Review Chevrolet Orlando 2014: Terlupakan Di Antara Kawanannya

23/12/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Sudah lama tak mendengar kabar terkini dari Chevrolet Orlando, rasanya sungguh rindu. Kehadirannya di Indonesia sejak tahun 2012 tak mengalami pembaruan berarti hingga kini. Padahal generasi terbarunya baru saja diperkenalkan di China. Meski begitu, Orlando masih tetap eksis sebagai model Line Up Chevrolet Indonesia. Apakah mobil ini layak untuk dimiliki? Simak jawabannya dalam review Chevrolet Orlando 2014.

PENGANTAR Chevrolet Orlando 2014

Review Chevrolet Orlando 2014 - Sebelum menjadi sosok seperti sekarang ini, Orlando berangkat dari sebuah mobil konsep yang diperkenalkan di acara Paris Motor Show 2008. Adapun Eropa menjadi tujuan pemasaran pertama yang memulai versi produksinya pada tahun 2011 dengan kode J309.

Chevrolet Orlando terlihat cukup maskulin namun mewah dengan gaya ala Amerika

Chevrolet Orlando berdiri sebagai mobil keluarga 7-Seaters

Di Indonesia sendiri, Chevrolet Orlando baru dipasarkan mulai tahun 2012 dan hanya mendapatkan penyegaran satu kali di tahun 2014. Kehadirannya sendiri diklaim menjadi pesaing langsung Toyota Kijang Innova. Namun sayangnya, nasib baik tak jatuh pada Orlando. Berbeda dengan Toyota Kijang Innova yang diberikan beberapa kali penyegaran, Orlando tampaknya tak begitu. Hingga tahun 2018, sudah terhitung 6 tahun kehadirannya di Indonesia namun masih belum hadir versi terbarunya.

Memang diakui oleh pihak Chevrolet bahwa visinya ke depan lebih mengikuti tren zaman ke arah Sport Utility Vehicle (SUV). Pertanyaan selanjutnya, apakah model besutan pabrikan ternama General Motors (GM) ini tak memiliki kelebihan? Mari kita cari tahu bersama dalam review Chevrolet Orlando 2014 yang menjadi versi Facelift-nya.

EKSTERIOR Chevrolet Orlando 2014

Jika mengamati secara detail eksterior Chevrolet Orlando 2014, tampilannya dipenuhi gaya desain ala Amerika. Berbodi kotak dengan penggunaan Grille berukuran besar, menjadi ciri khas tersendiri dari Orlando.

Review Chevrolet Orlando 2014: Eksterior Depan

Mudah saja mengingat model satu ini terutama karena Grille-nya yang super besar. Ya, Grille depannya terasa seperti mahkota anggun terlihat dari logo Chevrolet berwarna kuning yang bertengger di atas latar Honeycomb.

Eksterior depan Chevrolet Orlando 2014 menggunakan desain Grille berukuran besar

Eksterior depan Chevrolet Orlando 2014 mendapat pembaruan fitur Fog Lamps

Membahas sisi lampu, konfigurasinya masih menggunakan Halogen berkelir kekuningan. Meski terkesan kurang modern dibanding pesaing lainnya, lampu tersebut sudah menggunakan ukuran besar. Adapun di versi Facelift-nya hanya tersedia lampu kabut sebagai fitur terbarunya.

Review Chevrolet Orlando 2014: Eksterior Samping

Bodi sampingnya menggunakan dimensi Wheelbase 2.760 mm, lebih unggul 10 mm dibanding Toyota Kijang Innova. Ya, memang keduanya memiliki kelegaan kabin yang sangat akomodatif bagi tujuh orang.

Eksterior samping Chevrolet Orlando 2014 memiliki dimensi Wheelbase yang cukup panjang

Eksterior samping Chevrolet Orlando 2014 menghadirkan lampu sein pada kaca spionnya

Dari segi desain sendiri, Orlando tak begitu mendapat polesan. Kami hanya menemukan kaca spionnya dibalut warna serupa dengan bodinya. Adapun fitur praktis juga sudah dihadirkan seperti pelipatan elektrik dan lampu sein pada kaca spionnya.

Review Chevrolet Orlando 2014: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, Anda akan disuguhkan lampu Stop berukuran besar yang dipadukan dengan lampu mundur pada bempernya. Tentu saja, proses parkir di malam hari atau di area minim pencahayaan menjadi lebih mudah.

Eksterior belakang Chevrolet Orlando 2014 terlihat maskulin namun masih terkesan mewah

Eksterior belakang Chevrolet Orlando 2014 masih menggunakan lampu Stop berukuran besar

>>> Baca juga:

INTERIOR Chevrolet Orlando 2014

Ketika membuka pintunya, kami disuguhkan sebuah tatanan interior minimalis. Semua halnya tertata sederhana namun tak lepas dari esensi mewah. Apa saja fitur interior Chevrolet Orlando 2014?

Review Chevrolet Orlando 2014: Dashboard

Untuk lini dashboard, Orlando menerapkan Two Tone Colours yang mengkombinasikan warna hitam dan kelir Medium Titanium. Memberi atmosfer lebih mewah ketika memasuki kabinnya. Adapun dari sisi hiburan, Anda akan dimanjakan fitur penyejuk AC Auto yang dapat dikontrol secara otomatis. Memang kami akui tidak secanggih Dual Zone Climate Control, namun kesejukan sudah bisa terasa hingga bangku belakang karena sudah dibekali ventilasi AC.

Dashboard Chevrolet Orlando 2014 dikemas dengan Two Tone Colours 

Dashboard Chevrolet Orlando 2014 terlihat minimalis dan ergonomis

Di sisi lain, tersedia juga sistem audio yang sudah terintegrasi dengan 6 speaker. Suaranya terbilang cukup menggelegar sehingga sensasi mendengarkan musik terasa berkualitas. Namun disayangkan, panel audionya belum mendukung format video.

Review Chevrolet Orlando 2014: Setir

Hal cukup memanjakan kami adalah tombol pengaturan audio pada kemudi setirnya. Sehingga, tak perlu repot-repot mengatur audio dari Head Unit-nya, Anda hanya tinggal menekan tombol dari setirnya.

​Setir Chevrolet Orlando 2014 menggunakan desain mewah namun tegas

Setir Chevrolet Orlando 2014 juga menghadirkan tombol pengaturan audio

Menariknya lagi, setir tiga palangnya sudah didukung fitur Tilt dan Telescopic Steering. Kelebihan ini umumnya disediakan di beberapa mobil saja, mengingat fungsinya yang spesial untuk mengatur setir sesuai keinginan pengendara.

Review Chevrolet Orlando 2014: Kursi

Dimensi Wheelbase yang panjang di antara pesaing lainnya, menjadikan ruang kakinya nampak lapang. Kaki penumpang bisa dengan mudah selonjoran sehingga dapat mengurangi kelelahan ketika menempuh jarak jauh. Di sisi lain, penting juga kami ingatkan bahwa Chevrolet Orlando dirancang akomodatif untuk 7 orang.

Kursi Chevrolet Orlando 2014 dikemas dengan Theatre-Style

Kursi Chevrolet Orlando 2014 cukup akomodatif untuk 7 orang khususnya pada ruang kaki

Review Chevrolet Orlando 2014: Ruang Bagasi

Jika melihat bagasinya, tidak terlalu banyak tas yang bisa ditampung. Terdapat sedikit ruang untuk bagasinya jika kabin terisi penuh 7 orang. Dalam kondisi tersebut, diprediksi bagasinya mampu menampung 2 hingga 3 tas besar saja. Namun apabila Anda ingin ruang lebih besar, bangku ketiga bisa dilipat sehingga kapasitasnya menjadi bertambah.

Ruang bagasi Chevrolet Orlando 2014 terbilang kurang akomodatif untuk aktivitas Anda yang sangat tinggi

Ruang bagasi Chevrolet Orlando 2014 bisa ditingkatkan dengan melipat bangku pada kabinnya

>>> Artikel terkait:

FITUR Chevrolet Orlando 2014

Chevrolet yang menjadi divisi dari GM, kami sudah tak meragukan lagi kualitasnya. Terbukti dari fitur Chevrolet Orlando 2014 yang tampil sangat lengkap dari segi keamanan dan keselamatan. Sebagai kendaraan berstandar Amerika, tak heran apabila aspek keselamatan menjadi poin penting pertama.

Review Chevrolet Orlando 2014: Fitur Keselamatan

Dari aspek pengereman misalnya, Orlando sudah dibekali tiga senjata pamungkas yakni Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dengan adanya kelengkapan tersebut, dipastikan Anda akan merasakan sensasi pengereman yang bukan hanya handal tapi juga presisi dan empuk.

Fitur keselamatan Chevrolet Orlando 2014 tampil sangat lengkap khususnya pada masalah pengereman

Fitur keselamatan Chevrolet Orlando 2014 diklaim sudah dilengkapi dengan rangka bodi yang kokoh

Hal menarik lain yang kami temui adalah teknologi Electronic Stability Program (ESP) yang memberi kapabilitas lebih stabil ketika melaju di area licin. Hal-hal inilah yang kiranya menjadi resep akan performanya yang lincah di perkotaan. Tak lupa beberapa fitur standar dihadirkan seperti Dual Front SRS Airbags, Side Impact Beam, Immobilizer dan Rear Parking Assist Active 4 Points.

Review Chevrolet Orlando 2014: Fitur Hiburan

Jujur saja, kami sangat menyayangkan panel Head Unit-nya tidak menyediakan format video. Meski begitu, tersedia fungsi navigasi yang menjadi obat kecewa kami. Dengan adanya fitur tersebut, Anda tak perlu takut tersesat ketika berpetualang di area baru.

Fitur hiburan Chevrolet Orlando 2014 masih terbilang mumpuni karena sudah terintegrasi dengan 6 speaker

Fitur hiburan Chevrolet Orlando 2014 sayangnya belum mendukung format video

Meski audionya hanya menyediakan format radio, CD, MP3, USB dan AUX, namun kami cukup menikmati kualitas suara yang dihasilkan. Pihak Chevrolet mengklaim sudah menghadirkan 6 speaker sehingga tak salah apabila suaranya menggelegar.

>>> Simak di sini untuk mengetahui model menarik besutan Chevrolet

OPERASI Chevrolet Orlando 2014

Jika dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova, operasi mesin Chevrolet Orlando 2014 harus diakui kalah. Pasalnya, Orlando menggunakan mesin 1.8 Liter sedangkan Innova dan banyak kompetitornya menawarkan 2.0 Liter. Prediksi kami, Chevrolet sepertinya ingin menawarkan performa mesin yang lebih nyaman untuk di area perkotaan. Berbeda dengan pesaingnya yang memiliki tenaga lebih Powerful, siap untuk menanjak di tempat wisata pegunungan misalnya.

Operasi mesin Chevrolet Orlando 2014 hanya menggunakan kapasitas 1.8 Liter

Operasi mesin Chevrolet Orlando 2014 sepertinya tidak diaplikasikan untuk kecepatan tinggi namun lebih mengejar esensi nyaman

Orlando memanfaatkan transmisi 6 percepatan otomatis Tiptronic besutan GM yang menunjang kenyamanan mesinnya. Benar saja, pergantian gigi terasa sangat halus di berbagai tingkat kecepatan. Kami menemukan esensi nyaman dari mobil ini, perputaran mesin terasa halus ditunjang dengan transmisi yang nyaris tak ada hentakan.

>>> Klik di sini untuk membandingkan dengan model MPV keluarga lainnya

spesifikasi Chevrolet Orlando 2014

Nah, supaya semakin lengkap ulasan kali ini, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Chevrolet Orlando 2014.

SPESIFIKASI CHEVROLET ORLANDO 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.652 mm x 1.836 mm x 1.633 mm

Jarak Poros Roda

2.760 mm

Jarak Pijak Depan

1.584 mm

Jarak Pijak Belakang

1.588 mm

Bobot Kosong

1.563 Kg

Radius Putar Minimum

5,65 m

MESIN

Tipe Mesin

1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC DCVCP

Kapasitas Silinder

1.796 cc

Daya Maksimum

141 PS / 6.200 Rpm

Torsi Maksimum

176 Nm / 3.800 Rpm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Otomatis GM Tiptronic

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer

Suspensi Belakang

Compound Crank dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Ukuran Ban

225/50 R17

Sistem Kemudi

Electric Power Assisted Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

64 Liter

kelebihan & kekurangan Chevrolet Orlando 2014

Setelah banyak membahas tentangnya, tak lupa Cintamobil.com mengingatkan kembali kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando 2014.

 

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menurut hemat kami, mesinnya sangat mengasyikkan yang terasa mulus di area perkotaan karena sudah ditunjang transmisi GM Tiptronic

Performa mesin kalah dengan pesaingnya jika dilihat dari segi kapasitas silinder

Ruang kabin sangat lega khususnya pada ruang kaki karena dimensi Wheelbase-nya yang cukup panjang

Panel Head Unit belum mendukung fungsi video

Fitur keselamatan aktif sudah dilengkapi teknologi pengereman lengkap

Ruang bagasi kurang begitu akomodatif untuk memuat barang berjumlah banyak

daftar harga Chevrolet Orlando 2014

Hingga kini, Chevrolet Orlando masih dijual dalam kondisi baru di diler resminya. Berikut daftar harga Chevrolet Orlando 2014.

TIPE MOBIL

HARGA CHEVROLET ORLANDO BARU

Chevrolet Orlando 1.8 LT A/T

IDR. 316.000.000

Video Chevrolet Orlando 2014

 

KESIMPULAN Chevrolet Orlando 2014

Cukup disayangkan, Chevrolet Orlando yang memiliki kapabilitas mumpuni sebagai mobil keluarga, tidak kunjung diberi pembaruan besar-besaran oleh pihak Chevrolet. Bahkan sudah terhitung 6 tahun hingga 2018, Orlando hanya diberikan satu kali penyegaran yang tak begitu berarti lebih. Tak salah kami menyebutnya “Terlupakan di antara kawanannya”. Namun jujur saja, kami sangat mengakui kepiawaian GM yang menerapkan standarisasi Amerika pada Orlando. Terlihat banyak sekali perbedaan dengan beberapa mobil Jepang yang beredar saat ini. Bagi Anda yang ingin membuktikannya, Anda bisa melakukan Test Drive di diler resmi Chevrolet terdekat.

Lantas apa pendapat Anda tentang Chevrolet Orlando 2014 Indonesia? Apakah Anda pernah memiliki pengalaman 'kencan’ dengannya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil