Review Hyundai i30 N 2018

23/08/2018

Share this post:

Hyundai i30 2018

Editor rate:

Lihat promo

Ketika segmen hot hatch sedang ramai diperbincangkan dengan banyaknya produk yang kompetitif, Hyundai dengan percaya diri masuk dalam segmen ini. Untuk pertama kalinya pabrikan asal Korea Selatan ini menantang para rivalnya dengan Hyundai i30 N.

Review Hyundai i30 N 2018
Review Hyundai i30 N 2018
0 Gambar

Pengantar Hyundai i30 2018

Mari kita simak spesifikasi Hyundai i30 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Performa yang lebih bertenaga dibandingkan varian standar

Suara knalpot khas mobil sport

Ukuran velg yang lebih besar dengan ban khusus yang dikembangkan untuk Hyundai i30 N 2018

Kekurangan

Perubahan eksterior yang hanya mencakup body kit

Desain interior yang monoton

Hyundai i30 N diambil dari basis balap

Hyundai i30 N mengambil basis balap untuk produksi massalnya

Review Hyundai i30 N 2018 - Persaingan segmen hot hatch saat ini sangat ramai dengan produk baru yang banyak. Mulai dari Volkswagen Golf GTI yang menarik perhatian dengan kecerdikannya membawa perubahan cukup signifikan. Pun pabrikan Jepang turut meramaikan model hot hatch ini melalui Honda Civic Type R yang menjadi mobil terbaik dalam beberapa tahun ini. Tidak ketinggalan divisi sport Renault yang meluncurkan Megane versi sport membuat kompetisi semakin ketat. Lantas mengapa Hyundai dengan percaya diri memperkenalkan Hyundai i30 N kepada publik?

Hal pertama yang perlu diperhatikan, perusahaan ini sangat kaya dan bersemangat untuk membangun reputasinya di dunia otomotif. Hyundai juga memiliki talenta-talenta kelas atas seperti Peter Schreyer, mantan pemimpin desain senior di VW Group, dan Albert Biermann seorang mantan kepala teknik BMW M Series. Maka tidak ada alasan untuk Hyundai tidak membuat mobil yang terlihat bagus dan mengasyikkan.

Di Eropa, Hyundai mempunyai reputasi yang baik karena berani memberikan garansi selama 5 tahun dan value for money yang bagus untuk konsumen. Namun untuk urusan mobil sport atau mobil mewah, Hyundai masih dalam tahap berusaha mencapai reputasi tersebut. Salah satunya dengan menghadirkan menghadirkan sub-merek N yang sudah dikenal dalam ajang reli dunia melalui i20 Coupe yang berlaga di WRC (World Rally Championship).

Aksi Hyundai i20 Coupe dalam menaklukkan sirkuit kerikil, tanah dan aspal yang sulit mendapat hasil positif. Keberhasilan tersebut diaplikasikan Hyundai pada i30 N untuk jalan raya dan dijual kepada publik. Ini adalah pertam kalinya Hyundai mempunyai mobil sport hatchback dan berikut review Hyundai i30 N 2018.

Eksterior Hyundai i30 2018

Review Hyundai i30 N 2018 : Sisi Depan

Tampak depan Hyundai i30 N 2018

Sisi depan Hyundai i30 N tidak terlalu banyak perubahan hanya pada bumper dan tambahan emblem N

Tampilan depan dari Hyundai i30 N mempunyai aura sporty yang kuat dengan hadirnya bumper baru. Terlihat banyak kisi-kisi dibandingkan varian standar sehingga memberi udara lebih banyak ke ruang mesin. Pelindung bawah bumper (under guard) diberi warna hitam dengan garis merah tipis memanjang untuk menguatkan nuansa sport. Lampu senja atau DRL terpasang dengan posisi horizontal, berbeda dengan varian standar yang dipasang vertikal. Selain itu ada logo N disebelah logo Hyundai yang disematkan pada grill. Ini menjadi tanda bahwa Hyundai i30 ini adalah seri N.

Review Hyundai i30 N 2018 : Sisi Samping

Tampak samping Hyundai i30 N 2018 dengan velg lebih besar

Perubahan besar pada samping terletak pada velg ukuran lebih besar

Sedangkan tampak samping, terlihat ada 3 perbedaan khusus Hyundai i30 N ini. Pertama adalah cover spion yang diberi warna hitam seperti mobil sport pada umumnya dengan tambahan lampu sein. Pada bagian bawah, terlihat ada side skirt berwarna hitam yang termasak dalam body kit khusus model N ini. Velg 19 inci juga menjadi pembeda yang membuatnya tidak hanya tampil lebih sporty tapi juga memberi efek pada performa.

Review Hyundai i30 N 2018 : Sisi Belakang

Tampak belakang Hyundai i30 N 2018 berwarna biru muda

Spoiler terbelah pada sisi belakang diklaim meningkatkan aerodinamis

Pada sisi belakang, lampu LED membuat penerangan saat mengerem lebih jelas untuk mobil dibelakangnya. Bumper yang lebih agresif dari model standar membuatnya tampil lebih sporty. Ditambah spoiler yang terbelah dua mampu meningkatkan aerodinamis saat melaju. Diantara spoiler terdapat lampu rem khas Hyundai i30 N berbentuk segitiga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Hyundai i30 2018

Review Hyundai i30 N 2018 : Kabin

Kabin Hyunai i30 N masih mirip dengan varian standar

Kabin Hyundai i30 N tidak terlalu banyak perubahan dari varian standar

Tidak ada kejutan besar pada kabin Hyundai i30 N karena masih sama seperti varian standar. Desain yang tidak terlalu banyak perubahan ini membuat rasa di dalamnya sama seperti di Hyundai i30. Tata letak tombol yang sudah pas dan mudah untuk mengakses membuat Hyundai i30 N tidak mempunyai interior yang spesial. Hyundai menyediakan varian Luxury dengan tambahan sunroof.

Review Hyundai i30 N 2018 : Dashboard

Desain dashboard Hyundai i30 N 2018 tidak banyak perubahan

Layar sentuh besar pada dasbor menjadi hiburan untuk pengemudi                                 

Desain dashboard tidak banyak perubahan dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci terletak di tengah. Fitur-fitur terkini seperti navigasi satelit, radio, Apple Car Play dan Android Auto Compatibility memberi kenyaman untuk pengemudi. Hal baru yang tidak kalah canggih adalah fitur wireless charging yang bisa digunakan untuk smartphone yang sudah mempunyai fitur tersebut.

Review Hyundai i30 N 2018 : Kursi

Hanya kursi depan dibuat lebih sport di mobil Hyundai i30 N 2018

Kursi baris depan dibuat lebih sporty dengan tambahan logo N

Beralih ke kursi, pada baris depan bucket seats dengan pilihan material kain atau kulit sesuai dengan selera Anda. Adapun yang membedakannya adalah logo N pada sandaran punggung bagian atas. Diantara kursi penumpang depan tersedia konsol dengan bantalan empuk sehingga bisa digunakan untuk arm rest.

Review Hyundai i30 N 2018 : Setir

Ada tambahan tombol dan sedikit ubahan desain pada setir Hyundai I30 N 2018

Ada beberapa tambahan tombol dan sedikit ubahan desain pada setir

Secara bentuk tidak jauh berbeda dengan tiga palang namun ada sedikit perbedaan. Pada palang bawah berbentuk lebih ramping dengan logo N pada bagian bawah. Dekat tombol setir terdapat dua tombol baru yakni Drive Mode dan tombol N. Fungsi dari tombol N tersebut, untuk mengatur komputerisasi pada mobil seperti lap timer, G-force meter, launch control, dan meningkatkan performa.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Hyundai i30 2018

Fitur canggih terkini disematkan pada Hyundai i30 N 2018

Fitur kekinian seperti wireless charging disematkan pada Hyundai i30 N

Ada cukup banyak fitur pada Hyundai i30 N ini. Seperti teknologi Hyundai SmartSense yang menggunakan kamera untuk menyematkan fitur Forward Collision Warning (FCW) yang bisa memberi sinyal ketika mobil terlalu dekat dan tidak ada tanda pengereman. Selain itu juga ada Autonomous Emergency Braking (AEB) sehingga mobil bisa berhenti secara otomatis yang menyatu dengan fitur FCW. Fitur keamanan lainnya adalah Lane Keeping Assist System (LKAS) yang menjaga mobil pada jalurnya. Pengemudi pun diingatkan ketika terdeteksi sudah lelah dengan fitur Driver Attention Alert (DAA).

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang fitur mobil Hyundai lainnya, langsung klik sini saja

Operasi Hyundai i30 2018

Ada ubahan pada mesin Hyundai i30 N 2018

Mesin dikembangkan khusus dengan peningkatan yang signifikan pada performanya

Mesin yang digunakan Hyundai i30 N sama seperti yang digunakan varian standar yakni mesin berkapasitas 2.000 cc 4-silinder dengan teknologi injeksi. Namun ada perbedaan yang membuat tenaganya meningkat hingga 202 kW atau sekitar 270 hp dari 120 kW (160 hp) pada varian standar. Kenaikan tenaga ini karena tim mekanik Hyundai menyematkan twin-scroll turbocharging sehingga mampu meningkatkan tenaga secara signifikan. Bahkan torsi yang dihasilkan menjadi berlimpah mampu menyentuh angka 353 Nm.

>>> Merawat mesin diesel itu gak susah, beginilah caranya

Spesifikasi Hyundai i30 2018

Agar lebih jelas dalam review Hyundai i30 N 2018 ini, berikut spesifikasinya.

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.335 mm x 1.795 mm x 1.447 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 T-GDi 4 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

2.000 cc

Daya Maksimum

270 PS / 6.000 RPM

Torsi Maksimum

353 Nm / 1.450-4.700 RPM

378 Nm / 1.750-4.200 RPM (Overboost)

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Ukuran Ban

235/35 R19

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Daftar Harga Hyundai i30 2018

Harga Hyundai i30 N 2018 di Australia dibanderol $ 39.990 atau sekitar Rp 425 juta. Bila dijual di Indonesia maka harga bisa mencapai lebih dari Rp 500 juta.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO 2018

Hyundai i30 N 2018

$ 39.990

>>> Klik sini untuk lihat harga mobil Hyundai lainnya serta promosi bulan ini

Kesimpulan Hyundai i30 2018

Hyundai cukup berani memasarkan hatchback sport dengan ubahan yang tidak hanya bermain pada kosmetik seperti eksterior dan interior. Ubahan mesin dengan tambahan turbo membuat tenaganya meningkat signifikan. Suara knalpot yang dihasilkan tidak hanya sebaga gimmick tapi juga efek dari pengembangan mesin khusus model N ini. Sayangnya perubahan eksterior dan interior tidak terlalu banyak sehingga tampilannya menurut kami tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan varian standar. Namun penggunaan velg 19 inci dengan ban khusus yang dikembangkan oleh Pirelli memberi nilai tambah untuk tampilan dan performa Hyundai i30 N 2018.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

 

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Review lain

Review Hyundai i30 N Fastback 2019

03/10/2018

Editor rate:

Mercedes-Benz punya Mercedes-AMG sebagai sub-merek high performance mereka. Lalu BMW sangat membanggakan ///M sebagai the most powerful letter in the world, dan membuatnya sebagai divisi spesialis mobil BMW yang identik dengan karakter performa beringas. Beda lagi dengan negeri 'samurai' Jepang seperti Toyota punya TRD, dan Nissan dengan Nismo yang diagungkan dalam hal meracik mobil normal menjadi mobil sport. Lalu bagaimana dengan jagoan asal Korea?

Lihat juga

Review Hyundai All New Santa Fe 2018

02/10/2018

Editor rate:

Kehadiran Hyundai All New Santa Fe 2018 memang terasa lebih spesial dibanding generasi Santa Fe sebelumnya. Pasalnya generasi keempat dari SUV 7-seater Hyundai yang baru diresmikan di Geneva Motor Show 2018 & Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 memiliki ubahan signifikan dan sudah bisa dimiliki konsumen di Indonesia. Seperti apa impresi selengkapnya?

Lihat juga

Review Hyundai Kona Highlander 2019

06/10/2018

Editor rate:

Kelas crossover mulai menjadi kelas yang gemuk, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pemain di kelas ini. Hal inilah yang menjadi dasar pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai untuk masuk ke kelas ini dengan memperkenalkan Hyunai Kona. Berikut ini adalah review Hyundai Kona Highlander 2019 hanya untuk Anda.

Lihat juga

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

04/02/2020

Editor rate:

Jika pabrikan lainnya membawa mobil listrik seharga lebih dari Rp1 miliar, Hyundai Ioniq Electric 2020 menawarkan mobil ramah lingkungan nan terjangkau.

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga
back to top