Review Chevrolet Equinox 2019

24/11/2018

Share this post:

Chevrolet Equinox 2019

Editor rate:

Lihat promo

Chevrolet nyatanya memiliki mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berdesain Compact yang dinamai Equinox. Mobil keluarga yang dirancang untuk area perkotaan, meliak-liuk mulus di kemacetan. Selain kapabilitas yang nyaman untuk kebutuhan keluarga, Equinox menawarkan beberapa hal menarik yang membuat kami terkesima. Berikut kita simak review Chevrolet Equinox 2019.

Review Chevrolet Equinox 2019
Review Chevrolet Equinox 2019
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Equinox 2019

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Equinox 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Ruang interior yang tertata sangat elegan, seakan memasuki alam yang berbeda

Fitur keselamatan kini semakin lengkap dengan hadirnya teknologi baru

Fitur eksterior juga mengalami peningkatan dari segi fungsi

Kekurangan

Terlalu banyak fitur yang sifatnya masih opsional sehingga membutuhkan biaya lebih untuk mengaplikasikannya

Varian terendah tidak begitu diberi fitur-fitur menarik

Tak ada perubahan apapun pada aspek mesin baik dari segi teknologi maupun performa

 

Review Chevrolet Equinox 2019 – Bergaya Crossover, mobil besutan Chevrolet ini sudah menghiasi dunia otomotif sejak tahun 2005 silam. Generasi pertamanya diperkenalkan di acara Detroit Auto Show 2003 yang mengusung platform dari Theta asal pabrikan General Motors (GM). Mobil SUV Crossover ini tidak ditonjolkan untuk kegiatan Off-Road namun lebih kepada area perkotaan.

Generasi pertama Chevrolet Equinox menggunakan sasis bodi Theta

Generasi pertama Chevrolet Equinox yang dirilis pada tahun 2005

Adapun generasi berikutnya dirilis pada tahun 2010 lalu yang menawarkan dua pilihan mesin yakni 2.4 Liter dan 3.0 Liter V6. Lebih daripada itu, supaya Equinox semakin banyak menjangkau minat masyarakat, tersedia mode All Wheel Drive (AWD) sebagai opsi tambahan diluar dari pilihan Front Wheel Drive (FWD) sebagai varian standar-nya. Kebijakan tersebut nyatanya memberi kesuksesan pada Equinox, menduduki peringkat ketiga penjualan terbanyak di Amerika Utara.

Generasi kedua Chevrolet Equinox dirilis pada tahun 2010 silam

Generasi kedua Chevrolet Equinox sukses meraih posisi ketiga penjualan mobil terbanyak di Amerika Utara

Adapun generasi berikutnya diperkenalkan pada tahun 2016 dan resmi dipasarkan pada tahun 2017 lalu. Tersedia tiga pilihan mesin bertenaga yang bisa dipilih mulai dari 1.5 Liter Turbo 2.0 Liter Turbo dan 1.6 Liter Turbo bertenaga diesel. Akankah strategi pada generasi ketiganya ini bisa mengikut kesuksesan pada generasi sebelumnya?

Generasi ketiga Chevrolet Equinox yang mendapatkan pembaruan dengan hadirkan berbagai pilihan varian

Inilah sosok generasi ketiga Chevrolet Equinox yang diberikan pembaruan di tahun mendatang

Menjawab hal tersebut, Chevrolet nampak terus memberi pembaruan pada Equinox. Terbukti pada model 2019 akan tersedia tiga pilihan bodi trim baru serta penambahan fitur keselamatan. Tak main-main, teknologi terbaru juga disematkan untuk lebih menjaga keselamatan seluruh penumpangnya. Apa saja hal menarik yang ditawarkan? Supaya Anda mengetahui setiap detail perubahannya, berikut kita simak review Chevrolet Equinox 2019.

Eksterior Chevrolet Equinox 2019

Pembaruan pada beberapa sisinya sangat mencirikan akan esensi khas dari GM. Berbodi Compact, siluet bodi agresif serta dinamis, itulah yang bisa digambarkan pada eksterior Chevrolet Equinox 2019. Dibanding model sebelumnya, pembaruan pada varian tertingginya kini ditekankan pada fitur-fitur yang makin lengkap.

Review Chevrolet Equinox 2019: Eksterior Depan

Grille depan kini makin mewah dengan aksen krom di setiap palangnya. Jika sebelumnya hanya dibalut warna hitam saja, kini perubahan makin terasa dengan sentuhan krom. Terkesan sederhana namun cukup berarti untuk menyiratkan kesan mewah sekaligus modern. Adapun lampu depannya masih menerapkan konfigurasi LED dipadu Fog Lamps dan fitur Daytime Running Lights (DRL). Hal yang berubah hanya dari segi desain seperti pada rumah-rumahan lampu kabutnya yang kini ditata lebih ke arah dalam.

Eksterior depan Chevrolet Equinox 2019 dibekali lampu LED dan DRL

Eksterior depan Chevrolet Equinox 2019 berubah terutama dalam hal desain Grille-nya

Review Chevrolet Equinox 2019: Eksterior Samping

Kapabilitasnya sebagai SUV Crossover juga semakin menarik dengan hadirnya Roof Rack Cross Rails. Fitur tersebut tentu mampu mengangkut barang-barang bawaan Anda dan disematkan di bagian atapnya. Adapun kaca spionnya dihias mewah dengan balutan Chrome serta sudah didukung fitur Auto-Dimming dan lampu indikator sein.

Eksterior samping Chevrolet Equinox 2019 menyuguhkan desain ala Crossover

Eksterior samping Chevrolet Equinox 2019 menghadirkan fitur Roof Rack Cross Rails

Di sisi lain, tersedia tiga pilihan ukuran ban yang bisa dipilih layaknya 17 hingga 19 inci. Menariknya lagi, bannya sudah menggunakan konfigurasi All-Season Tires sehingga mampu melaju di berbagai kondisi cuaca.

Review Chevrolet Equinox 2019: Eksterior Belakang

Beralih ke bodi belakangnya, Equinox sudah dilengkapi lampu LED Taillamps. Berbeda dengan lampu konvensional, fitur satu ini mampu memberikan kualitas penerangan lebih mumpuni meskipun di area minim pencahayaan. Adapun pemanis akhir ditemui pada hadirnya Rear Spoiler serta Shark Fin Antenna.

Eksterior belakang Chevrolet Equinox 2019 dihias apik dengan fitur Rear Spoiler

Eksterior belakang Chevrolet Equinox 2019 dilengkapi lampu LED Taillamps untuk mendukung kualitas pencahayaannya

 

>>> Baca juga:


Interior Chevrolet Equinox 2019

Tak hanya pada sisi eksterior, atmosfer interior Chevrolet Equinox 2019 kini juga dibekali fitur-fitur menghibur yang siap menemani Anda bersama keluarga. Memang tak dipungkiri, terlihat cukup banyak fitur yang bersifat opsional alias membutuhkan tambahan biaya untuk mengaplikasikannya.

Review Chevrolet Equinox 2019: Dashboard

Tampilan paling menarik dirasakan kuat pada varian tertingginya yakni versi Premier. Semua sisi dashboardnya dibalut apik dengan bahan kulit berkualitas serta aksen krom di beberapa fitur pentingnya. Hal-hal detail semacam ini nyatanya cukup memberi dampak signifikan untuk memanjakan penumpang. Adapun unsur elegan juga disematkan dengan kombinasi warna Soft Brown dan hitam pada dashboardnya. Seakan memasuki alam berbeda ketika duduk dalam kabinnya.

Dashboard Chevrolet Equinox 2019 dilengkapi dengan panel Head Unit canggih

Esensi mewah dan elegan nampak terlihat nyata pada dashboard Chevrolet Equinox 2019

Aspek hiburan juga tak luput disematkan oleh Chevrolet. Seperti halnya pada sisi tengah yang sudah dibekali panel Infotainment 3 Premium System berukuran 8 inci. Fitur tersebut juga didukung HD Color Touchscreen serta fungsi navigasi. Sedangkan dari sisi kualitas suara, Equinox 2019 menawarkan BOSE Premium Speaker berjumlah 7 unit yang disematkan pada sisinya. Sehingga, jangan kaget apabila suaranya sangat jernih dan menggelegar.

Review Chevrolet Equinox 2019: Setir

Kemudi setir juga sudah dibekali bahan kulit berkualitas serupa dengan dashboardnya. Selain memberi esensi mewah juga mampu menawarkan kenyamanan meski harus menempuh perjalanan jauh. Khusus pada varian tertingginya, tersedia layar Driver Information berukuran 4,2 inci yang sudah didukung konfigurasi Multi-Color. Sayangnya, pada varian lainnya, layar tersebut masih menerapkan ukuran 3,5 inci Monochromatic.

Setir Chevrolet Equinox 2019 menggunakan desain tiga palang

Setir Chevrolet Equinox 2019 juga menyuguhkan berbagai tombol multifungsi

Review Chevrolet Equinox 2019: Kursi

Lalu bagaimana dengan kursi? Selayaknya mobil SUV Crossover, Equinox mampu menyuguhkan kapasitas kursi yang lapang untuk lima orang sekaligus. Cocok untuk kebutuhan keluarga maupun kegiatan perkantoran Anda.

Kursi Chevrolet Equinox 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Dominasi warna Soft Brown serta hitam menjadi definisi elegan tersendiri pada kursi Chevrolet Equinox 2019

Pada kursi pengendara sudah tersedia 8 mode pengaturan posisi sehingga Anda bisa mendapatkan posisi duduk yang pas. Sedangkan pada kursi penumpang hanya tesedia 4 mode pengaturan kursi. Di sisi lain, pada bangku belakang juga disematkan Arm Rest yang bisa dilipat. Cukup praktis untuk sebuah mobil SUV keluarga.

Review Chevrolet Equinox 2019: Kapasitas Bagasi

Salah satu keunggulan dari Crossover adalah kapasitas bagasinya yang lapang. Hal tersebut terjawab pada Equinox yang menerapkan kapasitas 847 Liter. Adapun jika Anda membutuhkan kapasitas lebih, bangku kedua bisa dilipat sehingga mampu memberikan kapasitas tampung sebesar 1.798 Liter.

Kapasitas bagasi Chevrolet Equinox 2019 sebesar 1.798 Liter jika bangku kedua dilipat

Kapasitas bagasi Chevrolet Equinox 2019 yang besar juga diimbangi dengan fitur Liftgate

Menariknya lagi, fitur yang lagi tren masa kini juga diaplikasikan. Fitur apakah itu? Ya, Anda hanya perlu menaruh kaki di bagian bawah bagasinya yang nantinya sistem akan secara otomatis membuka pintu bagasi. Fitur Liftgate semacam ini juga dihadirkan pada Equinox 2019.

>>> Artikel terkait:

Fitur Chevrolet Equinox 2019

Terdapat banyak sekali perubahan pada fitur Chevrolet Equinox 2019 baik pada aspek keselamatan hingga hiburan. Tentu saja hal ini diberikan untuk menjamin sensasi berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Review Chevrolet Equinox 2019: Fitur Keselamatan

Teknologi terbaru dalam dunia otomotif cukup banyak dihadirkan pada Equinox. Beberapa fungsi menarik diantaranya adalah pengereman otomatis ketika sistem mendeteksi adanya potensi kecelakaan yang mulai aktif di kecepatan 80 Km/Jam (Low Speed Forward Automatic Braking), menjaga lajur kendaraan tetap di marka jalan (Lane Keep Assist), menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di arah depan (Forward Collision Alert), pengereman otomatis ketika hendak menabrak pejalan kaki (Front Pedestrian Braking) dan teknologi menarik lainnya.

Fitur keselamatan Chevrolet Equinox 2019 sudah dibekali teknologi kestabilan ESC dan TRAC

Fitur keselamatan Chevrolet Equinox 2019 dibekali berbagai teknologi canggih

Sedangkan dari fitur keselamatan pasif, Equinox menghadirkan teknologi kestabilan mumpuni yang disebut StabiliTrak. Sama seperti teknologi kestabilan lainnya, StabiliTrak terdiri dari Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control (TRAC). Fitur paling spesial adalah High Definition Surround Vision yang ditampilkan pada layar utama. Fungsi dari fitur ini lebih ditekankan akan proses parkir.

Review Chevrolet Equinox 2019: Fitur Hiburan

Sebagai mobil yang kami anggap mewah, nyatanya Equinox sukses menghadirkan Panoramic Sunroof pada kabin interiornya. Fungsinya memang terbilang Premium yang memberikan pemandangan alam menarik bagi seluruh penumpang. Adapun tersaji lengkap sebuah panel Head Unit canggih berukuran 8 inci yang sudah didukung konfigurasi BOSE Premium 7-Speaker. Sehingga, mampu memberikan suasana betah selama menempuh perjalanan. Tak luput, varian tertingginya juga dibekali fitur penyejuk Dual-Zone Automatic Control.

Fitur hiburan Chevrolet Equinox 2019 mengandalkan panel Head Unit canggih yang sudah mendukung format modern

Fitur hiburan Chevrolet Equinox 2019 menghadirkan panel Head Unit canggih

>>> Ketahui juga informasi mengenai mobil-mobil SUV terbaru lainnya

Operasi Chevrolet Equinox 2019

Nyatanya, tak ada perubahan pada segi performa. Operasi mesin Chevrolet Equinox 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga mulai dari 1.5 Liter Turbo, 2.0 Liter Turbo dan 1.6 Liter Turbo diesel. Karena terbilang cukup banyak varian, Cintamobil.com hendak melampirkan model tertingginya yakni 2.0 Liter Turbo bensin dan 1.6 Liter Turbo diesel. Dipadukan dengan transmisi 9 percepatan otomatis, mesin 2.0 Liter-nya mampu memberikan daya maksimum hingga 170 HP setara 6.000 Rpm dan torsi puncak 203 Nm di kisaran 2.500 hingga 4.500 Rpm.

Operasi mesin Chevrolet Equinox 2019 masih sama dengan model sebelumnya

Operasi mesin Chevrolet Equinox 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga

Berbeda dengan versi 2.0 Liter bensinnya, Equinox diesel 1.6 Liter menerapkan transmisi 6 tingkat percepatan otomatis. Daya yang dihasilkan terbilang cukupan dengan perolehan angka 137 HP pada putaran 3.750 Rpm. Adapun performa torsinya harus diakui kalah dengan versi 2.0 Liter bensinnya di angka 240 Nm setara 2.000 Rpm.

>>> Klik di sini untuk mengetahui review menarik lainnya dari model besutan Chevrolet

Spesifikasi Chevrolet Equinox 2019

Seperti artikel review lainnya, tak lupa Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Chevrolet Equinox 2019.

SPESIFIKASI CHEVROLET EQUINOX 2019

Model

2.0 Liter Turbo (Bensin)

1.6 Liter Turbo (Diesel)

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.651 mm x 1.844 mm x 1.661 mm

Jarak Poros Roda

2.725 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter Turbo 4 Silinder Segaris

1.6 Liter Turbo 4 Silinder Segaris

Daya Maksimum

252 HP / 5.500 Rpm

137 HP / 3.750 Rpm

Torsi Maksimum

260 Nm / 2.500 – 4.500 Rpm

240 Nm / 2.000 Rpm

Sistem Transmisi

9 Tingkat Percepatan Otomatis dengan Electronically-Controlled Overdrive

6 Tingkat Percepatan Otomatis dengan Electronically-Controlled Overdrive

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Steering Electric

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

8,3 Liter / 100 Km

6.0 Liter / 100 Km

Daftar Harga Chevrolet Equinox 2019

Mengingat model satu ini belum dirilis di Indonesia sehingga Cintamobil.com menampilkan daftar harga Chevrolet Equinox 2019 dalam kurs Dollar.

TIPE MOBIL

HARGA CHEVROLET EQUINOX 2019

HASIL KONVERSI DARI DOLLAR AMERIKA KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

Chevrolet Equinox 2019 L

$ 24.995

IDR. 364.408.000

Chevrolet Equinox 2019 LS

$ 26.995

IDR. 393.566.000

Chevrolet Equinox 2019 LT

$ 28.295

IDR. 412.519.000

Chevrolet Equinox 2019 Premier

$ 32.195

IDR. 469.378.000

*Catatan:

  • Harga di atas hanya bersifat referensi saja
  • Apabila model ini dihadirkan di Indonesia, tentu akan ada penambahan biaya terkait masalah perizinan, impor, sesuai kebijakan Chevrolet Indonesia

Kesimpulan Chevrolet Equinox 2019

Chevrolet Equinox 2019 nampaknya terus diberikan pembaruan dengan upaya untuk melakukan penetrasi berkelanjutan di pasar otomotif internasional. Sayangnya, di Indonesia Equinox hingga kini belum dihadirkan. Padahal cukup banyak peminatnya yang setia menunggu akan model satu ini. Menawarkan kenyamanan kabin mewah dan Premium, menjadi hal yang menggiurkan bagi calon konsumennya. Adapun masyarakat Indonesia yang cukup menginginkan mesin yang irit bahan bakar, terjawab dari varian Equinox bertenaga diesel yang mampu menghabiskan 6 Liter untuk menempuh jarak 100 Km.

Sejatinya, spesifikasi serta fitur pada mobil satu ini sangatlah aplikatif untuk dihadirkan di pasar Asia. Bagaimana pendapat Anda apabilan Chevrolet Equinox 2019 Indonesia hadir dalam waktu dekat?

>>> Simaklah artikel review mobil lainnya dengan klik sini

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DI Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DI Yogyakarta

Review lain

Review Chevrolet Orlando Redline 2019

30/09/2018

Editor rate:

Chevrolet Orlando Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Setelah tujuh tahun terkatung-katung dalam pasar MPV, Chevrolet Orlando Redline 2019 menjadi angin segar untuk persaingan di segmen yang paling sibuk selama beberapa tahun terakhir. Bagaimana kelanjutan generasi kedua Orlando ini?

Lihat juga

Review Chevrolet Blazer 2019

10/10/2018

Editor rate:

Sama seperti film-film lawas yang dibangkitkan kembali, Chevrolet Blazer 2019 merupakan reboot yang diberikan oleh General Motors untuk memberikan kembali nyawa bagi SUV berumur 50 tahun ini. Sempat terseok-seok dalam pertarungan garis keras segmen SUV beberapa tahun terakhir, Chevy melompat ke segmen SUV mid-size 2 baris dengan All New Chevrolet Blazer yang baru diumumkan tahun ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Colorado High Country Storm 2019

09/10/2018

Editor rate:

Belum lama ini, Covenant Thailand merilis produk teranyarnya yakni Chevrolet Colorado High Country Storm dengan warna Orange Crush bertemakan “Challenge Your Superpower". Sudah lama kita belum mendengar kabar dari Chevrolet Indonesia, tentu cukup menarik rasanya untuk kita melihat produk Chevrolet dari negara tetangga satu ini. Untuk menyimak informasi selengkapnya, mari kita simak review Chevrolet Colorado High Country Storm 2019.

Lihat juga

Review Chevrolet Spin Activ 2014

14/07/2018

Editor rate:

Segmen MPV sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia, terbukti dari penjualan MPV yang melonjang tajam di tahun 2000an. Tak ingin kehilangan eksistensi, di tahun 2014 Chevrolet meluncurkan MPV yang tidak biasa, seolah paham dengan kebutuhan pasar, Chevrolet Spin Activ pun diluncurkan, mobil ini merupakan mobil multifungsi, layaknya sebuah MPV dengan performa tangguh sebuah SUV. Kemolekan desain eksterior dari Spin Activ ini merupakan perwujudan dari gaya hidup sang pemilik

Lihat juga

Review Chevrolet Captiva 2016

21/07/2018

Editor rate:

Mungkin di segmen SUV, Anda lebih mengenal Honda CR-V atau CX-5 dari Mazda, tetapi ijinkan kami memperkenalkan SUV lain yang tidak kalah menarik, yaitu Chevrolet Captiva. Sebetulnya mobil ini sudah lama ada di pasar otomotif tanah air, di tahun 2016, Captiva mendapat banyak perombakan, baik, dari yang paling mencolok yaitu eksterior, interior hingga fitur-fitur canggih lainnya.

Lihat juga
back to top