Tips Cara Merawat Interior Mobil, Khusus Berbahan Fabric

Share this post:
Tips Cara Merawat Interior Mobil, Khusus Berbahan Fabric
Untuk pembersihan interior sebenarnya tidak semua orang bisa lakukan atau dalam arti ‘Do it Yourself’. Dikarenakan pembersihan interior terutama material fabric ini semakin ke sini semakin tipis halus. Berikut tips cara merawat interior mobil berbahan fabric.

Interior mobil perlu dirawat agar tampak bersih dan nyaman

Interior kabin yang terawat membuat mobil tidak hanya terlihat bersih tapi membuat nyaman

Material fabric sendiri terdiri dari pembersihan bagian karpet bawah, plafon, doortrim, dan jok. “Kalau pembersihan yang sederhana bisa dengan cara menge-lap debu, vacum atau bisa juga menggunakan bahan microfiber. Itu yang kita bilang umum dilakukan oleh pemilik kendaraaan,” ujar Aretho W Sembodo dari Shinestly Home Service Car Care. Aretho juga menambahkan dalam membersihkan dengan tahap yang lebih tinggi bisa menggunakan cleaner khusus yang aman untuk bahan fabric. Cleaner khusus tersebut berfungsi mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada interior.

>>> Berencana untuk melakukan perjalanan jauh? Simak tips untuk menjaga kebersihan mobil

“Biasanya noda bekas tangan di setir ataupun kotoran dan debu yang ikut terbawa masuk dalam mobil karena berkendara dengan kaca terbuka. Itu semua termasuk kotoran yang bisa dibersihkan dengan cleaner tersebut,” ungkapnya. Dirinya pun menyarankan jika bahan fabric seperti jok, setir dan dasbor terkena noda berat sebaiknya segera dibersihkan. Sebab noda berat, seperti eskrim, kosmetik, saus, minuman soda jika terlalu lama dibersihkan akan semakin sulit untuk dibersihkan dengan sempurna.

Bahan fabric umumnya ditemukan pada jok mobil dan door trim

Jok berbahan fabric umum ditemukan pada mobil-mobil murah atau LCGC yang dijual di Indonesia

Aretho mengungkapkan, “Bahkan dengan menggunakan cleaner yang lebih tajam sekalipun tetap tidak membersihkan dengan sempurna dan hanya bisa meminimalisasi.” Menurutnya alat yang disiapkan untuk melakukan perawatan tersebut, yakni kain microfiber sikat halus untuk bidang besar, sikat gigi untuk sudut-sudut, kuas untuk bagian sulit (kisi-kisi AC) dan lubang udara di dasbor, serta tak ketinggalan cleaner khusus.

>>> Temukan tips dan trik perawatan interior lainnya disini

Dirinya pun mengingatkan untuk berhati-hati saat melakukan perawatan karena kalau sembarangan salah-salah malah jadi bikin bahan fabric rusak hingga sobek. Sedangkan untuk jok dengan bahan kulit nappa sebaiknya hindari dari kotoran. Sebab kulit jenis ini jangan sampai terkena air ataupun cairan pembersih, karena pastinya akan berubah wujud. “Kalau terlanjur terkena tumpahan air ataupun saus harus segera dibersihkan dengan lap microfiber dan dikeringkan. Memang bahan ini agak kurang umum, karena biasanya digunakan oleh mobil-mobil high class,” tukas Aretho.

Membersihkan dashboard salah satu hal penting untuk menjaga interior tetap bersih

Dashboard menjadi salah satu bagian penting untuk dirawat agar terlihat selalu bersih

Perawatan interior ini tidak hanya membuat kabin lebih nyaman. Ketika Anda berencana menjual mobil dalam kondisi bekas, harga jual bisa lebih tinggi dari harga pasaran. Tentu tidak hanya interior tapi juga kondisi eksterior dan mesin yang masih dalam kondisi baik menjadi faktor penentu dalam menjual mobil bekas.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
 
back to top