cintamobil.com akan membuat review Ford Ranger 2017 Indonesia untuk anda. Selamat membaca.

Eksterior Ford Ranger 2017

Sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya jika kita membedah satu demi satu bagian yang tersemat pada mobil ini. Sebagai langkah awal, ada baiknya jika kita menelaah lebih lanjut dari sisi eksterior Ford Ranger 2017. Di sisi terluarnya, Ford tampil maskulin berkat penampilannya yang cukup gagah dan mewah untuk ukuran Pickup Truck. Jika dibandingkan dengan seri terdahulu, mobil ini memiliki berbagai perbedaan. Apa saja itu?

  • Desain Bagian Depan

Gamabr mobil Ford Ranger 2017 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Sisi depan nampak begitu berotot

Di sisi terdepannya, Ranger memiliki tampilan grill yang berbeda. Jika di seri sebelumnya rongga udara ini berbentuk memanjang, maka di seri anyarnya ini Ranger memiliki grill yang dibingkai dengan perisai sei lima memanjang. Tak lupa pula, aksen chrome juga dihadirkan guna memberikan sentuhan ekslusif di bagian depan. Selain itu, headlamp yang dihadirkan juga lampak lebih bright dan lebar jika dikomparasikan dengan seri sebelumnya. headlamp dengan teknologi LED juga cukup membarikan penerangan maksimal untuk melintasi medan gelap dan minim pencahayaan. Tak lupa pua identitas Ford ihadirkan di tengah grill dan tulisan Ranger dengan huruf kapital juga dihadirkan pada sisi atas penyaring udara tersebut.

Untuk sisi fascia, Ford tetap mempertahankan bumper besar yang sudah menjadi trademark mobil ini dalam beberapa tahun belakangan. Tak hanya bumper berukuran besar yang siap memperkokoh sisi depan, hadir pula kesan aerodinamis melalui lubang kecil di bagian tengah fascia ini. sebagai pelengkap, fog lamp berukuran besar juga dihadirkan guna memberikan pencahayaan tambahan di sisi depan. Untuk menutup rangkaian spesifikasi di bagian depan, Ranger juga sudah dilengkapi dengan front underguard berwarna silver guna membuat sisi depannya menjadi lebih berotot.

  • Desain Bagian Samping

Gamabr mobil Ford Ranger 2017 berwarna orange dilihat dari sisi samping

Bagian samping Ranger tetap mengusung kesan kekar dan dinamis

Di sisi samping, Ranger memiliki desain yang tak auh berbeda dengan seri sebelumnya, lekukan di sisi tengah dan bawah membuat mobil membaut mobil ini tetap tampil stylish dan tentunya, dinamis. Tak hanya itu, rongga roda juga dibuat lebih tinggi sehingga membuat mobil ini nampak begitu tinggi dan jenjang. Melengkapi bagian samping, disematkan pula tubular step side di bagian bawah guna mempermudah akses pengguna untuk memasuki bagian kabin. Tak ketinggalan pula, bagian atap mobil ini juga sudah dilengkapi dengan roof rail guna meletakan barang bawaan apabila space di bagian bak tak lagi memungkinkan untuk menampung barang.

Bicara tentang sisi bak, ruang yang disediakan cukup mumpuni untuk menampung berbagai barang bawaan beukuran besar. Nampaknya, Pickup Truck ini memang dikondisikan untuk tampil stylish maupun fungsional. Ranger 2017 bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar bagian belakang mobil Ford Ranger 2017 berwarna abu-abu hitam

Sisi belakang nampak begitu elegan dibandingkan sebelumnya

Pada bagian akhir dari sisi eksterior ini, Ranger 2017 hadir lebih stylish dengan stop lamp yang memanjang di kedua sisi buritannya. Tak hanyaitu, penutup bak juga nampak lebih lebar dibandingkan dengan seri sebelumnya. Identitas diri dari mobil ini juga kembali ditampilkan melalui tulisan Ranger di bagin tengah. Sebagai akhir footstep guna mempermudah pengguna menaik-turunkan berbagai barang di sisi kargonya.

>>> Mungkin And ingin baca:


Interior Ford Ranger 2017

Setelah menilik bagian eksterior, kini tiba waktunya untuk membedah sisi interior dari mobil ini. Di bagian dalamnya, Ranger seakan ingin menyeimbangkan tampilan. Jika di sisi luar, mobil ini terkesan garang nan dinamis, maka di bagian dalam, katalog Ford yang sudah lama bermain di ranah Pickup Truck ini trampil elegan dengan balutan warna hitam dope yang menyelimuti seluruh kabin. Tak lupa pula, berbagai fitur penunjang kenyamanan juga dihadirkan di sisi interiornya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashbaord mobil Ford Ranger 2017

Panel multimedia telah disediakan guna membuat perjalanan lebih mengasyikan

Dashboard yang tersemat pada Ford Ranger 2017 Indonesia  ini boleh dikatakan tetap mengusung konsep stylish dengan komposisi warna yang serupa dengan bagian kabin. Terkait material yang disematkan pada dashboard, Ford selaku pabrikan juga menyuguhkan material leather terbaik guna pacarkan kesan premium. Pada bagian tengah dasboard, terdapat panel multimedi LCD yang siap menyuguhan kebutuhan entertaiment yang mumpuni untuk memberikan experience dalam perjalanan. Selain itu, layar LCD berukuran sedang tersebut juga bisa difungsikan untuk kebututuhan infotaiment seperti  menunjang rear view camera dan sensor parking guna mempermudah pengemudinya memarkirkan kendaraan. Fitur ini sendiri cukup berguna bagi mereka yang kerap mengalami kesulitan saat memarkirkan kendaraan.  Sebagai output suara, dihadirkan pula Single DIN Audio dengan dua speaker yang siap menghentakan suara terbaik kepada para penggunanya. Untuk menyejukan ruangan, AC Double Blower pun juga sudah disematkan pada New Ranger. Sehingga penumpang di bagian depan maupun belakang bisa merasakan hawa sejuk yang tersaji dari bagian dashboard.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Ford Ranger 2017 dan Steering sudah dilengkapi dengan steering switch control

Steering sudah dilengkapi dengan steering switch control

Pada bagian lingkar kemudi, kesan stylish juga cukup terasa berkat kehadiran desain setir yang cukup gemuk, lengkap dengan berbagai fitur ikedua sisi setir. Di bagian ini, Ranger memiliki steering switch control lengkap dengan panel berukuran 4 inci di bagian samping speedometer. Layar berukuran kecil ini siap menampilkan berbagai fitur yang disentuh oleh penggunanya di bagian setir. Cukup praktis bukan? Tak hanya itu, informasi seputar kendaraan juga bisa diperoleh melalui panel speedometer di bagin tengah. Berbagai informasi seperti trip meter, fuel meter, dan lain sebagainya bisa diakses dengan mudah di panel speedometer tersebut.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Ford Ranger 2017 berwarna abu-abu

Kursi yang tersemat nampak tertata dengan rapih dan elegan

Lompat ke bagian jok, Ford Ranger 2017 Indonesia memiliki jok dengan material leather terbaik yang dikombinasikan dengan bahan vynil di bagian tengah. Selain tu, jahitan yang tersemat pada kursi ini juga cukup rapih. Sementara untuk jok bagian belakang, rasanya ruang yang disediakan kurang nyaman karena keterbatasan space yang tersedia. Namun untuk mereka yang memiliki tubuh kecil, ruang belakang dirasa cukup mumpuni dan nyaman untuk disinggahi. Untuk memproteksi keamanan, seluruh jok juga sudah disematkan seatbelt guna meminimalisir resiko cidera saat mobil mengalami benturan ataupun kecelakaan. Sekedar catatan, seluruh seat yang tersedia pada double cabin ini bisa menampung lima orang sekaligus. Cukup banyak ya.

>>> Baca juga:

Fitur Ford Ranger 2017

Gambar fitur airbag di sisi depan dan samping mobil Ford Ranger 2017

Ford Ranger 2017 juga telah dilengkapi dengan airbag yang siap minimalisir resiko cidera

Sebagai Pickup Truck modern, rasanya cukup aneh jika Ford Ranger 2017 Indonesia tak dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sebagai awalan, mobil ini sudah dilengkapi dengan safety feature aktif macam pengereman ABS guna menghasilkan pengereman optimal saat dibutuhkan. Sayangnya, fitur pengereman ini hanya bisa ditemui di varian tertingginya yakni Ford Ranger Double Cabin Base Plus.

Sementara itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control with Collision Warning Alert. Fitur ini merupakan sistem kontrol yang siap menahan laju kendaraan secara otomatis apabila terdapat objek di depan kendaraan tersebut.

Operasi Ford Ranger 2017

Gambar bagian mesin mobil Ford Ranger 2017

Mesin bertenga besar tersebut siap hantarkan Ranger 2017 ke performa puncak

Dari sisi sistem operasi Ford Ranger 2017 sudah dilengkapi dengan mesin Diesel Duratorq TDCi Mid-Power yang telah didukung oleh teknologi Turbocharger. Mesin disel tersebut memang sudah terkenal bandel untuk melintasi berbagai medan ekstrim. Tak hanya itu, mesin dengan kubikasi 3198 cc tersebut juga telah didukung dengan teknologi 4WD guna hasilkan tarikan roda yang responsif.

Mesin disel tersebut juga mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 125 PS pada putaran 1.700 rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 320 Nm pada 1.700 rpm. Sementara untuk hasilkan pembakaran yang sempurna, mesin tersebut telah didukung dengan  menggunakan teknologi EFI atau Electric Fuel Injection. Artinya, mesin tersebut masih mampu menekan bahan bakar meskipun dipacu dalam keadaan maksimal.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil lainnya

Spesifikasi Ford Ranger 2017

Bagaimana dengan spesifikasi Ford Ranger 2017 ini? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda.

Dimensi Ford Ranger 2017

Panjang x Lebar x Tinggi

5274 mm x 1850 mm x 1815 mm

Wheelbase

3220 mm

Ground Clerance

232 mm

Kapasitas Penumpang

5 orang

Mesin Ford Ranger 2017

Tipe

Diesel Duratorq TDCi Mid-Power

Kapasitas Mesin

3198 cc

Jenis Bahan Bakar

Solar

Transmisi

4 Speed shiftronic & 6 Speed Manual

Tenaga Maksimum

125 ps / 3,700 rpm

Torsi Maksimum

320 Nm/ 1,700 rpm

Kaki - Kaki Ford Ranger 2017

Ban

255/70 R16 Steel

Suspensi Depan

Independent Double Wishbone

Suspensi Belakang

Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Ford Ranger 2017

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang Ford Ranger 2017 Indonesia ini?

Tipe mobil

Harga Ford Ranger

Ford Ranger Single Cab 2.2L 4×4 MT Base

Rp 314 Jutaan

Ford Ranger Double Cab 2.2L 4×4 MT XLS

Rp 406 Jutaan

Ford Ranger Double Cabin 3.2L XLT (4×4) MT

Rp 443 Jutaan

Kesimpulan Ford Ranger 2017

Secara keseluruhan, Ford Ranger 2017 Indonesia merupakan Pickup Truck multifungsi yang bisa dijadikan dua tipe kendaraan sekaligus sesuai selera. Anda yang memiliki jiwa petualang pastinya tak akan melewatkan mobil ini begitu saja. Di samping kesan yang stylish, mesin bertenaga besar serta irit bahan bakar akan menjadi nilai tambah bagi siapapun yang menginginkan mobil stylish namun tetap efisien dalam pembakaran BBM. Anda tertarik untuk memilikinya?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top