Review Daihatsu Taft 1996: Mobil ‘Pekerja Keras’ Paling Terjangkau

23/05/2019
editor rate: 3,7 user rate: 4,5
Bagi para pecinta Off-Road tentu tak asing dengan sosok mobil bernama Daihatsu Taft. Mobil kelahiran tahun 1996 ini merupakan model terakhir yang pernah dijual oleh Daihatsu, berakhir pada tahun 2007 lalu. Meski sudah tak lagi diproduksi lagi, Daihatsu Taft masih menjadi bahan pembicaraan orang-orang hingga era modern ini. Nah, apakah Anda ada rencana membeli mobil ini? Simak dulu penjelasan kami dalam review Daihatsu Taft 1996.

PENGANTAR Daihatsu Taft 1996

Review Daihatsu Taft 1996 - TAFT adalah sebuah singkatan dari Tough Almighty Four-Wheel Touring Vehicle. Ya, serupa dengan namanya, mobil besutan Daihatsu ini dikemas untuk dapat melaju kokoh di medan berat sekalipun. Kuncinya terletak pada sistem penggerak Four-Wheel atau yang lebih dikenal 4x4.
Jika berbicara masalah sejarah, mobil ini lahir lebih dulu di Jepang pada tahun 1974, menggunakan kode bodi F10. Sedangkan di Indonesia, generasi pertamanya lebih akrab disebut ‘Daihatsu Taft Kancil’ yang masuk dua tahun setelahnya.

Daihatsu Taft F10 dirilis di Jepang pada tahun 1974

Daihatsu Taft F10 yang sekaligus menjadi generasi pertamanya

Mengingat Taft F10 masih bergantung pada mesin bensin, Daihatsu akhirnya merubah mesin menjadi diesel dan memiliki tenaga lebih mumpuni di angka 2.530 cc. Model barunya tersebut dirilis tahun 1979, diberi kode F50 atau lebih akrab disapa “Daihatsu Taft Kebo”.

Daihatsu Taft F50 akhirnya beralih dari bensin menjadi mesin diesel

Nama aslinya adalah Taft F50, namun akrab disapa "Taft Kebo" oleh masyarakat Indonesia

Mengingat pasar Taft diterima baik oleh masyarakat Tanah Air, Daihatsu akhirnya merilis model baru di tahun 1986 yakni Daihatsu Taft berkode F70. Menariknya, mobil berjulukan Taft GT ini terbagi menjadi dua varian yakni Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB).
Nah, mobil yang akan dibahas kali ini adalah model terakhirnya yang dijual di Indonesia, yakni Daihatsu Taft F73 yang dirilis pada tahun 1996, pengganti dari model F70. Ubahan paling menarik dari generasi sebelumnya terletak pada segi suspensi, Independent Front Suspension (IFS) yang sekaligus mendapat sebutan baru yakni “Daihatsu Taft Independen”.

Daihatsu Taft F73 adalah generasi terakhir Taft yang dijual di Indonesia

Inilah sosok Daihatsu Taft F73 yang hendak dibahas lebih mendalam kali ini

Bermodalkan mode penggerak 4x4 dan mesin diesel andalannya, Daihatsu Taft F73 banyak ditemui di area-area perbukitan dan pegunungan Indonesia. Bagi Anda yang memiliki hobi Off-Road, mobil ini adalah salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Namun, tak perlu terburu-buru mengambil keputusan, ada baiknya Anda memahami opini menarik kami dalam review Daihatsu Taft 1996.

EKSTERIOR Daihatsu Taft 1996

Usianya yang lebih dari 10 tahun, tak membuat esensi eksotis eksterior Daihatsu Taft 1996, pudar begitu saja. Mobil satu ini dikemas dengan bahasa desain maskulin serta kokoh, sehingga sukses menyampaikan performanya dari sekilas melihat saja.

Review Daihatsu Taft 1996: Eksterior Depan

Salah satu kelebihan paling spesial dari mobil ini adalah tampilannya yang kokoh dan maskulin. Jika boleh kami berpendapat, mereka yang kelahiran 80-an hingga 90-an, pasti dijamin sangat suka akan mobil ini. Memang banyak orang mengakui, bahwa wajah depan dari Daihatsu Taft seakan mampu ‘menyihir’ mereka yang mengamati sosoknya.

Eksterior Depan Daihatsu Taft 1996 dikemas dengan desain serba kotak baik dari segi rangka bodi, Grille hingga lampu utama

Sosok Taft yang dikemas dengan Grille lebih berwibawa daripada model sebelumnya

Grille depan berukuran kotak, dihias menarik dengan tiga tingkat palang minimalis. Tak kalah menarik, logo Daihatsu tertancap jelas pada Grille tersebut sehingga memberi identitas utamanya daripada pesaing di kelasnya. Di sisi lain, lampu juga dibuat mengotak, mirip pada Grille dan bodinya. Serba kotak, itu pendapat kami, tegas sekaligus berwibawa.

Review Daihatsu Taft 1996: Eksterior Samping

Sangat penting juga kami ingatkan bahwa mobil ini menerapkan model tiga pintu, dua pintu samping dan satu pintu belakang. Di era 1990-an, rangka bodi semacam ini memang sedang tren khususnya pada mobil dengan perawakan kokoh semacam ini. Menariknya lagi, sisi Fender dikemas kokoh, menonjol dan serba kotak di keempat rodanya, memberi tema yang selaras dengan bodi lainnya.

Eksterior Samping Daihatsu Taft 1996 dikemas apik dengan rangka bodi tiga pintu

Sisi sampingnya juga kental akan aroma maskulin khususnya pada segi Fender

Review Daihatsu Taft 1996: Eksterior Belakang

Saatnya merambah bodi belakangnya. Penilain kami cukup singkat di panel ini, mengingat yang menarik adalah ban cadang alias ‘konde’ digantung pada pintu belakang. Bisa dibilang, hal ini menjadi salah satu aksesoris menarik, memperkuat esensi maskulin dari Taft. Adapun di bawah Handle pintu terdapat tulisan “TAFT” sebagai penunjuk identitasnya.

Eksterior Belakang Daihatsu Taft 1996 dilengkapi dengan logo bertuliskan TAFT GT

Konde masih menjadi aksesoris wajib bagi kendaraan maskulin di era 1990-an

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Daihatsu Taft 1996

Salah satu kekurangan yang dimiliki, terletak pada interior Daihatsu Taft 1996. Selain karena minimnya fitur yang dihadirkan, kabinnya juga terasa kurang lega dan lapang. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa menaiki mobil saat ini, tentu akan merasakan banyak sekali perbedaan. Namun, perlu kami tekankan, Anda mencari mobil ini bukan perihal interior-nya, bukan?

Review Daihatsu Taft 1996: Dashboard dan Setir

Memang, dari segi fitur, mobil ini kalah telak dari mobil keluaran saat ini. Fitur penyejuk AC misalnya, hanya dibekali kesejukan seadanya. Panel audio juga begitu, hanya cukup mengusir rasa bosan dan penat Anda selama berada dalam perjalanan.

Dashboard Daihatsu Taft 1996 sudah dilengkapi fitur standar seperti audio dan AC

Unsur dashboard dikemas sangat minimalis, namun sayang hanya dibekali fitur standar

Hal yang patut kami acungi jempol adalah desain dan tata cara penataan kabinnya. Semua dikemas sangatlah rapi, terdapat beberapa fitur wadah meski ukurannya kecil hingga masih terasa sangat ‘klasik’. Namun hal tersebut sudah terbilang sangatlah wajar untuk mobil tahun 1990-an.

Review Daihatsu Taft 1996: Kursi

Lini kursi sendiri masih dibalut bahan kain berkualitas khususnya pada bangku deret depan. Hal paling berbeda terletak pada bangku belakang yang dirancang berhadap-hadapan, tak seperti mobil saat ini. Mungkin bagi sebagian orang, kursi belakang sangatlah mirip dengan kursi angkot. Namun jujur saja, desain semacam ini benar-benar sukses membawa kami seakan berada di era 1990-an.

Kursi Daihatsu Taft 1996 mampu menampung 5 hingga 6 orang sekaligus

Kursi belakangnya dirancang berhadap-hadapan seperti gambar di atas

>>> Baca juga:

FITUR Daihatsu Taft 1996

Tiba saatnya untuk membahas lebih lanjut mengenai fitur Daihatsu Taft 1996. Perubahan yang paling dikenali oleh pecintanya adalah perihal suspensi. Jika model Taft F70 menggunakan per daun, kini Daihatsu Taft F73 berbenah menerapkan suspensi IFS. Tentu dari segi kenyamanan, mobil satu ini sudah mengalami peningkatan, suspensi tak lagi keras seperti model sebelumnya. Sehingga, bukan saja nyaman di area terjal namun juga di area perkotaan.

Fitur Daihatsu Taft 1996 hanya berkutat masalah suspensi, Ground Clearance dan juga hal standar pada interior

Berkat ubahan pada segi suspensi, Daihatsu Taft F73 terbilang nyaman untuk dikendarai di area perkotaan

Mengapa kami merekomendasikan mobil ini sebagai kendaraan Off-Road? Pertama, mobil ini menerapkan mode penggerak 4x4. Keempat rodanya bergerak selaras sehingga dapat melaju di medan berlubang, berbatu dan area terjal lainnya. Kedua, Daihatsu Taft juga dirancang dengan Ground Clearance yang cukup tinggi, memberi kapabilitas unggul menghadapi hilir sungai hingga area banjir sekalipun.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil maskulin lainnya dengan klik link berikut ini

OPERASI Daihatsu Taft 1996

Performanya tadi, ditunjang oleh jantung pacu mumpuni. Operasi mesin Daihatsu Taft 1996 menggunakan mesin berkode DL42 berkapasitas 2.8 Liter 4 silinder segaris. Torsi yang dihasilkan tergolong besar, menyentuh angka 245 Nm setara 2.200 Rpm dengan daya maksimum 76 HP pada putaran 3.600 Rpm. Namun sayang, mesin berkapasitas besar yang dimiliki, tidak begitu bertenaga dalam segi akselerasi. Daihatsu secara khusus merancang mesin DL42 dengan torsi besar, selaras dengan tema Off-Road yang diusungnya.

Operasi Mesin Daihatsu Taft 1996 menggunakan kode DL42 berdaya 76 HP

Operasi mesinnya mengandalkan kapasitas 2.8 Liter, dikenal tangguh di berbagai medan

Dibanding generasi sebelumnya, mesin DL42 diklaim lebih halus. Jawabannya terletak pada penambahan Camshaft oleh Timing Belt, tak lagi menggunakan Timing Gear. Adapun dari segi transmisi, kini sudah menerapkan 5 tingkat percepatan manual sehingga terasa lebih menggigit.

>>> Tertarik dengan mobil-mobil Daihatsu? Klik di sini untuk melihat ulasan seluruh model Daihatsu

spesifikasi Daihatsu Taft 1996

Tak lupa, supaya Anda semakin mengenal sosoknya, berikut kami lampirkan spesifikasi Daihatsu Taft 1996.

SPESIFIKASI DAIHATSU TAFT 1996

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.761 mm x 1.754 mm x 1.840 mm

Jarak Poros Roda

2.210 mm

MESIN

Tipe Mesin

DL42 2.8 Liter 4 Silinder Segaris

Kapasitas Silinder

2.800 cc

Daya Maksimum

76 HP / 3.600 Rpm

Torsi Maksimum

245 Nm / 2.200 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

4x4 4WD

HANDLING

Suspensi Depan

Independent

Suspensi Belakang

Rigid 5 Link dan Per Keong

Rem Depan

Drum

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

195/70 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

60 Liter

>>> Review Jeep Grand Cherokee 2011, Makin Modern Dan Gagah!

kelebihan & kekurangan Daihatsu Taft 1996

Setiap mobil tentu selalu memiliki sisi positif dan negatif. Sama halnya dengan mobil ini. Di segmen ini, Cintamobil.com akan memberikan opini khusus terkait kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taft 1996.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dirancang sebagai mobil yang tangguh di medan terjal maupun area perkotaan

Getaran dari mesin diesel-nya terasa hingga ke dalam kabin

Bodi luarnya seakan ‘menyihir’ pengamatnya ke era tahun 1990-an

Ruang interior kurang lapang dan sarat akan fitur

Performa mesin sudah teruji oleh banyak penggunanya, diklaim tangguh dan bandel

Fitur keselamatan hanya dalam aspek suspensi saja dan sabuk pengaman

Suspensi dirancang lebih mumpuni daripada generasi sebelumnya

Jangan mengharapkan akselerasi unggul dari mobil ini

Sparepart mudah dicari dan biaya perawatan terjangkau

-

daftar harga Daihatsu Taft 1996

Nah, bagaimana pertimbangan Anda? Jika Anda masih tergiur akan pesonanya, sama seperti kami, kini Cintamobil.com akan membeberkan daftar harga Daihatsu Taft 1996.

TIPE MOBIL

HARGA DAIHATSU TAFT BEKAS

Daihatsu Taft 2.8 Liter M/T

Rp. 35.000.000 – Rp. 90.000.000

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Daihatsu Taft 1996 bekas

Video Daihatsu Taft 1996

KESIMPULAN Daihatsu Taft 1996

Anda sangatlah tepat, apabila memilih Daihatsu Taft dikarenakan alasan Off-Road, sering melaju di medan perbukitan atau sekedar bernostalgia. Mengapa begitu? Ya, karena memang itu kelebihan yang dimiliki Daihatsu Taft. Di sisi lain, perawatan terjangkau, kemudahan mencari Sparepart hingga harga beli bekas yang relatif murah, menjadi alasan kuat kami untuk jatuh cinta dengan Daihatsu Taft Independen. Lantas, apa pendapat Anda? Apakah ada mobil menarik lain selain dari mobil ini?

>>> Simak juga review mobil menarik dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil