Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Kesan Mewah Penuh Kebebasan Gaya BMW

16/10/2020

Share this post:

BMW 4 Series 2021

Editor rate:

TBA

Daftar Harga mobil BMW 4 Series terbaru Lihat promo

BMW Seri-4 Convertible 2021 hadir masih dengan membawa kidney grille yang kontroversial, tetapi menawarkan berbagai peningkatan dibandingkan edisi sebelumnya.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Kesan Mewah Penuh Kebebasan Gaya BMW
Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Kesan Mewah Penuh Kebebasan Gaya BMW
0 Gambar

Pengantar BMW 4 Series 2021

Mari kita simak spesifikasi BMW 4 Series 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Lebih stylish namun tetap elegan

Kenyamanan lebih baik dengan peningkatan bodi dan suspensi

Dilengkapi mesin hybrid yang lebih efisien

Kekurangan

Tak ada perubahan teknis

Kepraktisan bagasi kurang

Bangku baris kedua tak terlalu nyaman bagi penumpang dewasa

Ketika pandemi ini selesai, tak ada yang lebih menyegarkan daripada berkendara di pinggir pantai atau menelisik jalanan pegunungan yang bebas polusi dengan sebuah mobil beratap terbuka. Sebuah BMW Seri-4 Convertible 2021 bisa menjadi kendaraan yang tepat untuk menikmati kebebasan setelah berbulan-bulan berdiam diri di rumah dan membatasi jarak sosial.

mobil baru coupe BMW Seri-4 2020
Tampilan kontroversial BMW Seri-4 2020

Versi convertible memang bagian dari model Seri-4 yang sudah diperkenalkan sejak generasi pertama debut pertama kali pada tahun 2013. Sesuai dengan namanya, Seri-4 merupakan pengembangan dari Seri-3. Sedangkan berbeda dengan Seri-3 convertible, versi convertible dari Seri-4 awalnya dibuat lebih panjang, lebih lebar, dan lebih rendah dengan atap tiga lapis agar lebih kedap suara.

Perkembangannya memang mengikuti Seri-4. Termasuk dengan kehadiran generasi baru pada awal 2020 lalu. Tampilannya mendapatkan ubahan yang cukup signifikan. Tentu saja mengenakan kidney grille yang dibuat lebih besar. Kontroversial dan tetap menjadi pertentangan yang masih diperdebatkan bagi penggemar BMW di seluruh dunia.

mobil baru BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hijau
Model terbaru BMW Seri-4 Convertible 2021

Beberapa peningkatan terlihat pada teknologi yang digunakan. Seperti sistem pelipatan atap yang dibuat lebih cepat, bagasi yang lebih lega dibandingkan generasi sebelumnya, serta berbagai penambahan sistem yang ditawarkan. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak review BMW Seri-4 Convertible 2021 lebih lengkap di bawah ini.

Eksterior BMW 4 Series 2021

Selain atap yang bisa dibuka, tak banyak perubahan yang terlihat pada versi convertible daripada generasi terbaru Seri-4 yang diperkenalkan pada awal tahun lalu. Yang menarik dari mobil ini adalah material atap yang baru, membuatnya lebih ringan 40% dibandingkan model coupe.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Eksterior Depan

Mengikuti jejak BMW Seri-4 Coupe terbaru, tampilan depan BMW Seri-4 Convertible menawarkan perubahan yang cukup kontroversial. Kedua varian yang ditawarkan mengadopsi kidney grille khas BMW yang dibuat lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Love it or hate it, keputusan membawa desain grille yang lebih besar membawa ubahan paling signifikan pada mobil ini.

tampilan depan BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hijau
Tampilan depan BMW Seri-4 Convertible 2021

Dari sisi depan, tak ada perubahan berarti yang bisa didapatkan pada versi atap terbuka dengan edisi coupe. Lampu depan yang sudah mendapatkan teknologi adaptif mampu memberikan visibilitas yang lebih baik ketika dibawa pada malam hari. Perubahan lainnya terasa pada bumper yang lebih besar dibandingkan generasi pertama edisi convertible.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Eksterior Samping

Sisi samping tak jauh berbeda dibandingkan model coupe dengan guratan yang sama dengan spion dan gagang pintu berwarna senada. Teknisi BMW mengklaim berusaha mempertahankan kekakuan versi coupe, menambahkan panel geser pada side skirt yang lebih kuat. Membuat Seri-4 Convertible baru menjadi 4% lebih kaku dibandingkan model sebelumnya

tampilan samping BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hijau
Tampilan samping BMW Seri-4 Convertible 2021

Perbedaan yang paling mencolok adalah atap berwarna Starlight hitam dengan bahan tenun perak yang bisa dinaikkan dan diturunkan maksimal pada kecepatan 50 km/jam. Pengoperasiannya membutuhkan waktu 18 detik, lebih cepat 2 detik dibandingkan generasi sebelumnya. Pengoperasian bisa dilakukan melalui remote pada mobil yang dilengkapi Comfort Access yang menjadi fitur standar pada M440i dan opsional pada M430i.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Eksterior Belakang

tampilan belakang BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hijau
Tampilan belakang BMW Seri-4 Convertible 2021

Desain terbaru dari Seri-4 Coupe juga dialihkan pada versi convertible. Bersama lampu belakang yang dibuat lebih sipit dengan siluet berwarna merah yang baru, menunjukkan edisi terbaru dari mobil ini. Tak ketinggalan stop lamp yang terdapat pada bibir spoiler belakang serta knalpot ganda dan desain bumper baru yang terasa lebih berotot.

>>> Dapatkan review paling anyar model BMW terbaru di sini


Interior BMW 4 Series 2021

Begitu juga dengan tampilan dalam mobil ini, tak banyak berubah dibandingkan generasi kedua Seri-4 Coupe. Kesan premium dan elegan khas BMW tak kalah dengan model coupe. Meski Seri-4 Convertible harus mengorbankan kepraktisan untuk menghadirkan desain yang stylish ketika diajak berkendara.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Dashboard

Di dalam, model convertible ini hampir sama dengan model coupe dalam hal desain dan teknologi pada dashboard. Sistem infotainment layar sentuh 8,8 inci menjadi fitur standar dengan layar 5,1 inci bagi kluster instrument. Sedangkan layar sentuh tengah 10,3 inci serta kluster instrumen 12,3 inci tersedia sebagai pilihan opsional.

dashboard BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hitam
Dashboard BMW Seri-4 Convertible 2021

Material soft touch dan aksen chrome memberikan kesan mewah dan elegan di dalam mobil. Seri-4 memang tidak menanggalkan sisi tradisional dengan penggunaan tombol konvensional di bagian bawah head unit. Di bawah, ada konsol tengah dengan berbagai tombol pengaturan dan sistem pengendaraan dan mode berkendara.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Setir

setir BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hitam
Setir BMW Seri-4 Convertible 2021

Tampilan setir dengan aksen silver serta sistem multifungsi akan memberikan kemudahan ketika berkendara. Diselipkan paddle shift yang memberikan rasa berkendara yang lebih sporty, meski mobil ini hanya memiliki transmisi otomatis. Di depan kemudi, Anda bisa menemukan head up display berteknologi tinggi yang memudahkan pengemudi mendapatkan informasi paling update ketika berkendara.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Kursi

Kenyamanan di dalam kabin masih tetap sama dengan edisi coupe-nya. Untuk mendapatkan posisi berkendara terbaik, kursi pengemudi bisa disetel secara elektris dengan mudah. Kursi depan berlapis kulit ditawarkan dengan fungsi penghangat yang sangat membantu bagi mereka yang tinggal di negara empat musim. Sedangkan kursi belakang disediakan hanya untuk dua orang penumpang.

kursi BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna beige
Kursi BMW Seri-4 Convertible 2021

Kenyamanan di ruang belakang memang tak begitu menyiksa. Meski bangku belakang memiliki sandaran yang tak terlalu rebah, sedikit mengurangi rasa nyaman ketika dalam perjalanan jauh. Apalagi ruang kaki yang lebih baik digunakan bagi penumpang anak-anak. Hanya saja kepraktisan masuk ke dalam kursi belakang tak terlalu praktis. Pasalnya mobil bergaya coupe hanya memiliki dua pintu saja.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Bagasi

Dengan kesan stylish yang ditawarkan mobil ini, tentu saja ada bagian yang harus dikorbankan. Ruang bagasi BMW Seri-4 Convertible mencatatkan 385 liter pada saat atap dinaikkan. Tapi ketika atap dilipat, maka Anda harus rela 85 liter ruang bagasi terpakai untuk menyimpan atap. Karena itu, ruang bagasi belakang hanya menyisakan 300 liter untuk menyimpan barang kebutuhan sehari-hari.

>>> Berita terbaru mengenai BMW ada di sini

Fitur BMW 4 Series 2021

Kelengkapan teknologi yang ditawarkan pada mobil ini memang tak banyak berubah dibandingkan Seri-4 standar. BMW memberikan kontrol iklim otomatis tiga zona, kamera belakang, kursi yang bisa disetel secara elektris, sistem pencahayaan ambient light, kluster instrumen 12,3 inci dan sistem infotainment 10,25 inci.

fitur BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hitam
Fitur BMW Seri-4 Convertible 2021

Kepraktisan di dalam kabin juga sudah mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto yang memudahkan Anda menyambungkan smartphone untuk mendengar musik maupun mengakses berbagai fitur berkendara, seperti sistem navigasi. Untuk pasar global, konsumen bisa mendapatkan model M Sport Pro Edition dengan teknologi lebih lengkap.

Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Sistem keselamatan yang ditawarkan pada mobil ini merupakan teknologi terbaru milik BMW yang juga digunakan pada Seri-4. Safety kit yang disediakan termasuk sistem bantuan Lane Keep Assist dengan fungsi setir untuk memudahkan akses selama berkendara, Lane Departure Warning, kamera belakang, serta Autonomous Emergency Braking (AEB) yang membantu pengereman menjadi lebih baik.

>>> Pilihan BMW 2 Pintu dari yang Lawas Sampai Terbaru

Operasi BMW 4 Series 2021

Mesin versi convertible menggunakan model yang ada pada versi coupe hardtop. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, seperti B46 berkapasitas 2.0L dengan twin-turbocharger menghasilkan tenaga hingga 258 PS dan 400 torsi maksimal. Sedangkan mesin B48 3.0L 6-silinder dengan twin-turbo bertenaga 387 PS serta 500 torsi puncak. BMW mengungkapkan model

Layaknya model coupe, mesin B48 digabungkan dengan sistem bantuan hybrid dan generator 48 volt. Sistem ini memulihkan energi pengereman yang disimpan dalam baterai dan memanfaatkan energi tersebut untuk menambahkan tenaga ketika berakselerasi. Baterai listrik ini juga memperlancar pengoperasian sistem start-stop dan memungkinkan sistem mematikan mesin bensin pada kecepatan 14 km/jam pada saat melambat.

mesin BMW Seri-4 Convertible 2021 berwarna hitam
Mesin BMW Seri-4 Convertible 2021

Kedua varian mobil bisa dimiliki dengan sistem penggerak roda belakang maupun semua roda. Hanya ada pilihan transmisi otomatis 8-percepatan, menanggalkan transmisi 6-percepatan yang sebelumnya digunakan pada 430i dan 440i telah menjadi sejarah.

Satu hal baru yang menarik pada transmisi 8-percepatan adalah mode Sprint yang diberikan BMW. Tarik dan tahan paddle shift kiri, dan respons throttle, sistem pembuangan, dan pemetaan transmisi semuanya beralih ke mode Sport. Sedangkan girboks diturunkan ke gigi serendah mungkin.

>>> Modifikasi BMW E46 328Ci Coupe, Ceper dan Kencang!

Spesifikasi BMW 4 Series 2021

Dimensi BMW Seri-4 Convertible 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.768 x 1.852 x 1.387 mm

Jarak Poros Roda

2.851 mm

Ground Clearance

127 mm

Mesin BMW Seri-4 Convertible 2021

Tipe Mesin

2.0L 4-silinder twin-turbo

3.0L 6-silinder twin-turbo + motor listrik 48 volt

Kapasitas Silinder

1.998 cc

2.998 cc

Tenaga Maksimal

258 PS

387 PS

Torsi Maksimal

400 Nm

500 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

5,9 detik

5,0 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam

Transmisi

8-percepatan otomatis

Kaki-Kaki BMW Seri-4 Convertible 2021

Suspensi

M Sport Suspension

Rem

M Sport Brake

Velg

18 inci

Daftar Harga BMW 4 Series 2021

Harga BMW Seri-4 Convertible 2021 dimulai dari $ 54.095, setara dengan Rp 797 jutaan untuk kurs saat ini. Bagi konsumen yang menginginkan sistem penggerak semua roda xDrive, ada tambahan harga $ 2.000 (sekitar Rp 30 jutaan). Angka yang tak jauh berubah dibandingkan harga di awal tahun. Kedua varian 430 dan M440i dipercaya masuk ke dealer di Amerika pada Maret 2021 dengan model xDrive datang empat bulan setelahnya.

Kesimpulan BMW 4 Series 2021

Jika versi coupe dikhususkan bagi pengendaraan perkotaan, BMW Seri-4 Convertible 2021 merupakan kendaraan yang cocok untuk menikmati masa liburan dan dibawa berpetualang ke pantai maupun pegunungan. Berbagai peningkatan teknologi membuatnya semakin nyaman digunakan, meski harus mengorbankan kepraktisan dan akomodasi dibandingkan edisi coupe-nya. Model niche yang menargetkan pangsa pasar sendiri, tetap menawan meski membawa grille yang kontroversial.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review BMW X4 M Competition 2020: Mesin Paling Bertenaga BMW untuk Wanita

Rp 2.229.000.000

30/07/2020

Editor rate:

Bertepatan dengan kehadiran BMW X3 M, BMW Indonesia tak ketinggalan memperkenalkan BMW X4 M Competition yang disebut dibuat khusus untuk pengguna wanita BMW.

Lihat juga

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga

Rp 2.500.000.000

15/07/2020

Editor rate:

Jika Seri-5 Sedan disebut sebagai model premium untuk eksekutif, BMW Seri-5 Touring 2020 menawarkan desain elegan Seri-5 plus kepraktisan ala MPV keluarga.

Lihat juga

Review BMW 4 Series 2021: Tegaskan Identitas Dengan Grille Ikonik

Rp. 654.529.000

12/06/2020

Editor rate:

Generasi kedua BMW 4 Series diperkenalkan dengan tampilan yang jauh berbeda dari pendahulunya, khususnya dengan grille super besar yang menegaskan 4 Series lebih dari sekadar 3 Series coupe.

Lihat juga

Review BMW 5 Series 2021: Modernisasi Saloon Eksekutif Bavaria

Rp 662.600.000

09/06/2020

Editor rate:

Pekan lalu, BMW 5 Series mendapatkan facelift untuk model 2021 dengan beberapa sentuhan di segi eksterior, interior, dan powertrain yang membuat mobil lebih modern dan berkelas. Bagaimana lengkapnya?

Lihat juga

Review BMW 428i 2014: Suksesor Seri 3 dengan Desain dan Performa Khas

30/09/2019

Editor rate:

Dibuat sebagai suksesor BMW Seri 3, Seri 4 hadir dengan tampilan yang masih menawan, tetapi memiliki desain khas untuk varian terbaru BMW ini. Dan kali ini, ada BMW 428i 2014 yang bisa Anda temukan di pasar mobil bekas Tanah Air.

Lihat juga