Penuh Tombol dan Pengaturan, Bagaimana Agar Pembalap Tak Salah Tekan Setir Formula 1?

Share this post:
Penuh Tombol dan Pengaturan, Bagaimana Agar Pembalap Tak Salah Tekan Setir Formula 1?
Jika Anda pernah melihat setir Formula 1, kemungkinan besar Anda akan bertanya-tanya, bagaimana bisa pembalap tidak salah tekan dan malah mempersulitnya?

Ada banyak tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Dan dengan kecepatan yang dibutuhkan, bagaimana bisa pembalap Formula 1 bisa menekan tombol tanpa pernah salah tekan? Ternyata, pengaturan setir Formula 1 berbeda-beda untuk setiap tim. Dan jika Anda ingin mempelajarinya, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan.

Mercedes AMG Petronas F1 memahami kebingungan yang dirasakan oleh orang awam yang tertarik dengan balapan jet darat tersebut. Dari laman resmi Mercedes AMG sendiri, Mercedes menjelaskan, "Selain fungsi kemudi yang sebenarnya, roda kemudi Formula Satu menyajikan banyak tujuan. Salah satu fungsi utama adalah menggeser [kopling], karena tongkat shift dan kopling dipasang di bagian belakang kemudi.”

kemudi Formula 1 dengan latar berwarna putih

Lihatlah banyaknya tombol yang dipasang pada setir Formula 1 di atas

>>> Cermin Karakter Pemilik Mobil, Pelajari Tips Rawat Setir dan Tuas Persneling

Mari kita lihat lebih detail tentang tombol tersebut. Kemudi Mercedes sendiri memiliki dua belas tombol, tiga knob, dua tombol pemindah gigi, dan satu layar, ditambah dengan 25 lampu LED. Ada ratusan juga kombinasi pengaturan. Cukup banyak untuk satu kemudi yang mungkin.

Dan masalahnya, setiap tim menggunakan tata letak yang berbeda. Mercedes menjelaskan, “Pengemudi dapat mengakses informasi penting pada tampilan tengah, seperti kecepatan mesinnya, waktu delta ke mobil lain atau informasi sensor, misalnya suhu ban.”

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

“Setir juga digunakan untuk mempengaruhi pengaturan mobil tertentu, misalnya mengubah keseimbangan rem atau menyesuaikan diferensial (jumlah transfer torsi antara roda belakang). Pengaturan unit daya, seperti mode strategi yang sangat penting, yang menentukan output daya, juga dipilih pada roda kemudi,” lanjut Mercedes.

kemudi Formula 1 yang berada di mobil balap

Setiap tim memiliki pengaturan yang berbeda dalam kemudi mereka

Meskipun mereka tidak merinci secara detail tentang tombol mana untuk mengaktifkan apa, GQ Magazine pernah menjelaskannya pada 2016, dan McLaren juga melakukan hal serupa pada 2017 lalu. Tombol BB misalnya mengubah keseimbangan rem. Tombol N berwarna hijau membuat mobil berada dalam kondisi netral untuk berhenti dan PL adalah pembatas kecepatan di pit lane.

Tetapi dengan berbagai tombol dan pengaturan serta sarung tangan yang tebal dipasang selama balapan, bagaimana mungkin pembalap tidak membuat kesalahan yang berujung masalah selama perlombaan? Tenang saja, Mercedes menjelaskan hal tersebut untuk Anda.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

“Untuk mengurangi risiko tidak sengaja menekan tombol, tim telah memasang tombol pengaman plastik kecil di sekitar tombol tertentu. Pengaman tersebut dapat berubah berdasarkan masing-masing balapan. Tombol itu sangat penting untuk tikungan ketat seperti tikungan ketat di Monako ketika pengemudi menggunakan sudut kemudi maksimum,” ungkap Mercedes.

kemudi Formula 1 Mercedes yang berada di mobil balap

Beberapa tombol memiliki pengaman untuk menghindari salah tekan

“Selain pengaman di sekitar tombol, tim juga menggunakan tombol berpengaman tinggi yang digunakan pada pesawat terbang, yang membutuhkan tekanan yang cukup kuat. Dengan begitu, pengemudi merasakan bunyi klik yang kuat ketika ia menekan sebuah tombol meski dengan sarung tangan terpasang.

Jadi pada dasarnya, Anda tidak bisa menekan tombol dengan sesuka hati. Pembalap harus menekan tombol untuk dapat mengaktifkannya. Meskipun itu bukan cara 100 persen yang cukup mudah untuk memastikan tidak ada pengaturan yang salah dari setir Formula 1 mereka, setidaknya hal tersebut tidak membuat pembalap salah tekan ketika akan menikung lawan di depannya.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Kenapa Setir Kembali ke Tengah Secara Otomatis Setelah Berbelok?

06/01/2019

Perawatan dan service

3 menit

Beberapa sistem pada mobil terkadang langsung ditanamkan tanpa banyak yang tahu bagaimana cara kerjanya. Salah satunya ketika mobil berbelok, maka setir kembali ke tengah secara otomatis. Mengapa bisa begitu?

Lihat juga

Evolusi Setir Dari Masa ke Masa, Seperti Apa Wujud Setir Masa Depan?

05/11/2018

Pengemudian

Salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan pengemudi adalah setir. Sejak dahulu sampai saat ini, bahkan mungkin masa depan, setir masih menjadi komponen wajib untuk mengendalikan mobil. Evolusi setir pun telah banyak perubahan, lantas seperti apa wujud setir di masa depan?

Lihat juga

Bisa Menyetir Mobil Tapi Belum Tahu Kinerja Setir? Inilah 4 Hal Yang Wajib Anda Ketahui

27/10/2018

Pengemudian

4 menit

Menyetir mobil memang terbilang cukup mudah bagi Anda yang sudah terbiasa dengannya. Namun tahukah Anda tentang cara kerja setir? Tentu sebagian Anda terkadang pernah menyetir mobil dengan setir yang kurang responsif hingga mobil kelas atas yang mana tingkat presisinya mumpuni. Nyatanya cukup banyak sekali hal menarik tentang setir mulai dari sejarah klasiknya, tipe-tipe setir dan teknologi yang diusungnya kini.

Lihat juga

Mobil Keluar Dari Badan Jalan, Dua Bahaya Mengancam Saat Banting Setir Ke Kanan Tiba-Tiba

09/06/2018

Pengemudian

Mengemudi terkadang mengalami hal-hal yang diluar dugaan, salah satunya keluar dari badan jalan tanpa persiapan. Entah karena sebab apa, mobil keluar dari badan jalan tanpa persiapan kadang bisa membuyarkan konsentrasi saat mengemudi yang berakibat pada kecelakaan. Kondisi ini lebih sering terjadi manakala pengemudinya adalah pemula dan belum pernah mengalami sebelumnya.

Lihat juga

Menganalisa Penyebab Kemudi Kaku Setir Kemudi Menjadi Kaku dan Cara Mengatasinya

25/02/2018

Pengemudian

Ada saat-saat dimana kemudi menjadi kaku dan sulit diputar. Mulai dari kekurangan pelumas untuk membuat kemudi menjadi mudah dikendalikan sampai penyelarasan roda yang buruk. Untuk kenyamanan mengemudi, Anda sebaiknya tahu penyebab kemudi kaku yang membuat pengemudian terasa susah.

Lihat juga
 
back to top