Review Chevrolet Spin 2014 Indonesia

18/02/2018

Share this post:

Chevrolet Spin 2014

Editor rate:

Lihat promo

Chevrolet Spin merupakan mass product yang diciptakan Chevrolet untuk pecinta otomotif yang menggemari segmen SUV. Melalui Spin, penggunanya bisa mendapatkan perjalanan terbaik dengan orang-orang tercinta ke jarak berskala menengah maupun jauh. Spin 2014 merupakan mid MVP yang siap manjakan penggunanya dengan berbagai fitur yang tersemat di bagian dalam dan material terbaik yang disuguhkan demi menunjang kenyamanan penggunanya.

Review Chevrolet Spin 2014 Indonesia
Review Chevrolet Spin 2014 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Spin 2014

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Spin 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Desain maskulin

Ruang yang disediakan cukup besar

Irit bahan bakar

Kekurangan

Jaringan Service minim

Kursi belakang terlalu sempit

Suspensi agak keras

Gambar mobil Chevrolet Spin 2014 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Mobil Amerika ini nampak maskulin bukan?

Review Chevrolet Spin 2014 Indonesia - Chevrolet Spin 2014 merupakan prototipe awal dari Chevrolet untuk mobil Mid MVP andalannya. Spin 2014 sendiri boleh dibilang sebagai  mobil yang ekslusif. Mengapa? Mobil ini hanya dipasarkan di dua negara saja, yakni Indonesia dan Brazil. Tentunya, masing-masing model dari kedua mobil ini jelas berbeda satu sama lain. Indonesia sendiri merupakan negara yang bisa dikatakan beruntung karena Spin dirakit dan didistribusikan oleh GM Autoworld Indonesia di Bekasi, Jawa Barat. Sekedar catatan, GM Autoworld Indonesia sendiri merupakan perusahaan pemegang lisensi Chevy untuk market Indonesia.

Chevrolet Spin 2014 Indonesia sejatinya merupakan mobil yang diluncurkan di tahun 2013. Namun di tahun tersebut, GM merasa kurang puas dengan hasil rakitannya, terutama dari sektor permesinan. Setahun berselang, lahirlah Spin 2014 yang akan kita review sesaat lagi. Di seri anyarnya ini, GM melakukan banyak perombakan guna membuat katalognya ini terlihat lebih fresh dan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitornya. Tak hanya itu, Spin juga menghadirkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Sedikit bocoran, Spin 2014 juga dihargai dengan harga yang cukup kompetitif. Harga dan berbagai fitur yang disediakan juga akan membuat berbagai pesaingnya seperti Avanza, Xenia, Ertiga dan lainnya ketar-ketir. Seperti apa review Chevrolet Spin 2014 Indonesia? Berikut ulasannya. Selamat membaca.

Eksterior Chevrolet Spin 2014

Sebagai mobil asal Amerika Serikat, Spin tak bisa disebut sebagai kacang yang lupa kulitnya. Hal tersebut dikarenakan mobil ini masih mengusung konsep desain mobil yang sangat Amerika yang cukup kompak dan lumayan bongsor untuk ukuran mid MVP. Untuk lebih jelasnya, mungkin ada baiknya jika kita mendedah satu demi satu sisi eksterior dari mobil ini. Selamat membaca.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil CHevrolet Spin 2014 berwarna hitam dilihat dari sisi depan sedang berlaju di jalan

Sisi depan nampak gagah dengan baluta grill yang besar

Di bagian depan, Spin hadir dengan desain yang lumayan maskulin. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan grill membelah yang cukup mirip dengan saudara sekandungnya yakni Chevrolet Colorado dan Chevy Trailblazer. Grill tersebut memang terlihat cukup ekslusif dan futuristik. Tak ketinggalan, logo salib emas Chevy juga dihadirkan di bagian tengah guna pancarkan jatidiri sekaligus mengenalkan merek kepada konsumen yang mungkin masih awam. Sementara di bagian samping grill tersemat lampu reflektor berteknologi halogen yang siap pancarkan penerangan maksimal, terutama pada malam hari.

Sementara di bagian bawah, kesan aerodinamis terjaga berkat kehadiran grill yang memanjang hingga ke bagian bawah.  Bumper berukuran besar tersebut juga sudah dilengkapi dengan spoiler lubang di bagian depan guna memperkokoh sektor fascia. Selain itu, kehadiran fog lamp di kedua sisi juga cukup membantu penerangan pada lampu utama saat dibutuhkan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Chevrolet Spin 2014 berwarna hitam dilihat dari bagian belakang

Sisi samping Spin nampak begitu dinamis bekat guratan-guratan di berbagai sisi

Chevrolet Spin 2014 Indonesia memiliki sisi samping yang lumayan aktraktif dan dinamis. Mid MVP ini menyematkan guratan yang melekuk tajam ke dalam di bagian pintu. Sementara di pintu bagian belakang, telihat gerutan berbentuk huruf v menyamping yang sudah pasti membuat sisi samping ini menjadi tak kopong. Sebagai tambahan, disematkan pula roof rail yang berfungsi untuk meletakan berbagai barang bawaan apabila space di bagian bagasi tak bisa dikondisikan lagi. Untuk sisi velg sendiri, disematkan velg racing dengan desain standar.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Chevrolet Spin 2014 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang Spin nampak sederhana

Bergeser ke sisi belakang, Chevrolet Spin 2014 Indonesia memiliki desain yang kurang lebih mirip dengan Livina. Perbedaanya terletak pada sisi lampu dan gurat tipis di bawah pintu bagasi. Spin menyematkan desain lampu yang begitu besar sementara Livina tidak. Demikian pula dengan gurat tipis yang tersemat di bagian bawah. Mobil Amerika ini juga sudah dilengkapi dengan rear wiper yang berfungsi untuk menghalau air hujan di bagian belakang agar pengelihatan pengemudi terhadap sisi belakang bisa tetap terjaga. Sebagai penutup, disematkan pula bumper berukuran sedang demi memperkokoh bagian buritannya.

>>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Chevrolet Spin 2014

Setelah membedah sisi terluar dari mobil ini, kini waktunya untuk menjelajah bagian dalam dari Chevrolet Spin 2014 Indonesia. Sebagai mobil MVP, ruang yang disediakan Spin dirasa cukup besar untuk menampung penumpang maupun barang bawaannya. Sekedar catatan, Spin 2014 mampu menampung 7 orang di dalam. Cukup luas bukan? Tak hanya berukuran luas, material kabin yang disediakan juga cukup nyaman untuk disiggahi berlama-lama. Selain itu, apa saja yang ditawarkan oleh Spin? Berikut ulasannya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Chevrolet Spin 2014

Dashboard Spin nampak tertata rapih

Sebagai awalan, sisi dashboard menjadi salah satu bagian yang layak dibedah lebih dulu. Di bagian terdepan ini, Spin memiliki desain Urban & Light Platinum lengkap beragam fitur multimedia guna suguhkan kenyamanan sepanjang berkendara. Penel mutimedia tersebut mampu mengeluarkan musik terbaik melalui perangkat mp3/radio. Selain itu, tersemat pula audio system yang sudah terintegrasi dengan berbagai perangkat lain seperti USB Port/AUX dan Bluetooth. Sebagai output suara, dihadirkan pula 4 speaker aktif yang siap hantarkan suara ke seluruh bagian kabin. Sebagai tambahan, disediakan pula sebuah socket dengan power 12V yang bisa difungsikan sebagai pematik api maupun mencharge gadget kesayanagan.

  • Setir

Bagian setir mobil Chevrolet Spin 2014

Sisi setir nampak begitu elegan dan sudah dilengkapi dengan fitur terkini

Di sisi setir Chevrolet Spin 2014 Indonesia, tersemat material leather yang cukup nyaman di genggaman. Setir dengan aksen silver di bagian samping dan bawahnyaini juga sudah disematkan steering switch control guna mempermudah penggantian fitur di bagian dashboard. Tak ketinggalan pula, tombol telepon juga disediakan untuk mempermudah pengemudi mengakses ponsel tanpa perlu melihat ke layar telepon genggam tersebut saat mengemudi. Sebagai pelengkap bagian setir, dihadirkan pula speedometer berformat digital dengan lampu LED sebagai pencahayaannya guna hasilkan informasi yang aktraktif mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak yang ditempuhserta seat belt warning yang akan bebunyi apabila pengguna bagian depan tak menggunakan seatbelt.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil CHevrolet Spin 2014

Bagian seat nampak terasa lega dan luas

Beranjak ke bagian kursi, Chevrolet Spin 2014 Indonesia memiliki seat yang terbilang cukup fleksibel. Pasalnya, seluruh seat bisa dilipat sesuai keinginan. Di seat terdepan misalnya, space untuk kaki bisa dimaksialkan karena sudah dilengkapi dengan sliding seat yang berfungsi untuk mengatur ruang kaki guna hasilkan space maksimal. Sementara di seat kedua, headrest yang tersemat juga bisa diatur ketinggiannya guna hasilkan kenyamanan terbaik. Namun untuk seat baris ketiga, ruang yang tersedia boleh dibilang cukup pas-pasan sehingga pengguna yang berusia dewasa akan sangat risih berada di sisi ini. Seat ketiga sendiri akan terasa maksimal apabila disinggahi anak-anak.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Chevrolet Spin 2014

Gambar fitur mobil Chevrolet Spin 2014

Rangka body Spin sudah dilengkapi dengan Cell Safety System Body Structure

Mid MVP ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terkini guna berikan keamanan dan kenyamanan kepada penggunanya. Adapun fitur yang disediakan antara lain Cell Safety System Body Structure. Melalui struktur rangka body tersebut, Spin mampu meredam berbagai benturan hebat dan membuat penggunanya merasa safety di bagian kabin. Kombinasi pengereman ABS + EBD juga dihadirkan guna membuat keamanan penumpang tetap terjaga saat mobil diharuskan melakukan pengereman darurat. Kontrol rem pun akan sempurna berkat kehadiran keduanya.

Di bagian interior, tersemat pula dual airbag di bagian depan yang mampu meminimalisir resiko cidera pada pengguna bagian depan dari kecelakaan yang mungkin terjadi kapan saja. Sementara untuk penumpang bagian belakang juga akan tetap terproteksi keamanannya karena seluruh seat Spin 2014 sudah dipersenjatai dengan Seat Belt with Pre-tensioner and Load Limiter.

>>> Klik sini untuk simak informasi tentang mobil Chevrolet lainnya

Operasi Chevrolet Spin 2014

Bagian mesin mobil Chevrolet Spin 2014

Mesin Spin 2014 tergolong mesin yang irit bahan bakar

Dari sektor dapur pacu, Spin 2014 sudah dilengkapi dengan mesin 4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi. Mesin tersebut terbilang cukup irit bahan bakar jika dibandingkan dengan kompetitornya. Melalui mesin tersebut, Chevrolet Spin 2014 Indonesia mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 109 Ps/6.000 rpm dengan torsi maksimum 142 Nm/3.800 rpm. Sebagai penggerak, dihadirkan pula transmisi manual dengan lima percepatan dengan penyuplai bahan bakar menggunakan Multi Point Fuel Injection System untuk tipe mesin DOHC VVT-I.

>>> Untuk dapat informasi terlengkap tentang mobil-mobil lainnya. Silahkan klik sini

Spesifikasi Chevrolet Spin 2014

Bagaimana dengan spesifikasi dari Chevrolet Spin 2014 ini?

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 mm X 1.735 mm X 1.664 mm

Wheelbase

2,620 mm

Ground Clerance

157 mm

Kapasitas Penumpang

7 orang

Mesin

Tipe

4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi

Kapasitas Mesin

1,485 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Automatic/Manual

Tenaga Maksimum

109 PS/6,000 rpm

Torsi Maksimum

142 Nm/3,800 rpm

Kaki Kaki

Ban

255/70 R16 Steel

Suspensi Depan

Independent McPherson

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

 

Daftar Harga Chevrolet Spin 2014

Karena Chevrolet Spin 2014 Indonesia merupakan katalog lama, maka harga yang tertera adalah harga mobil dalam keadaan second. Berapakah uang yang harus dikeluarkan untuk menebus mobil ini?

Tipe

Harga

Chevrolet Spin 2014

Rp 110-180 Jutaan (Second)

 

Kesimpulan Chevrolet Spin 2014

Secara keseluruhan, Chevrolet Spin 2014 Indonesia merupakan mobil mid MVP yang sangat cocok untuk anda dan keluarga. Mobil dengan berbagai fitur menarik di dalamnya ini juga memiliki ruang yang luas untuk menampung banyak penumpang. Selain itu, harga second yang terbilang cukup kompetitif pastinya akan membuat mereka yang menggilai mid MVP mengalihkan perhatian terhadap mobil ini. anda tertarik untuk memilikinya?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DIY Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Chevrolet Spark 2017 Indonesia

03/02/2018

Editor rate:

Chevrolet Spark hadir kembali ke permukaan. Mobil City Car besutan Chevrolet ini memang merupakan katalog lama yang kembali di rebot dengan berbagai pembaharuan yang mengikuti perkembangan zaman. Green Car yang terkenal akan kekokohannya ini diklaim siap melalang buana di industri otomotif, sekaligus memberikan jawaban untuk kompetitornya yang berasal dari Asia. Lantas, bekal apa saja yang dipersiapkan Spark 2017 untuk bersaing dengan nama-nama lain? Berikut review Chevrolet Spark 2017 Indonesia

Lihat juga

Review Chevrolet Camaro 2019: Punya Transmisi Baru dan Tampilan Makin Sangar

14/03/2019

Editor rate:

Segmen pony car memang tak begitu ramai diisi pemain. Dua nama yang identik di kelas ini ialah Ford Mustang dan Chevrolet Camaro. Mobil-mobil seperti ini condong menjadi incaran kolektor atau mereka yang mengaku sebagai fans berat. Anda termasuk salah satunya? Jika iya, inilah review Chevrolet Camaro 2019 yang kini memiliki modal baru pada sektor transmisi.

Lihat juga

Review Chevrolet Silverado 2020: Intip Yuk, Si ‘Monster’ Gagah Asal Amerika

09/10/2019

Editor rate:

Tepat pada tanggal 22 Mei 2019 lalu, Chevrolet meluncurkan sebuah mobil gagah di Amerika yang dinamai Silverado. Ketimbang versi sebelumnya, Chevrolet Silverado kini benar-benar dirancang sangat tangguh, dipenuhi teknologi Trailering dan mampu melahap berbagai medan. Yuk, kita intip si gagah asal Amerika dalam review Chevrolet Silverado 2020.

Lihat juga

Review Chevrolet Tavera 2001: Rupa Mirip Isuzu Panther Tapi Mesinnya Kok Bensin?

17/08/2019

Editor rate:

Masih ingat di benak kami di tahun 2000-an, Toyota Kijang dan Isuzu Panther bertarung sengit dengan saling adu mesin diesel. Maka dari itu, Isuzu diam-diam meluncurkan versi mesin bensin. Tapi, jangan salah, namanya tidak memakai Isuzu lagi melainkan Chevrolet. Berikut kita simak informasi lengkapnya dalam review Chevrolet Tavera 2001.

Lihat juga

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette

26/07/2019

Editor rate:

Menciptakan Mid-Engine Corvette bukanlah proses mudah bagi seorang Zora Arkus-Duntov. Perlu banyak kegagalan, hambatan dan bahkan sukses membuat Duntov depresi hingga akhir hayatnya. Ya, mobil yang akan dibahas kali ini bukanlah hal baru, tapi sebuah realisasi dari gagasan The Godfather of Corvette, Duntov. Secara spesial, tim Cintamobil.com akan mengupasnya secara tuntas dalam review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020.

Lihat juga