Tips Pasang Bike Rack di Mobil, Hati-hati Lepas!

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tips Pasang Bike Rack di Mobil, Hati-hati Lepas!
Membawa sepeda menggunakan bike rack di mobil perlu memperhatikan beberapa hal. Yaitu penempatan bike rack, penempatan sepeda itu sendiri, hingga kecepatan mobil saat membawa bike rack.

Saat akhir pekan tiba, biasanya diisi dengan liburan sambil berolahraga. Satu diantaranya dengan kegiatan bersepeda. Dan tidak sedikit penyuka petualangan melakukan aktiftas ini di pegunungan.

>>> Tutup Pentil Ban, Komponen Kecil Tetapi Penting

Untuk mencapai daerah pegunungan, tentunya untuk mencapai area yang diinginkan, para pesepeda kerap kali membawa sepeda andalannya menggunakan mobil. Sepeda-sepeda ini pun diletakkan menggunakan bike rack di mobil. Dan berikut, tips memasang bike rack di mobil:

1. Posisi Bike Rack

posisi bike rack di bagian belakang mobil

Ada bike rack yang dipasang di atap mobil, ada yang di bagian belakang mobil

Posisi bike rack di mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama di bagian atap mobil, kedua di pintu belakang atau bagasi. Untuk yang diposisi atas, bike rack sebaiknya diikat kencang dengan crossbar atau roof rack. Sementara untuk yang dibagian belakang, pastikan bike rack terikat kencang dengan pintu belakang atau bagasi.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

2. Posisi Sepeda

posisi bike rack di atap mobil

Perhatikan saat hendak meletakkan sepeda di bike rack

Selain memperhatikan posisi bike rack, sebaiknya perhatikan pula posisi penempatan sepeda pada bike rack. Untuk yang diposisi atap, sebaiknya letakkan sepeda menghadap ke bagian depan mobil. Untuk posisi bike rack di belakang, posisi sepeda menghadap ke kiri.

3. Pastikan Terikat Kencang

Sisitem pengunci bike rack

Perhatikan knop pengunci bike rack dengan sepeda

Jika sepeda sudah ada di posisi bike rack dengan benar, maka pastikan frame sepeda mengunci dengan kencang. Pastikan juga seluruh ikatan terikat kuat dan kencang agar sepeda tidak lepas saat diperjalanan.

>>> Pilihan mobil bekas impian ada disini

4. Perhatikan Kecepatan Mobil

kecepatan mobil dengan bike rack

Jaga kecepatan mobil saat membawa sepeda dengan bike rack

Saat membawa sepeda pada bike rack di mobil, sebaiknya Anda menjaga kecepatan kendaraan Anda. Jangan berkendara lebih dari 120 km/jam agar sepeda tetap pada posisinya dan tidak terlepas. Hati-hati juga saat menghadapi jalan berlubang, supaya guncangan mobil tidak merubah posisi bike rack dan sepeda.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya di sini!

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Apa yang Harus Diperhatikan ketika Memasang Dash Cam Mobil?

Menggunakan dash camera merupakan salah satu alat pengaman untuk mobil. Dengan dash cammobil, kita bisa melihat dan memeriksa kejadian yang terjadi ketika mobil mengalami kecelakaan. Meletakkan dash cam pada mobil juga bisa menentukan siapa yang sebenarnya bersalah dari kecelakaan yang terjadi, melindungi kita dari tuduhan palsu, dan sebagai kamera pengintai untuk segala hal yang terjadi di depan mobil kita.

Lihat juga

Penyebab Bocor Air di Kabin

Kebocoran di kabin mungkin terjadi oleh banyak penyebab. Penyebab itu apa saja, hari ini Cintamobil.com akan menunjukkan kepada Anda

Lihat juga

Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

12/12/2017

Perawatan dan service

3 menit

Meskipun ada banyak keadaan lampu indikator pada dashboard menyala, jarang sekali lampu indikator kantong udara menyala. Menurut para ahli, jangan panik jika teman menemukan lampu indikator kantong udara/airbag menyala pada dashboard. Panik akan hal ini bisa mempengaruhi ketenangan teman dalam berkendara.

Lihat juga

Review Ford Escape 2020

20/04/2019

Editor rate:

Entah mengapa, jika mengamati kabar mengenai Ford, kami selalu rindu. Sama halnya ketika mendengar bahwa Ford Escape 2020 akan hadir dalam waktu dekat. Ford International sudah mengklaim hal ini di halaman resminya. Meski potensinya masuk ke Indonesia cukup kecil, namun sudah kewajiban kami untuk mengulasnya dalam review Ford Escape 2020.

Lihat juga

Daftar Harga Honda Brio & Promo November 2020 Di Indonesia

01/11/2020

Honda

Satu bulan sejak diluncurkan di GIIAS 2018, PT Honda Prospect Motor melansir harga All New Honda Brio, dijual di rentang harga RP 139 – 190 juta. Apa saja tipenya? Berikut daftar harga Honda Brio terbaru.

Lihat juga
 
back to top