Sambil Ngabuburit, Yuk Cari tahu 3 Hal Penting dalam Buku Manual Mobil!

28/04/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mencari kegiatan ngabuburit yang produktif? Anda bisa lebih mengenal mobil Anda membaca buku manual mobil. Ada beberapa informasi penting yang bisa didapat dari sana, apa saja?

Waktu ngabuburit bisa Anda manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan. Misalnya dengan mempelajari buku manual mobil. Bagi yang sama sekali belum pernah membukanya, buku manual mobil berisikan berbagai intruksi dan cara pengoperasian dan perawatan mobil. Di dalamnya terdapat beberapa informasi penting soal mobil Anda.

Apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

>>> Buku Manual Kendaraan, Si Dia Yang Sering Terlupakan

Kapasitas dan Jenis Bahan Bakar

Mengisi Bahan Bakar Bensin

Ketentuan soal bahan juga dijelaskan secara rinci di buku manual

Salah satu informasi penting dalam buku manual mobil yang bisa Anda ketahui adalah soal bahan bakar, kapasitas tangki mobil, dan jenis bahan bakar yang direkomendasikan.

Hal ini sangat penting, karena Anda jelas perlu mengetahui kapasitas bahan bakar yang dapat ditenggak mobil sekaligus jenis bahan bakar yang dianjurkan. Ini penting untuk menghindari pengisian BBM sampai tumpah, atau salah pilih yang dapat mempengaruhi kinerja mobil.

Untuk mesin bensin, biasanya akan tertulis minimal oktan atau Research Octane Number (RON) yang disarahkan. Sebagai contoh RON 92 yang setara dengan Pertamax menjadi standar mobil modern. Sedangkan untuk mobil Diesel, Anda memakai satuan Cetane Number (CN).

Jenis dan Jumlah Pelumas Mesin

Mengganti oli mobil

Agar tidak keliru saat mengganti oli, buku manual bisa jadi referensi

Selain bahan bakar, Anda juga harus memperhatikan jenis dan jumlah pelumas mesin yang harus dipakai, yang juga menjadi informasi penting manual book mobil Anda.

Sama seperti bahan bakar, Anda bisa menemukan jenis dan banyaknya pelumas yang diperlukan tiap kali melakukan perawatan rutin. Anda bisa menemukan info soal ini di bagian informasi teknis dengan sub rekomendasi pelumas mesin.

Untuk jenis pelumas yang dipakai umumnya memakai istilah viskositas (kekentalan) pelumas, contohnya seperti 10W-30 atau 0W-40, atau lainnya. Selain itu, jumlah pelumas yang dipakai baiknya sesuai dengan anjuran agar tidak membuat mesin menjadi berat karena kekurangan oli.

Lokasi Ban Cadangan dan Peralatan Darurat

Mobil sedang didongkrak

Buku manual juga dapat membantu ketika ada di kondisi darurat

Dalam manual book, Anda juga bisa menemukan informasi penting seperti lokasi ban cadangan dan peralatan darurat. Hal ini jelas akan sangat membantu jikalau sewaktu-waktu Anda mengalami masalah ban mobil, dan harus menggantinya dengan cepat.

Bukan hanya lokasi ban, buku petunjuk ini juga menunjukkan peletakan peralatan darurat seperti dongkrak, pembuka baut, segitiga pengaman, dan lainnya. Setiap mobil juga memiliki titik dongkrak yang berbeda-beda, maka dari itu cari tahu dulu di manual book untuk penempatan posisi dongkrak mobil yang tepat.

>>> Tips & trik otomotif lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top