Review Honda Jazz i-DSI 2004: Cikal Bakal Compact Hatchback Terpopuler Di Tanah Air

31/07/2020

Share this post:

Honda Jazz 2004

Editor rate:

Rp. 75.000.000

Jual beli mobil Honda Jazz bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia Lihat promo

Honda Indonesia menggerbrak pasar anak muda dengan Honda Jazz di tahun 2004, inilah review Honda Jazz i-DSI 2004 yang jadi cikal bakal hatchback kompak pupuler

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Cikal Bakal Compact Hatchback Terpopuler Di Tanah Air
Review Honda Jazz i-DSI 2004: Cikal Bakal Compact Hatchback Terpopuler Di Tanah Air
0 Gambar

Pengantar Honda Jazz 2004

Mari kita simak spesifikasi Honda Jazz 2004 di bawah ini.

Kelebihan

Kepraktisan baik

Fitur ultraseat luar biasa

Mesin i-DSI hemat BBM

Resale value kuat bahkan hingga kini

Kekurangan

Power window di jendela pengemudi sering seret

Bantingan suspensi cenderung keras

Bila kurang perawatan CVT dan EPS rawan bermasalah

Mesin i-DSI punya performa lemah

Inilah salah satu mobil fenomenal di medio 2000 an yang membuka kelas baru pasar mobil anak muda di Indonesia. Lebih dahulu masuk di tahun 2001 via Importir Umum (IU) tidak membuat kiprah Honda Jazz di Indonesia bisa dipandang sebelah mata. Desain kompak, kabin praktis, dikombinasi dengan mesin yang hemat bahan bakar membuat mobil ini begitu digandrungi anak muda kala itu bahkan hingga kini.

Gambar Honda City AA alias Jazz 1982

Inilah cikal bakal lahirnya Honda Jazz yang kini populer itu

Berbeda dengan versi IU yang dijual dengan mesin 1.300 cc, PT Honda Prospect Motor (HPM) justru di tahun 2004 memasukkan Honda Jazz dengan mesin L15A 4-silinder 1.500 cc dengan teknologi i-DSI. Bisa dibilang Jazz saat itu tidak punya saingan berat, Suzuki Aerio maupun Hyundai Getz yang lahir lebih dulu seakan tak mampu membendung kesuksesan Honda Jazz di Tanah Air.

Gambar Honda Jazz i-DSI CKD 2004

Bahkan Suzuki Aerio dan Hyundai Getz tak mampu membendung hegemoninya

Alhasil Honda Jazz i-DSI langsung booming dan menjadi compact hatchback terpopuler di Tanah Air. Terlebih saingannya yang berlogo triple elips alias Toyota Yaris baru lahir tiga tahun kemudian. Namun, ada yang unik dengan Jazz di tahun 2004 ini, sebab tak banyak yang sadar jika ada dua versi yang dijual HPM di Tanah Air, yakni versi CBU dan CKD. Untuk 3 bulan pertama di 2004 sebenarnya Honda Jazz masih diimpor dari Thailand.

Gambar menunjukkan penjualan Honda Jazz booming

Penjualan Jazz termasuk sukses di masanya

Beda Honda Jazz CBU dengan CKD juga tidak banyak, sepengamatan tim Cintamobil.com bedanya hanya di kaca film samping yang tertulis Saint Gobain Sekurit, serta peleknya yang masih polished palang lima seperti pada mobil yang kami ulas kali ini. Namun, tidak ada beda lainnya yang mencolok, namun jika diperhatikan langsung mobil Jazz versi CBU terlihat sedikit lebih pendek dari versi CKD. Lantas, seperti apa istimewanya mobil ini? Mari simak review Honda Jazz i-DSI 2004 hingga tuntas.

Eksterior Honda Jazz 2004

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Tampilan Depan

Gambar tampilan Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Sosoknya yang imut membuatnya jadi favorit mahasiswi dan ibu-ibu muda

Tampilan depan Honda Jazz bermesin i-DSI ini tampak kalem nan feminin, dengan desain headlamp besar mirip tear drop yang membuatnya unik. Tak heran ia disukai oleh para kaum hawa terutama mahasiswi dan ibu-ibu muda. Bumper depannya juga polos tanpa adanya dudukan foglamp, jika ingin memasang lampu kabut opsional harus dipasang pada air dam bagian bawah yang sejajar bumper depan.

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Jazz i-DSI di foto ini adalah versi CBU

Lanjut ke tampilan samping Honda Jazz i-DSI 2004 ini, pelek 5 spoke serupa dengan Honda City i-DSI, digunakan pada Honda Jazz ini. Sebab, unit yang kami review kali ini adalah unit CBU Thailand, sedangkan versi CKD menggunakan desain 5 palang multi spoke yang lebih ‘berisi’. Posisi tutup tangki mobil ini berada di sebelah kiri, berlawanan dengan knalpot yang ada di sisi kanan.

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Tampilan belakangnya kalem

Pada bagian buritan Honda Jazz i-DSI 2004 ini juga tampil kalem, tidak ada sensor parkir maupun lekukan-lekukan sporty yang menggugah pada compact hatchback andalan PT HPM ini. Tidak seperti pada foto yang tampil terondol, Ia tetap dilengkapi dengan wiper belakang lengkap dengan washernya, serta terdapat ornamen kaca belakang yang berfungsi sebagai defogger untuk menghilangkan embun pada kaca belakang.


Interior Honda Jazz 2004

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Layout Dashboard & Setir

Gambar layout dashboard dan setir Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Layar head unit sulit terpantau di siang hari

Masuk ke bagian interior Honda Jazz i-DSI 2004 Anda akan disambut dashboard dengan desain membulat. Seluruh tata letak tombol mudah untuk dijangkau untuk pengemudi, sayangnya layar head unit sulit terpantau saat di siang hari, hal ini lantaran sudutnya kurang rebah dan membias dengan cahaya matahari. Namun, secara umum tidak ada komplain berarti mengenai Honda Jazz i-DSI 2004 ini.

Gambar layout dashboard Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Desain dashboard dominan membulat

Meski pada foto transmisi Jazz ini manual, namun Honda Jazz i-DSI 2004 adalah salah satu pionir yang yang menggunakan tombol pemindah gigi di setir untuk varian CVT. Fitur bernama steermatic ini dapat diakses langsung pada palang kanan dan kiri setir, tinggal tekan tombol ‘+’ untuk menaikkan posisi gigi dan ‘-’ untuk menurunkan posisi gear. Meskipun perpindahan gigi ini virtual, sebab Jazz generasi ini menggunakan transmisi CVT.

>>> Transmisi CVT adalah Transmisi Otomatis, Benar atau Salah?

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Kursi

Gambar kursi depan honda Jazz i-DSI CBU 2004

Kursi pengemudi telah dilengkapi height adjuster

Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di kabin Honda Jazz i-DSI 2004 ini, sebab ia memiliki kursi yang cukup menopang tubuh dengan baik. Meski tidak semua bangkunya dilengkapi dengan headrest maupun sabuk pengaman 3 titik dengan sistem ELR yang proper, namun pengaturannya cukup dapat diapresiasi, berkat hadirnya fitur ultra seat yang membuat fleksibilitas kabin Jazz ini begitu digdaya dan tak tersaingi oleh rivalnya.

Gambar kursi belakang honda Jazz i-DSI CBU 2004

Bahan jok masih fabric

Untuk kursi depannya dapat diatur maju dan mundur serta ketinggiannya melalui knop putar yang ada di sebelah kanan kursi. Semua Jazz yang dijual pada akhir 2003 dan diterima konsumen pada awal tahun 2004 masih menggunakan bahan fabric pada joknya. Namun, kualitas fabric pada kursi Honda Jazz i-DSI ini berkualitas baik dan cukup mampu menyerap panas sehingga nyaman saat diduduki.

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Bagasi

Gambar Bagasi Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Bagasi luas dan praktis

Honda kini dikenal sebagai produsen yang selalu mengeluarkan produk yang punya akomodasi baik dan kepraktisan yang tinggi. Tapi tahukah Anda, jika itu semua dimulai sejak kehadiran Honda Jazz i-DSI 2004 ini? Sejak kehadiran compact hatchback ini nyaris semua produk Honda kekinian punya kepraktisan dan akomodasi yang baik. Meskipun punya dimensi kecil, Jazz ini memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas.

Fitur Honda Jazz 2004

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Ultraseat

Gambar ultraseat Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Ultraseat jadi fitur andalan Honda Jazz

Bisa dibilang, fitur ultra seat merupakan salah satu fitur unggulan di kabin mobil kompak buatan Honda ini. Dengan fitur ultra seat ini, pemilik mobil dapat dengan leluasa mengatur kursi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, fitur ultra seat ini sudah menjadi nilai jual Honda Jazz saat pertama kali mengaspal di tanah air pada bulan Februari tahun 2003. Setidaknya ada empat mode yang disajikan oleh fitur ultra seat pada mobil ini. Yaitu Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode.

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Kompartemen Tempat Penyimpanan

Gambar laci tempat penyimpanan Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Jazz memiliki cukup banyak tempat penyimpanan

Jazz memiliki banyak tempat penyimpanan, laci terbuka di bawah dashboard contohnya yang dapat digunakan untuk meletakkan benda-benda kecil. Lalu tetap tersedia satu buah laci penyimpanan tertutup yang kapasitasnya cukup luas. Sayangnya, pada tahun tersebut mobil dengan cup holder banyak belum populer, karena Honda Jazz ini hanya memiliki dua buah cup holder yang ukurannya bisa dibilang sempit.

Operasi Honda Jazz 2004

Sesuai dengan namanya, Honda Jazz i-DSI 2004 ini memiliki mesin berteknologi i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition). Mesin ini memiliki output tenaga 88 PS atau sekitar 86,5 HP pada putaran mesin 5.500 rpm, dan torsi sebesar 128 Nm mulai dari 2.700 rpm saja. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni otomatis CVT dengan simulasi 7-percepatan Steermatic dan manual 5-percepatan.

Gambar mesin L15A i-DSI Honda Jazz

Mesin i-DSI mengandalkan 8 buah katup dan 8 buah busi

i-DSI adalah mesin pengembangan Honda dengan desain yang compact, ringan, dan mempunyai efisiensi tinggi. i-DSI merupakan mesin “seri-i” Honda yang kedua. Bentuknya yang ringkas dan ringan membuat Mesin i-DSI sebenarnya sangat sesuai untuk kendaraan berukuran compact seperti Jazz. Mesin i-DSI melakukan pembakaran yang lebih efisien, sehingga menghasilkan tenaga mobil yang lebih responsif, pemakaian bahan bakar yang paling hemat di kelasnya, dan emisi gas buang yang lebih bersih.

Gambar Honda Jazz VTEC 2005

Jika ingin akselerasi lebih responsif silahkan ambil varian VTEC

Sistem i-DSI mempunyai ruang pembakaran yang compact dan dua busi pada tiap silindernya. Sistem dual & sequential ignition mengatur waktu urutan pengapian dari kedua busi, yaitu pada langkah hisap dan langkah buangnya, berdasarkan kecepatan dan beban kerja mesin. Pengaturan ini memungkinkan pembakaran yang lebih cepat dan menyeluruh serta momen puntir yang besar pada kecepatan rendah-menengah. Sistem tersebut akhirnya menghasilkan keseimbangan tinggi antara pemakaian bahan bakar yang ekonomis dan tenaga yang cukup responsif meski tidak seagresif varian VTEC.

Spesifikasi Honda Jazz 2004

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Jazz i-DSI 2004.

Mesin Honda Jazz i-DSI 2004

Seri mesin

 L15A, 4-Silinder, SOHC, i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition)

Pasokan Bahan Bakar

 Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 8 Katup (1 Inlet & 1 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 86,5 Hp (88 Ps) @ 5.500 rpm

Torsi Maksimum

 128 Nm @ 2.700 rpm

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Bore X Stroke

 73.0 mm X 89.4 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT Simulasi 7-percepatan & Manual 5-percepatan (FWD)

Rangka Honda Jazz i-DSI 2004

Panjang X Lebar X Tinggi

 3,830 mm X 1,693 mm X 1,525 mm

Jarak Sumbu Roda

 2,450 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

Kapasitas Tangki

 42 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Jazz i-DSI 2004

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with coil spring & stabilizer

 Belakang: H-shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Mini MPV (Hatchback) B-Segment

Pelek

 Alloy, 14 inch

Jenis Ban

 Radial, 175/55 R14

Daftar Harga Honda Jazz 2004

Gambar tampilan belakang Honda Jazz i-DSI CBU 2004

Harga jual bekasnya masih sangat bertahan

Meski sudah berumur 16 tahun, namun harga jual dari Honda Jazz i-DSI 2004 ini masih sangat bertahan. Di pasar mobil bekas para pedagang menawarkan Jazz ini mulai harga Rp 65 juta hingga Rp 75 juta. Tak ada perbedaan harga antara versi CBU dengan CKD, namun itu semua tergantung dari kondisi aktual kendaraan, kelengkapan surat-surat, dan catatan servis mobil. Periksa dengan seksama mobil yang hendak Anda incar, sebab ia sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Kesimpulan Honda Jazz 2004

Gambar Honda Jazz i-DSI CKD 2004

Tak heran jika Jazz begitu digemari...

Honda Jazz i-DSI 2004 sukses menjadi cikal bakal compact hatchback populer di Tanah Air. Kepraktisan tinggi, desain yang menarik, hingga mesin yang irit menjadi daya tarik utamanya. Jika Anda tertarik dengan mobil ini pastikan Anda memeriksa catatan servisnya, dan pastikan mobil yang Anda incar tidak pernah kebanjiran atau terlibat dengan insiden yang berat. Namun, saran kami, sebaiknya Anda beli varian VTEC saja jika memiliki dana yang cukup, karena menawarkan performa yang jauh lebih baik dengan efisiensi BBM yang tidak jauh berbeda.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

15/04/2019

Editor rate:

Inilah Honda Jazz yang menjadi andalan tim Honda Racing Indonesia. Tim balap Honda yang dimotori oleh pebalap kawakan Alvin Bahar ini siap meramaikan dan mendominasi kejuaraan balap turing di Indonesia. Inilah review kami mengenai mobil Honda Jazz yang dipakai oleh ia di tahun 2019 ini.

Lihat juga

Review Honda Jazz RS CVT 2017

19/04/2019

Editor rate:

Inilah mobil yang membuka kelas baru pasar mobil anak muda di Indonesia, meski kini kehadirannya sudah bergeser ke konsumen yang lebih mapan namun tetap saja kiprah Honda Jazz di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil ini sempat mengalami ubahan minor di tahun 2017, so inilah ulasan kami mengenai Honda Jazz tipe RS 2017

Lihat juga

Review Honda Jazz 2014

28/12/2018

Editor rate:

Lahir sejak tahun 2004 kini Honda Jazz menjelma menjadi sebuah hatchback alias mini MPV yang paling diperhitungkan oleh rival-rivalnya, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Berikut ini review Honda Jazz 2014 oleh kami Cintamobil.com

Lihat juga

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga

Review Honda Jazz 2010

22/01/2018

Editor rate:

Honda Jazz merupakan salah satu mobil hatchback yang cukup poopuler di Indonesia. Sejak kemunculannya di awal tahun 2000-an, mobil ini sangat identik dengan jiwa anak muda yang stylish dan juga dinamis. Apa spesifikasi Honda Jazz 2010? Simak tulisan ini.

Lihat juga