Menjaga Tetap Sejuk, Berapa Kilometer Ideal Servis AC Mobil?

Share this post:
Menjaga Tetap Sejuk, Berapa Kilometer Ideal Servis AC Mobil?
Perawatan berkala menjadi hal wajib dan rutin sebagai pemilik mobil. Selain ganti oli, servis AC mobil ternyata juga harus dilakukan secara berkala. Rutinitas servis AC ini untuk menjaga kondisi AC tetap baik sehingga mobil tetap nyaman saat digunakan untuk perjalanan jauh atau dekat. Lantas berapa kilometer yang idela untuk servis AC mobil?

Salah satu hal yang membuat kendaraan nyaman adalah hembusan angin AC yang sejuk. Terlebih Indonesia negara tropis menjadi hal wajib untuk menjaga AC tetap berfungsi normal. Cara paling tepat tentu melakukan servis AC mobil yang umumnya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Odometer menunjukkan 10.000 Km lebih

Umumnya servis AC dilakukan setiap 10.000 km lebih

Waktu untuk servis AC mobil yang tepat disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat tinggal. Bila Anda pemilik mobil yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta tentu berbeda waktu servisnya dengan yang tinggal di pedesaan.

>>> Baca juga: Hal Yang Bisa Membuat AC Mobil Anda Bermasalah

Umumnya servis AC mobil dilakukan setiap kelipatan 10.000 Km atau setahun sekali. Itu acuan standar untuk kota-kota besar yang padat seperti Jakarta. Sedangkan untuk Anda yang tinggal di pedesaan atau lalu lintas tidak padat bisa ditoleransi hingga 20.000 Km. Tentunya dengan catatan udara bersih di lingkungan Anda dibandingkan dengan udara perkotaan besar.

Mengisi freon AC

Freon AC juga harus rutin diperiksa agar tetap sejuk

Ada dua jenis servis AC yang bisa dilakukan secara berkala untuk para pemilik mobil. Untuk servis AC mobil tahunan umumnya bersifat ringan. Seperti hanya pembersihan evaporator dan filternya, agar kotoran-kotoran yang masuk dapat disaring dengan maksimal.

>>> Klik di sini untuk membaca tips perawatan mobil lainnya!

Sedangkan untuk servis AC mobil yang kelas berat atau besar dibersihkan secara menyeluruh. Misalnya, mencuci komponen Evaporator serta mengisi ulang Freon. Untuk servis besar ini disarankan setidaknya setiap 2 tahun sekali. Nah, kapan Anda melakukan servis AC mobil? Semoga berguna tips dari kami.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Berita lain

Ini Beberapa Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Sering Dilakukan

02/09/2019

Pengemudian

5 menit

Para pemilik mobil, kadang kala melakukan kesalahan menyalakan AC mobil. Berharap kabin mobil cepat dingin setelah menyalakan AC, malah hal sebaliknya yang didapat.

Lihat juga

Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Membersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu di rumah untuk perawatan komponen ini. Agar AC mobil Anda kembali sejuk.

Lihat juga

Lewat Tangan Dan Telinga, Anda Dapat Mengetahui Kondisi AC Mobil Bekas

18/03/2019

Perawatan dan service

5 menit

Membeli mobil bekas memang banyak tantangannya. Kondisi kesehatan mobil bekas harus sangat diperhatikan agar tidak buntung saat membeli. AC (Air Conditioning) mobil adalah salah satu kerusakan yang cukup menjengkelkan. Namun jangan khawatir, karena lewat tangan dan telinga, Anda dapat mengetahui kondisi AC mobil bekas.

Lihat juga

Antisipasi Sebelum Terjadi, Ini Bagian Sistem AC Mobil yang Sering Bocor dan Cara Mengatasinya

Sebagai salah satu komponen pada mobil yang menjaga agar kondisi kabin senantiasa sejuk dan mempengaruhi kenyamanan Anda selama berkendara, tentunya kalau ada kebocoran pada bagian sistem AC mobil merupakan masalah yang harus Anda tangani dengan segera. Apalagi, problem yang satu ini sebenarnya sangat serius lantaran dampaknya yang bukan hanya soal kenyamanan di dalam kabin saja.

Lihat juga

Mempersiapkan AC Mobil Sebelum Cuaca Panas Menyerang

Hari-hari yang penuh dengan matahari terik sebentar lagi akan tiba. Dan AC mobil merupakan salah satu penolong ketika cuaca panas. Sekarang bisa jadi merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan AC mobil sebelum cuaca panas datang.

Lihat juga