[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Toleransi Polda Untuk STNK Yang Habis Masa Berlaku

24/12/2018

Pengemudian
Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Toleransi Polda Untuk STNK Yang Habis Masa Berlaku
Liburan Natal 2018 sudah dimulai sejak 23 Desember 2018 dan bakal segera disusul liburan Tahun Baru 2019. Kepolisian memberikan toleransi kepada para pemilik mobil dan sepeda motor yang masa berlaku STNK habis saat liburan untuk tetap bisa membayar pajak tanpa dikenakan denda.

Sebagaimana umumnya hari libur nasional dan hari besar keagamaan, sebagian besar layanan publik di kantor Samsat juga tidak beraktifitas di liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Bagi yang kebetulan masa berlaku STNK habis pada saat liburan, hal ini bisa menjadi kerisauan tersendiri, khawatir bakal terkena tambahan biaya denda.

>>> Cara Menghitung Pajak dan Denda STNK

Foto aktifitas di Samsat Jakarta Utara

Libur Natal dan Tahun Baru, semua layanan publik turut libur

Tapi ada kabar gembira, Polda di seluruh Indonesia menerapkan kebijakan sama dengan memberikan toleransi kepada para pemilik kendaraan yang masa berlaku STNK-nya habis saat liburan untuk bisa membayar sehari selanjutnya tanpa ada denda. Untuk periode liburan Natal 2018 yang dimulai tanggal 23 hingga 25 Desember sebagaimana disampaikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono kepada Kompas, pajak bisa dibayarkan tanggal 26 Desember tanpa harus membayar denda keterlambatan.

"Jadi yang habis pada 23 Desember, 24, 25, apabila membayar pajak tanggal 26 maka tidak akan dikenakan biaya tambahan atau denda. Tetapi, jika membayar pada tanggan 27-nya, kena denda," tutur Prahoro seperti dikutip dari Kompas, (23/12/2018).

>>> STNK Tak Diperpanjang, Kendaraan Bermotor Bisa Dianggap Ilegal Tak Berizin

Sementara untuk liburan Tahun Baru 2019 yang dimulai dari tanggal 29 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019, Polda memberikan toleransi pembayaran pajak pada tanggal 2 Januari 2019 tanpa dikenakan denda. Tidak berlaku untuk tanggal 3 Januari dan seterusnya.

"Lebih dari tanggal yang kami tentukan, maka dianggapnya telat dan harus membayar dendanya. Tetapi kalau bayar pada 2 Januari 2019, tidak akan dikenakan denda," lanjut Prahoro.

Kebijakan tersebut diberlakukan untuk seluruh Polda, untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya juga ikut menerapkan. "Sama seperti pada surat edaran yang sudah kami terima, dan sepertinya semuanya sama," tutur Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

STNK habis saat liburan Natal dan Tahun Baru bisa bayar setelahnya tanpa denda

So, bagi Anda yang yang berlaku STNK habis saat liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 tak perlu risau lagi. Anda bisa tetap liburan dengan tenang dan membayar pajak sehari setelah liburan tanpa denda keterlambatan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top