Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019, Confero Dengan Semangat MATIC = Macet Tidak Capek

23/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 3,8
Setelah kami membahas lengkap tentang Wuling Confero S yang merupakan salah satu mobil paling mengejutkan dan membuat rival-rivalnya asal Jepang melirik. Kini kami persembahkan review dan test drive Wuling Confero S ACT 2019 yang mengusung semangat MATIC alias Macet Tidak Capek.

PENGANTAR Wuling Confero 2019

Gambar menunjukkan sebuah Mobil Wuling Confero S ACT 2019 Sebelum Diperkenalkan

Disamping pengenalan Wuling Cortez CT 2019 yang sudah bermesin turbo, Wuling juga memperkenalkan Confero 'Matic'

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019  - Salah satu yang jadi kejutan bagi kami saat Wuling Media Drive kemarin di sirkuit Sentul, adalah hadirnya Wuling Confero S dengan varian 'matic'. Mengapa kami memberi tanda petik pada kata matic-nya, karena menurut kami ini adalah Wuling Confero S dengan semangat Matic alias saat digunakan pada kemacetan jalan ia tidak lekas membuat capek pengemudinya, atau mudahnya macet tidak capek.

Gambar menujukkan desain Emblem Wuling Confero S ACT 2019

Wuling Confero S adalah salah satu produk best seller dan volume maker dari PT SGMW Motor Indonesia

Kehadirannya di tanah air dapat dikatakan tepat, karena meski Wuling Confero S merupakan produk yang jadi best seller dan volume maker PT SGMW Motor Indonesia, namun pada kenyataannya ia mendapat banyak pukulan telak dari para rivalnya. Salah satunya PT Toyota Astra Motor yang awal tahun bulan Februari 2019 ini meluncurkan penyegaraan dari produknya Toyota Avanza.

Gambar menujukkan tampilan tuas transmisi Wuling Confero ACT 2019

Transmisi e-Clutch lansiran Schaeffler aseli Jerman ini menawarkan pengalaman mengemudi yang berbeda

Tentu saja ini merupakan strategi yang tepat bagi Wuling Motors agar lebih menancapkan kukunya di Indonesia. Maklum saja, sejak melenggang di pasar mobil Indonesia sejak 3 tahun lalu, Wuling Confero S belum ada varian bertransmisi selain manual 5 percepatan konvensional. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil Wuling Confero S ACT (Automatic Clutch Transmision) 2019 ini? Simak terus artikel ini.

EKSTERIOR Wuling Confero 2019

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Tampilan Depan

Gambar menujukkan Tampilan depan mobil Wuling Confero S ACT 2019

Tidak ada ubahan apapun pada Wuling Confero S ACT 2019 ini di tampilan depannya

Wuling Confero S ACT 2019 kami prediksi akan menjadi varian Wuling Confero tertinggi dan termahal di Indonesia. Namun, yang sangat disayangkan tak ada ubahan apapun yang terlihat dari tampilan eksterior depan Wuling Confero S ACT 2019 ini. 

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Tampilan Samping

Gambar menujukkan Tampak tampilan samping Wuling Confero S ACT 2019

Tampilan eksterior samping pun tak ada ubahan apapun pada Wuling Confero S ACT 2019 ini

Ke bagian samping Wuling Confero S ACT 2019 ini sama saja seperti tampilan depannya, tidak ada ubahan apapun yang dilakukan oleh PT SGMW Motor Indonesia pada volume maker-nya ini. Oh, come on Wuling Indonesia berilah sedikit sentuhan ringan pada LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) andalan jualanmu ini.

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menujukkan Tampak tampilan Belakang Wuling Confero S ACT 2019

Tampilan belakang dari mobil Wuling Confero ACT 2019 ini pun tak ada bedanya dengan yang sudah beredar

Tampilan eksterior belakang dari mobil Wuling Confero ACT 2019 ini pun juga tidak ada bedanya dengan Wuling Confero S yang telah banyak lalu lalang di jalanan Indonesia. Entah kenapa Wuling Indonesia malas memberi emblem tambahan yang dapat sedikit membedakan varian baru ini dari yang sebelumnya. Kami harap PT SGMW Motor Indonesia mendengarkan kritik membangun dari kami ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Wuling Confero 2019

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Layout Dasbor

Gambar menujukkan Tampak Layout dasbor Wuling Confero S ACT 2019

Layout dasbor pun sama dengan yang sudah beredar, namun ada aksen yang jadi pembeda

Senada dengan tampilan eksteriornya, Wuling Confero S ACT 2019 ini layout dasbornya sama saja dengan Confero yang telah beredar di Indonesia, namun jika Anda sedikit jeli maka akan terlihat sedikit aksen yang jadi pembeda. Yakni, panel motif karbon hitam yang ada di Confero S manual, kini berganti menjadi panel karbon dengan warna merah. Ini dilakukan agar senada dengan kulit pembungkus jok warna hitam dengan jahitan merah yang terlihat lebih sporti.

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Kursi

Gambar menujukkan desain Kursi Wuling Confero S ACT 2019

Pilihan jok captain seat pun juga tersedia di Wuling Confero S 'Matic' ini

Jok yang disebut oleh Wuling Indonesia dengan sebutan black ambience with red stitches ini sebenarnya terlihat biasa, namun yang kami senangi adalah saat diduduki bahan pelapis ini terasa empuk dan lembut. Jelas, ini akan membuat rasa nyaman ketika di dalam kabin mobil Confero S ACT 2019 ini. Apalagi, pilihan jok model captain seat dengan arm rest juga tetap tersedia pada Wuling Conferi S Matic ini. Oh ya, untuk kursi pengemudi kini dapat diatur naik dan turun ya.

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Bagasi

Gambar menujukkan desain bagian Bagasi Wuling Confero S ACT 2019

Kapasitas bagasi dari Wuling Confero series merupakan salah satu yang terbaik di kelas LMPV

Salah satu hal yang kami sukai dari interior Wuling Confero series adalah kapasitas bagasinya yang luas serta terbaik di kelas LMPV. Dan Wuling Confero S ACT ini bukanlah suatu pengecualian. Sayangnya meski kapasitas bagasinya luas, namun bukaan pintu bagasi mobil ini berat, agak merepotkan bagi pengendara wanita. Belum lagi mekanisme pelipatan bangku baris ketiganya yang tidak dapat dibuat rata lantai, ini agak mengganggu.

>>> Baca juga:

FITUR Wuling Confero 2019

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Immobilizer & Anti-Theft System

Gambar menujukkan Tampak Immobilizer And Anti-Theft System Wuling Confero S ACT 2019

Kunci Wuling Confero S ACT 2019 ini model lipat dan punya fitur lengkap

Model kunci Wuling Confero S ACT 2019 ini adalah model lipat, model kunci seperti ini seakan meniru mobil Eropa dan Amerika lawas. Meski demikian, kunci Wuling Confero S ACT ini punya fitur lengkap, seperti immobilizer serta dapat mengontrol buka tutup kaca dan kunci bagasi. Oke juga...

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : ABS & EBD

Gambar menujukkan Tampak ABS & EBD Wuling Confero S ACT 2019

Rem cakram pada keempat roda membuat Anda tak perlu risau dengan keamanannya

Salah satu hal yang termasuk istimewa pada Wuling Confero dibandingkan dengan rival sekelasnya adalah penerapan rem cakram pada keempat roda. Dan Wuling Confero S ACT 2019 ini bukanlah suatu pengecualian. Apalagi ABS (Anti-Lock Brake Distribution) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution) sudah tersemat pada sistem pengeremannya.

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Leveling Headlamp

Gambar menujukkan Tampak Leveling Headlamp Wuling Confero S ACT 2019

Arah sorot dari lampu utama pada mobil ini dapat diatur secara manual

Salah satu fitur juga yang tidak dimiliki oleh rival sekelasnya adalah leveling headlamp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengubah arah sorot dari lampu utama di mobil ini secara manual, Anda hanya perlu menggeser naik dan turun tuas pengatur yang jadi satu dengan tombol tuas pembuka tutup tangki BBM.

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019 : Electric-Adjustable Foldable Mirror

Gambar menujukkan Tampak Saklar Power Window Wuling Confero S ACT 2019

Salah satu fitur baru yang ada pada Wuling Confero S ACT 2019 ini adalah spion lipat elektris

Salah satu fitur baru yang disematkan pada Wuling Confero S ACT 2019 ini adalah spion lipat elektris, atau bahasa keren-nya Electric Adjustable Foldable Mirror. Anda tinggal putar tuas yang menyatu pada tombol power window di sisi pengemudi.

>>> Klik sini untuk melihat daftar mobil Wuling dijual di pasar Indonesia dengan harga terbaik

OPERASI Wuling Confero 2019

Gambar menujukkan Tampak Mesin L2B Wuling Confero S ACT 2019

Wuling Confero S ACT 2019 masih menggendong unit mesin berkode L2B

Mesin Wuling Confero S ACT ini masih menggendong unit berkode L2B, spesifikasi lengkapnya dapat Anda tengok di boks spesifikasi. Mesin ini punya karakter overstroke yang mana bagus semburan torsi di putaran bawahnya oke untuk menggendong bodi berat Wuling Confero. Mesin ini menyalurkan tenaganya ke roda belakang melalui transmisi e-Cluctch bikinan Schaeffler yang aseli Jerman. Schaeffler sudah memiliki reputasi yang baik untuk mendevelop transmisi semi otomatis.

Gambar menujukkan desain bagian aktuator e-Clutch Schaeffler Wuling Confero S ACT 2019

Itu dia aktuator e-Clutch yang berfungsi memerintahkan perpindahan gigi di mobil ini

Cara kerja dari e-Clutch ini mengandalkan aktuator yang berfungsi untuk membebaskan gesekan kopling saat perpindahan gigi. Saat mobil dijalankan pertama kali, ada sensor khusus yang mendeteksi tangan kita di tuas transmisinya. Kalau saat mulai berjalan di gigi 1 tangan Anda menempel pada tuas transmisi, putaran mesin akan ‘dipaksa’ turun. Namun, ini hanya berlaku pada gigi 1 saja. Untuk perpindahan gigi dari gigi 2 ke gigi 3 hingga seterusnya sampai gigi 6. 

Gambar menujukkan Pedal Gas Dan Rem Wuling Confero S ACT 2019

Sistem e-Clutch tidak membutuhkan pedal kopling, sayangnya tidak ada foot rest di mobil ini

Selain aktuator dan sensor, sistem ini juga pakai tekanan hidrolis untuk membebaskan kopling. Sistem e-Cluctch ini akan bekerja ketika tuas dipindah dan sewaktu idle (kondisi gigi masuk). Asyiknya, pindah gigi pada mobil ini seperti motor bebek lama, karena dapat dilakukan dalam kondisi hingga rpm tinggi. Namun saran kami pindahkan saja posisi gigi saat putaran mesin antara 2500 rpm hingga 3000 rpm. Benar-benar solusi MATIC alias Macet Tidak Capek.

Tampak tuas transmisi Wuling Confero S ACT 2019

Pindahkan gigi seperti biasa saja

>>> Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero S 2017

spesifikasi Wuling Confero 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Confero ACT 2019.

Spesifikasi Wuling Confero ACT 2019

Tipe Mesin

L2B, In-line 4 cylinders, P-TEC, DVVT, Indirect Injection

Kapasitas Silinder

1.485 cc

Rasio Kompresi

10,5 : 1

Bore X Stroke

74,7 mm X 84,7 mm

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Piston)

Tenaga Maksimum

107 Hp @ 5.800 rpm

Torsi Maksimum

142 Nm @ 3.800 rpm - 4.400 rpm

Transmisi

ACT, Penggerak Roda Belakang, 6 Percepatan

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Dimensi Wuling Confero ACT 2019

P X L X T

4.530 mm x 1.691 mm x 1.730 mm

Jarak Sumbu Roda

2.720 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

N/A

Berat

N/A

Min. Turning radius

5,5 Meter

Ukuran Ban & Pelek

GT Radial Champiro ECO 195/60 R16 Alloy Wheel

Kapasitas tangki

42 Liter

Suspensi Wuling Confero ACT 2019

Suspensi depan

McPherson Strut Coil Spring

Suspensi Belakang

Coil Spring, Semi Independent Suspension

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Disc

kelebihan & kekurangan Wuling Confero 2019

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Wuling Confero S ACT 2019 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Transmisi Memudahkan

Belum Di Jual

Fitur Berlimpah Di Kelasnya

Disinyalir Bodinya Berat

Disinyalir Akan Menambah Irit BBM

Jaringan Purnajual Belum Kuat

daftar harga Wuling Confero 2019

Mobil ini belum diumumkan harga resminya, namun kami meyakini ini akan jadi varian Wuling Confero dengan tipe tertinggi, maka secara otomatis ia akan dibanderol paling mahal, namun mungkin PT SGMW Motor Indonesia selaku pemegang merek Wuling, akan memberi kejutan di gelaran IIMS 2019. Berikut Cintamobil.com  memaparkan daftar harga Wuling Confero di berbagai tipenya.

Tipe Mobil

Harga Wuling Confero Baru (OTR)

Wuling Confero S 1.5 MT Double Blower

Rp143,800,000

Wuling Confero S 1.5 C MT

Rp162,800,000

Wuling Confero S 1.5 C Lux MT

Rp164,800,000

Wuling Confero S 1.5 C Lux + MT

Rp165,800,000

Wuling Confero S 1.5 L MT

Rp174,800,000

Wuling Confero S 1.5 L Lux MT

Rp176,800,000

Wuling Confero S 1.5 L Lux + MT

Rp178,800,000

Video Wuling Confero 2019

KESIMPULAN Wuling Confero 2019

Gambar menujukkan sebuah mobil Wuling Confero S ACT 2019 berwarna perak dilihat dari sisi depan

Apakah Wuling Confero S ACT 2019 ini layak dimiliki?

Jadi apakah mobil ini layak untuk Anda? Tentu saja ya! Kami berani bilang demikian karena melihat price to feature and price to value mobil ini sangat baik. Hanya dengan mengeluarkan uang yang tidak seberapa alias tidak semahal rivalnya Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur banyak, kualitas memadai, dan nyaman karena berkabin luas. Kami harap saat pengumuman harganya di event IIMS 2019 tidak naik banyak dari Confero S lama.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil