Review Chevrolet Aveo 2013

23/01/2018

Share this post:

Chevrolet Aveo 2013

Editor rate:

Daftar Harga Chevrolet Aveo Terbaru Lihat promo

Dominasi Hatchback rakitan pabrikan Jepang dan Korea nampaknya membuat gerah produsen asal Amerika Serikat, Chevrolet. Pabrikan dengan logo salib emas tersebut merespon kompetitornya dengan mengeluarkan Hatchback bergaya premium namun memiliki harga yang cukup kompetitif dalam bentuk Aveo. Mobil satu ini memang dipersiapkan sebagai jawaban bahwa Chevy mampu bermain di ranah lain guna merengkuh ceruk pasar di industri otomotif. Di bawah ini adalah tulisan review Chevrolet Aveo 2013.

Review Chevrolet Aveo 2013
Review Chevrolet Aveo 2013
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Aveo 2013

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Aveo 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin Cukup Responsif

Handling Nyaman

Interior Terbilang Nyaman

Kekurangan

Fitur keamanan minim

Jaringan Service Terbatas

Boros BBM

 

Gambar mobil Chevrolet Aveo 2013 berwanr merah dilihat dari bagian depan

Nampak eksterior Aveo 2013

Review Chevrolet Aveo 2013 - Bicara tentang  merek Chevrolet, kita mungkin akan langsung mengasosiasikan pikiran kepada mobil-mobil tangguh berotot yang siap membelah berbagai medan yang dilalui. Lantas bagaimana jadinya ketika merek yang biasa meluncurkan mobil tangguh itu bermain di ranah lain dengan mengeluarkan seri Hatchback dalam bentuk Chevy Aveo. Kita akan membedah Aveo yang diluncurkan pada tahun 2013 silam.

Di tahun tersebut, Aveo memiliki desain yang cukup elegan. Bahkan, di bagian eksterior, ada sisi yang cukup mirip dengan trademark mobil asal Jerman. Di samping memiliki desain yang elegan, Aveo juga sudah dibekali mesin yang cukup mumpuni untuk membedah berbagai lintasan di depannya. Apa saja bekal yang disematkan Chevy untuk Hatchbacknya ini? Dan, apakah Aveo mampu unjuk gigi dan berdiri di atas kompetitornya dalam urusan sales? Well, cintamobil.com telah mempersiapkan paparan lebih detil terkait mobil ini. Berikut ini adalah tulisan review Chevrolet Aveo 2013, selamat membaca.

Eksterior Chevrolet Aveo 2013

Dari sisi terluarnya, Aveo bermain di ranah sporty dan dinamis. Kombinasi keduanya cukup terasa hampir di seluruh bagian terluar mobil ini. Selain itu, boleh dibilang seluruh desain eksterior yang tersemat pada Aveo banyak mengadopsi gaya mobil-mobil Eropa. Bisa dibilang, sentuhan-sentuhan yang diberikan Chevy untuk katalognya ini merupakan strategi demi tampil beda sekaligus memberikan perbedaan yang cukup signifikan dengan para kompetitornya. Untuk mengulas lebih dalam, ada baiknya jika kita membedah satu demi satu sisi terluar dari Aveo. Berikut ini adalah pembahasan desain eksterior Chevrolet Aveo 2013. 

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Chevrolet Aveo 2013 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Lampu depannya sangat mirip dengan mobil asal Jerman itu bukan?

Di bagian depan, Aveo memiliki headlamp halogen yang sanggup berikan penerangan maksimal terutama pada malam hari. Dengan demikian, pengemudi tak perlu khawatir untuk memacu mobil ini di medan yang minim pencahayaan sekalipun. Di sisi dalam headlamp, kita akan menemukan dua mata lensa berbentuk bulat. Desain lampu ini sangat mirip dengan apa yang disuguhkan oleh produsen asal Jerman, BMW untuk setiap mobil yang diproduksinya. Chevy jelas meniru apa yang BMW lakukan.

Sementara di bagian tengah, tersemat grill dengan arsiran warna hitam dope guna membuat rongga udara ini tampil begitu ekslusif. Chevy juga tunjukan jatidiri melalui logo salib emas yang sudah diberikan ruang khusus tepat di bawah grill. Sementara pada bagian depan, tersemat bumper berukuran besar yang membuat mobil ini memiliki ground clereance yang cukup tipis dengn tanah. Sisi bumper juga dibuat cukup aerodinamis berkat keberadaan beberapa lubang udara di bagian tengah, kiri dan kanannya. Sementara untuk mempercantik tampilan depan, dua fog lamp yang menyatu dengan rongga udara di bagian kiri dan kanan bumper telah dihadirkan. Fog lamp ini sendiri berfungsi untuk memberikan penerangan tambahan terhadap lampu utama.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Chevrolet Aveo 2013 berwarna biru dilihat dari sisi samping

Meski terkesan sederhana, sisi samping Aveo nampak cukup ekslusif

Sementara pada bagian samping, Aveo tampil sederhana dan nyaris tanpa guratan di sisi kiri maupun kanan mobil. Chevy nampaknya sadar, guna membuat mobil tampil elegan, letakan saja sisi polos di bagian ini. Dengan demikian, kegagahan akan terpancar dengan sendirinya. Sementara pada sisi velg, Chevy telah menyematkan velg berdesain racing yang sangat kental dengan nuansa anak muda.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Chevrolet Aveo 2013 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Sisi belakangnya nampak tak ingin kalah dengan sisi depan

Bergerak ke bagian belakang, kesan sporty minimalis coba dihadirkan Chevy dengan tak banyak menampilkan banyak corak, entah itu dari segi warna maupun guratan. Di sisi ini, hanya tersemat high mount stop berbentuk lingkaran serta wiper yang siap berfungsi saat hujan datang dan membasahi kaca bagian belakang. Sebagai akhir, disematkan pula bumper berukuran besar dengna warna yang mengikuti warna body.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Chevrolet Aveo 2013

Sementara dari sisi interior Chevrolet Aveo 2103, kesan luas begitu terasa karena ruang-ruang yang disediakan oleh Hatchback ini cukup mumpuni. Selain itu, pada sisi seat yang tersemat juga material leather standar namun tetap bisa memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpangnya. Di samping ruang yang besar dan seat yang terbilang cukup nyaman, ada beberapa bagian yang harus ditelisik lebih jauh lagi dari sisi eksterior mobil ini.

  • Dashboard

Gambr bagian dashboard mobil Chevrolet Aveo 2013

Sisi dashboard nampak begitu elegan dengan list-list chrome yang menyemat di berbagai sisi

Di bagian dashboard, konsep piano black kental terasa di sisit terdepan mobil ini. Konsep tersebut memang dirasa cukup elegan dan terasa nuansa “anak muda banget”. Sementara di bagian tengah, terselip panel multimedia yang mampu membuat perjalanan menjadi lebih berwarna dengan adanya fitur radio, media player dalam bentuk musik digital maupun analog melalui perangkat CD. Semuanya terbungkus rapih menjadi satu kesatuan yang utuh.

  • Setir

Gamabr bagian setir mobil Chevrolet Aveo 2013

Sisi setir juga tampil maskulin berkat kehadiran aksen chrome di setir

Sementara pada bagian lingkar kemudi, sisi setir memang belum dilengkapi dengna steering switch control. Sebagai gantinya, setir tersebut sudah dilengkapi dengan tilt steering yang siap berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya posisi setir sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi terbaik. Kenyamanan dalam menggengam lingkar kemudi ini juga sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas berkendara. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula speedometer dengan kombinasi indikator analog dan digital. Keduanya akan saling bersinergi untuk memberikan informasi kendaraan secara real time.

  • Kursi

Gambarbagian kursi mobil Chevrolet Aveo 2013

Ruang yang disediakan dirasa cukup mumpuni untuk membawa penggunanya menempuh perjalanan jarak jauh

Dari sisi kursi, Aveo 2013 memiliki ruang yang cukup lumayan untuk ukuran City Car mungil. Kedua kursi terdepan bahkan bisa diatur luasnya karena kedua kursi tersebut sudah dilengkapi dengan sliding seat. Selain itu, meski bukan leather terbaik, material kulit yang disematkan pada bagian jok juga cukup nyaman untuk diduduki dalam perjalanan yang cukup jauh. Demi berikan proteksi keamanan, tersemat juga seatbelt di seluruh kursi.

  • Kargo

Gambar ruang bagasi mobil Chevrolet Aveo 2013

Meski terkesan mobil minimalis, sisi cargo Aveo nampak lumayan besar

Satu-satunya titik lemah pada Aveo adalah bagasinya yang tak terlalu besar. Sehingga, mereka yang ingin pergi dengan memabawa banyak barang dipastikan tak bisa leluasa memasukan barang barangnya ke dalam mobil ini. Satu kunci untuk menatasi permasalahan ini adalah, anda hanya perlu membawa berbagai barang yang menurut anda penting saja.

>>> Baca juga:

Fitur Chevrolet Aveo 2013

Gamabr fitur airbag di bagian depan di mobil Chevrolet Aveo 2013

Fitur Airbag di bagian depan siap memberikan proteksi keamanan pada penggunanya

Untuk Sistem safety mobil, tersedia sabuk pengaman pada masing-masing seat, sedangkan untuk varian LT telah dilengkapi Airbag pada kemudi dan varian LS tanpa airbag, pengereman mobil masih jauh dari kata mumpuni.  Artinya, untuk semua varian hanya menggunakan cakram berventilasi pada bagian depan (drum pada bagian belakang) tanpa dibekali ABS dan EBD. Cukup memilukan memang. namun apa hendak dikata, Aveo nampaknya ingin melakukan press budget dengan meminimalisir berbagai fiturnya guna membuat harga mobil ini kompetitif dan bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitornya di ranah sejenis.

>>> Klik sini untuk lihat spesifikasi merek-merek mobil lainnya

Operasi Chevrolet Aveo 2013

Gambar bagian mesin mobil CHevrolet Aveo 2013

Mesin bandel, namun tergolong boros bahan bakar

Untuk sistem operasi, Chevrolet Aveo 2013 sudah menggunakan mesin 1,4 liter dengan 4 silinder dan 16 katup. Mobil ini sendiri mampu melontarkan tenaga maksimal hingga 100 hp pada putaran mesin 6000 rpm. Untuk torsinya sendiri, Aveo mampu melemparkan daya puntir hingga 115 Nm. Mobil dengan kubikasi 1.400 cc ini juga mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 14 detik saja. meskipun sudah dilengkapi dengan multi point injection, konsumsi bahan bakar mobil ini cukup boros karena memiliki kompresi 1:11 untuk dalam kota dan 1:15 utuk jalan bebas hambatan. Sebagai penggerak, Aveo sudah dilengkapi dengan transmisi manual dengan 6 percepatan.

Spesifikasi Chevrolet Aveo 2013

Bagaimana dengan spesifikasi Chevrolet Aveo 2013? cintamobil.com sudah merangkumnya untuk anda.

Mesin

Seri mesin

1.4-litre, 16-valve, Multi Point Injection

Kubikasi

1400cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

100 @ 6000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

115 @ 4000

Transmisi

6-speed manual transmission

Dimensi

Panjang Keseluruhan

4039 mm

Lebar Keseluruhan

1735  mm

Tinggi Keseluruhan

1517 mm

Jarak Sumbu Roda

2525 mm

Tempat Duduk

5 Seat

Lain-lain

Velg

195/65 R15

Suspensi Depan

McPherson strut

Suspensi Belakang

Coil Springs

Rem

Disc (front) Drum (rear)

Daftar Harga Chevrolet Aveo 2013

Karena Chevrolet Aveo 2013 merupakan mobil lama, kita mungkin hanya akan menemukan mobil ini dalam keadaan second. Berapa harga terkini dari mobil ini? Silahkan lihat harga Chevrolet Aveo 2013 di tabel bawah ini. 

Tipe mobil

Harga Chevrolet Aveo

Chevrolet Aveo 2013

Rp 100-150 Jutaan

Kesimpulan Chevrolet Aveo 2013

Chevrolet Aveo 2013 merupakan Hatchback yang cukup responsif. Pada awalnya, mobil asal Amerika ini sengaja di pasarkan di bawah 200 juta rupiah guna memenangkan persaingan pasar dan berkompetisi dengan para pesaingnya. Sayangnya, meski dibandrol cukup murah, brand Chevy sendiri belum cukup ter-branding maksimal di Indonesia sehingga mobil ini kesulitan untuk merengkuh pangsa pasar. Meski demikian, anda yang pecinta Hatchback dan ingin tampil beda akan memasukan Aveo 2013 ini  ke dalam daftar belanja bukan?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DI Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DI Yogyakarta

Review lain

Review Chevrolet Orlando 2017

Rp 307.000.000

25/12/2017

Editor rate:

Dalam beberapa waktu belakangan, pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet, boleh dibilang tengah rajin memproduksi berbagai mobil dari ranah SUV. Kini, mereka juga mengeluarkan mobil dengan segmentasi yang tengah hype di pasaran yakni MVP dalam wujud Chevrolet Orlando 2017. Mid SUV ini sangat merepresetasikan mobil-mobil ala negeri paman Sam yang terkenal kokoh dan besar. Inilah review Chevrolet Orlando 2017.

Lihat juga

Review Chevrolet Aveo 2017 Indonesia

Rp 194.000.000

04/01/2018

Editor rate:

Chevrolet Aveo merupakan mobil lama yang kembali dirilis ke pasaran. Tentunya, mobil ini sendiri banyak mengalami perubahan dari berbagai sisi guna membuat tampilannya menjadi lebih fresh. Di tahun 2017 ini, Aveo kembali dirilis dengan desain yang cukup maskulin dan boleh dikatakan mendekati premium. Chevrolet selaku pabrikan sudah tentu berharap banyak atas hatchback anyarnya ini. Akankah Aveo mampu berkompetisi dengan hatchback buatan Jepang, simaklah tulisan review Chevrolet Aveo 2017 ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Spin 2013

03/01/2018

Editor rate:

Chevrolet Spin merupakan low MPV yang dibuat oleh Chevrolet untuk pasar Brazil dan Indonesia. Mobil ini mulai diproduksi pada tahun 2012, tetapi karena mobil ini kurang bisa bersaing dalam angka penjualan di pasar, Chevrolet akhirnya memutuskan untuk menarik mobil ini dari pasaran. Lalu, bagaimanakah sebenarnya performa dari Chevrolet Spin ini sendiri? Silahkan membaca tulisan review Chevrolet Spin 2013 ini.

Lihat juga

New Chevrolet Trax 2017: Mid SUV yang Kental dengan Rasa Amerika

09/12/2017

Editor rate:

Tahun 2017 boleh dibilang merupakan tahun bagi dua varian mobil, MVP dan SUV. Kedua jenis mobil ini memang tengah merajai industri otomotif di berbagai negara tak terkecuali Indonesia. Berbagai pabrikan seakan berlomba-lomba merengkuh hati konsumen dengan memperkenalkan berbagai model dari kedua mobil tersebut. Pun demikian dengan Chevrolet. Pabrikan asal negeri Paman Sam ini juga mengeluarkan SUV anyarnya dalam wujud New Chevrolet Trax 2017. Apa yang membuat New Chevrolet 2017 menjadi spesial?

Lihat juga

Harga Chevrolet Colorado 2017: Pick Up Truck dengan Rasa SUV

Rp. 405.000.000

27/10/2017

Editor rate:

Chevrolet kembali mengeluarkan salah satukatalog terbaiknya di ranah pick up Truck yakni Chevrolet Colorado. Meskipun peminat mobil 4X4 ini bisa dibilang cukup segmented, pabrikan asal negeri Paman Sam itu tak gentar dan siap bersaing dengan kompetitornya macam Mitsubishi Triton, Nissan Teana dan lain sebagainya. Ada apa yang baru dari mobil ini? Silahkan bacalah tulisan review Chevrolet Colorado 2017 di bawah ini.

Lihat juga