Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?
Mobil listrik diprediksi menjadi salah satu teknologi terbaru yang ramah lingkungan di Tanah Air. Tapi, dengan kondisi geografis serta lingkungan Indonesia, bagaimana sistem keamanan mobil listrik ketika menghadapi banjir?

Tegangan listrik memang sangat berbahaya, terlebih ketika bertemu dengan air. Karena itu, banyak konsumen yang masih skeptic tentang daya tahan mobil listrik ketika mengaruhi jalanan yang basah hingga tergenang air. Tapi jangan takut, sistem keamanan mobil listrik dalam menghadang banjir sudah dipikirkan oleh produsen sebelumnya.

mobil berwarna beige tergenang banjir 
Apakah mobil listrik akan berpengaruh buruk ketika melewati banjir atau genangan air?

>>> Ini Dia 4 Kekurangan Mobil Listrik Jika Digunakan Saat Ini Di Indonesia

Menentukan perlindungan komponen listrik biasanya melalui IP (International Protection). Peringkat IP yang tercatat IP65 – angka pertama “6” menunjukkan perlindungan terhadap komponen kering (seperti debu atau pasir) dan angka kedua mengacu pada air. IP65 berarti sebuah item mampu menahan debu yang masuk dan terlindung dari semburan air bertekanan rendah dari segala arah.

Komponen listrik pada mobil listrik, khususnya yang berada di bagian tegangan tinggi pada motor, pengontrol kecepatan dan baterai, mendapatkan peringkat IP66. Entri 6 mengindikasikan bahwa mobil “terlindungi dari semburan air yang kuat”. Sekadar informasi, entri 8 merupakan yang tertinggi dan biasanya menjadi patokan untuk kapal selam!

Selain itu, pada sebagian besar motor listrik, pengontrol kecepatan, dan baterai sebenarnya terdiri dari  komponen air yang didinginkan untuk memastikan umur yang panjang dengan mempertahankan suhu yang merata setiap saat. Karena itu, peringkat kemasukan air IP untuk komponen diatas adalah 8.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

sistem pengecasan pada mobil listrik berwarna putih
Komponen kelistrikan pada mobil listrik sudah mendapatkan pengamanan tingkat tinggi

>>> Tips perawatan terbaik lainnya ada di sini

Jadi, ketika mobil listrik tergenang di jalanan atau bahkan tercebur ke sungai ketika banjir, komponen kelistrikannya tersegel dengan baik. Dan dengan keamanannya, sangat kecil kemungkinan motor listrik membahayakan penghuninya, maupun lingkungan sekitar.

Lalu, bagaimana jika mobil listrik rusak dan bagian listrik bertegangan tinggi terekspos? Dalam hal ini, serangkaian sistem keselamatan dan perlindungan akan berfungsi. Jika terjadi kecelakaan, pemutusan otomatis aliran listrik bertegangan tinggi akan terjadi melalui sensor tumbukan, sehingga membatasi keberadaan tegangan tinggi hanya di dalam baterai.

Perhatikan bagaimana mobil listrik Tesla melewati genangan banjir di bawah ini

Kesimpulannya, semua mobil listrik dirancang untuk memenuhi standar internasional tentang masuknya air dan harus aman dalam situasi banjir. Sistem keamanan mobil listrik juga menawarkan berbagai sistem keselamatan yang dirancang untuk meminimalisir kemungkinan korsleting listrik atau potensi sengatan listrik ketika terjadi kecelakaan.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya selalu ada disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top