Mudik Pakai Mobil Pribadi, Ini Tips Lengkap Dari Auto2000

Share this post:
Mudik Pakai Mobil Pribadi, Ini Tips Lengkap Dari Auto2000
Mudik lebaran makin dekat. Selain angkutan umum dan mobil rental, tak sedikit yang pilih mudik pakai mobil pribadi. Lantas, apa yang mesti diperhatikan?

Pastinya sudah terbayang di angan-angan suasana bahagia berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta di kampung halaman. Karena harus melewati perjalanan panjang dan lama, sudah tentu harapannya perjalanan bakal menyenangkan, lancar serta tidak menemukan hambatan berarti.

Nah, bagi kamu yang sudah kepikiran mudik pakai mobil pribadi, perhatikan nih beberapa tips dari Auto2000 sebelum mulai perjalanan, selama di perjalanan dan sesudah sampai di tempat tujuan mudik.

Perjalanan mudik melalui jalur darat

Perjalanan mudik melewati jalur darat

>>> Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Toyota Sediakan Diskon Servis Hingga 2 Juni 2018

Sebelum mulai perjalanan

Servis mobil secara menyeluruh untuk memastikan kondisi mobil prima. Jangan sampai ada yang terlewati terutama untuk bagian-bagian vital seperti mesin, drive train, kelistrikan dan kaki-kaki.

  • Servis mesin meliputi pengecekan dan pergantian (bila diperlukan) pada busi, filter udara, radiator, sistem bahan bakar, oli, aki, dan komponen lain pada engine compartment.
  • Drive train meliputi kopling, transmisi dan olinya, actuator matic, oli gardan, dan sistem kemudi.
  • Kelistrikan meliputi aki, lampu-lampu, wiper dan karetnya, AC, dan lain lain.
  • Kaki-kaki seperti suspensi, as roda, ban, sistem rem dan minyak rem.

Biasanya empat bagian tersebut sudah tercover pada pekerjaan servis berkala kalau servisnya di bengkel resmi merek kendaraan.

Siapkan piranti situasi darurat meliputi ban serep, dongkrak, pengganjal ban, rambu segitiga darurat dan yang lain. Pastikan semuanya ada dan masih layak pakai.

Mekanik bengkel Auto2000 sedang memeriksa bagian kaki-kaki mobil

Melakukan servis di bengkel resmi memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima sebelum dipakai mudik

>>> Hadapi Kondisi Ekstrem Saat Mudik, Pastikan Mobil Diservis Jauh Hari

Selama di perjalanan

Bawalah mobil dengan rileks dan pegang prinsip safety riding. Kendalikan emosi dan hindari perilaku agresif dalam berkendara sebab dua hal tersebut bisa memicu bahaya dan kecelakaan di jalan raya.

Jangan terpaku hanya satu route saja, seperti jalan tol. Kamu bisa gunakan opsi route yang lain yang bisa dicari melalui perangkat navigasi. Untuk hal ini, pastikan kuota data kamu masih aktif.

Pastikan sudah membawa kartu tol dengan saldo memadai. Bila perlu bawa dua kartu sebagai antisipasi manakala kartu yang satu error, kehabisan saldo atau hilang.

Jangan lupa selalu lihat indikator bahan bakar. Jangan sampai tangki mobil dibiarkan menipis apalagi sampai kosong.

Manfaatkan posko-posko mudik yang bertebaran dimana-mana atau rest area jalan tol untuk sekedar beristirahat melepas kepenatan dan mengecek kondisi mobil seperti tekanan angin ban, air radiator dan yang lain.

Kalau mobil kamu Toyota, kamu bisa mampir di posko mudik Toyota Auto2000 yang tersedia sepanjang jalur favorit mudik. Kamu bisa memanfaatkan berbagai pelayanan yang tersedia disana.

Salah satu Posko mudik Auto2000 pada mudik lebaran tahun lalu

Manfaatkan posko-posko mudik yang disedikan berbagai perusahaan, BUMN atau komunitas untuk segala hal yang diperlukan selama perjalanan mudik

>>> Punya mobil, sayang kalau tak baca tips dan triknya di cintamobil.com

Sesudah sampai di tempat tujuan mudik

Sampai di tempat tujuan mudik jangan langsung tinggalkan mobil begitu saja. Ada yang masih harus kamu urus berkaitan dengan kondisi mobil pribadi kamu.

Mobil kamu pasti kotor mulai dari kap, bodi, lebih-lebih di bagian kolong. Segera kamu bersihkan agar kembali elok dan tak jadi beban pikiran. Cuci sendiri mobil kamu biar lebih hemat dan aman. Bila tidak, bawa ke tukang cuci mobil terdekat.

Periksa kembali bagian-bagian vital mobil seperti mesin, drive train, kelistrikan dan kaki-kaki. Bila ada yang bermasalah segera perbaiki. Kalau kesulitan, bawa ke bengkel resmi terdekat supaya saat dipakai selama lebaran dan kembali ke kota kondisinya sudah pulih.

Periksa ruang kabin atau bagian dalam mobil. Perjalanan panjang biasanya ada aktivitas ngemil atau makan makanan ringan, terlebih kalau membawa anak kecil. Bersihkan semua kotoran dan sisa makanan di dalam mobil. Selain bisa mendatangkan makhluk tak diundang seperti semut, serangga, bahkan tikus, sisa makanan juga bikin bau ruangan tidak sedap.

Seseorang sedang mencuci mobil menggunakan spon

Cuci mobil setelah sampai di tujuan mudik agar tampak bersih dan elok dipandang

Satu hal lagi yang perlu kamu lakukan baik sebelum mulai perjalanan, saat di perjalanan dan sesudah sampai di tujuan mudik adalah berdo'a. Mohon kepada Tuhan agar selalu diberi keselamatan dan kelancaran saat menjalani aktivitas mudik.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top