Hadapi Kondisi Ekstrem Saat Mudik, Pastikan Mobil Diservis Jauh Hari

Share this post:
Hadapi Kondisi Ekstrem Saat Mudik, Pastikan Mobil Diservis Jauh Hari
Jelang hari raya, aktivitas mudik sama saja dengan menghadapi kondisi ekstrem di perjalanan. Akan ada banyak hal ditemui, baik itu yang menyenangkan maupun yang menyesakkan. Tentu kalau bukan karena keinginan berkumpul bersama keluarga di hari bahagia, tak akan pernah ada aktivitas mudik, juga tak kan pernah mau repot-repot di perjalanan.

Nah, bagi pengguna kendaraan pribadi nih, khususnya mobil, pastinya sudah tahu kalau mudik perlu mobil yang fresh. Bukan berarti harus baru, tapi yang benar-benar prima dan fit. 

Gambar kepadatan mobil saat mudik lebaran tiap tahun

Kepadatan mobil saat mudik selalu terjadi tiap tahun 

Cara paling mudah memastikan kendaraan dalam kondisi oke untuk dipakai mudik lebaran adalah servis di bengkel resmi. Pastinya semakin dekat waktu mudik atau lebaran, bengkel-bengkel resmi padat oleh antrean pelanggan. Guna menghindari hal itu bagi pemilik mobil sebaiknya mempersiapkan diri servis mobil jauh jauh hari.

Sangat disayangkan kalau pemilik mobil malas membawa mobilnya untuk servis berkala, atau memilih diservis setelah lebaran usai dengan alasan biar tidak antre. 

Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, bengkel resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) menyayangkan hal tersebut bila sampai terjadi. Menurut Ricky, mobil tidak fit sangat rentan tiimbul kerusakan fatal dan berbahaya saat dipakai mudik lebaran. Yang paling parah adalah kegagalan sistem kendaraan.

Aktifitas perawatan di Bengkel Toyota, Auto2000

Cara paling mudah memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima adalah membawa ke bengkel resmi untuk diperiksa

>>> Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Toyota Sediakan Diskon Servis Hingga 2 Juni 2018

"Risiko kerusakan kendaraan itu akibat dari penggunaan pada kondisi ekstrem akan meningkat. Seperti kita tahu, arus mudik merupakan kondisi ekstrim berkendara, ditandai dengan durasi mesin menyala sangat lama karena macet, repetisi stop and go, start pada jalan tanjakan, penggunaan AC kapastias maksimal dengan durasi sangat lama, beban muatan maksimal bahkan cenderung melebihi batas yang ditentukan, dan lainnya," papar Ricky panjang lebar.

"Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan risiko kegagalan sistem kendaraan," sambungnya.

Satu-satunya cara meredam hal tersebut menurut Ricky adalah melakukan service di bengkel resmi, mobil akan dikembalikan kepada kondisi yang prima dan optimal sehingga potensi kerusakan menghadapi kondisi ekstrem bisa dihindari.

>>> Punya mobil jangan coba-coba, baca dulu tips dan triknya di cintamobil.com

Service di bengkel Auto2000

Tiap merek mobil memiliki karakteristik yang berbeda dengan merek mobil yang lain. Teknis perawatannya juga tidak bisa disamakan seratus persen dan yang lebih mengerti pastinya bengkel resmi pemilik merek. Meski banyak bengkel tidak resmi bertebaran dengan tarif servis lebih murah, itu tidak menjamin kondisi mobil kembali ke kondisi standar produsen.

Seorang teknisi sedang memeriksa tekanan ban mobil di bengkel resmi Toyota Auto2000

Servis mobil Toyota di bengkel resmi Auto2000 dilakukan secara menyeluruh meliputi mesin, drive train, kaki-kaki dan kelistrikan

Untuk perawatan yang dilakukan bengkel resmi Toyota, Auto2000, bengkel akan memeriksa bagian-bagian vital mobil seperti mesin, drive train, kaki-kaki dan kelistrikan.

  • Servis mesin meliputi pengecekan dan pergantian (bila diperlukan) pada busi, filter udara, radiator, sistem bahan bakar, oli, aki, dan komponen lain pada engine compartment.
  • Drive train meliputi kopling, transmisi dan olinya, actuator matic, oli gardan, dan sistem kemudi.
  • Kaki-kaki seperti suspensi, as roda, ban, sistem rem dan minyak rem.
  • Kelistrikan meliputi aki, lampu-lampu, wiper dan karetnya, AC, dan lain lain. 

"Semua item tersebut tercover pada pekerjaan Servis Berkala," jelas Ricky.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top