Cermin Karakter Pemilik Mobil, Pelajari Tips Rawat Setir dan Tuas Persneling

09/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cermin Karakter Pemilik Mobil, Pelajari Tips Rawat Setir dan Tuas Persneling
Sadarkah Anda bahwa bagian paling sering disentuh di mobil adalah setir dan tuas persneling? Itu sebabnya bagian ini harus selalu bersih dan terawat. Kondisi kedua bagian ini menggambarkan karakter sang pemilik mobil. Berikut tips rawat setir dan tuas persneling.

Kerusakan yang sering terjadi pada setir dan tuas persneling adalah kulit pembungkusnya pecah-pecah atau kotor dan berminyak. Bila tidak dingkus kulit, karet pelapis mudah rontok atau bahkan terlepas dari rangka besi di dalamnya. Hal ini membuat suasana mengemudi menjadi tidak nyaman, bahkan bisa berbahaya jika permukaan setir licin atau rontok.

>>> Baca juga: Tetap Terlihat Bersih, Berikut Tips Merawat Interior Berwarna Cerah

Dua bagian ini paling sering disentuh oleh pengemudi mobil

Mengingat bagian setir dan tuas persneling paling sering disentuh, maka perlu perawatan rutin

Meski begitu sering terjadi pula perawatan yang dilakukan salah dan berakibat sebaliknya. Misalnya, diberi obat poles untuk efek mengilap.  Permukaan kulit atau karet setir dan tuas persneling yang mengilap memang menarik. Tetapi permukaan yang mengilap ini justru licin saat digunakan dan membahayakan ketika megemudi. Ada cara yang benar untuk rawat setir dan tuas persneling.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

Langkah pertama ialah biasakan untuk membersihkan dan mengeringkan tangan sebelum memegang setir. Hal ini harus dibiasakan untuk rawat setir dan tuas persneling lebih awet. Bersihkan setir setiap kali Anda mencuci mobil. Gunakan lap yang agak lembap untuk membersihkan debu, kotoran dan minyak dari permukaan kemudi untuk rawat setir dan tuas persneling. Bisa juga menggunakan lap katun atau microfibre bila Anda memilikinya.

Jangan menganggap tuas persneling mengilap itu bagus

Baik setir dan tuas persneling tidak boleh mengilap atau licin karena berbahaya ketika sedang mengemudi

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Untuk setir dan tuas persneling yang dibalut bahan kutlit, gunakan obat perawatan kulit berupa pembersih dan kondisioner. Pilih produk yang tidak mengilap dan tidak licin. Produk perawatan yang benar justru tidak ada efek mengilap, tapi ke sifat kulit yang netral dan melembapkan.

Usahakan selalu memarkir mobil di tempat teduh untuk rawat setir dan tuas persneling. Hal ini karena terik matahari langsung merupakan salah satu penyebab utama kerusakan setir. Bila terpaksa memarkir mobil dibawah terik matahari, Anda bisa gunakan sunshade untuk menutup kaca depan. Maka dari itu, jangan sampai Anda melupakan untuk merawat setir dan tuas persneling karena bagian ini cermin dari karakter kepribadian Anda apakah termasuk pemilik mobil yang apik atau tidak.

>>> Klik di sini untuk membaca artikel tips & trik mobil lainnya!

Share this post:
 
back to top