Review Jeep Wrangler JK 2007

11/10/2018

Share this post:

Jeep Wrangler 2007

Editor rate:

Lihat promo

Jeep Wrangler JK adalah salah satu produk legendaris yang diperkenalkan sejak tahun 2006 lalu. Bahkan bisa dibilang, JK adalah pionir pertama Sport Utility Vehicle (SUV) berpintu empat di antara jajaran model Jeep lainnya. Namun sayangnya, model ini sudah berhenti produksi di tahun 2018 digantikan Jeep Wrangler berkode JL. Sebagai sosok yang kini sudah menjadi sejarah, Cintamobil.com hendak melakukan review Jeep Wrangler JK 2007.

Review Jeep Wrangler JK 2007
Review Jeep Wrangler JK 2007
0 Gambar

Pengantar Jeep Wrangler 2007

Mari kita simak spesifikasi Jeep Wrangler 2007 di bawah ini.

Kelebihan

Menjadi salah satu model yang banyak dicari untuk kegiatan Off-Road karena performanya yang mumpuni

Desain eksterior dan interior masih sangat kental akan nuansa klasik

Sangat menyenangkan untuk digunakan di area pegunungan, perbukitan maupun pantai

Kekurangan

Tingkat konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup boros

Fitur keselamatan tidak selengkap model masa kini

Tidak tersedia teknologi Hill Start Assist ataupun Down Hill Assist sehingga dibutuhkan kehandalan pengendara dalam memainkan pedal gas dan kopling khususnya di medan tanjakan

Review Jeep Wrangler JK 2007 - Terhitung sudah 12 tahun, Jeep Wrangler JK sudah dikenal oleh masyarakat global. Hal yang paling dikenal adalah bodinya yang kekar khas Jeep, berpintu empat serta memiliki performa mesin tangguh melibas segala medan. Memang tak dipungkiri, Jeep Wrangler sendiri adalah nama model besutan Jeep yang sudah memiliki total empat generasi dengan urutan kode YJ di tahun 1987, TJ pada tahun 1996, JK di tahun 2007 serta JL di tahun 2018 ini.

Generasi Jeep Wrangler dimulai dari YJ di tahun 1987, TJ, JK hingga JL pada tahun 2018 ini

Empat generasi Jeep Wrangler dari masa ke masa

Dari banyak generasi lainnya, model Jeep berkode JK dinilai paling fenomenal akhir-akhir ini. Selain karena sosoknya sebagai pionir pertama jajaran keluarga Jeep Wrangler yang menggunakan empat pintu, mobil satu ini juga baru saja menghentikan produksinya yang kemudian digantikan oleh model JL di pertengahan tahun 2018 ini. Memang tak dipungkiri, Jeep Wrangler JK memiliki nilai historis-nya sendiri dalam merubah sejarah Jeep yang selama ini dikenal berpintu dua. Meski sudah berselang 12 tahun setelah peluncurannya di tahun 2006 silam, model satu ini masih diminati oleh banyak peminat Off-Road 

Jeep Wrangler JK 2007 memiliki sisi historis yang menarik untuk dibahas

Jeep Wrangler JK 2007 menjadi hal yang menarik untuk dibahas lebih dalam

Pada saat peluncurannya, Jeep Wrangler JK terbagi menjadi dua kategori sasis bodi yakni Short-Wheelbase dan Long-Wheelbase. Adapun tersedia tiga pilihan bodi trim yakni tipe X, Sahara dan Rubicon. Namun di kesempatan kali, Cintamobil.com hendak mengulas varian tertingginya dalam review Jeep Wrangler JK 2007.

Eksterior Jeep Wrangler 2007

Jika Anda pecinta mobil Jeep maka Anda sudah tentu kenal dengan eksterior Jeep Wrangler JK 2007. Desainnya masih khas ala Jeep di zamannya, mengingatkan kita akan definisi klasik dan maskulin di tahun 2000-an.

Review Jeep Wrangler JK 2007: Eksterior Depan

Grille depan tampil pendek dengan fitur lampu utama Halogen berukuran bundar dipadu lampu kabut yang didesain klasik. Model satu ini juga dilengkapi dengan pelindung di bagian bemper depan yang mampu menahan benturan maupun gesekan dari batu atau pasir pegunungan. Secara keseluruhan, fascia depan Jeep Wrangler JK mampu menyiratkan performanya yang tangguh di medan-medan berat.

Eksterior depan Jeep Wrangler JK 2007 tampil makin gahar dengan Grille yang berukuran lebih pendek

Eksterior depan Jeep Wrangler JK sudah dilengkapi dengan lampu halogen

Review Jeep Wrangler JK 2007: Eksterior Samping

Merambah ke sisi samping, Fender-nya nampak berotot yang dibalut warna hitam sebagai penegas nuansa maskulinnya. Hal paling baru adalah modelnya yang memiliki empat pintu dinamai Unlimited. Dibandingkan model sebelumnya yang menerapkan sasis bodi pintu dua, tentu perubahan ini menjadi hal paling menarik di zamannya. Belum lagi, pintunya juga bisa dilepas alias Removable Doors, memberi sensasi menyenangkan tersendiri bagi pemiliknya.

Eksterior samping Jeep Wrangler JK 2007 memiliki keunikannya sendiri dalam hal pintunya yang berjumlah empat, berbeda dengan dua generasi sebelumnya

Eksterior samping Jeep Wrangler JK menerapkan desain Fender yang maskulin

Review Jeep Wrangler JK 2007: Eksterior Belakang

Pada bodi belakang, ban cadangan menjadi hal yang cukup menarik perhatian. Banyak orang menyebutnya sebagai 'konde' yang semakin mempertajam desain maskulin di keseluruhan bodinya. Memang desain seperti ini banyak ditemui pada mobil-mobil di zamannya, mengingatkan kita pada definisi maskulin klasik. Di sisi lain, Jeep Wrangler JK menerapkan Stop Lamps yang masih standar untuk lampu belakangnya.

Eksterior belakang Jeep Wrangler JK 2007 menggunakan lampu stop standar

Eksterior belakang Jeep Wrangler JK 2007 dihias apik dengan 'konde' yang dapat menambah kesan klasik dan maskulin

>>> Baca juga:


Interior Jeep Wrangler 2007

Sebagaimana mobil di tahun 2000-an, desain interior Jeep Wrangler JK 2007 masih dianggap elegan di zamannya. Permainan warna Light Grey serta mengandalkan fitur lengkap, menjadi salah satu definisi modern kala itu. Jika dibandingkan dengan desain interior terkini, tatanan kabin Jeep Wrangler bolehlah kita sebut sebagai tampilan klasik yang cukup kental.

Review Jeep Wrangler JK 2007: Dashboard

Keseluruhan dashboardnya didominasi oleh warna abu-abu dipadukan dengan warna hitam yang melekat pada panel Head Unit-nya. Semua fitur-fitur pada kabinnya dirancang dengan nuansa minimalis yang memberi perasaan lebih lega bagi pengendara maupun penumpang. Adapun di sisi tengah terdapat sistem audio yang mampu mengoperasikan musik dalam berbagai format layaknya MP3 dan radio AM/FM. Aspek kenyamanan lainnya juga didapati pada hadirnya fitur penyejuk dengan formasi empat buah Blower yang mana suhunya dapat diatur dalam empat tingkat kesejukan.

Dashboard Jeep Wrangler JK 2007 dikemas cukup elegan dengan nuansa klasik

Dashboard Jeep Wrangler JK 2007 didesain dengan tampilan minimalis sehingga kabinnya terlihat lebih lega

Review Jeep Wrangler JK 2007: Setir

Merambah ke kemudi setir, tampilannya cukup menarik dengan desain empat palang serta balutan material kulit berkualitas. Semua hal tertata cukup rapi serta sangat mudah dioperasikan meski dikendarai oleh pemula sekalipun. Di sisi kanan setir misalnya, terdapat tuas untuk mengaktifkan teknologi Cruise Control yang memiliki fungsi untuk melajukan kendaraan tanpa harus menginjakkan pedal gas. Menariknya lagi, Anda juga disuguhkan panel informasi yang tertata di balik kemudi setirnya. Dari panel tersebut, Anda bisa mengamati kondisi terkini seputar kendaraan layaknya tingkat kecepatan, kompas, temperatur, sisa bahan bakar serta jarak tempuh.

Setir Jeep Wrangler JK 2007 dilengkapi dengan tuas Cruise Control

Setir Jeep Wrangler JK 2007 menggunakan desain empat palang dan dihias apik dengan logo Jeep di bagian tengahnya

Review Jeep Wrangler JK 2007: Kursi

Kapasitas tampung kursinya mampu mengangkut empat orang sekaligus termasuk pengendara. Mengingat model ini cukup spesial, kursi Jeep Wrangler menawarkan berbagai opsi trim seperti bahan kain standar, kain Premium serta Vinyl. Jika Anda menemukan model Jeep legendaris ini dengan fitur-fitur lengkap, ada baiknya Anda langsung menyetujui saja kesepakatan harganya karena model satu ini benar-benar dicari oleh banyak orang khususnya dengan kualitas yang masih terjaga.

Kursi Jeep Wrangler JK 2007 dikemas cukup elegan dengan balutan kain berkualitas

Kursi Jeep Wrangler JK 2007 hanya mampu menampung empat penumpang saja

>>> Artikel terkait:

Fitur Jeep Wrangler 2007

Setelah cukup banyak membahas akan eksterior dan interiornya, kini saatnya Cintamobil.com mengulas lebih dalam tentang fitur Jeep Wrangler JK 2007.

Review Jeep Wrangler JK 2007: Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan Jeep Wrangler JK 2007 lebih ditekankan akan material yang diusungnya bukan dari teknologi yang makin berkembang saat ini. Masyarakat internasional juga banyak mengagumi sosok mobil kekar satu ini karena rangka bodinya yang kuat serta suspensi yang makin stabil dibanding dua generasi sebelumnya. Memang tak dipungkiri, generasi ketiga Jeep Wrangler ini dirancang untuk kebutuhan Off-Road sehingga ubahannya lebih ditekankan pada komponen pentingnya.

Fitur keselamatan Jeep Wrangler JK 2007 memiliki suspensi tangguh untuk melibas berbagai medan

Fitur keselamatan Jeep Wrangler JK 2007 dirancang untuk kegiatan Off-Road

Pada aspek suspensi misalnya, Wrangler JK menerapkan 5-Links Live Axle yang dipadukan dengan Coil Spring sehingga mampu memberikan sensasi berkendara lebih mumpuni di medan-medan terjal. Sementara itu, untuk masalah teknologi, model satu ini menerapkan Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman serta Traction Control yang mampu menjaga kestabilan laju kendaraan di medan licin. Tak lupa, fitur keselamatan juga dihadirkan seperti halnya Airbags pada bangku depan, Safety Door Locks dan Side Impact Body.

Review Jeep Wrangler JK 2007: Fitur Hiburan

Untuk aspek hiburan, Jeep Wrangler JK 2007 memiliki unsur spesial terutama pada atapnya yang menggunakan Soft-Top. Sama seperti pintunya, atapnya bisa dibuka untuk memberi udara segar alam dan banyak hal menarik lainnya. Di sisi lain, pada kabinnya juga telah disiapkan panel audio yang mampu memutar musik lewat format MP3 dan radio AM/FM. Khusus untuk varian Sahara, Anda bisa mendapatkan fitur audio lebih mumpuni yang mampu memberikan fungsi navigasi, memutar audio, video serta dilengkapi 20 GB Hard Drive.

Fitur Hiburan Jeep Wrangler JK 2007 tampil menarik dengan sistem audio yang siap menghibur Anda

Fitur hiburan Jeep Wrangler JK 2007 dilengkapi dengan sistem audio yang mampu memutar musik dari format MP3 dan radio

>>> Jika Anda tertarik, Anda juga bisa membaca ulasan menarik dari produk SUV menarik lainnya

Operasi Jeep Wrangler 2007

Segala komponennya yang dirancang khusus Off-Road membutuhkan tenaga mesin yang mumpuni. Dengan hal tersebut, model satu ini dilengkapi dengan mesin 3.8 Liter V6 menggantikan mesin pada generasi sebelumnya yang menerapkan 2.4 Liter DOHC. Operasi mesin Jeep Wrangler JK 2007 mampu memberi daya dongkrak maksimum sebesar 202 HP dengan torsi puncak di angka 321 Nm setara 4.000 Rpm. Adapun model satu ini juga menawarkan dua pilihan mode penggerak yakni 4-Wheel Drive (4WD) dan Rear Wheel Drive (RWD). Bagi Anda yang memang membutuhkan kendaraan ini untuk kegiatan Off-Road, maka varian X dan Sahara menjadi pilihan tepat karena keduanya menerapkan konfigurasi 4WD. Berbeda halnya dengan varian Unlimited X yang menggunakan mode RWD yang lebih ditekankan untuk kegiatan sehari-hari Anda.

Operasi mesin Jeep Wrangler JK 2007 mampu menyeburkan daya maksimum hingga 202 HP dengan torsi puncak 321 Nm

Operasi mesin Jeep Wrangler JK 2007 menggunakan spesifikasi 3.8 Liter V6

>>> Hal tak kalah menarik, kami juga menyediakan berbagai ulasan dari model Jeep lainnya

Spesifikasi Jeep Wrangler 2007

Cintamobil.com juga tak lupa untuk menyampaikan informasi tentang spesifikasi Jeep Wrangler JK 2007.

SPESIFIKASI JEEP WRANGLER JK 2007

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.404 mm x 1.877 mm x 1801 mm

Jarak Poros Roda

2.946 mm

Jarak Pijak Depan

1.572 mm

Jarak Pijak Terendah

221 mm

Berat Kosong

1.848 Kg

MESIN

Tipe Mesin

3.8 Liter V6

Kapasitas Silinder

3.799 cc

Daya Maksimum

202 HP / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum

321 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis (Opsional)

HANDLING

Suspensi Depan

Live Axle dengan Coil Springs

Suspensi Belakang

Live Axle dengan Coil Springs

Rem Depan

Disc Brakes

Rem Belakang

Disc Brakes

Sistem Kemudi

Power & Tilt Steering

Ukuran Ban

P225/75 R16

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

82 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Perkotaan

17 Liter / 100 Km

Daftar Harga Jeep Wrangler 2007

Mengingat generasi ketiga Jeep Wrangler ini sudah berhenti diproduksi maka Anda hanya bisa mendapatkannya dalam mode bekas saja. Namun jangan khawatir, di lapak Cintamobil.com Anda bisa menemukan model ini sedang dijual ratusan unit. Berikut daftar harga Jeep Wrangler JK 2007 bekas dan berkualitas yang sudah berhasil kami himpun.

TIPE MOBIL

HARGA JEEP WRANGLER JK BEKAS

Jeep Wrangler JK

IDR. 270 jutaan – IDR. 1,8 miliar

*Catatan:

  • Mengingat model ini tersedia dalam kategori bekas maka rentang harganya akan tampil beragam disesuaikan dengan kondisi kendaraan, jarak tempuh, kelengkapan fitur dan hal lainnya

>>> Dapatkan harga dan promosi mobil lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Jeep Wrangler 2007

Komunitas Jeep Wrangler JK Indonesia terbilang cukup banyak ditemui di berbagai kota besar. Sama halnya dengan Suzuki Jimny, model legendaris satu ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan pecinta Off-Road. Kemampuannya dalam melahap medan-medan berat memang dikenal sangat mumpuni bahkan tak kalah saing dengan model-model SUV terkini. Memang jika ditilik dari segi desain, model satu ini terlihat kuno. Namun jangan salah, justru hal itulah yang menjadikannya sebagai ciri khas Jeep Wrangler JK. Bagi Anda yang mencintai hobi Off-Road dan desain klasik, model satu ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan Anda. Lebih daripada itu, Wrangler JK juga memiliki sisi historis-nya tersendiri yang mana menjadi pionir berpintu empat dan sebagai jarak pemisah antara sosok Jeep di masa tahun 2000-an dengan generasi terbarunya yang serba modern berkode JL baru saja dirilis di tahun 2018 ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top