Produk Sudah Discontinue, Berikut Tips Lengkap Membeli Chevrolet Captiva Bekas

19/11/2018

Jual beli
Produk Sudah Discontinue, Berikut Tips Lengkap Membeli Chevrolet Captiva Bekas
Chevrolet sudah memastikan bahwa produk SUV mereka, Captiva telah diberhentikan produksinya. Kondisi bekasnya pun akan semakin banyak di pasar mobil bekas, berikut tips lengkap membeli Chevrolet Captiva bekas.

Secara global Chevrolet telah mengumumkan untuk memberhentikan produksi dari Captiva. Bahkan dalam situs resmi Chevrolet Indonesia, produk Captiva sudah tidak ditampilkan lagi. Besar kemungkinan PT General Motors Indonesia (GMI) juga tidak akan menjual Captiva lagi. Diprediksi kondisi bekas dari medium SUV ini akan semakin banyak di pasar mobil bekas.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Secara tampilan eksteriornya, Chevrolet Captiva model terakhir mempunyai desain yang agresif. Lampu model proyektor dengan garis yang tajam serta bezel berkelir hitam membuatnya semakin terlihat gagah layaknya sebuah SUV. Desain grill Chevrolet Captiva pada model terakhir yang dijual di Indonesia juga tampak besar untuk memberikan udara ke mesin sehingga temperatur tetap terjaga.

Dimensi Captiva terlihat besar

Chevrolet Captiva mempunyai dimensi bodi yang besar layaknya sebuah SUV

Masuk ke dalam interiornya, layout dasbor Chevrolet Captiva membuat setiap tombol mudah diakses untuk pengemudi dan penumpang depan. Panel instrumen dengan warna biru dan merah menguatkan aura sporty pada medium SUV yang pernah menjadi andalan Chevrolet Indonesia. Sedangkan head unit yang terpasang sudah disematkan fitur aux-in dan Bluetooth untuk integrasi dengan smartphone Anda.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Fitur koneksi USB yang dihadirkan Chevrolet juga memberi keleluasaan untuk menikmati hiburan melalui perangkat smartphone. Kehadiran MID (multi-indformation display) membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi mobil seperti konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh yang bisa dilalui dengan sisa bahan bakar di tangki. Bila Anda tertarik untuk memboyong Chevrolet Captiva bekas ke garasi rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Chevrolet Captiva mempunyai interior serba hitam

Warna hitam mendominasi Chevrolet Captiva membuat tampilannya terlihat maskulin

Teknis

Untuk komponen teknis, terpenting adalah memeriksa bagian mesin. Cara paling mudah adalah pastikan kabel-kabel dan karet pada komponen mesin tidak ada yang putus atau sudah diganti dengan spare part after market. Selain itu pastikan tidak ada rembesan oli atau carian pada sekeliling mesin. Jika sudah ada penggantian komponen mesin, perlu waspada apakah pernah terjadi kerusakan parah yang membuatnya harus diganti.

>>> Membeli Mobkas di APM Resmi, Apa Saja Keuntungannya?

Masih seputar mesin, Chevrolet Captiva telah mengdopsi teknologi turbo variabel untuk meningkatkan tenaga dan torsi. Periksa komponen turbo pada mesinnya apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Untuk poin ini Anda bisa meminta bantuan ke mekanik bengkel resmi atau bengkel spesialis dan lakukan pengecekan pada komponen turbonya. Adapun posisi turbo di Chevrolet Captiva ini terletak di depan dekat radiator. Ini juga sekaligus pengecekan terhadap intercooler yang bekerja sebagai pendingin.

Periksa dengan teliti bagian mesin

Mesin menjadi bagian penting yang harus diperiksa, pastikan tidak ada rembesan oli dan filter solar masih kondisi bagus

Masih cukup banyak pemilik mobil diesel yang memaksakan menggunakan solar dengan kandungan sulfur diatas 500 ppm. Mengingat teknologi mesin Chevrolet Captiva sudah canggih, maka periksa filter solarnya. Pastikan bahwa filter solar masih dalam kondisi baik sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggantinya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Banyak Yang Harus Diperhatikan, Inilah Tips Membeli Mobil Bekas SUV

Non-teknis

Poin lain yang sedikit tricky adalah memperhatikan bahan bakar yang digunakan oleh pemilik sebelumnya, khususnya untuk Chevrolet Captiva bermesin diesel. Chevrolet merekemondasikan pemilik Captiva untuk menggunakan bahan bakar yang mempunyai kandungan sulfur dibawah 300 ppm atau setara Pertamina Dex (Pertadex). Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan test drive. Rasakan ketika berakselerasi apakah gas masih responsif dan tenaga merata pada setiap putaran.

Masih mengandalkan model jarum namun terlihat jelas

Pastikan tidak ada lampu indikator menyala saat dalam perjalanan di panel instrumen

Sebagai medium SUV, ukuran bodi Chevrolet Captiva tergolong besar. Cek kondisi seluruh bodi apakah masih mulus atau ada goresan baret, mulai dari bumper depan, belakang hingga side skirt. Jangan lupa juga cek spion kanan dan kiri untuk memastikan tidak ada baret dalam yang membuat tampilan terlihat usang.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top