Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Mobil Keluarga yang Lebih Murah dari LCGC

06/11/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Mencari mobil keluarga yang murah namun nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari? Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 bisa menjadi pilihan Anda. Low MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini memiliki bahan bakar yang irit serta mesin yang responsif, cocok untuk dibawa di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

PENGANTAR Chevrolet Spin 2014

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 - Walaupun General Motors mengungkapkan kepergiannya dari Indonesia tahun depan, masih banyak produk Chevrolet yang menarik untuk dibeli. Seperti Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 yang menjadi salah satu Low MPV terpopuler pada masanya. Diumumkan pertama kali pada 2012, produksi di pabrik General Motors di Bekasi dilakukan pada Februari 2013 hingga Juni 2015.

 generasi pertama Chevrolet Spin berwarna biru
Generasi pertama Chevrolet Spin 2013

Ketika mobil ini diperkenalkan pada 2014, popularitasnya langsung meroket. Spin 1.5 LTZ merupakan varian menengah dari Chevrolet Spin, dimana General Motors Indonesia meluncurkan Chevrolet Spin Activ sebagai versi tertingginya pada 2015. Meskipun begitu, kenyamanan serta fitur yang diberikan tak kalah dengan varian lainnya.

Tak mau ketinggalan dari pesaingnya, Spin menawarkan MPV berkapasitas 7 penumpang dengan tambahan kompartemen penyimpanan yang banyak. Harga bekasnya yang murah dipadukan dengan kenyamanan yang diberikan. Seperti kursi berbahan fabric serta mesin responsif yang cocok untuk mobilitas perkotaan yang dinamis.

 varian menengah Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu
Tampilan dinamis Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Walaupun Chevrolet tak lagi menjual produknya di Indonesia, tak ada salahnya melihat review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 untuk pilihan mobil bekas dengan harga menawan dari Cintamobil.com.

EKSTERIOR Chevrolet Spin 2014

Melihat desain luar mobil ini, eksterior Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 memiliki tampilan yang unik berupa perpaduan dua segmen, antara MPV dengan dimensi besar serta crossover yang memiliki desain yang apik.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Eksterior Depan

Memang, jika dibandingkan pesaingnya di segmen ini, Spin tak memiliki desain yang agresif dengan banyak struktur pahatan tegas. Tapi tentu saja, desain adalah masalah selera. Tampilan depan masih polos, jika dibandingkan Spin Activ yang sudah mendapatkan frame reflector serta under bemper guard berwarna silver.

tampilan depan Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu 
Tampilan depan Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Namun ada kesan cantik terlihat dari perpaduan grille gepan dilengkapi garis chrome untuk kesan mewah pada eksterior depan Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014. Lampu depan dengan desain yang besar masih menggunakan halogen. Dan sama seperti seluruh varian Spin, LTZ pun sudah dilengkapi dengan foglamp untuk membantu Anda berkendara dalam cuaca buruk.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Eksterior Samping

tampilan samping Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu 
Tampilan samping Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Menilik eksterior samping Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014, terlihat salah satu keunggulan mobil ini dibandingkan pesaingnya di kelas Low MPV, yaitu ground clearance yang tinggi, mencapai 157 mm. Memudahkan Anda melaju di kondisi jalan yang tak terlalu mulus. Beralih ke atap, Spin sudah mendapatkan roof rail untuk memudahkan Anda membawa barang-barang ketika bagasi sudah tak mencukupi. Belum ada tambahan pada bagian sisi, kecuali masih dilengkapi pelek alloy 16 inci.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Eksterior Belakang

tampilan belakang Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu
Tampilan belakang Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Tak banyak yang bisa ditemukan pada eksterior belakang Chevrolet Spin 1.5LTZ 2014. Ada high mount stop lamp yang menempel pada kaca belakang mobil. Lampu belakang tetap sama dengan varian lainnya, berada di bagian sisi mengapit pintu belakang. Tambahan aksen smoke hanya bisa Anda dapatkan pada Spin Activ.

>>> Tertarik membeli mobil Chevrolet lainnya? Informasi menarik hanya di sini

INTERIOR Chevrolet Spin 2014

Masuk ke dalam kabin, ada kenyamanan tersendiri ketika membawa mobil ini. Meskipun interior sebagian besar masih menggunakan material plastik, tapi interior Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 dipenuhi dengan kompartemen penyimpanan serta ditunjang dengan berbagai fitur keselamatan.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Dashboard

dashboard Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna hitam 
Dashboard Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Hal unik dalam model interior adalah desain atraktif dual layer pada dashboard Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014. Bagian atas berwarna abu-abu tua yang mengakomodir AC serta bagian bawah ditempati oleh head unit double din. Meskipun masih belum mendapatkan layar infotainment digital. Di bawah head unit, Pengaturan AC pun masih menggunakan kenop putar, bukannya digital seperti model-model setelahnya.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Setir

setir Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna hitam 
Setir Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Sayangnya, tampilan setir masih biasa dengan palang tiga tanpa adanya tombol multi-fungsi. Tentu saja, mengingat mobil ini diperkenalkan tahun 2014 dan masih berada dalam entry menengah. Setir multi fungsi baru untuk Audio baru bisa Anda dapatkan pada varian tertinggi, Spin Activ.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Kursi

Kursi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 memiliki bahan fabric yang enak untuk didukuki, dengan bentuknya yang nyaman dan menopang bahu dan lengan. Namun masalahnya, ruang kaki di belakang tak terlalu lega dibandingkan pesaingnya, semisal Toyota Avanza. Tapi bangku baris kedua sudah menawarkan ruang kepala yang lumayan tinggi, mengingat mobil ini dipasarkan dalam bentuk Low MPV.

 kursi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu
Kursi baris kedua Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Anda bisa membawa hingga tujuh orang, dengan dua orang di baris ketiga. Hanya saja, di baris ketiga ruang kaki yang ditawarkan cukup sempit. Dimana cara duduk pun tak begitu nyaman untuk orang-orang yang berpostur tinggi lebih dari 175 cm. Tapi Anda bisa menggeser kursi di baris kedua agar tidak terlalu rebah, sehingga memberikan ruang kaki yang lumayan lega untuk penumpang di belakang.

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Bagasi

Dibuat untuk keluarga, Spin mempunyai banyak kompartemen penyimpanan. Seperti pada bagian samping head unit, konsol tengah untuk menyimpan ID Card atau kartu tol, serta empat cupholder di bangku baris pertama, tiga di baris kedua, dan empat di baris ketiga. Bagian penyimpanan pada saku di dashboard tak terlalu lebar, tapi kompartemen penyimpanan cukup dalam.

bagasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna hitam 
Bagasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Tapi ruang kargo tak begitu lapang dibandingkan rival-rivalnya. Bagasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 bisa lebih besar ketika Anda melipat kursi baris ketiga ke depan ketika Anda membawa lima penumpang. Anda masih bisa melipat kursi baris kedua dan ketiga, tapi lipatannya tak rata lantai. Ruangnya pun memadai ketika Anda ingin meletakkan barang berukuran besar atau panjang.

>>> Lihat kembali berita mengeai Chevrolet terbaru di sini

FITUR Chevrolet Spin 2014

Jika dibandingkan model tertinggi Spin Activ, ada beberapa fitur yang tak dipasang pada model ini. Seperti audio steering wheels pada setir. Tapi Anda sudah mendapatkan Sporty Digital Speedometer Combination, kombinasi tampilan analog dan digital pada MID.

Untuk sistem hiburannya, fitur Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 sudah dilengkapi head unit dengan konektivitas Bluetooth, Aux, dan radio. Cukup menyenangkan bagi Anda yang menginginkan hiburan di dalam mobil menghadapi kemacetan di kota besar. Bahkan, penumpang di baris ketika pun sudah mendapatkan seatbelt tiga titik, meminimalisir dampak benturan ketika terjadi kecelakaan.

head unit Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna hitam
Head unit Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Fitur keselamatan aktif

Meskipun varian menengah, tetapi ada banyak fitur keselamatan yang disematkan pada mobil ini. Beberapa diantaranya yaitu dual air bags dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk mengantisipasi selip ketika berkendara. Untuk keamanannya, Spin sudah mendapatkan foldable key dengan immobilizer dan theft deterent.

>>> Akan Hengkang Dari indonesia, Mobil Chevrolet Ini Masih Layak Anda Pertimbangkan

OPERASI Chevrolet Spin 2014

Jika dibandingkan dengan varian lain, mesin Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 cukup bertenaga. Menggunakan mesin 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.485 cc mampu menyemburkan 109 daya kuda pada putaran 5.800 rpm serta 142 Nm pada putaran 3.800 rpm. Dikawinkan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis disalurkan ke roda depan.

Dalam hal penggunaan bahan bakar, Spin terbilang cukup irit, terlebih ketika dibawa pada perjalanan dalam kota. Mobil ini bisa mencatatkan konsumsi bahan bakar 11-12 km/liter. Tapi jika Anda menginginkan mobil yang lebih hemat, Anda bisa membeli varian diesel. Namun konsekuensinya, Anda mendapatkan tenaga yang lebih kecil dibandingkan mesin bensin.

mesin Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna hitam
Tampilan mesin Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Impresi Berkendara

Chevrolet Spin terbilang enak dibawa berkendara di dalam kota. Mengingat mesin yang responsif, memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin menyalip kendaraan lain atau ketika berada dalam kondisi stop and go di tengah kemacetan kota. Peredaman kabin pun terasa lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Posisi mengemudi terbilang tinggi. Tapi Anda bisa mengatur posisi mengemudi dengan fitur tilt pada kemudi. Untuk pengendaraan dalam kota, Spin sudah mendapatkan fitur EPS atau Electric Power Steering sehingga putaran kemudi ringan tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Kenyamanan berkendara pun masih bisa diandalkan. Suspensinya terasa pas, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembut. Saat bermanuver, mobil ini pun tak terlalu limbung jika dibandingkan Avanza lansiran tahun yang sama.

>>> Produk Sudah Discontinue, Berikut Tips Lengkap Membeli Chevrolet Captiva Bekas

spesifikasi Chevrolet Spin 2014

Dilihat dari catatan eksterior maupun interior, tak ada perbedaan antara mobil ini denga varian tertinggi, Spin Activ. Untuk spesifisikasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 bisa Anda lihat di bawah ini.

Dimensi Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 x 1.735 x 1.664 mm

Jarak Poros Roda

2.620 mm

Ground Clearance

157 mm

Mesin Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Tipe Mesin

1.5 liter 4 silinder DOHC Dual VVT-i

Kapasitas silinder

1.485 cc

Tenaga Maksimal

109 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @ 3.800 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Sistem Penggerak

Front wheel drive

Kaki-Kaki Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014

Suspensi Depan/Belakang

Independent McPherson/Torsion Beam

Rem Depan/Belakang

Disc/Drum

Ukuran Ban

255/70 R16

kelebihan & kekurangan Chevrolet Spin 2014

Jika dibandingkan dengan pesaingnya di Indonesia, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014, berikut di antaranya.

Kelebihan

Kekurangan

Fun to drive dengan mesin yang responsif

Ruang kaki dan bagasi belum bisa dibilang lega

Harganya yang menggiurkan dibandingkan pesaingnya

Maintenance patut diperhatikan, mengingat kepergian Chevrolet dari Indonesia

Fitur menarik, dengan immobilizer hingga sistem pengereman ABS dan EBD

 

daftar harga Chevrolet Spin 2014

Dengan umur 5 tahun, mobil ini sudah mengalami depresiasi harga. Harga Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 bekas saat ini berkisar antara Rp110 juta hingga Rp125 jutaan. Bahkan dengan kondisi General Motors yang mengumumkan kepergian Chevrolet dari Indonesia per Maret 2020 mendatang, besar kemungkinan harga bekas Spin bisa kembali menurun.

Video Chevrolet Spin 2014

Sebelumnya, tim Cintamobil TV sudah pernah mengulas dan menjelaskan tentang tips membeli mobil bekas dari video Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014.

KESIMPULAN Chevrolet Spin 2014

Eksterior yang menawan ditambah dengan kenyamanan di dalam mobil patut menjadi perhitungan ketika membeli mobil ini. Bahan bakar yang irit ditambah mesin yang responsif dan bertenaga akan menemani Anda selama berkendara. Namun lain lagi jika ingin torsi lebih atau bahan bakar yang lebih irit, Anda bisa memilih versi diesel.

Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 berwarna abu-abu di jalan 
Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 yang enak dibawa untuk pengendaraan sehari-hari

Berita tentang kepergian Chevrolet dari Indonesia kemungkinan berpengaruh pada harga jual mobil bekas Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014. Walaupun begitu, tak menutup kemungkinan bagi Anda unuk memiliki mobil ini. General Motors Indonesia meyakinkan bahwa mereka masih fokus memberikan layanan purnajual kepada konsumen di Indonesia.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil