Review Honda Stream 2006: MPV Jadul Berdesain Modern

25/12/2018

Share this post:

Honda Stream 2006

Editor rate:

Lihat promo

Masih ada yang ingat dengan Honda Stream? MPV yang awalnya diambil dari desain mulus Honda Civic mendapatkan perubahan radikal pada tampilan luar menjadi lebih gagah. Tertutup oleh bayang-bayang Avanza-Xenia, Honda Stream 2006 merupakan salah satu MPV lama dengan desain yang tak kalah menawan dari mobil keluarga saat ini.

Review Honda Stream 2006: MPV Jadul Berdesain Modern
Review Honda Stream 2006: MPV Jadul Berdesain Modern
0 Gambar

Pengantar Honda Stream 2006

Mari kita simak spesifikasi Honda Stream 2006 di bawah ini.

Kelebihan

Mobil yang menyenangkan untuk dibawa berkendara

Kenyamanan sekelas mobil keluarga Honda dengan suspensi yang kaku

Mesin luar biasa dengan tenaga dan torsi yang pas

Kekurangan

Fitur keselamatan aktif jadul

Harga yang termasuk lumayan mahal jika dibandingkan dengan kompetitor

Review Honda Stream 2006 - Diperkenalkan sebagai MPV kelas menengah pada 2001, Honda Stream 2006 pernah menjadi MPV termurah Honda sebelum kedatangan Honda Mobilio dan setingkat di bawah Honda Odyssey. Generasi kedua yang diperkenalkan pada 13 Juli 2016 dikenal dengan Honda Stream 2006, namun tidak begitu populer karena harganya yang kalah dibandingkan pesaing baru yang langsung melejit: Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, meskipun keduanya memang berada pada kelas yang berbeda.

Gambar Honda Stream generasi pertama

Mirip dengan Civic, Honda Stream generasi pertama

Diproduksi oleh Honda sejak Oktober 2000, desain interior pada generasi pertama merupakan campuran MPV kompak dengan SUV. Tingginya yang kurang dari 1.6 meter membuatnya sulit diklasifikasikan dengan tepat, mengingat karakteristik penanganan lebih mirip hatchback yang lebih kecil dibandingkan MPV kompak lainnya yang setara dengan mereka.

Sebagian besar dibuat berdasarkan Honda Civic dengan sasis datar yang sama, Honda Stream menambahkan panjang 100 mm untuk mengakomodasi kursi baris ketiga. Dalam iklan dan brosur promosi, Honda mendeskripsikan Stream sebagai mobil sport 7 kursi. Generasi pertama tersedia dengan mesin 1.7L D17 dan 2.0L K20A, dilengkapi dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi otomatis 5 kecepatan dengan mode sekuensial.

Sebagian diekspor ke pasar penting di Eropa, namun Honda Stream lebih sukses di Jepang dan Singapura. Meskipun menjadi salah satu pasar besar di dunia, Honda tidak pernah menyediakan Honda Stream di pasar Amerika Utara. Honda merakit mobil ini di pabrik Sayama, Jepang, serta pabrik di Karawang, Jawa Barat dari kurun waktu 2001 hingga 2006.

Gambar Honda Stream 2006

Perubahan membuat Honda Stream 2006 lebih macho dan kekar

Sedangkan untuk generasi kedua yang mulai dipasarkan tahun 2006, Stream mendapatkan berbagai perubahan. Yang paling besar adalah tampilan luar serta mesin baru. Berikut review Honda Stream 2006 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Honda Stream 2006

Jika diperhatikan, generasi pertama Honda Stream masih memakai desain sedan Honda Civic dengan tampilan depan yang meluncur ke bawah. Tapi eksterior Honda Stream 2006 mendapatkan perubahan radikal, memberikan tampilan yang lebih macho dan memisahkannya dari bayang-bayang Civic. Tidak hanya bagian depan,

Review Honda Stream 2006: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Honda Stream 2006

Tampilan depan Honda Stream 2006

Sangat jelas terlihat bagaimana front-end Stream generasi pertama masih mempertahankan bentukan sedannya. Sedangkan eksterior depan Honda Stream 2006 membuat aksen meluncur dari kap depan dan ketersediaan gril depan yang lebih gagah. Lampu depan kotak diganti dengan desain yang lebih sipit. Bumper bawah juga mendapatkan lubang angin pada sisi-sisi. Secara keseluruhan, bagian depan Honda Stream generasi kedua tidak kalah jika disandingkan dengan mobil modern saat ini.

Review Honda Stream 2006: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Honda Stream 2006

Tampilan depan Honda Stream 2006

Generasi kedua membuat Stream 120 mm lebih panjang dibandingkan generasi pertama dan dibuat lebih rendah beberapa milimeter. Tambahan tersebut memberikan jarak yang lebih besar pada ruang kaki di baris ketiga. Perubahan terlihat jelas pada eksterior samping Honda Stream 2006 dimana pilar A dibuat lebih tegas, menunjukan desain kokoh dibandingkan ‘kap licin’ dari generasi sebelumnya.

Review Honda Stream 2006:  Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Honda Stream 2006

Tampilan belakang Honda Stream 2006

Selain bagian depan, perubahan terbesar pada eksterior belakang Honda Stream 2006 membuat buritan lebih terisi dan sama seperti desain mobil-mobil modern yang kita temui saat ini. Ketika generasi pertama masih polos dengan hanya lampu sein pada bagian bawah kendaraan, Honda mulai memberikan desain lampu belakang dan lampu rem vertikal pada sisi buritan. Bumper bawah juga lebih kasar dengan pahatan menonjol.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Interior Honda Stream 2006

Perubahan terbesar dari interior Honda Stream 2006 adalah desain dasbor yang lebih modern serta kemudi palang tiga yang menggantikan kemudi lama generasi pertama. Sedangkan beberapa tombol dibuat lebih dekat pada pengemudi untuk mempermudah pemakaian ketika berkendara sendiri.

Review Honda Stream 2006: ​Dasbor

Gambar dasbor Honda Stream 2006

Dasbor Honda Stream 2006

Head unit audio sound-DIN (Kenwood) pada dasbor Honda Stream 2006 tidak memungkinkan untuk tombola atau kontrol roda. Anda juga akan mendapatkan A/C kontrol iklim otomatis standar. Panel tengah merupakan bagian dari self-illuminating yang, tidak seperti Civic, merupakan desain kembar dari speedometer dan tachometer. Selain itu, layar multi-info tersedia, di mana pengemudi bisa mendapatkan info kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, dan perkiraan jangkauan perjalanan.

Review Honda Stream 2006: ​Kemudi

Gambar kemudi Honda Stream 2006

Kemudi Honda Stream 2006

Meskipun mobil lama, kemudi Honda Stream 2006 sudah mendapatkan teknologi tilt/telescopic untuk memudahkan Anda menyesuaikan tinggi rendahnya kemudi dengan postur pengemudi. Tapi yang masih disayangkan adalah belum ada tombol-tombol pengaturan pada kemudi. Kemudi palang tiga Honda hanya menawarkan satu logo Honda di bagian tengah.

Review Honda Stream 2006: ​Kursi

Gambar kursi Honda Stream 2006

Kursi Honda Stream 2006

Untuk memberikan kenyamanan selama berkendara, masing-masing kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat tersendiri untuk konfigurasi tempat duduk yang fleksibel. Memudahkan Anda ketika membawa barang bawaan yang cukup besar. Suspensi belakang yang kompak dijelaskan membebaskan lebih banyak ruang penumpang di kursi Honda Stream 2006 baris ketiga, sementara wheelbase yang lebih panjang 20 mm pada generasi pertama meningkatkan ruang kaki penumpang di baris ketiga.

>>> Berita tentang Honda terbaru bisa Anda dapatkan di sini:

Fitur Honda Stream 2006

Tidak begitu banyak memiliki teknologi yang beragam, fitur Honda Stream 2006 mendapatkan sistem audio dengan pemutar CD dual-DIN yang mendukung MP3 dan input USB serta Aux, terhubung pada sistem 4 speaker. Namun tidak selamanya jadul, generasi kedua sudah mendapatkan entri tanpa kunci dan sunroof yang sepenuhnya otomatis.

Review Honda Stream 2006: ​Fitur Keselamatan Aktif

Aliran Honda Stream baru juga 10 kg lebih ringan dari pendahulunya berkat penggunaan baja high-tensile ringan pada lebih banyak area tubuh. Desain bodi juga memiliki rangka G-Force Control Honda yang mampu menyerap energi tabrakan lebih efektif melalui zona crumple yang strategis.

Gambar Honda Stream di jalan

Honda Stream 2006 yang menyenangkan untuk dikendarai

Fitur keselamatan aktif Honda Stream 2006 termasuk sistem pengereman ABS, EBD, dan airbag SRS depan ganda. Namun sayangnya, bagi mobil yang diperkenalkan tahun 2006, masih belum ada fitur keselamatan yang lebih canggih tersedia seperti Vehicle Stability Assist (VSA), Sistem Kontrol Traksi (TCS) dan Collision Mitigation Brake System (CMBS).

>>> [HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Toleransi Polda Untuk STNK Yang Habis Masa Berlaku

Operasi Honda Stream 2006

Gambar mesin Honda Stream 2006

Mesin Honda Stream 2006

Level trim yang lebih rendah dilengkapi dengan 1.8 liter single overhead cam i-VTEC serta girboks 5 kecepatan otomatis atau manual 5 kecepatan, tergantung pada negara yang dikunjungi. Sistem operasi Honda Stream 2006 untuk trim yang lebih mewah menjalankan mesin 2.0L overhead cam-VTEC dan transmisi CVT. Sedangkan Electric Power Steering yang digunakan Honda serta ‘pertama di kelasnya’ memastikan ekonomi bahan bakar yang lebih baik untuk Stream generasi kedua ini.

Spesifikasi Honda Stream 2006

Sudah lebih dari satu dekade generasi kedua Honda Stream diperkenalkan. Untuk mengingat kembali, berikut spesifikasi Honda Stream 2006 untuk pembaca setia Cintamobil.com.

Dimensi Honda Stream 2006

Panjang x Lebar x Tinggi

4.670 mm x 1.695 mm x 1.544 mm

Jarak Poros Roda

2.741 mm

Jarak Pijak Roda Depan dan Belakang

1.471 mm

Ground Clearance

150 mm

Berat

1.350 kg

Mesin Honda Stream 2006

Tipe Mesin

1.8L 5AT L4

Isi Silinder

1.799 cc

Tenaga Maksimal

140 @ 6.300 rpm

Torsi Maksimal

174 Nm @ 4.300 rpm

Transmisi

5 kecepatan manual

Percepatan (0-100 km/jam)

11.1 detik

Kecepatan Tertinggi

190 km/jam

Kaki-Kaki Honda Stream 2006

Suspensi Depan

MacPherson Struts

Suspensi Belakang

Reactive-link Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Discs

Velg

15 Inci

Tipe Ban

205/65R15

Daftar Harga Honda Stream 2006

Tentu saja, sebagai kendaraan yang sudah berhenti diproduksi tahun 2009, akan lebih susah untuk menemukan mobil baru dari Honda Stream 2006. Tapi jangan takut, Anda bisa melihat bagaimana banyak pengguna yang menjual mobil bekas mereka. Dilihat dari daftar Cintamobil.com, harga Honda Stream 2006 bisa Anda dapatkan dengan memberikan mahar mulai dari Rp 85 jutaan.

>>> Simaklah harga dan promo mobil Honda lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Honda Stream 2006

Sebagai kendaraan untuk penumpang yang banyak, desain serta sasis Honda Stream 2006 yang kencang membuatnya menjadi salah satu yang ternyaman di kelasnya. Dengan ruang yang cukup untuk empat orang dewasa serta dua remaja seharusnya memberikan kelegaan selama perjalanan. Ruang muat terbatas karena ada enam atau tujuh kursi di dalam. Tetapi ketika kursi baris ketiga dilipat, volume yang tersedia sangat baik dan tidak berantakan.

Gambar Honda Stream 2006 latar hitam

Honda Stream 2006 menjadi pilihan MPV modern dengan harga murah

Namun jangan bandingkan mobil ini dengan kendaraan baru yang lebih modern. Perbedaan yang signifikan adalah sistem bantuan mengemudi yang tidak begitu banyak dan terkesan ‘jadul’. Setidaknya Anda sudah mendapatkan paddle shift untuk perpindahan gigi yang lebih mudah serta sistem pengereman ABS dan EBD yang memudahkan ketika berjalan di jalanan licin. Untuk keseluruhan, mobil ini bisa menjadi pertimbangan untuk kendaraan keluarga Anda.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda Elysion 2004: The King of MPV Di Zamannya

06/02/2019

Editor rate:

Pernahkah Anda mendengar mobil bernama Honda Elysion? Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenalnya dan sebagian belum. Tak heran, mengingat mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hanya bisa didapatkan lewat jalur impor Importir Umum (IU) di tahun 2004. Bahkan, mobil ini terbilang sangat mewah di zamannya dan unsur kenyamanan yang diusungnya masih relevan untuk era modern. Berikut kita simak review Honda Elysion 2004.

Lihat juga

Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?

22/02/2019

Editor rate:

Persaingan Low MPV tahun 2019 kian memanas dengan hadirnya Honda Mobilio 2019 baru dengan ubahan kosmetik dan fitur. Adanya ubahan ini juga membuat Honda Mobilio mengalami kenaikan harga. Lantas apa saja bedanya dengan model sebelumnya? Simaklah review Honda Mobilio 2019 dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Review Honda Elysion 2008: Salah Satu MPV Mewah Terbaik pada Zamannya

25/02/2019

Editor rate:

Disebut sebagai salah satu MPV mewah terbaik keluaran Honda, Honda ELysion 2008 merupakan perubahan dari generasi pertama yang dibawa tahun 2004 ke Indonesia. Meskipun hanya mendapatkan masa juang yang relatif singkat, tetapi Elysion memberikan dampak yang signifikan untuk kehadiran MPV premium Honda yang dilanjutkan dengan Honda Odyssey.

Lihat juga

Review Honda City Tipe Z 2000: Jadul, Namun Responsif dan Eksklusif

03/03/2019

Editor rate:

Memasuki milenium baru, Honda membawa perubahan melalui Honda City Tipe Z 2000, sedan eksklusif yang menegaskan kemampuan Honda sebagai kendaraan yang mudah dikendarai serta mesin yang responsif di jalanan.

Lihat juga

Review Honda Civic TCR 2018: Civic Yang Lebih 'Atletis'

21/03/2019

Editor rate:

Inilah Honda Civic yang dipergunakan khusus untuk balap, uniknya mobil ini dibuat oleh pihak ketiga J.A.S Motorsport bekerja sama dengan J.A.S Asia dan hanya yang mempunyai nyali besar yang dapat mengendalikan Civic yang lebih 'atletis' ini secara baik. Inilah pendapat kami mengenai Honda Civic TCR 2018 yang sempat mejeng di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018

Lihat juga
back to top