Komparasi Yaris Vs Jazz, Mobil Yang Cocok Untuk Kawula Muda

20/09/2021

Jual beli

7 menit

Share this post:
Memilih Yaris Vs Jazz bisa membuat seseorang merasa bingung. Apalagi kedua mobil tersebut sama-sama mempunyai tampilan yang sporty dan cocok bagi anak muda untuk mobilitasnya.

Apabila membahas mengenai mobil Hatchback dengan tampilan sporty, maka banyak orang akan melirik mobil Honda Jazz dan Toyota Yaris. Dimana persaingan Yaris vs Jazz mengingat kedua mobil ini sama-sama kompak dan menawarkan tampilan yang stylish.

Bahkan kehadiran 2 mobil tersebut juga terdapat perbedaan dan melakukan persaingannya di kelas yang sama. Keduanya cocok sebagai kendaraan anak muda, hanya saja untuk Honda Jazz sekarang sudah digantikan oleh All New City Hatchback yang diluncurkan pada bulan Maret 2021. Sedangkan Yaris mendapatkan DNA GR Sport sehingga tampilannya lebih sporty.

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Jazz tampak depan

Honda Jazz sudah jadi mobil kawula muda sejak awal kehadirannya

Disamping hal tersebut, berikut komparasi Honda Jazz Vs Toyota Yaris terbaru yang bisa dijadikan referensi atau pengalaman membeli mobil sendiri.

Perbedaan Dimensi Yaris Vs Jazz

Seperti yang telah disebutkan, bahwa desainnya sama-sama sporty dan cocok untuk anak muda. Hanya saja terdapat perbedaan pada bagian dimensinya, Honda Jazz mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan Yaris walaupun terpaut sedikit.

Honda Jazz mempunyai panjang 4.035 mm dengan lebar 1.694 mm dan tingginya adalah 1.524 mm. Sementara untuk Yaris memiliki panjang 4.145 mm dengan lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Pada sisi jarak sumbu roda juga terpengaruh dengan perbedaan dimensinya. Dimana Yaris punya jarak sumbu roda 2.550 mm dan Honda Jazz adalah 2.350 mm.

Perbedaan Mesin Honda Jazz Vs Yaris

Apabila melihat kubikasinya hanya terdapat perbedaan sedikit yakni 1.497 cc untuk mobil Honda Jazz dan Yaris 1.496 cc. Namun keduanya sama - sama 1.5L. Meskipun begitu, dari segi torsi dan tenaga maksimalnya ternyata terdapat perbedaan. Pada mobil Honda Jazz menggunakan mesin 4 silinder SOHC i-VTEC yang dapat menghasilkan torsi maksimal sebesar 145 Nm/ 4.600 Rpm dan tenaganya adalah 118 dk/ 6.600 Rpm.

Kemudian untuk Toyota Yaris menggunakan mesin 4 silinder DOHC Dual VVT-i. Tenaga maksimalnya adalah 105 dk/ 6.000 Rpm dengan torsi puncaknya mencapai 137 Nm/4.200 Rpm. Soal pengereman, perbedaan di bagian belakang. Untuk rem depan keduanya memakai cakram, sedangkan rem belakang Yaris pakai cakram dan Honda Jazz pakai tromol. Keduanya juga sama-sama menggunakan sistem penggerak roda depan.

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Yaris

Jazz dan Yaris sama-sama gunakan mesin 1.5 L

Perbedaan Fitur Yaris Vs Jazz

Fitur menjadi salah satu pembanding antara kedua mobil tersebut saat ingin membeli mobil. Mengingat dari segi dimensinya tidak terpaut terlalu jauh, begitupun dengan mesinnya. Soal fitur kadang seseorang memilih yang lebih lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan berkendara.

Fitur Eksterior Yaris Vs Jazz

Pembahasan awal pada bagian perlampuan yang dimiliki, untuk lampu utama Yaris menggunakan LED Multi Reflector dan Honda Jazz menggunakan full LED. Sementara lampu kabut sama-sama memakai LED. Hanya saja untuk fog lamp Jazz masih Halogen tapi Yaris sudah LED. Di bagian belakang lampu Yaris memakai LED bar dan Jazz LED titik.

Perbedaan lainnya terdapat pada bagian antena yang tentunya mempengaruhi tampilan sporty yang dimiliki. Dimana antena milik Honda Jazz masih biasa namun untuk Yaris telah dibekali dengan model Shark Fin atau yang dikenal dengan sirip hiu.

Fitur Interior Yaris Vs Jazz

Tidak hanya eksterior, di dalam interior mobil juga terdapat perbedaan dan juga persamaannya. Untuk bagian kunci sama-sama mengandalkan Keyless engine start stop button. Sementara untuk cruise control hanya diberikan pada Honda Jazz, sementara Yaris masih belum mendapatkannya.

Pada Electric Mirror dan Electric Retract, keduanya sama-sama memilikinya. Sementara di bagian layar instrumen terdapat perbedaan, dimana yaris pakai MID TFT sedangkan Jazz pakai MID. Bahkan pengaturan setir lebih lengkap Honda Jazz karena dapat diatur Tilt dan Telescopic, sedangkan Yaris hanya Tilt saja.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Yaris

Desain interior sama-sama menarik dan berkapasitas 5 penumpang

Fitur Keselamatan Yaris Vs Jazz

Di bagian fitur keselamatan, yang paling tampak adalah pada bagian Airbags. Dimana pada Yaris terdapat pilihan 3 atau 7 Airbags, sementara Jazz hanya Dual SRS Airbags. Fitur Stability Control dan Brake Assist juga telah diberikan pada Yaris. Adapun fitur keselamatan lain yang keduanya memilikinya adalah sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), ISOFIX dan Seatbelt 3-point dengan pretensioner dan force limiter.

Melihat komparasi Jazz Vs Yaris yang telah disebutkan di atas, tentunya bisa menjadi pandangan bagi Sobat yang bingung memilih kedua mobil tersebut. Jika menginginkan yaris yang mempunyai tampilan sporty, maka dapat membeli model terbarunya yakni Yaris GR Sport yang telah dibekali dengan body kit.

Harga Mobil  Yaris Vs Jazz

Ketika membahas mengenai harga tentunya yang sangat membedakan adalah kondisinya. Mengingat Honda Jazz sudah tidak diproduksi lagi, jadi bisa saja untuk mobil barunya sudah tidak ada atau sudah tinggal sedikit. Sobat bisa menanyakan stok kepada pihak dealer apakah masih ada sisa mobil Honda Jazz atau tidak.

Namun bila membeli mobil baru, Toyota Yaris masih ada pilihannya yakni tipe G 1.5 MT dan CVT dengan pilihan 3 atau 7 Airbags. Jika ingin yang lebih sporty pilihannya adalah Yaris GR Sport. Berikut ini kami berikan harga mobil Toyota Yaris dalam kondisi baru dan juga Honda Jazz dalam kondisi bekas.

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Jazz putih tampak depan

Sayangnya Honda Jazz digantikan dengan City Hatchback pada Maret 2021

Harga Toyota Yaris Baru dilansir dari laman resmi Toyota pada bulan September 2021

TIPE

HARGA

Yaris 1.5 G MT 3 AB

Rp 262.500.000

Yaris 1.5 G MT 7 AB

Rp 267.400.000

Yaris 1.5 G CVT 3 AB

Rp 273.100.000

Yaris 1.5 G CVT 7 AB

Rp 278.000.000

Yaris GR Sport MT 3 AB

Rp 283.700.000

Yaris GR Sport MT 7 AB

Rp 288.600.000

Yaris GR Sport CVT 3 AB

Rp 295.100.000

Yaris GR Sport CVT 7 AB

Rp 299.900.000

Harga Bekas Honda Jazz Vs Toyota Yaris

Honda Jazz

TAHUN

HARGA

Honda Jazz 2004 - 2009

Rp 60 juta - Rp 133 juta

Honda Jazz 2010 - 2015

Rp 125 juta - Rp 209 juta

Honda Jazz 2020

Mulai Rp 232 jutaan

Honda Jazz 2019

Mulai Rp 228 jutaan

Honda Jazz 2018

Mulai Rp 188 jutaan

Honda Jazz 2017

Mulai Rp 189 jutaan

Honda Jazz 2016

Mulai Rp 175 jutaan

Toyota Yaris

TAHUN

HARGA

Toyota Yaris 2009

Rp 72,5 juta - Rp 87 juta

Toyota yaris 2010 - 2015

Rp 93 juta - Rp 179 juta

Toyota Yaris 2016

Mulai Rp 150 jutaan

Toyota Yaris 2017

Mulai Rp 165 jutaan+

Toyota Yaris 2018

Mulai Rp 166 jutaan

Toyota Yaris 2019

Mulai Rp 185 jutaan

Toyota Yaris 2020

Mulai Rp 228 jutaan

Nb. Harga mobil bekas yang telah disebutkan referensi diambil dari list mobil dijual di Cintamobil.com.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris kuning tampak depan dan kiri

Toyota Yaris juga tidak kalah peminat di kalangan anak muda

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komparasi mobil Yaris Vs Jazz. Semoga bandingkan tersebut menjadi tips & trik yang berharga dan menghilangkan kebingungan saat ingin memilih mobil antara Toyota Yaris Vs Honda Jazz.

>>> Duo Kembar LCGC Indonesia, Cari Tau Bedanya Ayla vs Agya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang perlu dipertimbangkan saat beli mobil bekas antara yaris dan Jazz?
Karena keduanya dalam segmen sama, pilih yang kondisinya paling istimewa.
Apakah Toyota Yaris dan honda Jazz keluaran awal masih cocok dipakai sampai saat ini?
Masih, dengan catatan kondisi mobil prima dan perawatan yang dilakukan tertib.
Apakah masih ada stok Honda Jazz baru?
Soal hal tersebut tanya dealer terdekat dan menghubungi dealer-dealer lain. Mengingat produksinya sudah diberhentikan oleh pihak Honda.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top