Tips Membeli Mobil City Car Ala Daihatsu

31/03/2019

Jual beli
Share this post:
Tips Membeli Mobil City Car Ala Daihatsu
Sebagai salah satu segmen kendaraan roda empat yang dipasarkan di Indonesia City Car memang memiliki banyak kelebihan. Bentuknya yang mungil dan kapasitas mesin tidak terlalu besar membuatnya lincah mengarungi kemacetan dan irit bahan bakar. Daihatsu membagikan beberapa tips penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil city car.

Sejak kemunculan Suzuki Karimun pada 9 September 1999 silam, city car atau mobil kota terus mengalami perkembangan. Berbagai model bermunculan menciptakan segmennya sendiri yaitu city car. Mobil berdimensi mungil ini terus digemari meski tak seramai model low MPV. Kehadiran segmen LCGC tahun 2013 tidak membuat pasar city car 'hancur lebur'. Hingga saat ini mobil city car yang hadir dengan fitur-fitur berteknologi canggih tetap menjadi pilihan banyak orang.

Pemandangan lalu lintas kota Medan

Padatnya lalu lintas perkotaan jadi salah satu yang menginspirasi lahirnya model city car

Nah, bagi Anda yang ingin membeli mobil city car, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Daihatsu memberikan tips agar mobil yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda dan tak berakhir kecewa.

1. Posisi Mengemudi

Pengemudi memegang peranan vital bagi keselamatan para penumpang saat berkendara. Oleh karena itu posisi mengemudinya harus benar-benar nyaman dengan konsentrasi yang tidak terganggu. Perhatikan apakah mobil city car yang hendak dipilih memiliki posisi mengemudi yang semacam itu. Ada baiknya pengemudi mencobanya dulu dengan melakukan test drive untuk mengetahuinya secara langsung. Perhatikan juga akses keluar masuk penumpang apakah cukup nyaman juga atau agak repot.

2. Fitur Keselamatan

Hal kedua yang tak boleh Anda lewatkan saat ingin membeli mobil city car yaitu mengetahui seberapa banyak fitur keselamatan yang dimiliki. Cek kelengkapan fitur keselamatan standar seperti airbag, sabuk pengaman hingga kursi belakang, sistem pengereman ABS dan EBD, hingga fitur keselamatan tambahan safety child lock, sensor parkir dan yang lain.

>>> Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan

Foto dua unit Daihatsu Sirion

Fitur keselamatan tetap penting meski mobil berdimensi mungil

3. Dimensi Mobil

Meski secara ukuran city car memiliki dimensi kecil, antara satu merek dengan merek yang lain memiliki ukuran ruang kabin yang berbeda. Kalau Anda menghendaki membeli mobil city car dengan dimensi yang mendukung ruang kabin lebih besar, tentu Anda harus memilih model city car dengan dimensi lebih besar. Tapi kalau Anda lebih suka yang berukuran mungil alias tidak mengutamakan kabin berukuran besar, Anda bebas memilih satu diantara sekian banyak model city car.

4. Kapasitas Mesin

Meski secara umum mobil city car di Indonesia dibekali mesin yang rata-rata sama yaitu 1.200 cc, Anda tetap wajib untuk mengetahuinya sebelum memutuskan membeli sebab ada juga city car yang di atas kapasitas tersebut. Daihatsu Sirion misalnya, city car andalan Daihatsu ini dibekali mesin berkapasitas 1.330 cc dengan tenaga maksimum 93 Hp dan torsi maksimum 120 Nm dan menjadi salah satu city car di Indonesia dengan kapasitas mesin terbesar.

>>> Lebih lengkap tentang Review Daihatsu Sirion 2018 Indonesia bisa Anda baca di sini!

>>> Tertarik membeli Daihatsu Sirion bekas berkualitas, cari saja di Cintamobil.com!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top