Modifikasi Mobil Tua Anda: Meningkatkan Performa Mobil

Share this post:
Modifikasi Mobil Tua Anda: Meningkatkan Performa Mobil
Bagi beberapa penggemar otomotif, performa yang diberikan oleh pabrikan tidak cukup cepat. Dan beberapa pengemudi suka mengotak-atik mobil mereka, untuk menambah daya serta efisiensi bahan bakar, termasuk dengan meningkatkan performa mobil.

Untuk meningkatkan performa mobil dan kinerja mesin Anda dengan membuatnya lebih cepat membutuhkan pembakaran yang lebih kuat atau setidaknya lebih efisien. Memodifikasi mesin mobil Anda untuk menerima lebih banyak udara dan bahan bakar merupakan kuncinya. Berikut lima cara untuk memodifikasi mesin untuk mewujudkannya.

1. Menggunakan supercharger

Sebuah supercharger aka menekan asupan udara hingga di atas tingkat atmosfer normal mesin sehingga lebih banyak udara masuk ke mesin. Digabungkan dengan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan lebih banyak tenaga. Didukung secara mekanis melalui sabuk atau rantai dari crankshaft, supercharger berputar dengan laju setidaknya 50.000 rpm, lebih cepat dari mesin itu sendiri untuk memaksa udara masuk ke ruang bakar.

Gambar yang menunjukan mesin turbocharged yang digunakan untuk mobil

Mesin turbo diperlukan jika Anda ingin menaikan performa mobil

Berapa banyak energi yang bisa dihasilkan? Hampir 50% tenaga kuda lebih dari banyak, jika semuanya dipasang dengan benar. Menempelkan satu supercharger ke mesin mobil berukuran normal akan membuaknya seperti kendaraan yang jauh lebih besar dan lebih kuat.

2. Mengganti filter udara

Filter udara aftermarket memungkinkan lebih banyak aliran udara masuk ke mesin untuk penggunaan kombinasi udara dan bahan bakar yang lebih efisien, sementara memblokir kontaminan dan kotoran yang secara perlahan menurunkan kinerja. Filter udara sekunder umumnya terbuat dari lapisan tipis kapas atau bahan lain yang ditempatkan di antara beberapa lapisan mesh tipis.

Gambar yang menunjukan perbadingan filter udara yang baru dengan yang sudah usang

Sistem udara juga memiliki pengaruh yang signifikan pada performa mesin

Filter udara aftermarket berkualitas tinggi, dibandingkan yang standar atau yang berbasis kertas yang langsung dari pabik, akan masuk ke dalam kotak udara, dan bisa untuk instalasi. Dan karena terbuat dari kain, filter udara ini bisa dicuci dan dibuat untuk peningkat kinerja yang murah dan dapat digunakan kembali.

>>> Baca juga Tanda-tanda Anda harus mengganti filter mobil

3. Sistem intake udara dingin

Mungkin terdengar seperti hal kecil, tapi suhu udara dapat mempengaruhi efisiensi mobil. Sistem intake udara dingin atau Cold Air Intake Kit adalah sistem aftermarket yang membawa udara dingin ke dalam mesin pembakaran internal. Biasanya, mobil mengatur suhu udara saat memasuki mesin, menyediakan udara hangat ketika mesin dingin, dan udara dingin ketika mesin panas.

Gambar yang menunjukan tiga buah sistem intake udara dingin untuk mobil

Dengan udara dingin, kapasitas udara lebih padat

Namun, sistem ini akan menghasilkan kinerja dan efisiensi mesin yang lebih tinggi, dengan gagasan bahwa udara yang lebih dingin akan lebih padat daripada udara hangat. Berarti bahwa dia mengandung lebih banyak oksigen yang diperlukan untuk pembakaran yang lebih dinamis pada mesin.

4. Performance chips

Bagi Anda yang mengendarai mobil model terbaru, kemungkinan besar sudah memiliki computer on-board yang mengatur dan mengendalikan fungsi sistem pada mobil seperti rem anti-lock atau rasio bahan bakar terhadap udara. Chip performa atau superchip merupakan pengaturan yang dipasang untuk menggantikan pengaturan pabrik untuk meningkatkan kekuatan mesin dan tenaga kuda.

Gambar yang menunjukan bagian chip performa mesin yang terletak pada bagian mesin

Chip performa akan meningkatkan komputerisasi mesin

Chip akan menetapkan parameter baru untuk fungsi yang Anda pilih, seperti membuat mesin menggunakan bahan bakar lebih sedikit untuk efisiensi bahan bakar atau menggunakan udara lebih banyak untuk pembakaran yang lebih besar. Instalasi cukup mudah dilakukan ketika Anda sudah mengenal sistem elektronik mobil Anda. Cukup mengeluarkan chip pabrik dan masukan chip baru, seperti pada komputer desktop.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

5. Pengurangan berat mobil

Dalam ilmu fisika, benda-benda ringan bergerak lebih cepat daripada benda yang berat. Solusi mesin ini bersifat praktikal dan memerlukan pengerjaan yang banyak, termasuk mengganti bagian-bagian mobil yang berat. Tidak hanya blok mesin dengan bagian yang lebih ringan, tapi jugamengurangi bobot keseluruhan mobil dan membuat mobil menjadi lebih aerodinamis.

Gambar yang menunjukan bagian kursi mobil yang terbuat dari serat karbon

Menggunakan bahan berserat karbon bisa memangkas berat mobil

Ada banyak pilihan; meninggalkan kursi tambahan yang tidak terlalu sering digunakan, mengganti jendela kaca dengan versi plastik atau akrilik yang lebih ringan, bahkan memilih rem cakram yang menawarkan perbedaan berat yang lebih signifikan dibandingkan rem tradisional.

Berikut 10 modifikasi dasar untuk meningkatkan performa mobil Anda

Bukanlah dosa jika Anda tidak menyukai kinerja dan tenaga yang diberikan oleh pabrikan. Namun, dalam meningkatkan performa dan kinerja mesin, yang harus Anda perhatikan adalah kesesuaian perubahan dengan sistem kendaraan. Salah-salah, bukannya meningkatkan performa mobil, Anda malah merusak kendaraan Anda sendiri.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top