Tutup Pentil Ban, Komponen Kecil Tetapi Penting

Share this post:
Tutup Pentil Ban, Komponen Kecil Tetapi Penting
Sebagian orang beranggapan bahwa tutup pentil pada ban adalah sebagai penutup agar tekanan angin pada ban tidak keluar melalui pentil. Sebenarnya tutup pentil ban berfungsi melindungi ban dari kotoran dan mencegah kotoran masuk ke pentil.

Tutup pentil ban atau valve cap adalah sebuah bagian yang kecil namun berperan penting bagi ban mobil bahkan sangat penting dalam menjaga keselamatan kendaraan. Ternyata banyak pemakai mobil sering meremehkan tutup pentil ban karena tidak mengetahui fungsinya. Jadi apa fungsi tutup pentil ban?
 

orang ini sedang menutup pentil ban

Tutup pentil mobil untuk mencegah debu atau air yang masuk ke celah.

>>> Baca juga: Umur bagian-bagian dalam mobil
 

Tutup pentil ban memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting dalam melindungi pentil ban dari kotoran. Fungsi pertama tutup pentil mencegah udara di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil. Meskipun pentil rusak, adanya tutup maka kebocoran masih bisa ditahan. Sehingga tidak akan membuat ban tiba-tiba kempes, yang akan sangat berbahaya.
 

ban mobil sudah ditutupi dengan tutup pentil khusus

Tutup pentil mobil

>>> Untuk tips dan tik merawat mobil lainnya, klik sini
 

Fungsi kedua mencegah kotoran masuk ke pentil. Debu atau air yang masuk ke pentil ban dapat merusak katup dan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup bocor.

Jika tutup pentil asli bawaan hilang disarankan harus mencari tutup pentil yang pas dengan lubang. Kalau memakai tutup pentil yang tidak pas dengan lubang berarti aksi itu tidak berguna. Selain itu Anda jangan lupa cek atau periksa tutup pentil ban dulu sebelum mulai perjalanan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan perjalanan nantinya juga lebih aman dan menyenangkan.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top