Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?

Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?
Bagi sebagian daerah, air menjadi komoditas yang sulit didapatkan. Untuk membersihkan mobil yang notabene membutuhkan jumlah air yang banyak, mencuci mobil dengan sedikit air bahkan tanpa air bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Ketika tiba saatnya untuk memandikan kendaraan dengan baik, pengemudi cenderung menyiram seluruh tubuh mobil dengan air, lalu menggosok dan membilas kendaraan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Namun di musim kemarau seperti sekarang ini, air tidak selalu mudah didapatkan. Untuk meningkatkan kepedulian dengan menghemat air, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mencuci mobil dengan sedikit air, bahkan bisa saja tanpa air setitikpun.

1. Gunakan ember dan selang air

Jika Anda membutuhkan air untuk mencuci mobil, pastkan untuk menyediakan ember. Menggunakan ember setidaknya bisa menghemat pemakaian air untuk pencucian hingga tidak ada air yang terbuang dengan sia-sia. Selain itu, menggunakan ember juga membatasi penggunaan air sehingga Anda bisa memperkirakan berapa banyak air yang harus disiram maupun digunakan untuk membilas.

Gambar yang menunjukan seseorang yang sedang membersihkan mobil dengan menggunakan spons

Pastikan untuk menghemat pemakaian air dengan pencucian yang lebih efisien

Untuk menghemat pemakaian air dalam mencuci mobil, beberapa tips yang bisa Anda terapkan yaitu sebagai berikut,

  • Isi ember dengan air. Setelah itu, gunakan gayung untuk menaruh spons cuci mobil dan bersihkan secara teratur, mulai dari atas hingga ke bawah.
  • Setelah kotoran dan debu telah dibersihkan dari mobil, bilas dengan air dari ember.
  • Tambahkan satu hingga dua sendok teh sabun ke gayung untuk membuat busa untuk mencuci kendaraan Anda.
  • Setelah mobil tertutup dengan busa, bilas spons lalu cuci bersih kendaraan Anda dengan spons tersebut.
  • Untuk penyelesaian akhir, bersihkan dan keringkan mobil menggunakan handuk mikrofiber. Ingat untuk membersihkan mobil sampai kering. Titik-titik air yang tertinggal akan menjadi noda yang merusak cat mobil.

>>> Begini cara menjaga interior mobil tetap bersih selama perjalanan jauh

2. Gunakan produk waterless wash

Berawal dari ide Eco Green Auto Clean, sebuah perusahaan yang berbasis di California yang memproduksi biodegradable, sebuah produk untuk mencuci mobil tanpa air. Perusahaan tersebut juga pernah mengumumkan kampanye One Cup One Car, yaitu hanya menggunakan air dalam jumlah terbatas untuk membersihkan mobil Anda.

Berikut cara membersihkan mobil dengan produk waterless wash

Saat ini, sudah banyak produk pencuci mobil tanpa air atau waterless wash yang dijual di pasaran hingga toko belanja online. Harganya pun sangat murah, berkisar antara Rp. 80.000 hingga lebih dari Rp. 100.000. Semprotkan menyeluruh ke selurh bagian luar dan biarkan produk tersebut bekerja. Setelah itu, Anda hanya tinggal membersihkan dengan handuk mikrofiber tebal yang akan menghilangkan semua kotoran pada mobil Anda.

>>> Semua informasi tentang tips perawatan mobil bisa Anda dapatkan disini

3. Cuci bersih secara teratur

Gambar yang menunjukan seorang yang sedang mengelap mobil untuk memberikan kilau

Untuk mencegah kotoran susah dibersihkan, cuci mobil teratur dalam seminggu

Bagian paling penting dari membersihkan mobil adalah selalu menjaga kebersihan mobil dengan perawatan berkala. Penting untuk mencuci kendaraan dalam sekali seminggu atau dua kali seminggu. Hindari menunggu berbulan-bulan dengan anggapan mencuci sekaligus akan menghemat lebih banyak air. Sebaliknya, kotoran akan semakin banyak menumpuk sehingga membuat Anda membutuhkan lebih banyak air untuk pencucian.

Mencuci mobil dengan sedikit air bisa digunakan untuk noda yang tidak terlalu tebal. Masalahnya, jika mobil Anda sudah tidak pernah dicuci selama lebih dari sebulan, Anda terpaksa harus mengunakan tenaga ekstra untuk membuat mobil Anda bersih kembali. Untuk menghindari hal itu, pastikan untuk selalu membersihkan kendaraan secara berkala.

>>> Dapatkan beragam tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top