Review Daihatsu Tanto Custom 2019, Keajaiban Saat Membuka Pintu

27/07/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,8
Mobil keluarganya orang Jepang ini hadir di Indonesia, namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu Tanto yang mejeng di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 ini adalah generasi terbaru dari mobil yang populer di negara matahari terbit tersebut. Inilah ulasan Daihatsu Tanto Custom 2019 yang punya keajaiban tersendiri saat Anda membuka pintu kiri mobil ini.

PENGANTAR Daihatsu Tanto 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto Custom 2005 1st Gen

Inilah Daihatsu Tanto Custom generasi pertama yang lahir pada tahun 2005

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 - Berbicara mengenai mobil Daihatsu Tanto, tentunya tidak afdol jika kita tidak berbicara mengenai mobil Kei Jidosha atau yang lebih akrab disapa Kei Car. Mobil berjenis Kei Car ini sangat dicintai rakyat Jepang. Kei Car ini ibaratnya jika di Indonesia kelasnya masuk seperti Low Cost Green Car alias LCGC. Karena mobil dikelas ini mendapat regulasi teknis yang ketat, baik secara desain, hingga mesinnya. Daihatsu Tanto sendiri baru muncul di Jepang pada tahun 2003, tidak lama setelah konsep mobil ini mendarat di negeri Sakura tersebut pada tahun yang sama.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto Custom 2008 2nd Gen

Berselang 3 tahun kemudian, Daihatsu Tanto Custom lahir generasi keduanya

Daihatsu Tanto Custom baru diperkenalkan 2 tahun setelahnya, yakni tahun 2005. Tambahan nama "custom" dibelakang nama Tanto, menandakan varian ini  adalah Daihatsu Tanto fullspec alias Tanto dengan fitur terlengkap dan juga hadir dengan tampilan yang lebih sporti. Maka jangan heran, jika nama tipe-tipe Daihatsu di Indonesia pun mengikuti seperti di Jepang ini, seperti X, R, dan Custom untuk yang termahal. Sebagai info saja, generasi pertama ini kurang diterima dengan baik, hingga muncul generasi kedua di tahun 2008 yang mana penjualannya meledak di Jepang, hal tersebut karena pintu sliding door serta pengaturan kursinya praktis. 

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto Custom 2010 2nd Gen Facelift

Daihatsu Tanto Custom mendapat penyegaran 2 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2010

Dua tahun berjalan, penjualan mobil Daihatsu Tanto Custom generasi kedua ini begitu baik, sehingga Daihatsu sepertinya mencoba untuk bereksperimen kembali menggunakan bukaan pintu belakang "normal" dengan melakukan facelift di 2010. Namun, lagi-lagi desain bukaan pintu sliding door yang membuat pillar B di sebelah kiri 'hilang', jauh lebih disukai dibandingkan Tanto Custom dengan bukaan pintu normal. Walhasil, untuk Daihatsu Tanto generasi ketiga, baik yang tipe Custom maupun non Custom sudah menggunakan fitur pintu geser di bagian belakangnya.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto Custom 2013 3rd Gen

Ubahan lumayan besar dari Daihatsu Tanto Custom terjadi pada tahun 2013 yang mana masuk generasi ketiga

Daihatsu Tanto generasi ketiga hadir pada tahun 2013, dan publik Jepang sangat menantikan kehadiran mobil ini. Ia hadir dengan tampilan lebih sporti dan juga modern, apalagi untuk yang tipe Customnya. Tak heran Daihatsu sempat punya slogoan "We Make It Compact", sebab pabrikan yang satu grup dengan Toyota ini seakan memiliki bakat untuk melahirkan mobil-mobil yang kompak, menyenangkan, dan fun. Panjualan Daihatsu Tanto dan Daihatsu Tanto Custom generasi ketiga ini sama suksesnya dengan generasi kedua, sehingga ada kesan Daihatsu agak takut-takut mengubah desain banyak-banyak dari mobil ini pada generasi berikutnya.

gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 4th Gen

Hanya berselang 10 hari sejak kemunculannya di Jepang, Daihatsu Tanto Custom dipamerkan di Indonesia

Dan benar saja, Daihatsu Tanto generasi keempat lahir dengan bentuk yang tak jauh beda dengan generasi ketiga. Namun jangan salah, meski terkesan hanya berbeda sedikit saja, tetapi Daihatsu Tanto dan Daihatsu Tanto Custom terbaru ini sudah mengusung basis baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Konsep DNGA ini merupakan konsep baru dari Toyota Group (termasuk juga Daihatsu) untuk memikirkan desain mobil dari pertama kali perancangannya. Gampangnya, mereka menyederhanakan basis mobil, seperti rancang bangun rangka dan power train agar serupa dan dapat digunakan dengan produk lainnya.

Gambar menunjukkan sebuah Mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Daihatsu Tanto Custom yang dipajang di ajang GIIAS 2019 ini merupakan Tanto Custom termahal yakni RS 4WD

Kembali ke mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 yang dipamerkan pada booth Daihatsu di ajang GIIAS 2019, Tanto Custom ini merupakan varian Tanto Custom versi termahal, yaitu RS dan sudah mengusung mesin 3 silinder turbocharger 660 cc untuk menggerakkan keempat rodanya (4WD). Daihatsu mengklaim, bahwa konsep DNGA yang diusung oleh Daihatsu Tanto Custom ini masih relevan 10 tahun kedepan. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini? Simak terus review Daihatsu Tanto Custom 2019 ini.

EKSTERIOR Daihatsu Tanto 2019

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Tampilan Depan

Sebuah model sedang memfoto dengan mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 berwarna merah dari sisi depan

Tampilan depan dari Daihatsu Tanto Custom 2019

Tampilan depan dari mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini begitu unik, bukan karena mobil ini tidak terlihat di jalanan Indonesia, tetapi karena begitu unik. Lihat saja bentuk grillnya yang memanjang dan seakan 'memotong' headlamp dengan bohlam tipe LED (Light Emitting Diode)-nya. Aksen bumpernya juga keren dengan bentuk X. Satu hal yang kami suka, meski mobil ini juga banyak aksen kromnya, namun penempatannya pas dan terlihat proporsional. Welldone Daihatsu.

Gambar menunjukkan desain bagian lampu depan Daihatsu Tanto Custom 2019

Headlamp seolah terbelah oleh grill membuat tampilan yang unik dari Tanto Custom ini

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Daihatsu Tanto Custom 2019 berwarna merah

Tampilan boxy begitu mendominasi tampilan samping dari mobil Daihatsu Tanto Custom ini

Beralih ke tampilan samping mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini, terlihat begitu jelas jika bentuk boxy sangat mendominasi tampilan samping mobil ini. Namun, hal tersebut bukanlah berita buruk, mengingat berkat bentuknya yang dominan mengkotak ini membuat kelegaan kabin dari Tanto Custom ini luar biasa. Kami dari Cintamobil.com sudah mencoba sendiri untuk masuk kedalam kabin, dan merasakan luar biasa leganya kabin dari mobil ini.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Daihatsu Tanto 2019 dengan Built In B Pillar

Ketika pintu sebelah kiri dibuka, terlihat seakan tanpa pillar B, padahal pillar tersebut terintegrasi

Keistimewaan Daihatsu Tanto Custom 2019 ini tidak hanya sampai disitu saja, ketika pintu sliding door elektris mobil ini dibuka, dan pintu depan kiri pun ikut terbuka maka Anda tidak akan menemui pillar B pada mobil ini. Tapi, bukan berarti Daihatsu Tanto Custom 2019 ini tidak dilengkapi dengan pillar B, namun pillar-pillar tersebut telah terintegrasi pada masing-masing pintu sebelah kirinya. Hal ini membuat proses keluar dan masuk mobil dari samping kiri lebih mudah.

Gambar menunjukkan desain bagian Spion mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Spion kecil terintegrasi ini akan memudahkan Anda ketika hendak parkir

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 berwarna merah

Tampilan belakang dari mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini begitu sporti namun tak meninggalkan kesan elegan

Lanjut ke tampilan belakang dari eksterior Daihatsu Tanto Custom 2019 ini, aura yang begitu sporti ditonjolkan oleh mobil ini, tapi juga tak meninggalkan kesan elegan. Bentuk sporti Tanto Custom ini diwakili dari bentuk bumper belakangnya yang cukup progresif, sementara aura elegan terlihat dari bentuk stoplampnya yang memanjang vertikal dari atas ke bawah serta pakai latar putih dan bohlam LED.

Gambar menunjukkan Bagian belakang mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Pelek ring 15 dengan desain two tone machining alloy membuat tampilan mobil ini lebih menarik

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Tanto 2019

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Aura modern Daihatsu Tanto Custom 2019 ini sangat terwakili dari desain dasbornya

Mobil-mobil khas Kei Car bikinan Daihatsu identik dengan bentuk yang mini namun hadir dengan kepraktisan luar biasa. Dan Daihatsu Tanto Custom 2019 ini bukanlah suatu pengecualian, banyak tempat penyimpanan di dasbor mobil ini, dari mulai yang tertutup hingga terbuka. Rasanya sangat menyenangkan duduk dibalik kemudi mobil ini maupun jadi penumpang depannya. 

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Bagasi & Fleksibilitas Kursi

Gambar menunjukkan Bagasi Mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Bentuk kecil namun ditantang membawa banyak barang? Siapa takut...

Inilah pintarnya Daihatsu dalam mendesain mobil kompak. Meski bentuknya imut-imut, namun jangan sesekali Anda meragukan kemampuannya dalam membawa banyak barang. Karena kepraktisan mobil ini sungguh luar biasa. Berkat bentuknya yang meninggi serta wheelbase hingga 2,469 mm membuat para insinyur Daihatsu leluasa dalam mendesain mobil yang praktis. Coba Anda lihat sendiri foto-foto kami terhadap mobil ini.

Gambar menunjukkan Fleksibilitas Kursi Daihatsu Tanto Custom 2019

Inilah fleksibilitas pengaturan kursi di kabin Daihatsu Tanto Custom 2019

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Bentuk setirnya modern dan dipenuhi beragam tombol multifungsi

Lingkar kemudi dari mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini diameternya pas dan begitu nyaman untuk digenggam. Sebab sudah dilapisi kulit sintetis yang membuat permukaan setirnya ini tidak licin. Apalagi banyak terdapat tombol multifungsi pada mobil ini, baik untuk mengatur audio pada spoke sebelah kiri, maupun mengatur Multi Information Display (MID) serta fitur Safety Sanse di spoke sebelah kanannya.

>>> Baca juga:

FITUR Daihatsu Tanto 2019

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur Smart Assist  pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Fitur Daihatsu Smart Assist akan menjaga Anda dan keluarga dari berbagai resiko di jalan

Mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 ini dilengkapi dengan Daihatsu Smart Assist yang akan menjaga Anda dari berbagai macam resiko di jalan. Fitur Smart Assist ini terdiri dari banyak fitur peranti keselamatan. Diantaranya ada adaptive cruise control, line keep assist, rear cross traffic alert, hingga automatic city braking. Semua fitur canggih tersebut menjamin keamanan Anda saat mengemudikan mobil ini di jalan raya.

Gambar menunjukkan fitur Smart Assist Daihatsu pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Adaptive cruise control akan menjaga Daihatsu Tanto Custom 2019 ini untuk bisa menyesuaikan keadaan lalu lintas sekitar

Fitur-fitur canggih Smart Assist ini bergantung pada kamera dengan sensor ultrasonik yang tertempel di kaca depan dan dipasang berbarengan dengan dudukan spion tengah. Kamera ini berfungsi untuk mendeteksi adanya kendaraan lain maupun objek lain di depan mobil ini. Kamera dan sensor radar akan menangkap objek dan menghubungkannya dengan electronic control module Safety Sanse untuk melakukan intervensi baik itu kemudi maupun rem mobil ketika dibutuhkan. 

Gambar menunjukkan fitur Steering Correction In Daihatsu Smart Assist pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Fitur line keep assist akan menjaga Tanto Custom ini agar tidak berpindah jalur dengan tidak sengaja

Review Daihatsu Tanto Custom 2019 : Daihatsu New Global Architecture

Gambar menunjukkan Logo DNGA pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Konsep Daihatsu New Global Architecture merupakan cikal bakal mobil murah dengan kualitas wahid yang asyik dikemudikan

Kalau boleh jujur, kami sangat berharap banyak dari konsep DNGA yang digelontorkan oleh Daihatsu ini terhadap produk unggulannya. Karena ia akan jadi cikal bakal mobil murah dengan kualitas pengendaraan wahid seperti mobil-mobil Toyota yang sudah mengusung konsep TNGA. Dengan adanya konsep DNGA ini, maka mobil-mobil sebelum perancangannya sudah dipikirkan lebih jauh, baik dari sisi penggunaan rangka, mesin hingga transmisi. Sebenarnya konsep ini sudah lebih dahulu diterapkan oleh Volkswagen melalui produk globalnya seperti Golf maupun Skoda. Tapi, negara Jepang pasti bisa membuatnya lebih affordable dari segi harga.

Gambar menunjukkan DNGA chassis pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Dengan konsep DNGA ini, lifetime kendaraan akan lebih lama namun kualitas tetap terjaga

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

OPERASI Daihatsu Tanto 2019

KF Engine pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Mesin tanpa turbo untuk Daihatsu Tanto dan Tanto Custom versi lebih terjangkau

Ada dua pilihan mesin yang tersedia untuk Daihatsu Tanto Custom ini, yakni versi naturally aspirated dan versi turbocharger. Untuk mesin KF series yang tersemat dibalik bonnet mobil Daihatsu Tanto Custom 2019 yang sedang kami ulas ini adalah versi turbocharger. Mesin ini memiliki karakter overstroke yang mana langkah piston lebih panjang dari diameter piston. Hal ini berguna untuk mesin agar mengkail torsi lebih banyak pada putaran mesin yang lebih rendah.

Gambar menunjukkan Mesin seri KF Turbo Daihatsu Tanto Custom

Mesin KF series yang dilengkapi turbocharger mampu menyemburkan tenaga lebih besar 12 Ps dan torsi lebih tinggi 40 Nm

Tenaga sebesar 64 Ps atau sekitar 62,5 Hp yang disemburkan mesin ini memang tidak terlalu spektakuler. Tapi mengingat bobot kosongnya yang hanya 970 kilogram, membuat tenaga tersebut berpadu dengan torsi 100 Nm pada putaran mesin 3,600 rpm terasa pas menghela bobot mobil dengan effortless. Mesin dengan katup ganda berjumlah silinder ganjil tersebut berpadu dengan transmisi CVT yang sudah mengusung teknologi terkini. Membuat ia punya performa baik nan efisien.

Transmisi D-CVT pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Transmisi CVT menjamin penyaluran tenaga mesin ke roda lebih halus dan efisien

Karena dimensinya yang mungil, otomatis radius putarnya juga luar biasa. Untuk Tanto dan Tanto Custom versi pelek 14 inchi radius putarnya 4,4 meter saja. Sedangkan untuk versi yang pakai pelek 15 inchi seperti mobil yang kami review kali ini, hanya lebih besar 0,2 meter alias 4,7 meter. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan dimensi roda sehingga penngaturan ackermaan steering angle-nya lebih baik yang 14 inchi.

Instrument Cluster Di Daihatsu Tantp Custom pada mobil Daihatsu Tanto Custom 2019

Seluruh tata letak instrumen sudah dipikirkan dengan matang oleh para insinyur Daihatsu

>>> Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia, Spesifikasi dan Review Lengkap

spesifikasi Daihatsu Tanto 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Tanto Custom 2019.

Mesin Daihatsu Tanto Custom 2019

Seri mesin

 KF-T, 3 Silinder, DOHC, Turbocharger, VVT-i

Jumlah Katup

 12 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

Rasio Kompresi

 9,0 : 1

Tenaga Maksimum

 62,5 Hp (64 Ps) @ 6.400 rpm

Torsi Maksimum

 100 Nm @ 3.600  rpm

Kapasitas Silinder

 658 cc

Bore X Stroke

 63,0 mm X 70,4 mm

Tipe Transmisi

 Continuously Variable Transmission (CVT), Penggerak 4 Roda

Rangka Daihatsu Tanto Custom 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

 3.395 mm X 1.475 mm X 1.755 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.460 mm

Jumlah Tempat Duduk

 4 Tempat Duduk

Berat Kosong

 970 Kilogram

Kapasitas Tangki BBM

 30 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu Tanto Custom 2019

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring dan 3 Link with Coil Spring

Sistem Kemudi

 Electric Power Steering (EPS)

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Smart Assist

Teknologi Safety Sasis

 Daihatsu New Global Architecture

Struktur Sasis

 Monokok, B-Segment

Pelek

 Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

 Bridgestone Ecopia, 165/55 R15

kelebihan & kekurangan Daihatsu Tanto 2019

Seperti pada ulasan di artikel-artikel kami sebelumnya, Cintamobil.com pun hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Daihatsu Tanto Custom 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

 Salah satu mobil tercanggih dari Daihatsu saat ini

Desain bukanlah selera semua orang

Sudah mengusung Daihatsu New Global Architecture

Tidak dijual di Indonesia

Fitur keselamatan patut diacungi jempol Smart Assist

Kapasitas tempat duduk hanya 4 penumpang

daftar harga Daihatsu Tanto 2019

Daihatsu Tanto Custom 2019 ini hanya dipajang pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 sebagai show car saja. Alias kemungkinan untuk mobil ini dijual di Indonesia sangat kecil. Meski bentuknya unik, fiturnya lengkap dan mesinnya sudah pakai turbo sehingga kencang dan irit. Namun tetap saja ketika masuk pasar mobil Indonesia harganya akan membengkak menjadi berkali-kali lipat. Di Jepang sana mobil ini di jual dengan harga 1,873,800 Yen untuk tipe RS 4WD seperti yang kami review ini, atau sekitar Rp 242,113,686. Dan kami yakin harganya akan berkali-kali lipat ketika dijual di Indonesia.

>>> Mari klik sini untuk cek harga dan promo dari mobil Daihatsu lainnya

Video Daihatsu Tanto 2019

KESIMPULAN Daihatsu Tanto 2019

Gambar sebuah mobil Daihatsu Tanto 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Bodi imut, fitur berlimpah, mesin turbo serta kabin praktis disajikan mobil ini, lantas kurang apalagi?

Kekurangan besar dari mobil ini hanya satu saja, yaitu belum dijual di Indonesia atau bahkan PT Astra Daihatsu Motor tidak berniat sama sekali untuk memasukkan mobil ini ke pasar mobil Indonesia. Tapi dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami sangat menyukai mobil ini, dan berharap Daihatsu Tanto Custom 2019 ini dijual di Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil